5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda

Posted on

Oleh Oleh Khas Bengkulu harus Anda bawa pulang untuk buah tangan keluarga di rumah. Bengkulu yang terkenal dengan bunga bangkai atau Rafflessia Arnoldy ini ternyata mempunyai segudang oleh-oleh yang siap menggoyangkan lidah Anda.

Terasa sangat rugi sekali jika Anda sudah pergi ke Bengkulu namun tidak membeli oleh-oleh khas dari daerah tersebut. Berikut ini beberapa oleh oleh khas Bengkulu yang direkomendasikan untuk Anda.

Oleh Oleh Khas Bengkulu

1. Lemang Tapai

5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda Oleh-oleh

Oleh Oleh Khas Bengkulu yang banyak digemari oleh wisatawan yaitu Lemang Tapai. Makanan khas ini biasanya dikonsumsi oleh masyarakat Bengkulu bersama dengan tapai ketan hitam yang tidak kalah enaknya.

Lihat juga oleh oleh khas lampung

Lemang tapai merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang dimasak bersama dengan garam dan santan. Jika sudah tercampur rata, adonan dimasukan ke dalam bambu yang telah terbungkus dengan daun pisang. Sehingga lemang tapai akan beraroma yang sangat khas.

2. Manisan Terong

5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda Oleh-oleh

Oleh-oleh selanjutnya yaitu manisan terong yang tentunya berbahan dasar sayur terong. Manisan yang satu ini tidak kalah diburunya oleh para wisatawan yang berkunjung di Bengkulu. Anda bisa menemukan manisan yang satu ini di berbagai pusat oleh oleh Bengkulu.

Manisan yang sering anda jumpai tentu manisan buah seperti nanas, kedondong, pepaya ataupun yang lainnya. Makanan yang satu ini memiliki tekstur yang legit dan rasa manis yang membuat banyak orang ketagihan.

3. Lempuk Durian

5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda Oleh-oleh

Lempuk Durian yaitu makanan khas sejenis dodol yang berbahan dasar durian dengan campuran tepung gandum. Bengkulu terkenal menjadi salah satu daerah penghasil buah durian yang potensial. Hadirnya lempuk ini merupakan inisiatif untuk bisa menikmati durian dalam jangka panjang,

Cara membuat Lempuk Durian yaitu dengan mencampur buah durian matang bersama gula dan sedikit tepung terigu. Makanan khas Bengkulu ini mempunyai tekstur yang kenyal dengan rasa manis dan beraroma khas durian. Bagi Anda pecinta durian, tentu wajib mencicipi makanan khas yang satu ini.

4. Kue Tat

5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda Oleh-oleh

Para pecinta makanan manis bisa membawa pulang kue tat yang menjadi makanan khas Bengkulu. Bentuk dari kue mirip dengan bolu dengan rasa yang manis dan lezat. Kue khas ini biasanya disajikan ketika lebaran tiba. Tetapi ada juga kue tat yang berbentuk segi empat yang tampilannya mirip dengan pie yang diisi selai didalamnya.

Dulunya kue tat hanya disajikan untuk seorang saja. Namun Anda tidak perlu menunggu lebaran ataupun menjadi seorang raja, Anda bisa mendapatkan makanan ini di berbagai pusat oleh oleh Bengkulu. Kue Tat mempunyai rasa manis dan gurih yang menyatu, tidak lupa kue ini begitu empuk.

5. Rebung Asam Undak Liling

5 Oleh Oleh Khas Bengkulu Jadi Pilihan Buah Tangan Anda Oleh-oleh

Makanan khas Bengkulu yang bisa Anda bawa pulang selanjutnya yaitu Rebung Asam Undak liling. Sesuai dengan namanya, makanan ini dibuat dari rebung yang diolah sedemikian rupa sehingga menjadi makanan tradisional yang begitu enak. Rebung sendiri yaitu batang bambu yang masih muda.

Proses dalam pembuatan rebung asam bukalah waktu yang sebentar karena harus direndam beberapa hari agar rebung mengeluarkan rasa asam. Selanjutnya rebung yang asam dicampurkan dengan liling. Liling yaitu keong hitam yang biasanya ditemukan di area persawahan yang yang sudah diolah sedemikian rupa.

Lihat juga oleh 0leh khas palembang

Oleh Oleh Khas Bengkulu mudah didapatkan di berbagai pusat oleh oleh yang ada di Bengkulu. Harga yang ditawarkan untuk berbagai jenis oleh oleh pun relatif terjangkau. Anda bisa memborongnya untuk buah tangan keluarga dan kerabat di rumah.

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *