10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik

Menikmati waktu libur dengan berdestinasi wisata merupakan pilihan yang tepat. Apabila tujuan wisata kali ini adalah Bangka Belitung, tentu Anda tak boleh sampai absen untuk mendatangi setiap tempat wisata menarik yang ada di sana. Selain berjalan-jalan, berkeliling dengan berdestinasi wisata, Anda pun sudah pasti akan menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Sekembalinya dari Bangka Belitung, Anda pun pasti tak akan melewatkan untuk berbelanja oleh-oleh khas Bangka Belitung. Selain akan dibagi-bagikan kepada anggota keluarga dan orang terdekat setiba di rumah, Anda pun juga harus beli beberapa untuk dijadikan sebagai bekal selama perjalanan.

Lihat juga oleh oleh khas lombok

Anda pasti setuju kan, jawaban dari mengapa di saat bepergian perjalanan yang ditempuh serasa lebih lama ketika berangkat, dibandingkan saat kembali pulang. Penyebabnya sebenarnya sederhana, karena di saat berangkat Anda ingin cepat sampai, sehingga harapan tersebut yang membuat waktu perjalanan terasa lebih lama. Namun, perjalanan jauh yang Anda tempuh akan sepadan jika sudah tiba di Bangka Belitung. Dan, setibanya di sana maka gunakanlah waktu sebaik-baiknya, termasuk berburu oleh-oleh sesuai dengan selera dan keinginan Anda.

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik

1. Keripik Siput Gonggong Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Loading...

Pilihan oleh-oleh khas Bangka Belitung yang pertama adalah siput gonggong. Di Belitung, binatang ini dijadikan sebagai aneka olahan makanan yang enak, seperti keripik siput gonggong yang punya rasa yang begitu gurih dan renyah ketika dimakan. Tertarik dengan oleh-oleh camilan dari Bangka Belitung yang unik dan khas ini? Sebaiknya, cobalah beli beberapa, pasti orang-orang yang menerimanya nanti akan sangat berterima kasih pada pemberian Anda.

2. Ikan Asin Jambal Roti

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Bangka Belitung terkenal akan hasil lautnya, sehingga oleh-oleh yang bisa didapatkan di sini kebanyakan adalah olahan ikan. Dari sekian banyaknya oleh-oleh olahan ikan dari Bangka Belitung, yang masih menjadi primadona hingga saat ini adalah ikan asin jambal roti. Walaupun disimpan dalam kemasan yang praktis, namun asin jambal roti tidak menggunakan bahan pengawet, karena proses pengawetannya hanya dengan dijemur di bawah terik sinar matahari.

3. Kerupuk Sukun Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Oleh-oleh berupa kerupuk atau keripik singkong mungkin sudah biasa ditemukan di mana saja. Namun, lain halnya dengan kerupuk sukun khas Bangka Belitung ini, karena kerupuk ini dibuat dari buah sukun, sehingga rasanya pun begitu enak, manis, gurih dan juga renyah. Hampir di setiap toko oleh-oleh yang ada di Bangka Belitung menjual oleh-oleh yang satu ini, sehingga tak akan sulit untuk mendapatkannya.

4. Kemplang & Getas Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Kemplang dan getas juga merupakan camilan khas dari Bangka Belitung. Kemplang adalah camilan berupa kerupuk ikan yang gurih, tampilan dari kemplang ini mirip dengan kerupuk Bangka hanya saja teksturnya lebih padat dan tidak mudah hancur. Sementara getas berupa camilan yang terbuat dari adonan sagu yang telah dibulatkan kemudian digoreng. Kedua camilan ini juga termasuk oleh-oleh wajib yang harus Anda bawa pulang untuk dibagi-bagikan.

5. Kerupuk Belitong Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Tak akan lengkap rasanya jika sudah pergi ke Belitung, tapi tak membeli oleh-oleh khas Bangka Belitung, yakni kerupuk belitong. Camilan berupa kerupuk ini terbuat dari berbagai olahan seafood, mulai dari ikan, udang, cumi hingga kepiting. Dengan begitu, Anda bisa memilih jenis kerupuk belitong sesuai dengan selera karena variasi jenis dan juga rasanya ada banyak sekali. Rasa dari kerupuk belitong ini begitu gurih dan krispi.

6. Dodol Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Bangka Belitung juga punya jajanan olahan dodol dengan rasa yang tak kalah enak dengan jenis dodol lainnya. Bahan pembuatan dan juga proses pembuatan dodol khas Bangka Belitung ini juga hampir sama dengan jenis dodol lainnya, bedanya hanya pada proses pengemasannya saja. Hal ini disebabkan karena proses pengemasannya dibuat lebih unik, sehingga lebih menarik untuk dibeli.

7. Sambal Lingkung Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Meskipun dikenal dengan nama sambal lingkong, sebenarnya dari tampilannya akan lebih tepat jika disebut sebagai abon ikan. Sebab, bahan dasar dari sambal lingkong ini adalah ikan tenggiri yang sudah dihaluskan. Ikan tenggiri yang sudah dihaluskan tersebut diberikan campuran cabai, santan kelapa dan berbagai rempah-rempah, sehingga rasanya begitu khas sekali dan cocok digunakan sebagai teman makan hidangan menu apapun.

8. Terasi / Belacan Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Terasi khas Bangka Belitung atau yang lebih dikenal dengan nama belacan adalah oleh-oleh yang wajib untuk dibawa pulang, karena saat di rumah ibu, nenek bahkan istri Anda pun akan merasa sangat senang sekali untuk mendapatkannya. Pasalnya, bahan dasar olahan dari pasta udang segar yang telah difermentasikan ini dapat digunakan sebagai untuk membuat sambal trasi yang nikmat dan dapat dijadikan sebagai bumbu masakan khas lainnya.

9. Sirup Jeruk Kunci Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Selain aneka jajanan dan camilan yang enak, di Bangka Belitung juga terdapat oleh-oleh berupa olahan minuman yang begitu khas dan terkenal. Minuman yang dimaksudkan adalah sirup jeruk kunci, yang punya cita rasa begitu menyegarkan. Sirup khas Bangka Belitung ini memiliki berbagai varian, diantaranya adalah sirup jeruk cino, serup jeruk colong, sirup jeruk kalamachi dan masih banyak lagi yang lainnya.

10. Aneka Souvenir Khas Bangka Belitung

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Di setiap tempat pasti menjual oleh-oleh berupa souvenir menarik yang sekaligus dapat dijadikan sebagai cinderamata atau kenang-kenangan. Di Bangka Belitung ada banyak sekali jenis souvenir yang bisa Anda pilih, mulai dari kerajinan kerang, baju & kaos khas Belitung, aksesoris khas Belitung dan masih banyak lagi yang lainnya. Aneka souvenir khas Bangka Belitung ini punya bentuk dan desain yang sangat unik, sehingga sangat cocok dijadikan sebagai cinderamata. Harganya pun juga bervariasi, ada yang paling murah senilai puluhan ribu rupiah hingga yang bernilai ratusan juta rupiah.

Tak masalah jenis oleh-oleh khas Bangka Belitung apa saja yang akan Anda beli, karena yang terpenting adalah jumlah oleh-oleh cukup untuk diberikan atau dibagikan kepada semua orang yang sangat menantikan kepulangan Anda dengan selamat sampai di rumah. Dan, untuk pemberian oleh-oleh kepada orang yang istimewa, pasti Anda akan membelikan oleh-oleh khusus untuknya. Namun, agar tidak salah pilih sebaiknya berbasa-basilah dulu kepadanya, dengan menanyakan ingin minta oleh-oleh apa dari Bangka Belitung.

Lihat juga oleh oleh khas papua

Apabila jawaban yang Anda dapatkan adalah terserah ataupun penolakan, sebaiknya Anda pilihkan saja oleh-oleh berupa souvenir khas Belitung yang sesuai dengan kepribadian orang terkasih tersebut. Sebab, apabila Anda memberinya dalam bentuk barang pasti akan selalu disimpan dan selalu terkenang, berbeda dengan oleh-oleh berupa makanan atau camilan yang selalu punya masa kadaluarsanya masing-masing. Intinya, harus pintar-pintar dalam memilih oleh-oleh ya! Karena Anda pun harus memikirkan untuk siapa saja oleh-oleh tersebut akan diberikan dan kesan apa yang akan didapatkan setelah membagikannya.

10 Oleh-oleh Khas Bangka Belitung Yang Menarik Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5