34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan budaya seperti yang telah diketahui, indonesia memiliki 34 provinsi dan masing-masing dari setiap provinsi tentu saja memiliki kekhasannya masing-masing. Salah satu yang menjadi kekayaan dari setiap provinsi adalah kulinernya. Makanan memang selalu bisa menjadi daya tarik yang dimiliki oleh provinsi di indonesia.

Lihat juga Makanan khas bali

Disini kita akan membahas mengenai 34 makanan khas dari 34 provinsi yang ada di indonesia. Sebenarnya mengetahui semua makanan khas 34 provinsi beserta gambarnya akan memberikan anda banyak wawasan yang semakin baik tentang kekayaan kuliner indonesia. Namun kita mulai dulu dengan mengenal paling tidak 34 makanan khas provinsi dari 34provinsi indonesia.

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya

1. Aceh

Mie Aceh

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Provinsi yang pertama adalah aceh. Masyarakat aceh merupakan masyarakat yang sangat islami. Disana ada banyak makanan yang khas namun salah satu yang masuk sebagai makanan khas 34 provinsi beserta gambar adalah mie aceh. Makanan ini memang sangat terkenal bukan hanya di tengah masyarakat aceh saja melainkan juga dikenal oleh masyarakat luar aceh karena citarasanya sangat istimewa. Perbedaan mie aceh dengan mie di daerah lain adalah mie aceh memiliki tekstur yang lebih tebal dan biasanya disajikan dengan daging dan disiram sop sejenis kari yang pedas dan gurih. Rasa makanan ini memang sangat kaya rempah sehingga terasa begitu nikmat.

2. Sumatera utara

Bika Ambon

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Provinsi yang selanjutnya adalah sumatera utara. Di provinsi tersebut anda akan menemukan makanan khas provinsi yang sering disebut dengan bika ambon. Makanan ini banyak dikira sebagai makanan khas ambon pada berasal dari sumatera. Bika ambon merupakan kue yang banyak di jual di berbagai wilayah di indonesia karena memang banyak digemari masyarakat indonesia. Rasa bika ambon biasanya rasa durian, keju, dan yang lainnya. Selain itu teksturnya juga sangat manis dan lembut sehingga akan membuat siapa saja ketagihan dengan makanan satu ini.

3. Sumatera barat

Rendang Padang

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan berikutnya berada dari sumatera barat. Makanan ini disebut dengan rendang. Makanan ini memang sangat terkenal karena bukan hanya karena asal daerahnya saja namun memang rendang merupakan salah satu makanan terlezat di dunia versi cnn internasional. Anda bisa menemukan makanan ini di rumah makan khas padang atau di tempat lainnya yang memang menyediakan menu khas padang. Rendang terbuat dari daging sapi yang dimasak dengan bumbu rempah yang banyak sehingga rasanya sangat lezat dan kuat.

4. Jambi

Gulai Ikan Patin

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Jambi memiliki makanan khasnya sendiri yakni gulai ikan patin. Gulai ini masuk sebagai salah satu makanan khas 34 provinsi beserta gambarnya yang sebaiknya anda ketahui karena memang makanan ini memiliki citarasa yang sangat unik. Gulai ini dimasak dengan daging durian yang telah difermentasi atau sering disebut dengan tempoyak. Anda bisa membayangkan berapa rasa dari gulai ikan patin akan sangat khas dan juga unik. Saat ini gulai ikan patin sudah lebih banyak dimasak dengan menggunakan santan kelapa karena baunya tidak menyengat seperti jika menggunakan tempoyak.

5. Riau

Gulai Belacan

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Masyarakat riau juga memiliki makananannya sendiri. Jika anda berkunjung ke bengkulu sebaiknya mencoba untuk menikmati makanan yang terbuat dari bahan dasar ikan atau udang. Makanan ini merupakan makanan yang tidak kalah dengan gulai ikan patin. Masyarakat disana menyebutnya gulai belacan. Makanan ini merupakan makanan yang dibuat dari bahan ikan atau udang yang dibumbui dengan campuran kuah belacan atau terasi. Rasa dari makanan ini sangat khas dan juga nikmat sehingga anda akan sangat menyukainya.

6. Kepulauan riau

Otak-otak

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Provinsi yang selanjutnya adalah provinsi kepulauan riau. Di kepulauan riau anda bisa menemukan makanan yang sangat khas yakni otak-otak. Makanan ini memang sangat khas karena terbuat dari bahan ikan dan cumi yang diberi bumbu pedas. Aroma dari salah satu makanan khas 34 provinsi dan juga gambarnya sangat lezat karena selain terbuat dari ikan makanan ini juga dimasak dengan dibungkus daun pisang dan kemudian akan dibakar.

7. Sumatera selatan

Pempek

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Empek-empek adalah makanan khas dari sumatera selatan yang saat ini sudah banyak dijual di berbagai wilayah di indonesia. Makanan ini memang sangat lezat karena terbuat dari bahan sagu dan ikan yang kemudian akan di sajikan dengan kuah dari air, gula merah, cabe, bawang, garam, udang ebi dan sedikit cuka. Pempek sangat nikmat dan gurih karena terasa kenyal dan juga begitu terasa sekali aroma ikannya. Anda bisa membuat makanan ini sendiri di rumah karena sangat mudah sekali cara pembuatannya.

8. Bangka belitung

Mi Bangka

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Provinsi bangka belitung juga merupakan salah satu provinsi yang memiliki makanan khas yang begitu lezat. Anda jika sedang berada di bangka belitung wajib mencoba makanan yang sering disebut dengan mi bangka. Makanan ini terbuat dari bahan dasar mie kuning basah yang diberi kuah bumbu dengan campuran ikan, kepiting, cumi, udang yang sangat lezat. Setelah itu akan diberi tambahan sayuran seperti toge, mentimun, kerupuk daun bawang dan bawang goreng. Rasa dari makanan ini sangat khas dan terasa sekali seafoodnya.

9. Lampung

Seruit lampung

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas dari provinsi lampung adalah seruit. Seruit ini terbuat dari bahan ikan goreng namun ada juga ikan yang dibakar dan bumbu yang ditambahkan untuk membuat ikan terasa nikmat adalah terasi. Selain itu bumbu tambahan lainnya adalah tempoyak atau mangga. Tempoyak merupakan daging buah durian yang telah difermentasikan sehingga rasanya akan sangat unik dan aromanya cukup kuat. Jika anda senang dengan kuliner khas dari masyarakat lampung maka jangan lewatkan untuk mencoba makanan yang satu ini.

10. Banten

Sate Bandeng

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Sate bandeng merupakan makanan khas dari provinsi banten. Anda bisa mendapatkan makanan ini dengan mudah di pasar banten atau bisa juga menemukannya di warung makan di sana. Makanan ini sangat khas karena begitu berbeda dengan sate pada umumnya. Jika biasanya sate terbuat dari daging ayam, kambing atau kelinci, makanan ini terbuat dari bandeng yang empuk dan tidak bertulang. Bahan yang akan melengkapi sate bandeng adalah kuah santan dan gula coklat yang lezat.

11. Bengkulu

Pendap

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Pendap ini merupakan makanan yang memiliki cirikhas rempah2 yang digabung dalam ikan sehingga menghasilkan aroma dan rasa yang nikmat.

12. Jakarta

Kerak Telor

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Siapa sih yang tidak kenal denganKerak Telor, makanan khas jakarta ini memang rasanya nikmat banget. Nah buat kalian yang belum pernah coba kerak telor, cobain deh rasanya enak banget.

13.  Jawa Barat

Serabi 

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Walaupun tidak terlalu nikmat banget, tapi jika di kasih bumbu-bumbu yang rahasia tentu akan menjadi lebih enak. Serabi sendiri terbuat dari tepung beras dan kuah cair manis

14. Jawa Tengah

Lunpia

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan ini sendiri terkenal di jawa tengah tempatnya kota semarang, makanan ini rasanya cukup enak, terbuat dari rebung, daging udang dan telur.

15. D.I. Yogyakarta

Nasi Gudeg

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Yang sudah merasakan berwisata ke kota yogyakarta tentunya sudah pernah merasakan makanan  khas jogja ini. Gudeg salah satu menu makanan yang cukup populer di kota istimewa ini. Dibuat dari kuah santan kental, krecek, cabai, daging ayam atau telor.

16. Jawa Timur

Rujak Cingur

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Rujak cingur merupakan makanan tradisional yang sudah lama terkenal di kota surabaya. Memiliki rasa sedap kurang lebih mirip pecel namun agak lebih nikmat rujak cingur.

17. Bali

Ayam betutu

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas bali ini memang lebih menggugah selera makan. Rasa pedas manis dan sedap tentu menjadi ciri khas tersendiri bagi pecinta kuliner di seluruh indonesia. Bagi yang ingin menikmati ayam betutu yang rasanya nikmat tiada tara, coba deh datang ke bali dan rasakan makanan yang enak ini.

18. Nusa Tengara Barat

Ayam Taliwang
34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan
Memiliki rasa yang cukup enak, ayam taliwang ini cukup populer di lombok nusa tenggara barat. Berbahan dasar ayam yang di beri bumbu2 sehingga menghasilkan rasa yang enak dan cocok untuk hidangan saat kita lapar.

19. Nusa Tenggara Timur

Catemak Jagung

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Memiliki rasa asin sedap dan tidak terlalu manis. Berbahan dasar jagung, kacang hijau. kemangi, dan berbagai bumbu lainnya untuk menambah rasa yang lebih enak.

20. Kalimantan Barat

Bubur Pedas Sambas

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makananan khas dari sambas di Kalimantan Barat ini memang terbilang mengerikan karena memiliki kata pedas. Yup memang namanya saja sudah pedas tentu makanan ini memiliki rasa pedas namun tidak terlalu pedas banget.

21. Kalimantan Selatan

Soto Banjar

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas suku banjar kalimantan selatan ini emang cukup di akui rasanya yang nikmat. Berbahan dasar ayam atau telor yang di beri bumbu rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa enak dan segar.

22. Kalimantan Tengah

Juhu Singkah

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas suku dayak kalimantan ini cukup menggiurkan lidah. Terbuat dari umbut rotan yang di bumbui sedemikian rupa untuk menghasilkan rasa enak dan sedap.

23. Kalimantan Timur

Ayam Cincane34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas  kota Samarinda ini memang terlihat enak tapi emang bener enak kok, berbahan dasar ayam dengan dilumuri bumbu2 khas sehingga menghasilkan rasa enak dan gurih.

24. Sulawesi Selatan

Sup Konro

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan sup iga sapi khas Indonesia memang menjadi menu makan yang cukup terfavorite karena memiliki rasa yang enak dan nagih di lidah. Sup iga sapi ini lebih nikmat di sajikan dengan ketupat dan juga sambel.

25. Sulaweisi Tengah

Sup Ikan Jantung Pisang

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Bagi pecinta sup dengan rasa asam dan pedas wajib dicoba nih menu makanan khas kota palu sulawesi tengah. Sup ini berbahan dasar ikan kakap sehingga daging yang dihasilkan lebih tebal dan nikmat.

26. Sulawesi Tenggara

Lapa-Lapa

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Walaupun bentuknya kurang menggugah selera, namun rasanya cukup enak juga jika disajikan dengan menu makanan lainnya misalnya ikan asin ataupun sup.

27. Gorontalo

Binte Biluhuta

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Jika dilihat emang kurang menarik namun jika anda mencoba rasanya pasti bikin segar. Terbuat dari biji jagung dan beberapa penyedap seperti daun kemangi, jeruk nipis dan bawang.

28. Sulawesi Utara

Tinutuan atau Bubur Manado

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas manado ini cukup baik untuk hidangan makan pagi karena memiliki vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh kita.

29. Maluku

Ikan Asar

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Berbahan dasar ikan tongkol namun dimasak dengan cara di panggang dengan asap. Yang jelas rasa yang dihasilkan cukup enak dan renyah.

30. Maluku Utara

Gohu Ikan

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas ternate ini terbuat dari ikan mentah yang segar. Rasa yang dihasilkan juga bikin segar namun perlu diperhatikan jika ikan tuna merah ini memiliki banyak vitamin sehingga cukup enak disajikan mentah.

31. Papua Barat

Ikan Bakar Manokwari

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Makanan khas papua ini memang terlihat enak dan gurih. Selain diberi rasa pedas untuk bahan olesannya untuk menghilangkan bau pada ikan diberikan juga jeruk nipis supaya lebih segar dan harum.

32. Papua Timur

Papeda atau Bubur Sagu

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Masih dalam deretan makanan khas papua, kali ini terdapat menu yang bisa dibilang menu sehat dan bergizi yaitu Papeda atau Bubur Sagu. Untuk bentuknya sendiri tentu agak lembek dan lengket. Bagi para pecinta sagu tentu ini menjadi makanan favorite kalian selain nasi.

33. Papua Tengah

Kue Sagu atau Bagea

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Berbeda dengan makanan khas papua timur dimana terdapat makanan papeda, untuk papua tengah sendiri dinamakan kue sagu. Kue ini bertekstur agak keras namun memiliki rasa yang cukup enak.

34. Kalimantan Utara

Kepiting Soka

34 Makanan Khas 34 Provinsi Beserta Gambarnya Makanan

Untuk menikmati makanan khas kalimantan utara ini memang tidak cukup mudah yaa untuk menemukanya. Namun soal rasa makanan kepiting soka jelas enak banget. Kamu dapat menikmati bagian seluruh kepiting karena kepiting ini lebih lunak dan renyah.

Makanan khas 34 provinsi beserta gambarnya masih banyak yang bisa disebutkan. Beberapa provinsi lainnya yang memiliki makanan atau masakan yang sangat khas antara lain jogja, semarang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Makanan dari setiap wilayah tentu saja berbeda-beda karena selera lidah dari masyarakat juga berbeda-beda.

Lihat juga makanan khas dayak kalimantan

Makanan khas yang ada di indonesia menjadi salah satu daya tarik yang kuat bagi para wisatawan manca negara karena memang sangat lezat di lidah turis. Masakan dari indonesia juga khas dan kaya akan rempah. Masyarakat indonesia perlu berbangga dan mensyukuri kekayaan kuliner yang ada di negeri tercinta ini. Sekian informasi yang bisa disampaikan semoga memberi manfaat untuk anda.

tempatwisataindonesia.id
Review
5