Pusat Oleh Oleh Solo

Singgah di Kota Solo memang tidak afdol rasanya jika tidak mampir di pusat oleh oleh khas Solo. Ada banyak kuliner khas Solo dengan cita rasa tiada duanya yang bisa Anda bawa pulang. Disamping itu, beberapa lokasi belanja ini sangat terdekat dengan destinasi wisata.

Berbagai pusat oleh oleh legendaris dan kekinian semua tersedia lengkap disini. Selain itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan oleh oleh dengan harga yang terjangkau alias murah meriah. Berikut makananoleholeh.com rekomendasikan 10 tempat kuliner di Kota Solo yang wajib dikunjungi untuk belanja oleh oleh. Dijamin bakal borong semuanya, tetapi jangan lupa tawar menawar juga.

Lihat juga oleh oleh khas solo surakarta

Pusat Oleh Oleh Khas Solo Surakarta

Pasar Gede

Pasar Gede merupakan salah satu pasar tradisional terkenal di Solo yang tidak pernah sepi pengunjung. Selain memiliki lokasi yang strategis dekat dengan Balai Kota Solo, semua produk oleh oleh disini harganya juga relatif murah.

Ada beragam jenis barang kebutuhan yang tersedia disini. Misalnya, yang paling digemari wisatawan adalah intip goreng, brem, enting-enting, ampyang, dan dodol. Selain itu, di pasar ini juga menjual berbagai barang-barang souvenir seperti, pakaian, batik, hingga kerajinan khas Solo.

Pasar Triwindu

Pusat Oleh Oleh Pasar Triwindu

Tempat belanja di Solo berikutnya adalah Pasar Triwindu yang sangat direkomendasikan ketika ingin membelikan oleh oleh untuk keluarga di rumah. Pasar ini menjadi surganya berbagai jenis barang antik nan unik yang masih layak guna. Untuk jam bukanya, Pasar Triwindu dibuka mulai pukul 09.00-17.00 WIB.

Pasar yang terletak tak jauh dari sisi selatan Pura Mangkunegaran ini menjual berbagai barang seni seperti, piring antik, lampu antik, cermin antik, gelas antik, lukisan antik, dan barang serba antik lainnya yang bisa dijadikan pajangan isi rumah. Bahkan, ada juga koin kuno dan setrika arang lho!

Sentra Oleh Oleh Mesran

Sentra Oleh Oleh Mesran

Pusat oleh oleh khas Solo yang berlokasi di Jl. Kalilarangan, Jayengan, Solo ini menyediakan berbagai olahan kuliner yang lezat. Misalnya, ada penganan abon sapi, abon ayam, serundeng, keripik paru, roti kecik, usus goreng, dan masih banyak lagi.

Nah, menu andalannya disini adalah abon dengan cita rasa gurih dan menggugah selera. Sehingga banyak wisatawan yang memborong buah tangan ini untuk bisa dinikmati bersama keluarga atau kerabat terdekat. Selain Toko Mesran, di sekitarnya juga banyak tempat oleh oleh yang bisa dipilih.

Toko Oleh Oleh Javenir

Toko Oleh Oleh Javenir

Pusat Javenir oleh oleh adalah toko yang khusus menjual pernak-pernik aksesoris, mulai dari gantungan kunci, kerajinan tangan, hingga beragam pakaian bisa Anda temukan disini. Menariknya lagi, di pusat oleh oleh ini sebagian besar souvenir dibuat menggunakan tangan atau handmade sehingga pasti awet dan berkualitas.

Toko yang terletak di Jl. Adi Sucipto, Blulukan, Solo ini hanya buka mulai pukul 07.00-22.00 WIB saja, setiap hari. Jadi, pastikan untuk membeli buah tangan khas Solo sebagai kenang-kenangan.

Toko Erajaya, Solo

Toko Erajaya, Solo

Toko Erajaya bisa menjadi tujuan singgah di Kota Solo untuk mencari oleh oleh. Di toko ini terdapat segala macam snack, camilan, kudapan, hingga berbagai macam makanan dan minuman lainnya. Misalnya, oleh oleh Solo legendaris, Serabi Notosuman yang terkenal dengan rasa renyah, gurih, dan manis legit.

Tersedia pula olahan seperti keripik salak, keripik belut, sambal pecel solo, hingga segala macam kopi dan wedang. Alamatnya berada di Jl. Gatot Subroto 132, Kalilarangan, Solo. Namun, disini Anda hanya bisa datang mulai pagi pukul 07.30 sampai malam pukul 21.00 saja.

Pasar Klewer Solo

Pasar Klewer Solo

Saat traveling di Solo cobalah untuk berkunjung ke Pasar Klewer yang merupakan pusat oleh oleh solo murah terlengkap dengan barang yang berkualitas pula. Disana Anda bisa menemukan beraneka ragam barang tradisional seperti batik khas Solo, blangkon, dan beragam pakaian lainnya.

Selain itu, Anda juga bisa berburu oleh oleh kuliner, misalnya ada jenang dodol, enting-enting, intip, brem, ampyang jahe, tempe keripik, dan masih banyak lagi. Jika datang kesini, Anda juga boleh melakukan tawar menawar harga. Pasar yang berlokasi di Jl. Dr. Radjiman, Gajahan, Solo ini jam bukanya terbatas, yakni pukul 08.00-17.00 WIB.

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo

Pusat Grosir Solo (PGS) juga sering dikunjungi wisatawan karena menyajikan berbagai oleh oleh lengkap dengan harga yang cenderung lebih terjangkau. Tempat yang berlokasi di Jl. Mayor Sunaryo, Solo ini memiliki jam operasional mulai pukul 08.00-21.00 WIB Senin – Minggu.

Keunikan dari tempat ini adalah semakin banyak Anda membeli jumlah barang, maka harga yang diberikan penjual kepada konsumen juga makin murah. Bahkan, banyak pula penjual yang menjajakan barang dagangannya dengan paketan seperti, per lusin, per kodi, dan sebagainya. Sehingga tak jarang banyak pembeli yang berprofesi sebagai pedagang pula untuk dijual kembali.

Toko Oleh Oleh Bu Jono

Toko Oleh Oleh Bu Jono

Toko Bu Jono yang terletak di Jl. Dr. Radjiman No.616, Laweyan, Solo ini tidak jauh dari sentra batik Laweyan. Di toko ini menjual aneka macam cemilan ringan seperti keripik paru, abon, serundeng, karak batan, manisan, dan lainnya.

Harga yang ditawarkan juga bervariasi tergantung produk yang dipilih. Misalnya, untuk yang termurah ada cemilan intip goreng yang dijual seharga Rp7.500 per bungkusnya. Sementara yang termahal ada camilan abon yang dijual Rp77.000 per kilogramnya.

Sentra Oleh Oleh Danar Hadi

Toko batik Danar Hadi termasuk pusat oleh oleh solo yang murah yang menjual berbagai koleksi pakaian pria, wanita, sampai anak-anak dengan berbagai tipe dan ukuran. Beroperasi mulai pukul 09.00-21.00 WIB, toko ini terletak di Jl. Dr. Radjiman No.164, Solo.

Tidak hanya menawarkan desain pakaian tradisional saja, Danar Hadi juga menyajikan busana-busana modern. Selain pakaian formal dan casual, toko ini juga menjual banyak aksesoris dan pernak-pernik bermotif batik. Ada juga gantungan kunci mungil dan kipas bernuansa batik di sini.

Toko Roti Orion Solo

Toko Roti Orion Solo

Terakhir ada Toko Roti Orion Solo yang menjual berbagai jenis produk roti. Salah satu produk favoritnya adalah roti semir yang memiliki citarasa enak. Bahkan, pengunjung rela berdesak-desakan dan ada juga yang memesan sebelumnya agar tidak kehabisan dan bisa membeli roti ini.

Selain menu kue, disini juga menjual kuliner lainnya seperti roti kecik, keripik ceker ayam, hingga usus goreng. Toko Orion ini terletak di Jl. Jendral Urip Sumoharjo No.88, Purwodiningrat, Solo yang buka tiap jam 07.30-20.00 WIB saja. Toko ini sangat ramai pengunjung, terutama saat musim liburan dan mudik lebaran.

Lihat juga makanan khas solo

Bagaimana, tertarik mencicipi makanan khas Solo yang mana? Dari kesepuluh pusat oleh oleh khas Solo tadi wajib Anda kunjungi saat berlibur disana. Dengan perpaduan cita rasa yang menarik dan harga yang ramah dikantong, tentunya cocok dijadikan sebagai buah tangan. Nah, Solo atau Surakarta memang sangat terkenal dengan olahan khas seperti serabi, ampyang, rambak petis, dan lainnya. Sehingga Anda tidak perlu bingung memilih oleh oleh asal kota indah ini. Selamat berbelanja.



Tags: https://makananoleholeh com/pusat-oleh-oleh-solo/, toko oleh solo

Tinggalkan komentar