Oleh Oleh Khas Jember

Oleh Oleh Khas Jember

Oleh Oleh Khas Jember – Jember memiliki beberapa oleh-oleh khas yang dapat ditemukan di berbagai tempat seperti pasar tradisional, toko oleh-oleh, atau di kawasan wisata. Beberapa oleh-oleh khas Jember yang dapat dibawa pulang sebagai cendera mata atau kenang-kenangan adalah :

Lihat juga makanan khas jember

  1. Bakpao Tape, yaitu kue bakpao yang terbuat dari tepung tape yang diolah dengan rasa yang berbeda dari bakpao pada umumnya. Rasa yang tersedia seperti cokelat, matcha, kacang, dan lainnya.
  2. Coklat Jember, yaitu coklat yang di produksi di Jember yang terkenal dengan citarasa yang khas dan kualitas yang baik.
  3. Krupuk khas Jember, merupakan salah satu oleh oleh khas Jember yang terkenal dengan rasa yang gurih dan renyah.
  4. Sirup khas Jember, merupakan minuman yang terbuat dari bahan alami yang di produksi di Jember yang memiliki rasa yang khas dan menyegarkan.
  5. Batik Jember, merupakan salah satu produk kerajinan tangan yang berasal dari Jember yang terkenal dengan motif yang unik dan kualitas yang baik.

Pao Tape Jember

Kuliner Bakpao Tape dari Jember sangat layak untuk dicoba, khususnya bagi pecinta bakpao. Rasa yang terbuat dari tape ini berbeda dari bakpao pada umumnya, dengan aroma tapa yang dominan. Tape yang ditaburi dengan ragi sebelumnya diolah bersama dengan tepung yang menghasilkan rasa yang luar biasa lezat.

Untuk variasi, produsen juga menawarkan rasa lain seperti cokelat, matcha, kacang dan lainnya yang bisa disesuaikan dengan selera. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sekitar Rp. 6 ribu per buah. Anda bisa menemukan Bakpao Tape ini di Pusat Oleh-oleh khas Jember seperti di Jalan Mastrip Jember atau UD Jember 35.

Edamame

Edamame, makanan yang terbuat dari kacang kedelai Jepang ini sangat populer di kalangan wisatawan. Baik dalam bentuk asli atau diolah dalam berbagai jenis, edamame selalu berhasil mencuri hati para pengunjung dengan rasa yang lezat dan membuat ketagihan. Mudah untuk didapatkan di berbagai toko oleh-oleh dengan harga yang terjangkau.

Brownies Tape

Brownies khas Jember memiliki citarasa unik dan menarik, terbuat dari tambahan tepung tape. Penambahan tepung tape ini justru membuat tekstur kue terasa lebih lembut dan lezat. Harganya terjangkau, sekitar Rp. 20 ribu saja. Tersedia dalam berbagai rasa, pelanggan dapat memilih sesuai dengan selera mereka. Jika Anda baru pertama kali mencobanya, sebaiknya membeli versi asli dan mencoba rasa lain untuk membandingkan.

Brownies sering diidentikan sebagai oleh-oleh khas dari Kota Bandung. Namun, di Jember juga terdapat olahan brownies khas yang memiliki bahan yang unik. Tape selalu menjadi bahan pelengkap dari kue lezat ini. Brownies Tape khas Jember memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan brownies pada umumnya. Tekstur lembut tersebut dihasilkan dari penambahan tepung tape singkong yang memberikan citarasa khas. Tersedia dalam beberapa varian rasa, mulai dari original, keju, cokelat, dan kenari.

Tape Manis Sekar Madu

Tape Manis Sekar Madu adalah olahan tape singkong asli khas Jember yang sangat digemari oleh masyarakat. Dibuat dengan mencampur gula merah dan madu, rasa manis dan legit dari tape diperkuat dengan rasa madu yang khas. Tekstur yang lembut membuat Tape Manis Sekar Madu cocok sebagai cemilan saat bersantai.

Kamu dapat membeli Tape Manis Sekar Madu dengan dua pilihan, yaitu dalam kemasan yang menarik atau dalam jumlah kiloan. Jika ingin membeli dalam jumlah banyak untuk dibagikan ke tetangga atau saudara, disarankan untuk membeli dalam jumlah kiloan karena akan lebih murah dan tentunya lebih banyak isinya.

Permen Suwar Suwir

Apakah Anda pernah berpikir untuk membawa oleh-oleh dalam bentuk permen? Permen Suwar-Suwir khas Jember merupakan pilihan yang unik dan layak dicoba. Permen ini memiliki bentuk mirip dengan dodol khas Garut, Jawa Barat, namun dengan bahan dasar yang berbeda.

Permen ini berbentuk kotak panjang dengan rasa sedikit asam dan tekstur yang renyah. Ada berbagai varian rasa yang dapat dicoba, mulai dari susu, buah, cokelat, hingga kacang. Anda dapat membelinya di toko oleh-oleh atau pasar tradisional dengan harga yang terjangkau.

Prol Tape

Prol Tape khas Jember memiliki bentuk yang mirip dengan kue bolu, namun terbuat dari tepung, susu, gula, mentega, dan tepung tape singkong yang diolah menjadi makanan yang sangat lezat dengan citarasa khas.

Rasa manis, gurih, dan sedikit asam dari tape melebur menjadi satu. Prol Tape khas Jember memiliki bentuk yang padat dengan ukuran yang cukup besar, cocok dijadikan sebagai oleh-oleh ketika liburan ke Jember. Prol Tape menyediakan beberapa varian rasa seperti keju, cokelat, dan masih banyak lagi.

Kopi Rengganis Jember

Tulis ulang: Jember memiliki kopi khas yang hanya ditemukan di wilayah tersebut, yaitu Kopi Rengganis. Biji kopi ini berasal dari lereng pegunungan Argopuro yang masuk ke Jember, sehingga mendapatkan nama dari puncak Gunung Argopuro, yaitu Puncak Rengganis. Proses pengeringannya juga unik, dimana buah kopi dipotong tetapi daging buahnya tidak dipisahkan dari biji kopi, sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dan lezat. Jika Anda penyuka kopi, bawa pulang Kopi Rengganis sebagai oleh-oleh dari Jember.

Pia Tape

Pia Tape khas Jember merupakan olahan kue tradisional yang menggabungkan rasa tape singkong dengan rasa pia yang khas. Adonannya sama seperti pia pada umumnya, namun ditambahkan dengan isian tape khas Jember yang membuat rasa kue ini semakin unik dan lezat. Selain tape, kamu juga bisa menemukan pia dengan isian pisang, cokelat, hingga keju yang tetap menyimpan aroma tape yang harum dan lezat. Pia Tape ini dapat ditemukan di pusat oleh-oleh khas Jember dengan harga yang terjangkau.

Batik Jember

Kota Jember dikenal dengan kekayaan budayanya, salah satunya adalah kain batik yang memiliki motif yang unik dan khas. Motif batik Jember didasarkan pada daun tembakau yang dihasilkan dari produksi lokal. Kain batik Jember tersedia dalam berbagai warna dan variasi, dengan harga yang disesuaikan dengan tingkat kesulitan pembuatannya.

Kain batik Jember telah diakui dunia dan banyak dicari oleh para wisatawan yang berkunjung ke Jember. Selain itu, Jember juga dikenal dengan berbagai jajanan, oleh-oleh khas, dan produk khas lainnya yang dapat dijadikan sebagai buah tangan dan dibeli dengan harga yang terjangkau.

Terasi Udang Puger Jember

Terasi Udang khas Jember dijamin lezat dan aman dikonsumsi karena dalam pembuatannya menjaga tingkat kebersihan yang baik. Tanpa menggunakan pengawet apapun, olahan dari perairan Jember ini cocok dijadikan sebagai bumbu masakan yang akan meningkatkan rasa kuliner. Buah tangan yang satu ini banyak diburu oleh para wisatawan yang ingin membawa rasa lezat pulang ke rumah.

Lihat juga makanan khas solo

Kota Jember memiliki destinasi wisata yang indah dan menarik. Setelah menjelajahi keindahan panoramanya, para wisatawan biasanya akan mencari berbagai macam oleh-oleh khas sebagai buah tangan. Pilihan oleh-oleh yang tersedia meliputi jajanan, produk khas Jember, dan lainnya, yang dapat dipilih sesuai selera. Harga yang ditawarkan juga terjangkau, sehingga tidak perlu khawatir akan membebani kantong.

Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment