5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi

Posted on

Makanan Khas Papua Barat tentu mempunyai rasa khas tersendiri.

Papua tidak hanya dikenal sebagai tempat wisata yang indah, namun juga berhasil menyajikan makanan kuliner khas Papua Barat yang sangat enak sesuai dengan lidah Indonesia.

Makanan khas asli Papua merupakan makanan tradisional asli papua yang memiliki cita rasa yang khas.

Berikut ini beberapa masakan Papua yang bisa Anda coba ketika mengunjungi Indonesia bagian timur.

Makanan Apa Saja?

Makanan Khas Papua Barat

1. Martabak Sagu

5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi Makanan

Salah satu Makanan Khas Papua terlaris yaitu martabak sagu yang tentunya berbeda dengan martabak di daerah lain. Martabak pada umumnya terbuat dari tepung terigu dengan berbagai macam tambahan selai dan susu, atau ada juga martabak yang berbahan dasar telur bebek.

Namun martabak khas Papua ini merupakan martabak yang terbuat dari sagu. Makanan ini menjadi makanan khas dari Kabupaten Fakfak, Papua Barat. Sesuai dengan namanya, martabak sagu berasal dari sagu yang digoreng kemudian diberi gula merah didalamnya.

2. Papeda

5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi Makanan

Bagi Anda yang tinggal di daerah Indonesia bagian timur, tentu tidak asing dengan Papeda bukan? Papeda sendiri merupakan makanan khas asli Papua Barat yang disukai oleh semua kalangan masyarakat. Papeda merupakan makanan yang terbuat dari sagu kemudian diolah sedemikian rupa hingga mirip dengan lem.

Lihat juga makanan khas sulawesi tenggara

Jika Anda mencicipi papeda saja, tentu rasanya hambar. Karena papeda sendiri menjadi salah satu pengganti nasi sehingga cara makannya yaitu dengan menggulung. Oleh karena itu, tentu papeda akan terasa nikmat ketika disantap dengan masakan lain seperti kuah kuning, lauk ikan maupun ikan tongkol yang dibumbui kunyit.

3. Sate Ulat Sagu

5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi Makanan

Sate ulat Sagu menjadi makanan khas Papua yang sering disantap oleh masyarakat Papua sendiri. Sesuai dengan namanya, sate tersebut berasal atau dibuat dari ulat sagu. Banyaknya pohon sagu yang tumbang di hutan Papua menjadikan orang-orang disana menemukan ulat sagu dengan jumlah yang banyak.

Selain ulat sagu dijadikan sebagai sate, penduduk lokal pun dengan lahan menyantap ulat sagu mentah-mentah. Banyak wisatawan yang tertarik mencicipi hidangan sate ulat sagu karena memang makanan yang satu ini begitu unik dan rasanya begitu lezat.

4. Ikan Bungkus

5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi Makanan

Siapapun yang menyantap ikan bungkus khas Papua Barat ini tentu akan ketagihan. Makanan ini merupakan ikan yang disajikan dengan bumbu rempah yang banyak sekali. Tidak hanya itu, masakan ini begitu wangi dan nikmat.

Proses pembuatan ikan bungkus cukup lama karena dalam membuatnya, api untuk membakarnya lumayan kecil agar bumbu meresap kedalam daging. Jadi, jika Anda ingin menikmati enaknya ikan bungkus khas Papua Barat, Anda harus ekstra bersabar agar santapannya semakin nikmat.

5. Udang Selingkuh

5 Makanan Khas Papua Barat yang Unik Siap Anda Cicipi Makanan

Udang selingkuh menjadi salah satu makanan khas populer dan terfavorit di Papua Barat. Apalagi jika Anda sedang berkunjung di Wamena, makanan ini sangat terkenal. Bentuk dari udang mirip dengan kepiting karena terdapat capitnya sehingga dinamakan sebagai udang selingkuh.

Lihat juga makanan khas maluku utara

Proses pembuatan masakan udang selingkuh yaitu dengan digoreng, direbus maupun dibakar sesuai dengan selera Anda. Rasa dari udang sendiri lebih gurih dan enak dibandingkan dengan udang pada umumnya. Anda hanya bisa menikmati seafood ini hanya di Papua Barat.

Makanan Khas Papua Barat wajib Anda cicipi ketika Anda berkunjung ke Papua Barat. Rasa unik dan nikmat mampu membuat siapapun yang mencobanya akan ketagihan. Bagi para pecinta kuliner, jangan sampai melewatkan masakan-masakan khas tersebut.

Tags: makanan khas dari papua barat, makanana khas papua barat

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *