Written by 06:40 Makanan Khas

Makanan Khas Timur Tengah

Selain Indonesia, Timur Tengah juga memiliki aneka kuliner khas yang wajib banget dicoba. Setidaknya ada 10 makanan khas Timur Tengah yang lezat dan cukup Populer di Indonesia.

Tidak sedikit orang Indonesia yang menyukai masakan Timur Tengah karena kaya akan rempah-rempah. Ingin tahu apa saja?

Makanan khas dari Timur Tengah yang sudah sangat sering dijumpai di Indonesia yaitu Kebab.

Namun selain itu, masih banyak makanan khas Timur Tengah yang memiliki rasa yang lezat dan juga wajib untuk dicoba. Apa saja? berikut ulasannya.

Makanan Khas Timur Tengah

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Kebab

Makanan Khas Timur Tengah

Seperti yang sudah disebutkan tadi kebab menjadi salah satu makanan khas Turki yang sudah sangat populer di Indonesia. 

Kebab adalah makanan khas Timur Tengah yang terbuat dari roti tortilla yang diisi dengan sayur sayuran seperti bawang bombay dan sawi, daging dan saus kemudian disajikan dengan cara dipanggang.

Soal rasa makanan khas Arab yang ada di Indonesia ini tidak perlu diragukan lagi kelezatannya, rasanya yang gurih dan pedas membuat siapapun akan ketagihan dengan kuliner ini.

Lihat juga makanan khas bali

Kebab sangat mudah dijumpai di berbagai tempat makan di Indonesia. Bahkan saat ini juga sudah banyak ditemui kebab instan yang bisa dibeli di toko toko makanan kemudian tinggal menggorengnya di rumah.

Matabaq Arab

Selanjutnya ada makanan khas Timur Tengah yaitu matabaq Arab. Bentuk makanan ini terlihat mirip seperti martabak telur di Indonesia.

Matabaq adalah makanan yang berasal dari Yaman dan terbuat dari kulit yang diisi dengan berbagai isian seperti daging, telur, tomat, bawang bombay, cabai, jalapeno pepper dan kemudian dipanggang.

Rasanya yang gurih dan pedas tidak akan membuat pembeli menyesal membeli makanan ini. Makanan ini juga disajikan dengan cabai mentah yang akan membuat rasanya semakin pedas dan lezat. Matabaq ini bisa ditemukan di berbagai tempat makan khas Timur Tengah di Indonesia.

Nasi Kebuli

Makanan khas Timur Tengah yang wajib dicoba selanjutnya yaitu ada nasi kebuli. Nasi kebuli adalah makanan pokok Timur Tengah berupa nasi yang berasal dari negara Afghanistan. 

Adapun hidangannya yaitu terbuat dari nasi yang dicampur dengan kismis, wortel, almond, daging kambing dan menggunakan berbagai rempah rempah seperti jintan, minyak samin dan lainnya.

Nasi ini terlihat mirip dengan nasi goreng yang biasa dijual di Indonesia, namun tentu saja rasa dari nasi ini berbeda dengan nasi goreng. Campuran rempah rempah pada nasi dengan daging kambing membuat makanan ini memiliki rasa yang sangat sedap dan patut untuk dicoba.

Kushari

Selanjutnya ada kuliner yang berasal dari Mesir yaitu kushari. Kushari termasuk makanan Timur Tengah yang populer. Kushari sendiri adalah makanan yang terbuat dari nasi yang dicampur dengan macaroni, pasta, lentil, kacang arab, bawang goreng dan saus tomat.

Lihat juga makanan khas daerah

Makanan ini sangat cocok disantap bagi vegetarian karena mengandung banyak sayuran dan tidak mengandung produk hewani.

Kushari ini bisa ditemukan di restoran restoran Timur Tengah di Indonesia. Selain sehat dan rasanya yang enak, makanan ini juga memiliki harga yang ramah kantong.

Hummus

Kuliner selanjutnya adalah makanan khas yang harus dicoba yaitu hummus. Makanan ini biasanya disajikan sebagai hidangan pelengkap.

Hummus adalah kuliner berupa saus kacang yang terbuat dari kedelai yang digiling bersama dengan minyak zaitun, bawang putih, garam, air, wijen dan air lemon. Kemudian kacang saus tersebut disajikan dengan roti tortilla dan irisan tomat.

Biasanya hummus dinikmati dengan roti pita atau lafa. Cara menyantapnya yaitu dengan mengoleskan atau mencocolkan roti pada hummus ini. Selain dengan roti pita, hummus juga bisa disajikan dengan kentang panggang.

Roti Maryam

Makanan selanjutnya ini yaitu ada roti maryam yang hampir mirip dengan roti canai. Roti maryam adalah kue yang dibuat dari terigu, telur dan mentega yang berbentuk bundar. 

Teksturnya yang empuk dan rasanya yang manis membuat roti ini disukai banyak orang. Kue ini juga biasanya akan disajikan dengan saus kari, madu maupun dengan topping lainnya.

Roti ini juga mudah ditemui di restoran restoran Timur Tengah yang ada di Indonesia. Cara membuatnya yang mudah, roti ini juga bisa dibuat sendiri di rumah.

Samosa

Makanan selanjutnya yaitu ada samosa. Samosa adalah kuliner berupa kulit kue kering yang diberi dengan isian daging cincang kambing, ayam maupun sapi dan sayuran kemudian disajikan dengan cara digoreng.

Makanan ini biasanya dinikmati dengan sup kacang. Teksturnya yang krispi membuat makanan ini patut untuk dicoba sebagai makanan pelengkap.

Meskipun makanan ini asli dari India, namun jajanan berbentuk segitiga ini termasuk jajanan populer yang patut untuk dicoba. Untuk yang hobi memasak bisa mencoba resep dari samosa ini.

Manakeesh

Selanjutnya ada makanan yang mirip seperti pizza yaitu manakeesh. Kuliner yang satu ini bisa dianggap sebagai pizza khas ala Timur Tengah. Manakeesh adalah makanan berbentuk bulat seperti pizza yang terbuat dari bahan seperti terigu, gula, minyak zaitun dan madu. 

Kuliner ini memiliki topping berupa keju, namun tidak seperti pizza biasanya keju yang digunakan adalah keju putih.

Selain keju putih, manakeesh juga menggunakan daging cincang sebagai topping. Jadi, sudah bisa dibayangkan seperti apa sedapnya makanan yang satu ini.

Falafel

Untuk kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan ketika berada di restoran khas Timur Tengah. Falafel adalah kuliner bercita rasa pedas yang berbentuk seperti perkedel namun terbuat dari kacang dan dicampur dengan rempah rempah. 

Adapun proses pembuatannya yaitu dengan menggiling kacang dengan rempah rempah kemudian dibentuk bulat bulat dan digoreng.

Hidangan yang ramai di Yordania ini memang cukup populer dan dan biasanya juga dihidangkan dengan salad maupun acar dan lafa.

Luqaimat

Dan kuliner terakhir dari Timur Tengah yang patut dicoba adalah luqaimat. Kuliner ini memiliki cita rasa manis dan krispi yang akan membuat siapapun ketagihan setelah mencobanya. 

Luqaimat adalah hidangan penutup yang hampir sama seperti odading namun memiliki bentuk bulat kecil. Makanan ini terbuat dari terigu, susu, gula yang dicampur dan dibentuk bulat bulat.

Kuliner bercita rasa manis ini biasanya ramai dijadikan sebagai sajian buka puasa. Kuliner ini biasanya disajikan dengan wijen dan di atasnya disiram dengan sirup kurma atau maple yang membuat luqaimat ini memiliki rasa yang sangat enak. 

Lihat juga makanan khas sunda

Bahkan ada penjual yang memasukkan lelehan coklat di dalam luqaimat yang akan membuat makanan ini berkali lipat lebih enak.

Bagi pecinta kuliner wajib sekali untuk mencoba ataupun membuat luqaimat ini. Dijamin akan ketagihan dengan sensasi krispi dan manisnya.

Itulah 10 makanan khas Timur Tengah yang lezat dan populer di Indonesia. Selain membeli di restoran khas Timur Tengah, makanan tersebut juga bisa dibuat sendiri di rumah.



Tags: RESEP MASAKAN ZURBIYAN TIMUR TENGAH
Last modified: 1 November 2020