Written by 23:34 Makanan Khas

5 Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

Ciri khas dari makanan khas Nusa Tenggara Barat adalah olahan sayurnya. Olahan sayur di daerah tersebut tidak akan dapat dijumpai di daerah lain. Cara pengolahan sayur khas dari Nusa Tenggara Barat masih mempertahankan cara tradisional yang telah turun temurun.

Kelaq merupakan sebutan untuk sayur pada daerah Nusa Tenggara Barat. Bagi yang sama sekali belum mengenal budaya NTB, pasti salah mengartikan bahwa kelaq adalah sejenis kolak. Hal ini disebabkan susunan kata antara kelaq dan kolak sangat mirip.

Kolak sendiri merupakan salah satu minuman yang khas ketika bulan puasa. Biasanya bahan utama kolak identik dengan buah pisang dan gula jawa. Namun untuk buah pisang dapat diganti maupun dilengkapi dengan singkong.

Warna khas dari minuman adalah coklat dan mempunyai cita rasa manis. Ada kolak yang diolah dengan santan, adapula yang tidak.

Makanan Khas Nusa Tenggara Barat

1. Sayur / Kelaq Batih

Untuk kelaq atau sayur batih ini sekilas memang nampak menyerupai kolak. Karena warna dari sayur adalah coklat. Selain itu bahan yang digunakan dalam sayur tersebut cukup khas dengan bahan pembuatan kolak.

Lihat juga makanan khas pasuruan

Bahan utama dalam pembuatan sayur batih adalah biji sayur buncis yang telah tua. Bahan lain yang biasanya dimanfaatkan untuk mengolah kelaq batih adalah daun singkong muda. Bahan – bahan tersebut kemudian dimasak dengan rempah – rempah khas dari Nusa Tenggara Barat.

2. Sayur Ares

Untuk olahan sayur satu ini terkesan unik dan cukup ekstrim, dari sudut pandang bahan utama. Bahan utama dalam pembuatan sayur Ares adalah batang pohon pisang yang masih muda dan buah pisang mentah. Bahan – bahan tersebut sangat tidak wajar untuk dikonsumsi pada umumnya.

Walaupun makanan ini sangat berkesan ekstrim bagi masyarakat luar NTB, namun bagi masyarakat setempat makanan tersebut merupakan makanan pokok. Dalam setiap upacara adat, sayur Ares harus selalu ada.

Selain itu makanan ini juga sangat mudah dijumpai di semua warung makan dan angkringan setempat. Biasanya sayur Ares disajikan dengan taburan bawang goreng.

3. Kelaq / Sayur Sebie

Dalam bahasa Nusa Tenggara Barat, sebie berarti cabe. Namun untuk olahan dari sayur ini tidak menggunakan cabe sebagai bahan utamanya. Bahkan terkadang sayur sabie tidak menggunakan cabai sama sekali.

Bahan utama dalam sayur sabie adalah ikan tongkol. Rempah – rempah yang digunakan merupakan bumbu khas masyarakat setempat dan bukan merupakan rempah – rempah dalam gulai. Dilihat dari warna kuah, sayur sabie nampak seperti gulai.

Kuah sayur yang sangat kental dan berwarna kuning susu, merupakan warna alami hasil dari ikan tongkol sendiri. Bahan rempah dari sayur sebie dan gulai sangat berbeda.

4. Sayur / Kelaq Kelor

Untuk makanan khas Nusa Tenggara Barat ini, sebaiknya jangan disangka merupakan kerak telur Betawi. Susunan kata dan pelafalan kelaq kelor hampir mirip dengan kerak telur.

Bahan utama dalam pembuatan sayur ini adalah daun kelor. Padahal daun tersebut sangat dipercaya mempunyai kekuatan mistis yang sangat besar. Bahkan dapat menghilangkan pengaruh aura negatif dan gangguan jin.

5. Sayur Beberuq Terong

Makanan yang berbahan dasar terong ini diolah dengan cara dibakar.Terong dibakar terlebih dahulu, kemudian diberi tambahan sambal tomat. Selain terong, bahan lain yang digunakan adalah kacang panjang.

Lihat juga makanan khas karawang

Itulah berbagai macam olahan sayur / kelaq yang merupakan makanan khas Nusa Tenggara Barat. Makanan tersebut juga dapat dijadikan referensi dalam memasak sayur maupun wisata kuliner.



Tags: 2 makanan khas ntb, makanan daerah dari sayur, sayur language:id, faragraf makanan daerah setempat, karakter masakan nusa tenggara, kelaq batih, MAKANAN-daerah-nusa-tenggara-barat, masakan khas nusa tenggara barat
Last modified: 15 May 2019