5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih

Posted on

Makanan khas Sulawesi Tenggara mungkin tidak akan ditemukan di kota besar seperti Jakarta. Sulawesi Tenggara terkenal dengan beragam makanan khas yang unik dengan rasa yang lezat. Makanan ini pun berbeda dengan daerah lain di Indonesia.

Jadi, untuk menemukannya harus datang langsung ke Sulawesi. Berikut kita simak beberapa referensi makanan khas yang patut dicoba saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara.

Lihat juga makanan khas sulawesi selatan

Makanan Khas Sulawesi Tenggara

1. Kasoami

5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih Makanan

Makanan khas yang pertama adalah kasoami. Makanan yang berbahan dasar ubi ini merupakan makanan paling populer. Sebagai makanan khas Sulawesi, biasanya kasoami digunakan sebagai makanan pokok.

Ubi mengandung karbohidrat yang sama dengan nasi. Sehingga makanan ini juga bisa menggantikan nasi. Kasoami juga sering disajikan bersama dengan sayur dan juga lauk berbagai olahan ikan. Bisa ikan bakar, ikan goreng, ikan asin.

Kasoami juga tak kalah nikmat dihidangkan tanpa lauk. Bisa ditemani dengan secangkir teh hangat di sore hari. Rasa ubi yang khas dan perpaduan manis dari teh akan menambah nikmat kuliner ini.

2. Kabuto Khas Sulawesi Tenggara

5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih Makanan

Makanan khas Sulawesi Tenggara selanjutnya adalah kabuto. Jika makanan sebelumnya berasal dari ubi, maka kabuto ini berasal dari singkong. Berbeda dengan kasoami yang direbus, kabuto diolah dengan cara dikeringkan.

Singkong atau ubi kayu dijemur dan dikeringkan hingga berjamur. Proses pengeringan ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Hal ini dilakukan agar menghilangkan kadar air dalam singkong.

Setelah benar-benar kering dan siap disantap, singkong akan dibubuhi parutan kelapa. Rasa kelapa yang gurih akan menambah nikmat kabuto ini. Biasanya juga sajian ini dilengkapi dengan ikan asin sebagai penyedap.

3. Lapa Lapa

5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih Makanan

Lapa-lapa merupakan salah satu makanan yang mirip lontong. Bentuknya panjang dan lonjong serta dibungkus dengan janur. Berbeda dengan lontong yang dibungkus daun pisang, lapa-lapa mirip dengan ketupat.

Makanan ini terbuat dari beras yang dicampur dengan santan. Lapa-lapa dikukus setengah matang dan didinginkan. Setelah dingin, lapa-lapa akan dibungkus dengan janur. Kemudian akan direbus kembali hingga matang.

Sama seperti makanan khas Sulawesi lainnya, lapa-lapa dihidangkan bersama ikan asin. Rasa nasi yang gurih dengan santan kelapa dan ikan asin akan terasa sangat nikmat.

4. Sinonggi

5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih Makanan

Sinonggi adalah makanan khas suku Tolaki. Sinonggi adalah makanan pokok suku ini sejak dahulu. Namun, sekarang telah tergantikan oleh nasi.

Makanan khas ini terbuat dari sagu yang diambil sari patinya. Sinonggi ini biasanya disantap secara bersama-sama karena ini merupakan adat suku Tolaki. Kebiasaan ini disebut dengan mosonggi.

5. Sate Gogos

5 Makanan Khas Sulawesi Tenggara Yang Bikin Nagih Makanan

Makanan khas yang terakhir yang harus kalian cicipi adalah sate gogos. Sate merupakan makanan khas di Indonesia. Terdapat bermacam jenis sate yang memiliki rasa yang unik. Sama halnya dengan sate gogos ini.

Sate gogos adalah olahan sate yang terbuat dari kerang. Berbeda dengan sate pada umumnya yang menggunakan daging sapi, ayam ataupun kambing. Sate ini khusus dari kerang.

Sajian sate kerang ini disajikan tanpa bumbu. Kerang hanya direbus dan kemudian ditusuk menjadi sate.  Kerang ini sudah memiliki rasa gurih yang khas. Sehingga sebagian juga ada yang memakannya tanpa bumbu. Namun terkadang sate ini juga diberi bumbu bacem manis ataupun sambal pedas.

Makanan khas Sulawesi Tenggara ini sangat menggoda selera. Rasanya yang unik dengan rempah yang kuat adalah ciri khasnya. Jadi, sangat sayang jika mengunjungi Sulawesi Tenggara tanpa mencicipi kuliner di sana.

Tags: Kasoami sulawesi, kue khas sulawesi tenggara, makanan khas daerah sulawesi tenggara, Makanan khas sulawesi tenggara?, pakan pokok sulawesi tenggara

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *