10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

Kediri adalah salah satu kota yang terletak di Jawa Tmur. Kota Kediri tercatat sebagai kota terbesar ketiga di Jawa Timur setelah Surabaya dan Malang. Kota yang berada 130 km sebelah barat daya Surabaya ini dikenal akan produksi gula dan industri rokok terbesar di Indonesia. Selain itu, Kediri juga dikenal sebagai kota yang paling kondusif dan cukup banyak menyimpan kekayaan alam, religi, dan kuliner.

Pariwisata di kota Kediri terdiri dari wisata alam, sejarah, keluarga, religi, dan kuliner. Kalau sekarang kamu sedang berada di kota yang mendapat julukan sebagai Kota Tahu ini, jangan lupa untuk berwisata kuliner mencicipi sejumlah makanan khas Kediri yang pastinya enak dan bisa bikin ketagihan. Berikut telah MakananOlehOleh.com rangkum daftar makanan khas kota Kediri yang sangat terkenal yang bisa kamu coba.

1. Soto Kediri

Sesuai namanya, soto ini sudah pasti menjadi ikon kuliner yang paling terkenal di kota Kediri. Soto kediri berbeda dengan soto di tempat lain, semisal Betawi. Soto kediri merupakan masakan berkuah santan yang menggunakan beragam isian seperti potongan ayam, tauge, mie, dan bahan pelengkap lainnya. Makanan khas Kediri yang satu ini tak boleh kamu lewatkan apabila lagi berada di kota yang juga menjadi tujuan investasi bagi para pengusaha.

Soto kediri pada dasarnya sama seperti soto ayam pada umumnya. Yang menjadi keistimewaan dari soto kediri adalah kuah santannya yang berbeda dari soto-soto dari daerah lain. Soto kediri sangat nikmat apabila disantap bersama dengan nasi dan sambal. Jangan lupa juga untuk menambahkan emping yang bisa kamu makan secara terpisah atau direndam ke dalam kuah santan. Di beberapa tempat di kota Kediri, ada penjual yang menyajikan soto kediri bersama ayam bakar sebagai lauk pendamping.

2. Sate Bekicot

Bagi mereka yang melek kuliner, mungkin akan terkejut apabila mengetahui keberadaan sate bekicot di kabupaten Kediri. Pasalnya, olahan dari bekicot ini paling terkenal di Perancis yang mempunyai nama Escargot. Sate bekicot khas kota Kediri juga biasa dipanggil dengan sebutan sate nol dua (02). Makanan khas Kediri satu ini bisa kamu temui di desa Djengkol yang berada 10 km dari kawasan Monumen Simpang Lima Gumul.

Di desa tersebut, kamu bisa juga menemukan makanan olahan bekicot lainnya, seperti oseng-oseng, keripik, dan krengsengan bekicot. Sate bekicot di luaran sana dijual dengan harga tinggi. Sedangkan di Indonesia, tepatnya Kediri, sate bekicot bisa diperoleh hanya dengan merogoh kocek mulai dari Rp15.000 per bungkus yang satu bungkusnya bisa berisi 50an tusuk. Murah, nikmat, dan kenyang, itulah sate bekicot.

3. Stik Tahu

loading...

Dijuluki sebagai kota Tahu sudah pasti banyak ditemui berbagai makanan yang berasal dari bahan baku utama tahu. Seperti stik tahu, makanan khas Kediri yang digemari banyak orang, baik warga asli Kediri maupun para wisatawan. Stik tahu pada umumnya dijual dalam bentuk kemasan karena makanan ini tergolong sebagai makanan ringan atau snack.

Stik tahu asal Kediri menggunakan bahan dasar tahu berkualitas yang terbuat dari kedelai pilihan. Proses pengolahan stik tahu dilakukan dengan cara tradisional agar bumbu rempah alami yang digunakan bisa terpadu dengan sempurna sehingga menghasilkan makanan ringan yang lezat dan sehat. Kamu bisa membeli stik tahu sebagai oleh-oleh untuk diberikan kepada saudara, teman, dan tetangga-tetangga dekat rumah.

4. Tahu Takwa

Bagi sebagian orang, nama makanan khas Kediri ini terdengar sedikit lucu dan unik, tahu takwa. Tahu berwarna kuning yang menjadi ciri khas kota Kediri ini wajib kamu coba ketika jalan-jalan ke kota Kediri. Tahu takwa yang merupakan hasil olah tahu khas Kediri mempunyai tekstur yang lembut dan kenyal saat di makan. Bentuk dari tahu takwa kotak segi empat dan bertubuh ramping.

Tahu takwa mempunyai rasa yang sangat gurih dan tidak sedikit pun timbul rasa asam seperti tahu-tahu di daerah lain. Kuliner satu ini selalu menjadi buruan warga lokal ataupun bukan. Para penikmatnya akan dibuat ketagihan dengan renyah tahu di bagian luar dan tekstur lembut di bagian dalamnya. Tahu takwa bisa diolah bersama makanan lain seperti tauge dan kucai. Sekadar diketahui, warna kuning pada tahu takwa merupakan hasil dari penggunaan pewarna alami yakni kunyit.

5. Nasi Goreng Arang

Jika selama ini lidah kamu dimanja dengan nasi goreng yang dimasak dengan kompor gas, maka sudah saatnya kamu yang lagi di Kediri untuk menjajal nasi goreng arang. Nasi goreng arang menjadi santapan kuliner yang disukai banyak orang. Di Kediri, salah satu penjual nasi goreng terkenal adalah nasi goreng Mbah Man. Nasi goreng yang disajikan diproses menggunakan bara arang dan nasinya pun tidak diberi bahan penyedap.

Di Kediri, penjual nasi goreng arang selalu ramai diserbu pembeli, tak pelak dengan nasi goreng Mbah Man. Apa yang menjadikan pelanggan jatuh hati dan rela menunggu lama saat memesan adalah karena nasi goreng arang dibuat tanpa bahan penyedap. Sebagai penggantinya, digunakan bumbu yang muri diracik dari berbagai rempah, garam, dan kecap. Satu lagi yang menjadikan makanan khas Kediri ini terasa lebih istimewa adalah penggunaan daging ayam yang berasal dari ayam kampung.

6. Nasi Pecel Sambal Tumpang

loading...

Siapa yang tidak kenal dengan nasi pecel? Nasi putih yang disantap bersama aneka sayuran (pecel) ini bisa juga kamu jumpai di Kediri, Jawa Timur. Warga Kediri biasanya menyajikan nasi pecel bersama sambal tumpang. Apa itu sambal tumpang? Sambal tumpang adalah sambal yang terbuat dari tempe busuk atau tempe bosok orang Kediri menyebutnya. Sambal tumpang sendiri adalah kuliner yang berasal dari kota Kediri.

Tempe busuk bagi masyarakat Kediri digunakan karena menurutnya mampu meningkatkan nafsu makan. Bumbu-bumbu yang digunakan untuk membuat sambal tumpang antara lain cabai, bawang merah, bawang putih, dan bahan lain sebagai pelengkap. Untuk penyajiannya tidak ada yang berbeda. Nasi putih disajikan bersama dengan berbagai jenis sayuran ke dalam wadah yang terbuat dari daun pisang atau piring, setelah itu di pinggirannya akan diletakkan beberapa sendok sambal tumpang.

7. Sate Emprit

Emprit adalah nama burung yang juga akrab dengan sapaan burung pipit. Daging burung emprit menjadi pilihan warga Kediri untuk diolah ke dalam bentuk masakan sehingga tercipta makanan khas Kediri, yakni sate emprit. Sate emprit berbeda dengan sate ayam. Sate ayam jika dibakar dagingnya tetap berwarna putih, sedangkan sate emprit warna dagingnya akan berubah menjadi kecokelatan.

Tekstur dari sate burung yang berukuran mungil ini empuk dan tidak lengket. Aroma yang dimiliki kuat tapi tidak berbau amis. Sate emprit tidak memiliki lemak dan cita rasanya begitu gurih. Sate emprit disajikan bersama bumbu kacang dan nasi putih hangat serta lalapan seperti potongan tomat dan mentimun. Dilansir dari Liputan6, sate emprit bisa membantu menyembuhkan penyakit lemah jantung dan menambah stamina bagi tubuh.

8. Carang Mas

Jika di Jakarta ada kerak telor yang menjadi jajanan tempo dulu, maka di Kediri ada carang mas. Makanan tradisional khas Kediri ini dibuat dari bahan utama ubi jalar. Carang mas biasanya disantap sebagai camilan. Rasa yang dimiliki manis dan gurih. Panganan ini paling disukai oleh anak-anak karena selain harganya yang murah, biasanya penjual carang mas selalu ada di sekolah-sekolah.

Untuk kamu yang penasaran ingin mencobanya, carang mas bisa juga ditemukan di sejumlah toko makanan atau pusat oleh-oleh khas Jawa Timur. Jangan salah dalam memilih, carang mas yang pas mempunyai tekstur yang renyah dan rasanya gurih, bukan terlalu manis. Panganan ini biasanya dikemas dalam stoples kedap udara untuk cemilan keluarga, atau dikemas menggunakan plastik untuk dijual lagi kepada para pembeli.

9. Klepon

Dari mana asal usul kue klepon ini belum diketahui secara pasti. Namun ada sebagian orang yang menganggap kalau kue klepon ini merupakan kue khas Kediri karena penggunaan gula merah di mana Kediri terkenal sebagai perdagangan gulanya. Di balik itu semua, yang terpenting makanan ini merupakan kue tradisional Indonesia yang enak dan disukai banyak orang.

Kue klepon mempunyai bentuk bulat-bulat dengan warna kulit permukaan hijau terang. Kue ini menyerupai bola berukuran kecil yang di dalamnya terdapat gula merah. Ketika digigit, gula merah cair yang terperangkap di dalam kue akan meleleh keluar. Sebelum disantap, kue klepon yang baru dibuat dan masih hangat akan digulingkan di atas parutan kelapa agar melekat. Kue ini biasanya disajikan di atas wadah yang terbuat dari daun pisang.

10. Cenil

loading...

Cenil adalah makanan khas Kediri yang hampir sama dengan klepon. Cenil ini mempunyai aneka ragam bentuk seperti persegi panjang, kotak persegi, ataupun bulat. Selain itu, cenil atau cetil juga mempunyai banyak warna yang dihasilkan dari pewarna makanan. Kue cenil dibuat dari bahan dasar pati ketela pohon yang kemudian dibentuk sesuai selera pembuatnya.

Seperti yang ditulis sebelumnya, cenil mirip dengan klepon. Kesamaan itu bisa ditemukan pada penyajiannya bersama taburan kelapa parut. Tidak hanya parutan kelapa, cenil juga disiram dengan cairan gula jawa sebelum terjun ke tenggorokan. Kue cenil sejak dulu hingga sekarang masih eksis meskipun penjualnya mulai berkurang. Kue ini sangat ramah kantong. Per porsi kue cenil biasanya dipasarkan dengan harga mulai Rp5.000an.

Itulah beberapa kuliner khas kota Kediri yang perlu kamu coba. Setelah melihat rekomendasi makanan khas Kediri yang enak-enak, kamu pasti kesulitan untuk memilih. Oleh karena itu, kalau kamu bingung harus makan yang mana dan tak punya budget yang cukup untuk memanjakan lidah dan memuaskan perut dengan menyantap semuanya, disarankan untuk menjajal kuliner paling terkenal di kota Kediri yakni Tahu Kuning, Soto Kediri, Nasi Pecel Sambal Tumpang.

Leave a Reply