Makanan Khas Sulawesi Barat 1
Makanan Khas

Makanan Khas Sulawesi Barat

Sulawesi Barat memiliki daya tarik sendiri di mata wisatawan karena keindahan destinasi wisatanya.

Tak hanya itu, daerah ini juga memiliki aneka kuliner khas yang lezat. Bagi Anda yang ingin berwisata ke sana, jangan lewatkan 10 makanan khas Sulawesi Barat yang dijamin enak banget dan bikin Anda tergoda.

Makanan asli Sulawesi Barat paling enak dan menarik untuk dicoba

Ciri khas makanan khas Sumatera Barat adalah identik dengan kue dan roti dan bercita rasa manis.

Makanan-makanan ini sangat recommended untuk dijadikan cemilan serta oleh-oleh khas. Dan berikut adalah 10 makanan khas Sulawesi Barat yang menarik untuk Anda coba:

Makanan Khas Sulawesi Barat

Apang (Mandah)

Makanan Khas Sulawesi Barat

Apang merupakan kue tradisional khas Sulawesi Barat. Makanan yang satu ini terbuat dari bahan utama tepung beras dan gula aren yang dikukus. Setelah matang lalu diberi taburan kelapa diatasnya, rasanya manis dan gurih.

Kue ini berbentuk segitiga dengan warna coklat yang dihasilkan dari gula aren atau gula merah. Dalam proses pembuatannya dahulu, kue ini dicampur tuak manis dalam adonannya agar hasilnya lebih mengembang.

Lihat juga makanan khas sulawesi utara

Namun kini, sudah cukup menggunakan baking powder untuk menghasilkan kue apang yang mengembang dan empuk. Kue ini sangat terkenal di Sulawesi Barat khususnya di daerah Mandar. Apang sangat cocok disantap bersama kopi atau teh manis hangat di pagi hari sambil bersantai.

Bila Anda berwisata ke Sulawesi Barat, sempatkanlah untuk merasakan kenikmatan dan kelezatan sajian yang satu ini.

Kue Cucur

Makanan Khas Sulawesi Barat 11

Makanan khas Sulawesi Barat yang juga lezat salah satunya adalah kue cucur. Kue ini sangat terkenal, bahkan hingga hampir sebagian wilayah Indonesia pun mengenalnya.

Di daerah Mamuju, Sulawesi Barat kue ini biasa disajikan dalam acara hajatan atau acara-acara pesta lainnya.

Kue cucur ini terbuat dari bahan dasar tepung beras dan gula merah yang dijadikan adonan, lalu dibentuk bulat pipih, kemudian digoreng. Rasanya manis dan enak, pastikan Anda mencicipinya.

Sambusa

Makanan Khas Sulawesi Barat 12

Makanan khas Sulawesi Barat yang wajib Anda cicipi  selanjutnya adalah sambusa. Makanan ini mirip dengan makanan khas India yaitu samosa, dari segi bentuknya. Hanya isinya saja yang membedakannya.

Sambusa ini sejenis gorengan dengan bentuk segitiga yang berisi olahan daging ikan yang nikmat. Sulawesi Barat khususnya daerah Mamuju menggantungkan hidupnya dari hasil laut, karena itulah dalam hal kuliner pun berisi ikan.

Sambusa juga merupakan makanan populer di Sulawesi Barat. Karena kepopulerannya, makanan ini menjadi buruan wisatawan yang berkunjung ke sana.

Bau Peapi

Makanan Khas Sulawesi Barat 13

Bau peapi adalah makanan khas Sulawesi Barat yang berasal dari suku Mandar. Makanan ini diolah dari bahan utama ikan  tongkol. ikan tuna atau ikan cangkalang.

Cara membuatnya cukup mudah,  ikan dimasak dengan bawang khas Mandar, kunyit, asam mangga dan minyak kelapa. Makanan ini memiliki citarasa yang asam dan gurih, biasanya masyarakat setempat menyantapnya bersama jepa (makanan khas Sulawesi Barat lainnya)

Jepa

Makanan Khas Sulawesi Barat 14

Jepa merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang biasa disajikan bersama makanan bau peapi. Makanan ini berbentuk bulat pipih, terbuat dari singkong atau tepung sagu dengan bagian tengah diberi gula aren sehingga rasanya sangat manis.

Lihat juga makanan khas sulawesi tengah

Proses pembuatannya yakni singkong dikupas dan diparut lalu diperas. Ampas singkongnya dicampur dengan kelapa parut, kemudian dimasak diatas wajan diatas tungku.

Penasaran rasanya? Jangan lewatkan untuk mencicipinya bila Anda berwisata ke Sulawesi Barat

Bolu Paranggi

Makanan Khas Sulawesi Barat 15

Makanan khas Sulawesi Barat lainnya yang wajib Anda cicipi adalah bolu paranggi. Makanan khas ini berasal dari daerah Mandar dan sangat terkenal di sana.

Bolu paranggi memiliki bentuk yang unik dengan bentuknya yang seperti mangkok. Terbuat dari adonan tepung terigu dan gula aren, dengan tekstur yang empuk dan  rasanya manis menggoda.

Cara pembuatannya cukup sederhana, dari campuran bahan-bahan tepung terigu, gula merah, pengembang dan air di jadikan adonan lalu masukan dalam cetakan khusus selanjutnya  panggang atau di bakar di atas api. Bolu paranggi tahan hingga 1 minggu

Bolu Paranggi cocok buat cemilan di sore hari bersama secangkir kopi atau teh manis hangat sambil bersantai.

Kue Kui Kui

Makanan Khas Sulawesi Barat 16

Bila dilihat sekilas kue ini mirip dengan kue pancong atau kue pukis yang ada di Jakarta.  Tapi ini adalah kue kui kui yang berasal dari Sulawesi Barat, khususnya daerah Mandar. Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu dan parutan kelapa.

Proses memasaknya cukup unik dan dengan cara masih tradisional. dipanggang diatas api, rasanya gurih, enak dan lezat. Kue ini banyak ditemukan di pasar-pasar tradisional Sulawesi Barat. Biasanya masyarakat setempat menyajikan kue ini dalam acara – acara adat suku Mandar.

Kue Tetu

Makanan Khas Sulawesi Barat 17

Makanan khas Sulawesi Barat yang satu ini juga berasal dari daerah Mandar, yaitu kue tetu atau disebut juga kue perahu. Kue ini menjadi kue primadona dalam acara – acara hajatan di daerah Sulawesi Barat. Bahkan menjadi sajian wajib dalam kegiatan pemerintahan setempat.

Kue ini diolah dari bahan utama tepung terigu, gula aren dan santan yang dibungkus daun pisang dengan bentuk menyerupai perahu yang selanjutnya dikukus.

Kue tetu memiliki tekstur yang lembut dengan rasa yang manis, gurih dan asin. Kue yang satu ini sangat digemari masyarakat Sulawesi Barat dan biasanya menghidangkannya saat berbuka puasa.

Roti Pawa

Makanan Khas Sulawesi Barat 18

Roti pawa merupakan makanan khas Sulawesi Barat yang mirip dengan bakpao, sama-sama dikukus. Hanya bedanya roti pawa dibuat dengan campuran tepung terigu dan tepung beras.

Makanan ini berbentuk bulat layaknya bakpao dan berwarna kuning gading. Roti pawa cukup mengandung banyak karbohidrat dan protein, karena itu bisa mengenyangkan perut Anda.

Dahulunya penganan ini hanya ada satu varian isi saja yaitu kacang yang dihaluskan bersama gula merah atau gula pasir. Namun kini, sudah banyak varian isi roti pawa seperti kacang hijau, coklat, kelapa dan sebagainya.

Rasanya manis dengan tekstur yang  empuk. Bila Anda berkunjung ke Sulawesi Barat jangan lewatkan untuk mencicipi sajian yang satu ini.

Loko Anjoroi

Makanan Khas Sulawesi Barat 19

Makanan khas Sulawesi Barat lainnya yang wajib Anda coba adalah loko anjoroi. Makanan yang satu ini dibuat dari pisang raja atau pisang kepok yang direbus bersama kulitnya. Setelah matang lalu kupas kemudian masukan dalam adonan santan dan aduk.

Lihat juga makanan khas sulawesi

Makanan ini dipercaya masyarakat setempat dapat mengatasi penyakit maag atau lambung. Hal ini karena makanan loko anjoroi terbuat dari pisang yang dapat menetralisir asam lambung dan melapisi lambung dari iritasi.

Rasanya memang unik tapi manis dan gurih, makanan ini cocok juga disajikan bersama sambal terasi. Tertarik ingin mencobanya?

Itulah 10 makanan khas Sulawesi Barat yang enak banget, kebanyakan makanan tersebut memiliki citarasa yang manis. Bila Anda berkunjung ke sana jangan sampai terlewatkan untuk menikmati aneka sajian manis nan lezat ini.

Title : Makanan Khas Sulawesi Barat

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *