10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal

Cilacap merupakan kota ada di Provinsi Jawa Tengah, kota ini selalu ramai pengunjung atau wisatawan pada hari libur nasional, khususnya pada saat hari libur Lebaran Idul Fitri. Pasalnya, banyak orang atau penduduk asli kabupaten Cilacap pulang dari kota perantuan mereka. Meskipun Anda tidak berasal dari Cilacap, tak ada larangan untuk datang ke kota ini, walau hanya sekedar untuk mengisi waktu liburan saja.

Di sekeliling kota Cilacap lebih didominasi oleh kawasan pantai, sehingga ada banyak sekali wisata alam yang mempesona di kota ini. Jadi bukan menjadi sesuatu yang mengherankan, apabila Anda membidik Cilacap sebagai kota tujuan traveling berikutnya. Sembari menikmati wisata alam yang ada, apa salahnya jika Anda juga turut menikmati aneka kuliner khas yang ada di sana. Apabila sudah merencanakan waktu perjalanan pulang, maka pastikan bahwa sudah ada beberapa oleh-oleh khas Cilacap di dalam koper Anda.

Lihat juga Oleh-oleh khas bali

Hanya menikmati kuliner khasnya saja tak akan lengkap jika Anda belum membeli oleh-oleh khas langsung dari tempat asalnya. Pasalnya, di kota asal Anda pasti banyak orang yang belum bisa diajak liburan bersama. Untuk itu, setidaknya jangan buat mereka tambah merasa kecewa, karena Anda bisa menebusnya dengan cara membawakan oleh-oleh.

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal

Walaupun memilih dan membeli oleh-oleh adalah hal yang sepele, namun tidak semua orang bisa melakukan pekerjaan itu dengan baik, karena kebanyakan orang cenderung asal-asalan dalam membeli tanpa memikirkan kesan apa yang didapatkan oleh para penerimanya nanti. Supaya oleh-oleh yang Anda bawa tidak sia-sia dan selalu berkesan, mungkin beberapa pilihan di bawah ini dapat membantu tentu hanya di makananoleholeh.com.

1. Lanting Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

 Lanting adalah salah satu camilan khas dari Kabupaten Cilacap yang terbuat dari bahan ubi kayu atau singkong. Camilan ini berbentuk bulat dan di bagian tengahnya terdapat lubang, sehingga terlihat sekali seperti cincin atau ring berukuran kecil. Lanting punya tekstur yang renyah dan memiliki cita rasa yang gurih, sehingga cocok dijadikan oleh-oleh khas Cilacap sebagai camilan saat bersantai bersama anggota keluarga dan orang-orang terkasih.

2. Tahu Masak Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

 Saat berada di Cilacap, Anda wajib untuk mencari dan mencoba kuliner tahu masak ini. Kuliner berupa hidangan menu tahu masak ini bisa Anda temukan di seluruh pasar tradisional Kabupaten Cilacap. Namanya memang tahu masak, yakni tahu yang digoreng matang dengan sedikit minyak, kemudian dicampurkan dengan ketupat, irisan kubis, kerupuk bangga dan dibumbu dengan sambal kacang yang nikmat. Dijamin deh, kehadiran tahu masak khas Cilacap ini mampu menuntaskan rasa lapar Anda.

3. Keripik Tempe Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

 Hampir di setiap daerah menjadikan keripik tempe sebagai oleh-oleh khasnya, demikian dengan Kabupaten yang juga menjadikan keripik tempe sebagai camilan khas. Kendati demikian, setiap daerah mempunyai ciri khasnya masing-masing, sehingga itulah yang menjadi perbedaannya. Ciri khas keripik tempe dari Cilacap ini terdapat pada ukuran yang lebih tebal, namun teksturnya tetap renyah dan rasanya pun gurih.

4. Rempeyek Yutuk Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

Rempeyek yutuk bukanlah camilan biasa, karena yutuk adalah nama dari binatang laut yang mirip dengan udang maupun kepiting. Yutuk itulah yang diolah sebagai bahan utama rempeyek, sehingga rasanya pun terasa lebih gurih, enak dan bikin mau memakannya terus-menerus. Tapi tidak semua tempat menjualnya, karena rempeyek yutuk ini memang hanya bisa ditemukan di sekitaran wilayah pantai Cilacap saja.

5. Templeng Khas Cilacap

Sekilas tampilan dari templeng ini mirip dengan rempenyek, sehingga banyak juga yang mengenalnya dengan nama rempenyek. Pasalnya, templeng ini memang terbuat dari tepung beras dan campuran bumbu dengan rasa yang gurih. Cara pengolahannya pun sama dengan ketika memasak rempeyek, hanya saja templeng punya banyak variasi toping, seperti kacang tanah, udang rebon, kedelai, ikan teri hingga kacang hijau. Templeng khas Cilacap ini adalah camilan dengan tekstur yang begitu kriuk, sehingga sangat cocok bagi  Anda yang menginginkan oleh-oleh khas Cilacap dengan tekstur seperti ini.

6. Brekecek Khas Cilacap

Ini beneran namanya lho! Karena nama dari salah satu makanan dari Kabupaten Cilacap ini sungguh unik, yaitu brekecek. Bagi yang belum terbiasa menyebutkannya, pasti akan terasa aneh untuk diucapkan. Akan tetapi, makanan ini tidak seaneh namanya, karena rasa dari makanan yang terbuat dari kepala ikan jahan ini sungguh enak. Sebab, kepala ikan tersebut telah dilengkapi dengan bumbu khas yang mirip dengan rica-rica, sehingga bukan hanya aromanya saja yang sedap, rasanya pun juga demikian.

7. Karedok Khas Cilacap

Karedok memang lebih dikenal sebagai kuliner khas dari Provinsi Jawa Barat, tapi karena di Kabupaten Cilacap kehadiran dari karedok sudah menjadi tradisi, maka Karedok pun juga diadopsi sebagai salah satu makanan khas kota ini. Komposisi dan proses pembuatannya tidaklah berbeda, karena komposisi yang digunakan adalah kubis, wortel, kacang panjang, kecambah dan mentimun. Semua komposisi sayuran tersebut dicampur dan disiram dengan sambal bumbu kacang, kemudian disajikan bersamaan dengan tahu goreng, lontong ketupat dan kerupuk banggi, sehingga cita rasanya pun sama dengan karedok khas Jawa Barat. Namun kabar baiknya, bagi yang ingin makan karedok tak perlu jauh-jauh ke Provinsi Jawa Barat, karena di Cilacap Anda pun bisa menemukannya dengan mudah.

8. Cetil & Cenil Khas Cilacap

Cetil & cenil adalah jajanan tradisional Cilacap yang terbut dari bahan dasar singkong, ada yang dibentuk bulat dan ada pula yang dibentuk kotak, keduanya diolah dengan warna-warna menarik yang menggugah selera. Biasanya cetil & cenil ini disajikan dengan taburan gula merah dan parutan kelapa. Tak sulit untuk menemukan cetil & cenil, karena di sepanjang jalan dan di pasar tradisional wilayah Kabupaten banyak sekali pedagang yang menjualnya.

9. Keripik dan Stik Sukun Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

Camilan unggulan dari produk berkualitas di wilayah Kabupaten Cilacap adalah keripik dan stik sukun. Keduanya menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan, tak terkecuali untuk Anda. Sebab, sukun dikenal sebagai buah yang memiliki rasa manis yang pas dan tidak berlebihan, sehingga rasanya pun tak akan jauh berbeda ketika diolah menjadi keripik dan stik sukun yang renyah serta enak.

10. Mie Goreng & Nasi Goreng Khas Cilacap

10 Oleh-oleh Khas Cilacap Terbaru dan Paling Terkenal Oleh-oleh

Apa istimewanya? Bukannya di setiap tempat pasti ada, apalagi kedua makanan pun bisa dimasak sendiri di rumah. Ya itu memanglah benar, tapi anggapan tersebut mungkin akan Anda cabut kembali setelah Anda merasakan sendiri seperti apa kenikmatan dari mie goreng dan nasi goreng khas Cilacap ini. Hal ini dikarenakan, kedua makanan favorit ini memiliki rasa yang begitu khas dan gurih, yang kemungkinan besar tidak Anda rasakan ketika membelinya di tempat lain.

Lihat juga makanan khas daerah bali yang terkenal

Bagaimana pun juga, oleh-oleh khas Cilacap yang telah disebutkan di atas tidak sepenuhnya dapat dibawa pulang untuk menempuh perjalanan jauh dan dalam waktu lama, sehingga Anda harus memilih-milih sendiri, mana saja makanan atau jajanan yang hanya bisa dijadikan sebagai bekal perjalanan dan mana saja yang bisa dibawa pulang.

tempatwisataindonesia.id
Review
5