35 Makanan Khas Indonesia Yang Enak dan Bikin Ngiler

Sebagai warga Indonesia sudah sepatutnya jika kita bangga dengan Makanan Khas Indonesia karena makanan yang ada di Indonesia sangatlah banyak. Jika kita memasuki ke berbagai wilayah di Indonesia tentulah kita akan menjumpai berbagai kuliner khas Indonesia yang tidak bisa ditemui didaerah lain. Pada kesempatan ini makananoleholeh.com kembali memberikan beberapa daftar makanan khas indonesia yang dijamin enak, apabila anda sedang berwisata ke suatu tempat anda bisa mencoba beberapa list makanan dearah berikut ini.

Terlebih kuliner di Indonesia juga menjadi salah satu masakan yang paling lezat di dunia karena memiliki bumbu-bumbu yang spesial dari rempah-rempah yang cukup lengkap. Perbedaan komposisi rempah ditiap daerah juga menghasilkan makanan yang dengan cita rasa berbeda yang akan membuat lidah setiap orang yang mencicipinya ketagihan. Untuk itu, disini setidaknya akan kami sampaikan 35 masakan khas yang ada di Indonesia yang patut dicoba diberbagai daerah.

Lihat makanan khas sunda yang terkenal

35 masakan khas Indonesia yang wajib di Coba

35 Makanan Khas Indonesia Yang Enak dan Bikin Ngiler Makanan

Ragam masakan Indonesia yang memiliki bumbu rempah memang bisa membuat kita menelan lidah karena aroma yang keluar dari masakan tersebut. Oleh karena itu, tidak heran jika mantan presiden Amerika, Obama juga menyukai kuliner khas Indonesia seperti Bakso, Sate, nasi Goreng, dan lain sebagainya. Selain itu, ada juga beberapa masakan yang wajib anda coba karena bisa membuat anda ngiler. Apa sajakah makanan tersebut, mari kita simak berbagai masakan khas yang ada di Indonesia sebagai berikut.

1. Soto kudus

Masakan khas yang patut anda coba ketika berkunjung ke Kudus adalah Soto kudus. Makanan khas satu ini bisa membuat anda ngiler karena kaya akan rempah-rempah didalamnya. Suwiran daging dengan kuah dan ditambah tauge membuat lidah anda ngiler. Terlebih ditambah toping bawang goreng diatasnya tentu akan membuat selera makan anda meningkat.

2. Tude bakar, Manado

Makanan selain soto adalah Tude bakar yang berasal dari Manado. Tude bakar sendiri pada dasarnya adalah ikan pindang yang dibakar dan dibaluri dengan berbagai rempah khas manado. Bau bakaran yang bersumber dari ikan ini bisa membuat lidah anda ngiler karena aromanya sangat khas dan sedap sehingga jika anda jalan-jalan ke manado sudah wajib hukumnya untuk mencicipi masakan khas ini.

3. Tempoyak ikan patin, Jambi

Anda yang merupakan penggemar ikan patin, maka sudah menjadi keharusan untuk datang ke Jambi dan merasakan masakan khas tempoyak Ikan patin. Ikan patin yang memiliki tekstur daging lembut sangat cocok dimasak dengan bumbu kuning. Dengan rempah khas jambi dan ditambah warna kuning pada kunir dalam bumbunya membuat masakan ikan ini banyak diburu oleh orang karena cita rasanya.

4. Asinan Betawi

Kuliner khas Indonesia selanjutnya adalah Asinan Betawi. Asinan ini sangat berbeda bentuk dan cita rasanya jika dibandingan dengan didaerah lainnya. Jika didaerah lain, asinan berwarna bening dengan potongan timun di Betawi sangatlah berbeda. Jika dilihat secara singkat mirip seperti pecel karena menggunakan bumbu kacang sebagai sambalnya. Adapun bahannya sama yaitu sedikit sayur dan mentimun. Ditambah krupuk mi diatasnya dan disiram dengan bumbu kacang yang akan membuat lidah bergoyang saat mencicipinya.

5. Kerak telor, Jakarta

Kerak telor memang sudah populer di Jakarta dimana cara penyajiannya yang unik membuat makanan ini diburu ketika berada di Jakarta. Tidak hanya itu, cita rasa makanan yang unik karena rempah didalamnya juga menjadi incaran wisatawan mancanegara.

6. Nasi campur Bali

Jika di jawa ada nasi rames, maka di Bali ada nasi campur. Sesuai dengan namanya, makanan ini cukup lezat karena taburan lauk pauk yang bercampur baur mulai dari kluban hingga goreng-gorengan diatasnya.

7. Nasi Padang

Yang khas dari nasi padang adalah sambal dan penyajian daun singkongnya. Dengan bumbu khas Padang, masakan ini menjadi incaran banyak orang. Oleh karena itu, tidak heran jika kita melihat banyak warung makan nasi padang tersebar di Indonesia.

8. Rujak buah

Rujak buah adalah makanan umum yang bisa dijumpai disebagian pelosok Indonesia. Dengan berbagai racikan buah segar seperti timun, bengkoang, mangga muda, dan lain sebagainya ditambah dengan sambal gula aren dan sedikit kacang maka akan membuat lidah anda menelan ludah.

9. Pempek, Palembang

Pempek memang makanan khas dari Palembang yang memiliki cita rasa khas. Ada berbagai varian mpek-mpek mulai dari kapal selam, original, dan lain sebagainya. Ditambah dengan sambal cuka pempek Palembang menjadi sangat khas sekali dari daerah tersebut.

10. Nasi goreng

Nasi goreng memang sangat khas dari Indonesia dan setiap daerah memiliki resep nasi goreng sendiri. Bumbu yang digunakan untuk memasak nasi goreng memang sangat khas dan aromanya membuat lidah anda tak tahan ingin segera mencicipinya.

11. Lumpia Semarang

Lumpia khas semarang ini memang memiliki cita rasa yang lezat terlebih jika disandingkan saat panas dan ditemani cabe yang ‘dikletus’ tentu akan membuat anda ketagihan. Isi lumpia juga bermacam-macam mulai dari bihun dan sedikit sayur hingga daging. Anda tinggal memesan sesuai keinginan anda.

12. Nasi Penyet

Dinamakan nasi penyet bukan berarti nasinya yang dipenyet/ diuleg akan tetapi karena nasi ini disandingkan dengan sambal yang lauknya biasanya dipenyet diatasnya. Lauknya sendiri cukup bervariasi mulai dari tempe goreng, ayam, ikan dan lain sebagainya. Soal cita rasa, jangan ditanya lezatnya.

13. Nasi gudeg Yogyakarta

Anda yang datang ke Jogja wajib hukumnya mencicipi gudeg. Olahan nangka dengan bumbu khas Jogja yang manis membuat lidah anda ketagihan untuk mencicipinya. Jadi tidak heran jika banyak orang yang ketagihan setelah mencicipi Makanan Khas Indonesia ini.

14. Martabak Manis atau Terang Bulan

Martabak manis memang menjadi makanan yang sangat digemari oleh masyarakat Indonesia. Martabak ini juga memiliki beragam variasi rasa yang bisa dipilih sesuai dengan kesuakaan anda.

15. Sup Konro, Makassar

Sup Konro merupakan Sup yang terbuat dari Iga sapi. Dengan beragam rempah masakan didalamnya, cita rasa sup ini sangatlah lezat dan bisa membuat anda berkeringat jika menahannya lama-lama karena ingin segera memakannya.

16. Nasi Langgi

Nasi langgi ini pada dasarnya mirip dengan nasi campur asal Bali. Akan tetapi yang membedakan disini adalah lauk telur yang dibiarkan bulat dan ditambah sambal disampingnya yang akan membuat lidah anda berair ingin segera mencicipinya.

17. Gohu Ikan, Maluku

Gohu Ikan juga mirip dengan tude bakar manado. Bedanya untuk Gohu ikan tidak dibakar tapi dibuat seperti pindah dengan berbagai irisan seperti tomat, cabe, bawang merah, dan rempah-rempah lain yang dihidangkan sangat lezat.

18. Sate Madura

Sate memang makanan yang bisa sangat mudah ditemukan di Indonesia. Dengan bumbu kacang ataupun kecap sebagai pelengkap sate tentu anda bisa ngiler dibuatnya. Pilihan sate pun cukup banyak mulai dari ayam, kambing, kelinci dan lain sebagainya.

19. Bubur sagu Ambon

Bubur sagu Ambon memang sangat khas dari Ambon dimana cita rasa dari bubur sagu ini cukup khas dan bisa membuat banyak orang ketagihan dibuatnya. Terlebih makanan ini berasal dari Indonesia Timur tentu cita rasanya pun cukup khas bagi anda yang belum pernah mencobanya.

20. Kangkung

Kangkung merupakan salah satu masakan khas dari Indonesia yang paling banyak digemari. Sayuran ini sendiri biasanya sangat favorit untuk ditumis. Dengan bumbu khas didalamnya, tentu akan membuat masakan satu ini banyak diminati oleh banyak orang. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki resep tersendiri terkait dengan masakan kangkung.

21. Soto Banjar

Soto banjar merupakan salah satu makanan khas Banjarmasin yang bisa anda temukan ketika mengunjungi kota tersebut. Tidak kalah dengan soto Kudus, Soto banjar memiliki cita rasa yang segar karena kuahnya yang cukup segar. Tidak seperti soto lainnya yang memiliki kuah berwarna coklat, soto Banjar memiliki kuah berwarna lebih bening. Dengan perasan jeruk nipis diatasnya tentu akan membuat soto ini lebih segar dan bisa membuat air liur anda mengalir ketika menicipi masakan satu ini.

22. Iga Penyet

Jika di Makassar ada sup Konro yang terbuat dari Iga sapi, maka jika anda pecinta iga sudah seharusnya jika anda mencicipi Iga Penyet satu ini. Seperti nasi penyet lainnya, masakan satu ini bisa membuat nafsu makan anda memuncak karena aroma yang ada di iga sapi dipenyet dicampur dengan sambel penyet yang khas akan membuat bulir-bulir air di lidah semakin keluar untuk mencicipi masakan satu ini.

23. Bika ambon medan

Bika ambon merupakan salah satu jajanan khas ambon yang terbuat dari bahan-bahan seperti telur, gula, dan santan. Bika Ambon sendiri biasanya dijual dipasaran dengan rasa pandan. Akan tetapi seiring berjalannya waktu jajanan ini juga memiliki rasa yang bervariasi seperti durian, keju serta cokelat. Cita rasa jajanan ini mirip seperti martabak akan tetapi ada yang khas dari jajanan ini karena adonan yang ada didalamnya. Aroma makanan ini jangan ditanya lezat dan harumnya.

24. Mie Goreng Tek Tek

Mie goreng tek tek tentu sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia. Makanan yang sering dijual pada malam hari ini dan berupa mie goreng memang memiliki cita rasa yang cukup lezat. Terlebih dengan rempah-rempah yang digunakan untuk mengolah masakan ini tentu aromanya akan membuat hidung anda tidak kuat untuk segera mencicipinya. Bumbu yang dibuat dari mie tek tek ini berbeda dengan mie goreng pada umumnya karena mie tek tek memiliki bumbu tradisional yang memiliki cita rasa cukup lezat.

25. Selat Solo

Masakan satu ini bisa dibilang cukup unik karena memiliki berbagai campuran didalamnya. Beberapa irisan ada didalamnya seperti telur, tomat, irisan kacang panjang, kentang, dan irisan daging sapi didalamnya. Rempah-rempah pada kuah dan daging sapi ini membuat masakan ini semakin disukai oleh banyak orang. Aroma rempahnya memang sangat menggoda dan tidak heran jika orang yang datang ke Solo untuk mencicipi masakan satu ini karena gurih pedasnya sangat menggoda.

26. Pisang Goreng

Pisang goreng merupakan jajanan khas Indonesia yang memiliki cita rasa cukup khas. Pisang yang digoreng baik dikasih tepung ataupun tidak tetap memiliki cita rasa yang menggoda. Di jaman modern seperti sekarang, sajian pisang juga sangat bervariasi dengan berbagai rasa toping diatasnya seperti keju, cokelat dan lain sebagainya sehingga pisang goreng tidak akan membosankan.

27. Nasi tumpeng

Nasi tumpeng merupakan nasi yang sangat khas dari Indonesia. Nasi tumpeng ini sendiri biasanya berbentuk kerucut yang berbentuk seperti gunung. Nasi tumpeng ini pada dasarnya berasal dari tradisi jawa jika ada acara-acara tertentu. Nasi tumpeng didalamnya banyak bumbu-bumbu yang diolah sehingga rasanya cukup gurih. Sekarang nasi tumpeng pun ada yang berwarna kuning yang bisanya digunakan untuk upacara hari ulang tahun ataupun peresmian-peresmian penting.

28. Klepon

Klepon merupakan jajanan berbentuk bulat berwarna hijau dan didalamnya ada gula jawa. Taburan kelapa serut diatasnya membuat cita rasanya sangat gurih. Rasa gurih kelapa dipadukan dengan manisnya gula jawa akan membuat lidah anda ingin terus memakannya sehingga jika makan satu saja tidak akan cukup.

29. Nasi kuning

Nasi kuning merupakan nasi yang dicampur dengan bumbu-bumbu dan kunir sehingga warnanya berwarna kuning. Biasanya nasi ini dicampur dengan beberapa lauk seperti siwiran ayam goreng, kacang goreng, tempa dan emping. Rasa nasi ini sangatlah gurih apalagi anda yang suka sambal bisa diberikan sambal pada nasi kuning ini agar cita rasanya lebih sedap.

30. Bakso

Bakso merupakan daging giling yang dibuat bulat. Bakso juga memiliki banyak variasi didalamnya ada bakso urat, bakso isi telur, dan bakso balungan. Salah satu bakso yang cukup terkenal adalah bakso malang. Rasa segar pada kuah bakso dipadukan rasa gurih di bakso tentu sangat menggiurkan. Apalagi jika disantap disiang hari tentu lidah anda tidak bisa menahannya.

31. Rawon

Rawon merupakan khas makanan dari Jawa Timur. Olahan daging sapi yang disajikan dengan kuah hitam khas rawon membuat makanan ini sangat nikmat. Kuahnya berasal dari berbagai campuran rempah-rempah khas Indonesia yang membuat cita rasa masakan khas Indonesia ini paling diburu oleh banyak orang.

32. Rujak cingur Surabaya

Jika anda mengunjungi Jawa Timur khususnya di Surabaya maka wajib bagi anda untuk mencicipi masakan satu ini. Rujak cingur sendiri merupakan campurat daging bagian moncong sapid an dipadukan dengan sambal kacang dengan sayuran seperti kangkung dan tauge. Cita rasa gurih pedas pada sambal rujak membuat banyak orang ketagihan dengan olahan masakan satu ini. Makanan ini juga tidak bisa ditemukan selain jika anda datang ke Surabaya sehingga sayang rasanya jika anda datang ke Surabaya dan tidak mecicipi masakan ini.

33. Tahu campur, Surabaya

Tahu campur merupakan masakan yang berupa seperti soto akan tetapi didalamnya terdapat berbagai campuran sayuran dan kerupuk mie dan udang. Daging sapi yang ada didalam olahan masakan ini membuat aroma makanan semakin menggiurkan. Masakan khas Surabya ini juga menjadi salah satu makanan yang paling banyak digemari oleh wisatawan yang datang ke Surabaya.

34. Lontong Balap, Surabaya

Selain rujak cingur dan tahu campur, Surabaya juga memiliki makanan khas lain yang wajib anda coba ketika datang ke Surabaya. Lontong balap adalah sajian makanan yang cocok untuk disantap disiang hari. Dengan lontong dipadukan dengan kuah segar berisi campuran sayur dan tauge membuat lidah anda tidak henti-hentinya mengeluarkan bulir air liur. Rempah khas Surabaya juga membuat cita rasa makanan ini sangat dicintai oleh banyak orang.

35. Lontong Mie, Surabaya

Sedangkan makanan terakhir yang wajib dicoba adalah lontong mie khas Surabaya. Campuran mie, tahu dan lontong disertai dengan bumbu kacang akan membuat lidah anda bergoyang meneteskan air. Rasa gurih pedas khas Surabaya akan membuat lidah anda ketagihan untuk segera mencicipi masakan khas Surabaya ini.

Demikianlah Makanan Khas Indonesia yang wajib anda coba ketika mengunjungi beberapa daerah di Indonesia. Sejatinya masih banyak lagi makanan yang memiliki cita rasa khas daerah Indonesia yang wajib dicoba akan tetapi masakan tersebut merupakan representasi betapa kayanya kuliner di Indonesia.

Leave a Reply