Written by 16:55 Makanan Khas

Makanan Khas Kalimantan Barat

Makanan Khas Kalimantan Barat

Kira-kira menu kuliner makanan apa yang ingin anda coba di kalimantan barat? Disini kalian akan menemukan beberapa makanan khas kalimantan barat yang paling rekomended.

Banyak sekali menu kuliner di kalimantan barat, mulai dari yang murah hingga yang mahal.

Dari yang rasanya biasa saja hingga rasanya paling nikmat. Semua makanan yang disajikan tentu memiliki rasa yang khas dan aroma yang sedap.

Lihat juga makanan khas kalimantan utara

Makanan khas Kalimantan Barat terbuat dari bumbu rempah khas Kalimantan. Tak hanya bumbu yang khas, bahan yang digunakan juga sangat berbeda dari daerah yang lainnya.

Nah berikut ini kami sajikan lima makanan khas kalimantan barat yang paling enak dan terkenal.

Makanan Khas Kalimantan Barat

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”2″ min_characters=”1000″]

Mie Sagu

Makanan Khas Kalimantan Barat

Mie sagu merupakan makanan yang terkenal di Kalimantan Barat. Makanan khas Pontianak ini sangat khas dengan budaya Indonesia Timur, yakni sagu. Sagu merupakan bahan dasar dari berbagai makanan di Kalimantan, termasuk mie sagu ini.

Di daerah Lain, mie sagu ini hanya disajikan kering. Mie yang terbuat dari adonan sagu yang dipotong kecil-kecil ini memiliki tekstur yang khas juga.

Masyarakat Kalimantan Barat sering mengkonsumsi mie sagu ini sebagai sarapan. Mie sagu juga terdapat di daerah lain. Namun di Kalimantan, mie sagu disajikan dengan kuah kaldu yang sedap.

Mie Kepiting

Makanan khas Kalimantan Barat lainnya adalah mie kepiting. Masih dari Pontianak, mie kepiting adalah kuliner khas yang mirip dengan mie ayam. Sensasi rasa kepiting dalam mie ini sangat menggoda selera.

Lihat juga makanan khas kalimantan selatan

Sama halnya dengan mie ayam, olahan mie kepiting ini disajikan dengan berbagai toping. Tapi, toping utama dari sajian ini adalah tetelan daging, udang, bakso ikan, kecambah daging kepiting dan pangsit goreng.

Kerupuk Basah

Mendengar kata kerupuk, pasti kita terbayang dengan rasa renyah. Namun, makanan khas daerah Kapuas Hulu ini berbeda dengan lainnya. Makanan ini merupakan salah satu camilan khas Kalimantan Barat.

Walaupun memiliki nama kerupuk, namun makanan ini terlihat seperti empek-empek. Bentuk dari kerupuk basah ini adalah memanjang. Penyajiannya pun tidak digoreng seperti halnya kerupuk ataupun empek-empek.

Kerupuk ini dapat dinikmati secara basah (dikukus) ataupun kering (digoreng). Bumbu yang digunakan untuk pendamping kerupuk basah adalah saus kacang. Saus ini sama halnya dengan sambal kacang untuk siomay dan sate.

Kerupuk sagu memiliki kandungan protein yang tinggi karena terbuat dari sagu dan ikan. Ikan yang digunakan adalah ikan khas Kalimantan yakni ikan belida. Terkadang juga menggunakan ikan tenggiri atau ikan air tawar.

Bubur Pedas

Bubur pada umumnya memiliki rasa manis. Namun, di Kalimantan Barat, kita bisa menemukan bubur pedas. Bubur ini berasal dari daerah Sambas dan memiliki cita rasa yang khas.

Selain nikmat, bubur ini juga menyehatkan karena memiliki banyak kandungan sayuran.

Lihat juga makanan khas kalimantan timur

Bubur ini terbuat dari beras putih yang dihaluskan. Beras ini kemudian dimasak tanpa minyak. Lalu ditambahkan sayuran seperti daun kesum, pakis, kangkung, ubi, dan wortel.

Bumbu yang digunakan berasal dari rempah-rempah khas Kalimantan. Selain itu, bubur pedas ini juga ditambahkan dengan topping daging, ikan teri, dan kacang tanah agar lebih lezat.

Sotong Pangkong

Makanan yang satu ini sudah sangat terkenal. Sotong pangkong ini adalah makanan yang terbuat dari sotong atau cumi-cumi. Cumi-cumi yang telah dikeringkan ini bisa menjadi hidangan yang lezat.

Sotong pangkong dihidangkan pada bulan ramadhan. Hal ini dikarenakan musim panen sotong di Kalimantan hanya pada bulan tersebut. Sotong pangkong ini biasanya dimasak pedas manis ataupun dengan bumbu kacang.

Lihat juga makanan khas kalimantan

Tidak dimasak ataupun di kukus, sotong ini bisa langsung disiram bumbu. Sotong kering hanya dipukul-pukul agar dagingnya makin empuk. Setelah itu bisa disajikan dengan bumbu.

Bingka

Kue ini terbuat dari campuran tepung terigu, telur, dan santan. Dijamin yang mencoba kue bingka pasti ketagihan.

Asam Pedas Tempoyak

Pengkang

Kwetiau

Ale Ale

Lek Tau Suan

Chai Kwe

Lempok Durian

Makanan khas Kalimantan Barat tersebut hanya bisa dinikmati di Kalimantan. Cita rasa yang dihasilkan akan berbeda jika kita menikmatinya di tempat lain.

Apabila anda berkunjung ke kalimantan barat anda bisa mencoba makanan-makanan diatas.



Tags: makanan tradisional kalimantan barat, makanan daerah kalimantan barat, makanan khas kalbar, gambaralat musik makanan tradisional kalimantan barat, MASAKAN KHAS KALIMANTAN BARAT, kuliner khas kalimantan barat, apa nama makanan kalimantan barat, makanan khas prov kalimantan barat
Tags: Last modified: 26 July 2020