23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak

Indonesia merupakan sebuah nama negara yang berasa di Kawasan Asia. Lebih tepatnya, negara ini berada di daerah Asia Tenggara. Sejak terbentuk sebagai sebuah negara berdaulat, Indonesia telah dikenal sebagai daerah yang kaya. Baik dari segi hasil alam, budaya, dan lain sebagainya. Oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika di negara ini terdapat begitu banyak makanan khas deaerah. Pada kesempatan kali ini makananoleholeh.com ingin berbagi makanan khas daerah yang menjadi ciri khas di daerah tersebut.

Salah satu keunikan yang ada di Indonesia adalah terdapat begitu banyak masakan kuliner. Pada dasarnya, masakan kuliner merupakan sebuah olahan makanan yang menjadi ciri khas suatu daerah. Makanan khas daerah di Indonesia tersebut cukup banyak yang terkenal baik local maupun manca negara. Karena hal tersebut maka banyak orang yang menyukai kuliner asli nusantara.

Di negara indonesia ini, karena saking banyaknya makanan khas membuat sebagian daerah menjadi pusat kuliner yang wajib di kunjungi dan juga oleh-olehnya. Tidak heran jika kota-kota seperti surabaya, bali, jogja, bandung, sunda, maluku, jakarta, semarang, lampung, aceh, malang dan masih banyak kota lainnya menjadi sorotan untuku berkunjung menikmati berbagai wisata kuliner maupun oleh-olehnya.

Makanan Khas Daerah Di Indonesia

Makanan khas Daerah merupakan sebuah menu masakan yang menjadi ciri khusus suatu kawasan. Suatu masakan atau kuliner memang menjadi identitas sebuah daerah di tanah air. Masakan kuliner yang menjadi identitas biasanya memiliki rasa yang lezat. Alhasil banyak orang yang menyukai hidangan khas tersebut.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai berbagai macam masakan enak dari kawasan nusantara. Adanya pembahasan ini dapat menjadi referensi bagi anda yang sedang ingin menikmati berbagai kuliner asli dari Indonesia. Berikut daftar kuliner asli daerah di Indonesia yang bisa anda coba.

1. Bika Ambon dari medan

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Salah satu masakan kuliner asli dari daerah Indonesia adalah bika ambon. Makanan ini berasal dari daerah Medan, Sumatra Utara. Bentuk kuliner berupa kue ini dibuat dari campuran gula, telur dan santan. Biasanya, makanan bika ambon memiliki aroma yang wangi. Aroma wangi dari kuliner tersebut membuatnya menjadi makanan khas Daerah favorit dari Provinsi Sumatra Utara.

2. Mie Aceh

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Ketika berkunjung ke Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam akan terasa kurang lengkap jika tidak mencicipi masakan kuliner makanan khas Daerah Aceh. Salah satu menu kuliner asli daerah Aceh adalah mie Aceh. Makanan ini juga termasuk kuliner yang begitu disukai masyarakat Indonesia. Rasa lezat dari hidangan mie Aceh membuat para penikmatnya menjadi ketagihan. Oleh sebab itulah, maka tidak mengherankan jika banyak orang yang berkunjung ke serambi mekkah tersebut mencari kuliner mie Aceh.

3. Gulai ikan jenis patin dari Jambi

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Gulai ikan patin memang menjadi masakan yang paling lezat jika anda penggemar makan ikan. Jenis kuliner ini begitu terkenal di daerah Jambi. Masakan yang berasal dari bahan dasar daging ikan patin ini tergolong sebagai hidangan favorit. Kuliner asli Jambi itu dibuat dengan memakai tempoyak yang berasal dari fermentasi durian. Selain itu, kadang ada pula yang menggunakan santan untuk menggantikan tempoyak. Makanan khas Daerah jambi ini memang menjadi terfavorit karena dijamin rasa dan nikmatnya tiada tara.

4. Rendang Padang

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Makanan khas Daerah di Indonesia berikutnya yaitu rendang Padang. Sesuai dengan namanya, rendang Padang berasal dari Provinsi Sumatra Barat. Bahan dasar untuk membuat masakan ini pun sangat mudah untuk didapatkan. Seseorang yang ingin membuat hidangan rendang hanya perlu bahan utama berupa daging dan santan kelapa.

5. Gulai belacan dari Riau

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Daerah Riau ternyata juga memiliki sebuah masakan kuliner yang lezat. Masakan kuliner lezat itu bernama gulai belacan. Kuliner ini dibuat dari bahan dasar berupa kuah yang telah dicampur dengan terasi. Selain itu terdapat pula daging, udang atau ikan. Berbagai bahan ini mampu membuat gulai belacan terasa nikmat.

6. Pendap dari Bengkulu

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Masakan pendap Bengkulu ternyata menjadi kuliner yang populer. Makanan yang yang satu ini biasanya sering dijadikan sebagai oleh – oleh asli Bengkulu. Olahan masakan lezat itu terbuat dari parutan kelapa muda yang di campur dengan bumbu khusus. Biasanya, pendap Bengkulu akan laris manis pada waktu lebaran.

7. Mie Bangka

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Jika anda penggemar mie, maka biasa mencoba masakan kuliner dari daerah Bangka. Masakan kuliner asli dari Bangka ini bernama Mie Bangka. Sesuai dengan namanya, masakan itu terbuat dari bahan dasar berupa mie. Bahan dasar berupa mie tersebut dicampurkan dengan kuah yang diberi bumbu khusus. Alhasil rasa mie pun akan semakin lezat.

8. Empek – empek Palembang

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Siapakah yang tidak kenal dengan empek – empek makanan khas Daerah Palembang Sumatra Selatan ini begitu populer di Indonesia. Masakan yang terbuat dari sagu dan ikan ini memiliki rasa yang lezat. Rasa lezat dalam sebuah hidangan empek – empek asli Palembang membuat setiap orang yang mencobanya menjadi ketagihan.

9. Kerak telor dari Jakarta

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Kerak telur menjadi suatu masakan yang merupakan perpaduan dari masakan khas Portugis. Jenis hidangan ini menjadi makanan khas Berawi Jakarta. Kuliner bernama kerak telur akan mudah dijumpai saat acara pekan raya di Jakarta. Bahkan tidak jarang kuliner kerak telur dijadikan simbol dalam kegiatan tersebut.

10. Seruit Lampung

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Masakan asli daerah Indonesia lainnya yaitu seruit Lampung. Kuliner ini dibuat dari daging ikan yang dibakar atau digoreng. Daging ikan itu biasanya akan dicampur dengan terasi atau tempoyak. Hidangan model ini akan terasa lebih nikmat apabila disajikan dengan lalapan berupa mentimun atau tomat. Makanan khas lampung ini dijamin bikin lidah berasa bergoyang karena hidangan ini dilengkapi dengan cabai yang pedas dan ditaburi bumbu yang gurih.

11. Ikan bandeng presto dari Semarang

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Provinsi Jawa Tengah juga tidak mau ketinggalan dalam urusan kuliner. Salah satu makanan khas daerah ini adalah bandeng presto. Makanan ikan bandeng dengan duri lunak ini berasal dari Kota Semarang, Jawa Tengah. Masakan ini akan terasa nikmat jika dihidangkan dengan nasi putih dan sambal terasi. Apabila anda sedang berwisata di kota semarang dan ingin menikmati makanan khas semarang ada baiknya tidak melewatkan salah satu menu bandeng presto.

12. Gudeg Jogjakarta

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Apabila mendengar kata gudeg pasti pikiran akan langsung tertuju pada Provinsi Yogyakarta. Memang benar, gudeg menjadi kuliner andalan dari daerah istimewa ini. Karena saking populernya, Yogyakarta dikenal sebagai kota gudeg. Pada dasarnya, kuliner gudeg terbuat dari olahan sayur nangka. Makanan khas jogja ini mendapat perhatian lebih bagi para wisatawan yang pergi kesana. Bagi pecinta wisata kuliner jogja tentu ketika pergi kesana wajib hukumnya menikmati gudek jogja

13. Mie Kocok dari Bandung

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Kota Bandung merupakan daerah yang terkenal di Provinsi Jawa Barat. Di daerah ini terdapat sebuah kuliner yang memiliki rasa lezat. Kuliner tersebut bernama mie kocok. Mie kocok terbuat dari mie gepeng, kikil dan tauge.

14. Ayam betutu dari Bali

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Ayam betutu memang memiliki rasa yang nikmat. hal inilah yang membuat kuliner asli Bali itu begitu disukai para wisatawan. olahan daging ayam utuh yang diberi bumbu khusus mampu memanjakan lidah orang yang menikmatinya. oleh sebab itulah, tidak mengherankan jika banyak wisatawan yang menyukai makanan khas bali tersebut.

15. Nasi rawon dari Surabaya

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Rawon adalah salah satu hidangan makanan khas surabaya yang paling dicari. Rawon sendiri memiliki warna dan rasa yang berbeda sehingga makanan ini berbeda pada umumnya. Rawon sendiri terdiri dari potongan daging, kuah, dan sayuran. Bila anda berkunjung ke Surabaya tidak akan lengkap belum belum menikmati hidangan soto rawon.

Kuliner bernama soto rawon merupakan sebuah masakan asli dari kota pahlawan. Masakan tersebut mempunyai ciri khusus berupa kuah hitam. Kuah hitam itu dibuat dengan memakai kluwek.  Alamatnya sendiri terletak di jalan embong malang no 871, genteng surabaya. Untuk harga rawon berkisar antara 12000-30000.

16. Soto Banjar

Soto banjar merupakan masakan asli dari daerah Banjarmasin. Kuliner ini dibuat dari bahan utama daging ayam. Daging ayam itu dicampur dengan bumbu rempah – rempah yang lezat. Oleh sebab itulah banyak orang yang menyukai hidangan soto banjar.

17. Bubur Manado

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Makanan dari Manado yang cukup terkenal adalah bubur manado. Olahan asli Manado ini memiliki rasa yang lezat. Dalam sebuah hidangan bubur manado terdapat campuran sayur dan lauk pauk baik yang hewani atau nabati.

18. Ayam taliwang dari Lombok

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Makanan khas Lombok yang lezat yaitu ayam taliwang. Sesuai dengan, kuliner ini dibuat dari bahan dasar berupa daging ayam. Adapun ayam yang digunakan untuk masakan ini adalah jenis ayam kampung. Oleh sebab itulah, maka ayam taliwang memiliki rasa yang nikmat di lidah.

19. Gohu ikan dari Maluku

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Maluku merupakan sebuah daerah yang berada di bagian Indonesia sebelah timur. Daerah ini ternyata juga memiliki masakan khas. Kuliner asli dari daerah Maluku adalah gohu ikan. Makanan tersebut dibuat dari bahan dasar daging tuna merah.

20. Coto dari Makasar

Makanan khas Daerah di Indonesia berikutnya berasal dari Makasar. Di daerah ini terdapat kuliner khas bernama coto Makasar. Masakan Coto Makasar di buat dari jeroan dan daging sapi. Hidangan ini sangat cocok ketika musim dingin dan panas. Apabila anda sedang berkunjung ke kota makasar coba deh sekali-kali mencicipi coto makasar rasakan nikmatnya.

21.  Nasi Timbel dari sunda

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Nasi timbel merupakan makanan khas sunda asli yang rasanya enak dan harga bersahabat. Nasi timbel sendiri mempunyai banyak versi tak jarang banyak orang membicarakan nasi timbel khas sunda ini. Hidangan makanan ini sangat cocok untuk para masyarakat yang hidup didesa misal sebagai petani. Saat lelah dan laper hidangan nasi timbel ini sangat cocok karena memiliki rasa yang khas sehingga makanpun jadi lahap dan jika sudah kenyang siap untuk bekerja kembali.

22. Ikan Komu Asar dari maluku

23 Makanan Khas Daerah Di Indonesia Yang Paling Enak Makanan

Ikan Komu Asar merupakan makanan khas maluku yang memiliki cita rasa tinggi. Wisata kuliner di maluku ini memiliki beragam makanan khas sehingga ketika anda pergi wisata kesana sangat disayangkan jika tidak mencicipi makanan enak disana. Hidangan makanan ini terdiri dari ikan calakang yang di tusuk seperti sate lalu di asapi hingga menjadi kering. Lebih mantab lagi anda bisa menggabungkan dengan sambel colo-colo khas maluku dijamin deh makan langsung lahap dan pengen nambah.

Makanan khas Daerah di Indonesia berisikan pembahasan mengenai berbagai jenis olahan makanan dari berbagai daerah yang ada dalam wilayah Indonesia. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas daerah yang akan kita bahas, mungkin lain kali akan kita update kembali setelah kami mengumpulkan informasi terkait  makanan khas daerah indonesia. Semoga dengan beberapa daftar makanan diatas bagi para traveler bisa terbantu untuk menemukan wisata kuliner yang enak.

Leave a Reply