Pusat Oleh-Oleh Cirebon

Sebagai salah satu kota yang terkenal dengan wisata religinya, Cirebon selalu menjadi tempat yang ramai oleh kunjungan wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Kota yang identik dengan sebutan kotanya para Wali ini juga memiliki kuliner yang enak dengan ciri khas Cirebonnya yang wajib untuk dicoba dan dibeli dari pusat oleh oleh di daerah Cirebon.

Anda tidak usah khawatir akan kebingungan mengenai tempat yang bisa Anda kunjungi untuk membeli oleh-oleh khas dari Cirebon. Sebab, Anda akan menemukan berbagai tempat oleh-oleh seperti toko ataupun grosir terdekat yang menjual semua oleh-oleh khas Cirebon. Pada artikel ini, akan dibahas mengenai pusat oleh oleh Cirebon yang wajib Anda kunjungi.

Lihat juga oleh oleh khas cirebon

Pusat Oleh-Oleh Cirebon

Pasar Kanoman

Pasar Kanoman

Rekomendasi yang pertama ada Pasar Kanoman yang merupakan tempat yang paling tepat untuk mencari oleh-oleh khas Cirebon dengan harga yang terjangkau. Letak dari Pasar Kanoman ini berada di sekitar daerah Kota Tua, lebih tepatnya di daerah yang bernama Lemahwungkuk. Anda bisa mengunjungi kawasan ini mulai dari jam 02.00 dini hari hingga jam 18.00.

Di belakang Pasar Kanoman terdapat tempat wisata sejarah yang juga bisa dikunjungi yaitu Keraton Kanoman. Sehingga selain membeli oleh-oleh, Anda juga bisa mampir untuk sekadar jalan-jalan ataupun sedikit belajar sejarah Cirebon. Banyak sekali oleh-oleh yang ditawarkan, mulai dari batik, kuliner khas, hingga kebutuhan rumah tangga.

Pasar Pagi Cirebon

Pasar Pagi Cirebon

Pusat oleh-oleh kedua yang tak kalah menarik dengan Pasar Kanoman adalah Pasar Pagi Cirebon. Walaupun namanya Pasar Pagi, tetapi pasar ini tetap buka dan dapat dikunjungi hingga malam hari. Pasar Pagi Cirebon terletak di Jalan Siliwangi Nomor 11, Kejaksaan, Kota Cirebon. Anda dapat mengunjunginya dari pagi hingga malam yaitu 08.00-20.00 WIB.

Pasar ini tergolong pasar yang memiliki agak besar karena terdiri dari beberapa lantai tempat para pedagang menjual barang dagangan mereka. Jika ingin membeli oleh-oleh, maka Anda dapat mengelilingi kawasan lantai dasarnya. Di sana terdapat banyak sekali pilihan oleh-oleh, seperti kerupuk melarat, sirup tjampolay, kerupuk rambak, terasi udang, dan banyak lagi.

Toko Daud

Toko Daud

Toko Daud merupakan salah satu pusat oleh oleh Cirebon terdekat terlengkap yang dapat Anda jadikan tujuan saat membeli oleh-oleh. Berbagai oleh-oleh dapat Anda temukan di sini, mulai dari kuliner khas, batik, terasi, sandal bermotif batik Cirebon, karpet dan berbagai cenderamata lainnya. Terletak di Jl. Sukalila Utara tepatnya pada nomor 12-14.

Toko ini mulai beroperasi pada jam 08.00 dan akan ditutup pada pukul 21.00. Jika Anda membeli oleh-oleh dengan jumlah yang banyak, maka Anda bisa mendapatkan potongan harga. Toko Daud terkenal juga karena toko ini sering dikunjungi oleh Sultan Cirebon untuk sekadar membeli oleh-oleh khas kotanya sendiri.

Toko Pangestu

Toko Pangestu

Pusat oleh oleh Cirebon terdekat dari Pasar Kanoman ini bernama Toko Pangestu. Lebih tepatnya berada di Jl. Sukalila Selatan Nomor 49. Sama halnya dengan Toko Daud, toko ini juga menyediakan berbagai oleh-oleh yang bisa dikatakan lengkap tetapi hanya menjual produk khas dari Cirebon saja. Semuanya ada di satu toko ini.

Mulai dari Ketan Kuningan, Dendeng Undang, Abon Ebi, Terasi Udang, dan juga berbagai oleh-oleh lainnya. Sehingga jika Anda ingin mencari produk yang benar-benar khas Cirebon, maka Anda bisa berkunjung di sini mulai dari jam 08.00-20.00. Untuk menghindari keramaian, Anda bisa mengunjunginya pada jam tertentu seperti jam satu hingga dua siang.

Batik Trusmi

Batik Trusmi

Salah satu kota yang memiliki batik dengan ciri khas yang melekat adalah Cirebon. Batik dengan motif mega mendung yang menjadi ciri khas tersebut dipadukan dari dua kebudayaan yaitu batik pesisir dan juga Tionghoa. Seluruh produk batik tersebut dapat Anda temukan di Batik Trusmi yang terletak di Jl Trusmi Nomor 148 yang beroperasi pada jam 08.30-20.00.

Tak hanya bati dengan motif mega mendung saja yang ditawarkan, Anda juga bisa menemukan berbagai motif batik dari seluruh Indonesia. Produk oleh-oleh yang dijual juga beragam, mulai dari camilan, aksesoris, kemeja, rok, outer, hingga gamis. Selain membeli oleh-oleh, jika beruntung maka Anda bisa menonton secara langsung proses pembuatannya.

Jalan Raya Plered Cirebon

Jalan membentang tak jauh dari Jalur Pantura yang bernama Jalan Raya Plered adalah salah satu pusat oleh oleh yang bisa Anda kunjungi untuk menemukan berbagai oleh-oleh khas dari Cirebon. Jalan ini sering dikunjungi oleh para wisatawan untuk membeli berbagai cinderamata serta kuliner sebagai oleh-oleh atau sekadar mampir untuk beristirahat.

Saat Anda berkunjung ke sana, maka Anda akan menjumpai berbagai oleh-oleh untuk Anda beli. Namun, oleh-oleh yang akan banyak Anda jumpai adalah kerupuk warna warni khas Cirebon yang bernama Kerupuk Melarat, uniknya kerupuk ini digoreng dengan pasir. Lalu, ada juga sirup asli dari Cirebon sejak tahun 1936 yaitu Sirop Tjampolay berbagai rasa.

Sinta Manisan

Selain Toko Daud dan juga Toko Pangestu, ada lagi toko yang bernama Toko Manisan Sinta yang menjadi salah satu toko oleh-oleh terkenal di Cirebon. Bahkan toko ini bisa dikatakan salah satu toko oleh-oleh yang tertua yang menjual berbagai manisan khas Cirebon. Banyak pula wisatawan yang datang membeli berbagai buah tangan untuk keluarganya.

Toko Manisan Sinta ini berada di Jl Winaon, Kota Cirebon. Seperti namanya, toko oleh-oleh ini menjual berbagai macam manisan khas dari Cirebon. Tak hanya itu saja, toko ini juga menjual berbagai macam makanan oleh-oleh dari kerupuk, olahan ikan asin, sirup, hingga makanan ringan. Jika Anda kebetulan sedang berada di Cirebon, wajib untuk mampir.

Cirebon Kelana

Cirebon Kelana

Selain oleh-oleh dari produk khas Cirebon, ada juga produk oleh-oleh berupa kue dan juga cake yang bernama Cirebon Kelana. Ini merupakan brand oleh-oleh kue yang dijalankan oleh artis Indonesia yakni Ussy Sulistiawati. Dinamakan Cirebon Kelana karena diambil dari tari kesenian khas Kota Cirebon yaitu Tari Kelana.

Outlet Cirebon Kelana sendiri berada di kawasan yang sama dengan Pasar Pagi yaitu berada di Jl Siliwangi No. 169 Kota Cirebon. Cake yang dijual di sini berupa sponge cake yang memiliki berbagai varian rasa. Beragam varian rasa tersebut antara lain Double Choco Crunchy, Red Velvet, Cheesy Lover, Hazelnut Oreo, dan juga berbagai varian lainnya.

Cirebon Sultana

Tak hanya Cirebon Kelana saja brand milik artis Indonesia yang menjual kue di daerah Cirebon. Ada juga Indra Bekti dan juga sang istri yang ikut menjual kue bolu padat dengan Puff Pastry di atasnya. Kue ini bisa Anda jadikan pilihan oleh-oleh yang kekinian dari Kota Cirebon. Topping kue dan juga filling rasa dari Cirebon Sultana ini juga beragam.

Anda bisa mengunjungi Cirebon Sultana di daerah Jl Kartini Nomor 5 Kota Cirebon. Sebagai oleh-oleh, kue ini dapat Anda bawa pulang dan dapat bertahan hingga lima hari ketika disimpan dalam lemari pendingin. Jika tidak, maka kue ini masih dapat bertahan hingga tiga hari. Ada berbagai varian rasa yang dapat Anda pilih, dari rasa coklat hingga mangga.

Cirebon Super Block Mall

Pusat oleh-oleh atau perbelanjaan yang terakhir adalah Kota Cirebon, Jawa Barat.  Cirebon Super Block Mall adalah mall terbesar di Cirebon yang memiliki luas kurang lebih 7, 2 ha. Superblock ini memiliki mall, hotel, ruko, dan juga perkantoran di dalam satu area. Gaya yang dimilikinya memiliki gaya arsitektur kekinian dan juga masa kini.

Mall ini memiliki 4 lantai yang setiap lantainya menjual berbagai barang-barang yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga setelah berkunjung dari Cirebon. Ada juga berbagai hiburan yang bisa Anda temui untuk sekadar bermain dan bersantai bersama keluarga Anda. Cirebon Super Block Mall ini dapat menjadi alternatif sebagai pusat oleh oleh Cirebon.

Lihat juga makanan khas cirebon

Nah, itulah dia pembahasan singkat mengenai 10 tempat pusat oleh oleh Cirebon yang dapat Anda jadikan referensi untuk membeli oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang untuk keluarga. Tidak hanya berupa makanan saja, tetapi dari batik hingga kaos tersedia di pusat oleh-oleh Cirebon yang telah disebutkan tadi. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda.

Leave a Comment