10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat

Berbicara mengenai makanan khas, pada uraian kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai makanan khas Ciamis. Sebagai salah satu Kabupaten Kota di Jawa Barat dengan jumlah kecamatan sebanyak 30 kecamatan maka sudah tidak heran lagi manakala banyak kuliner Khas Ciamis. Di kabupaten Ciamis ini terdapat banyak sekali makanan khas yang menggoda lidah serta menjadi incaran para pecinta kuliner nusantara.

Lihat juga makanan khas jawa barat

Jika kamu penasaran dengan apa saja makanan khas Ciamis, pada uraian kali ini kami akan memberikan ulasan mengenai 10 daftar makanan khas Ciamis. Yuk simak baik-baik uraian berikut ini.

 Makanan Khas Ciamis Yang enak dan Lezat

1. Galedo

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Makanan dari Ciamis yang pertama ini merupakan makanan yang terbuat dari sari pati kelapa atau santan kelapa yang sudah diolah dengan cara direbus hingga ada proses pembentukan minyak. Minyak yang muncul ini merupakan minyak kelapa nah endapannya ini disebut dengan galendo.

Galendo merupakan serbuk yang masih mengandung minyak. Lanjutkan proses dengan memeras galendo basah supaya mendapatkan minyaknya, setelah proses selesai maka silahkan keringkan kemudian siap dipotong dan akhirnya disajikan sebagai oleh-oleh.

2. Sale Pisang

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Kuliner khas Ciamis ini memiliki bentuk seperti keripik panjang-panjang akan tetapi sebenarnya terbuat dari buah pisang. Di Ciamis terdapat salah satu kawasan yang menjadi pusat produksi sale pisang yaitu di daerah Padaherengm Banjarsari.

Sale pisang yang memiliki kualitas ekspor ini bisa dinikmati serta banyak dicari karena rasanya memang cukup nikmat.

3. Pindang Gunung

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Pindang Gunung ini merupakan salah satu sajian berkuah. Pindang Gunung merupakan hidangan segar dengan bahan utama yaitu ikan. Adapun mengenai profil rasanya pindang gunung ini memiliki sensasi rasa yang asam serta pedas.

Ikan kakap, kakap merah, tongkol merupakan jenis ikan yang kerap digunakan sebagai bahan dasar pembuatan pindang gunung.

Ikan-ikan tersebut kemudian dipotong kemudian dimasukkan dalam panci yang sudah diisi dengan air yang dibumbui menggunakan beberapa bahan seperti kemiri, cabe serta beberapa bumbu lainnya.

4. Mie Golosor

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Mie Golosor merupakan mie kuning dengan ukuran besar jika dibandingkan dengan ukuran mie pada umumnya. Warna serta kesan licin yang muncul dikarenakan adanya bahan dasar yaitu tepung kanji. Beberapa orang mengatakan jika mie Golosor ini memiliki bentuk yang mirip dengan gabungan serta potongan panjang rumput dengan pasta spagethi.

Mie golosor ini bisa disajikan dengan dan tanpa kuah. Akan tetapi mie golosro yang terkenal di Ciamis ini kerap disajikan dengan menggunakan mie bakso. Manakala kamu tertarik silahkan coba makanan satu ini dan dijamin sensasi mie yang licin serta toping dengan potongan daging serta bakso ini akan menyegarkan dan membuat lidah kamu bergoyang.

5. Dendeng Sapi

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Makanan satu ini merupakan salah satu olahan daging sapi yang berasal dari Ciamis. Dendeng kerap dihidangkan untuk acara syukuran. Biasanya Dendeng ini berbentuk daging sapi yang sudah dipotong tipis diberi bumbu rempah kemudian dikeringkan. Daging dendeng yang berbentuk kering ini mampu bertahan lama meskipun tidak disimpan dalam kulkas.

Daging dari dendeng sapi ini bisa dibuat beragam olahan sebelum, akhirnya disantap misalnya dengan digoreng atau dibakar. Selain itu dendeng juga kerap dipotong guna disajikan sebagai bahan makanan. Dendeng ini akan sangat nikmat manakala disantap dengan menggunakan nasi putih yang hangat.

6. Abon Sapi

10 Makanan Khas Ciamis yang Enak dan Lezat Makanan

Selain dendeng ada juga makanan dari olahan daging sapi dari Ciamis yaitu abon sapi. Makanan ini terbuat dari daging sapi yang sudah disuwir sebelumnya. Abon sebelumnya disuwir hingga lembut kemudian dicampurkan dengan menggunakan rempah-rempah. Abon sapi yang berasal dari ciamis ini terkenal memiliki tekstur yang lembut serta memiliki kandungan bumbu yang lebih terasa.

Abon menjadi makanan favorit orang ciamis terutama untuk anak-anak selain memiliki umur yang panjang abon juga bisa menjadi lauk serta tahan dalam jangka waktu yang lama.

7. Gula Kelapa

Kuliner khas Ciamis berikutnya yang sering disajikan sebagai oleh-oleh yaitu gula kelapa. Gula kelapa ini bisa dimakan secara langsung bagi yang suka dengan makanan satu ini. Gula kelapa merupakan gula yang diolah dari kelapa. Adapun jenis kelapa yang bisa dibuat gula bisa kelapa muda atau kelapa tua. Akan tetapi perbedaan rasanya akan nampak tergantung dari bahan yang digunakan.

Seperti halnya gula aren Ciamis, kula kelapa Ciamis juga bisa ditemukan diproduksi di tempat lain. Bedanya adalah produksi di ciamis masih mempertahankan proses produksi yang tradisional. Jadi kalau kamu mau gula kelapa yang masih otentik pembuatannya, datang saja ke Ciamis.

8. Gula Aren

Gula aren ini merupakan gula dari bahan coklat yang memiliki rasa manis serta kerap digunakan sebagai bahan masakan. Gula aren ini terbuat dari cairan nira yang disadap dari pohon aren. Kemudian cairan nira ini dimasak hingga berbentuk seperti gula.

Bubur pada gula ini kemudian akan dicetak menggunakan batok kelapa. Masih banyak beberapa tempat yang memproduksi gula aren akan tetapi yang dari Ciamis ini terkenal karena menggunakan proses tradisional. Nah kamu yang berkunjung ke Ciamis bisa menjadikan Gula aren ini sebagai buah tangan.

9. Surabi

Surabi atau serabi merupakan makanan khas Jawa Barat, akan tetapi karena terkenal serta enak makanan ini sudah diserap daerah Ciamis sehingga bisa kamu temukan di beberapa tempat di kabupaten Ciamis ini. Awal pembuatannya, surabi ini biasanya dihidangkan menggunakan rasa manis menggunakan bahan gula aren maupun dengan menggunakan rasa asin dengan menggunakan bahan oncom.

Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu makanan ini akhirnya tersebar serta memiliki beragam versi rasa dengan toping yang unik. Toping serta rasa modern ini bisa kamu dapatkan di Ciamis misalnya serabi sosis, serabi durian, serabi abon serta masih banyak lagi.

Manakala kamu mampir ke Ciamis maka silahkan coba macam-macam dari surabi ini pasti kamu akan ingin menjajal semua varian rasa surabi.

10. Aneka Kerupuk

Makanan dari Ciamis yang terakhir ini bisa kamu temukan dimana-mana akan tetapi kamu juga tidak ragu manakala membeli kerupuk Ciamis ini. Ciamis terkenal sebagai daerah yang banyak memproduksi kerupuk. Produksi krupuk di daerah Ciamis berpusat di daerah Cikoneng. Kerupuk yang diproduksi di sini ada banyak jenis. Dari kerupuk yang banyak dijual dipasaran sampai dengan kerupuk dengan rasa unik. Bagi kamu yang suka kerupuk, datang saja ke sini, kamu dijamin akan borong banyak kerupuk untuk dibawa pulang.

Lihat juga Makanan khas mojokerto jawa timur

Makanan khas Ciamis banyak sekali jenisnya serta untuk rasanya juga tidak perlu diragukan lagi, silahkan coba beberapa kuliner khas Ciamis diatas.

tempatwisataindonesia.id
Review
5