Makanan Khas Bali

Berikut ini Makanan khas bali halal dan enak, ada 36 makanan bali yang siap anda nikmati bersama keluarga maupun teman-teman anda.

Pulau bali memiliki berbagai macam kuliner yang nikmat dan harganya juga cukup murah.

Bagi kalian yang berlibur ke bali dan ingin mencicipi makanan khas bali yang mendunia & terkenal tentu ini bisa di agendakan terlebih dahulu.

Mau pergi ke bali bersama keluarga atau bersama teman-teman untuk mengisi waktu liburan akhir sekolah.

Di bali mayoritas penduduk disana beragama hindu namun ada beberapa pula yang berama islam dan pada kesempatan kali ini, kita akan membahas makanan khas bali halal yang terkenal dan enak.

Di bali memang cukup banyak dijumpai kuliner khas misalnya sate lilit, nasi kedawetan, ayam betutu, ikan asap, babi guling dan lain-lain.

Untuk mendapatkan aneka kuliner tersebut, menemukannya sangatlah mudah, mengingat telah banyak rumah makanan hingga hotel yang menyediakannya karena wisatawan banyak yang menyukainya.

Makanan khas bali yang terkenal adalah

Ayam Betutu Komoh
Babi Genyol Lawar
Babi Guling Nasi Bubuh
Bandot Nasi Jenggo
Be Kokak Mekuah Nasi Sela
Be Pasih Mesambel Matah Nasi Tepeng
Bebek Betutu Nasi Yasa
Berengkes Penyon
Blayag Pesan Clengis
Bubuh Sagu Pesan Polo
Bubuh Sumsum Rujak Bulung
Bubuh Tuak Rujak Kuah Pindang
Bulung Rujak Manis
Entil Rujak Tibah
Garangasem Salak Bali
Gerang Sambel Bawang Sambel Bongkot
Grangasem Sambel Matah
Jaja Batun Duren Santok Pencok
Jaja Begina Sate asem
Jaja Bendu Sate Be Pasih
Jaja Bikang Sate Kablet
Jaja Engol Sate Kakul
Jaja Godoh Sate Lilit
Jaja Jongkok Sate Pelecing
Jaja Ketimus Sate Pentul
Jaja Klepon Sate Penyu
Jaja Lak-Lak Sate Sere Lemo
Jaja Sumping Sate Tusuk
Jaja Tain Buati Siobak Singaraja
Jaja Uli misi Tape Slogor
Jaja Wajik Srombotan
Jejeruk Sudang Sudaji
Jukut Ares Taluh Mabejek
Jukut Srombotan Telur Bumbu Bali
Jukut Urab Timbungan
Kacang Rahayu Tum
Urutan Bali  

Banyak makanan dari provinsi dengan ibukota Denpasar tersebut memiliki rasa yang lumayan pedas, entah itu berkat bumbunya atau tambahan sambal pada menunya.

Lihat juga makanan khas jogja

Sambal seperti sambal matah dan sambal terasi adalah jenis dengan pemakaian paling sering oleh kuliner-kuliner Bali sebagai pelengkap.

Salah satu menu makanan enak dibali yaitu babi guling dan bebek betutu, dua menu makanan ini sangat disenangi oleh masyarakat disana.

Berikut ini, ada 36 makanan khas Bali yang wajib kamu coba baik yang terkenal hingga seluruh penjuru dunia.

Makanan Khas Bali Yang Terkenal

1. Nasi Ayam Kedewatan Bali

makanan khas bali

Makanan khas Bali yang pertama adalah nasi ayam kedawetan. Salah satu tujuan wisata bagi para turis lokal maupun mancanegara bila ke Bali adalah Ubud yang memiliki keindahan alam pesawahan dan tentunya kulinernya.

Nasi khas Ubud ini hampir mirip dengan nasi campur yang beredar di seluruh Nusantara misalnya makanan khas sunda yang terkenal dengan nasi timbel, bedanya lauk-lauk yang ada di sana adalah daging ayam, kacang goreng, jeroan, sate, telur rebus, dan kacang panjang.

Apalagi satu piringnya cuma dihargai 10 ribu rupiah saja, sehingga sangat terjangkau bagi warga lokal maupun orang asing untuk menikmati makanan khas Bali yang satu ini.

Tempat : Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Alamat : Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali 80571

Harga : 10.000 an

2. Sate Lilit Bali

Kuliner yang paling identik dengan Bali adalah sate lilit yang terkenal dengan makanan khas Bali dari cara pembuatannya. Berbeda dengan jenis sate lain, sate lilit memang dibuat dengan cara melilitkan adonan daging kedalam tusuk.

Selanjutnya adonan yang telah merata akan dililitkan ke tusuk sate sebelum nantinya dibakar sampai matang. Rasa pedas manis dengan aroma serai akan langsung muncul saat menikmati makanan khas Bali yang ada hampir di seluruh Bali ini.

Tempat : Warung Nasi Ayam Ibu Oki
Alamat : Jl. Siligita Jl. Raya Nusa Dua Selatan No.27, Benoa, Kec. Kuta Sel., Kabupaten Badung, Bali 80361
Harga : 15.000 an

3. Rujak Buleleng Bali

Makanan khas Bali yang ketiga adalah rujak buleleng. Kuliner paling tepat untuk menimati teriknya matahari Bali saat siang hari adalah rujak buleleng yang memiliki rasa segar nan pedas. Berbagai buah-buahan akan dipotong dalam satu wadah kemudian nantinya akan dilumuri bumbu rujak di atasnya secara merata, itulah rujak buleleng.

Saat mencicipinya kamu akan langsung merasa pedas dari bumbunya dan buah-buah muda tadi akan memberi rasa segar di mulut, sehingga terasa begitu nikmat.

4. Ikan Asap Sambal Matah Bali

Pulau dengan nama Pulau Serangan mungkin belum terlalu terkenal, namun olahan khasnya bernama ikan asap sambal matah adalah salah satu makanan terbaik.

Pembuatan sambal matah yang membuat rasanya benar-benar pedas dibuat dengan cabai rawit, bawang, dan serai hasil rajangan yang dicampur petis dan garam.

Tempat : Ikan Asap Al Serangn Bumbu Matah
Alamat : Gg. Buana Asih, Padangsambian, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Harga : 15.000an

5. Bulung Kuah Pindang Bali

Sebagai daerah dengan wilayah laut yang cukup luas, membuat Bali menjadi penghasil rumput laut dengan hasil sangat melimpah, sehingga di sana terdapat makanan khas Bali bernama bulung kuah pindang.

Kaldu ini nantinya akan disiramkan bersama rumput laut rebus dan pada proses akhirnya diberi juga bumbu garam, perasan jeruk limau, dan kelapa parut.

Untuk mendapatkannya sangatlah mudah, karena di Denpasar ada banyak warung dan rumah makan yang menyediakannya makanan khas Bali yang satu ini.

Tempat : Warung Rujak Glogor
Alamat : Jl. Bukit Tunggal No.27, Pemecutan, Kec. Denpasar Bar., Kota Denpasar, Bali
Harga : 10.000 an

6. Ayam Betutu Bali

Makanan khas Bali berikutnya yaitu ayam betutu. Ayam betutu sudah sangat dikenal masyarakat luas, namun di Bali olahan tersebut berbeda karena dibuat dengan bumbu bernama base genep.

Namun jika cuma seorang atau berdua, pesan saja yang seperempat atau setengah ekor saja agar menghemat uang dan ayamm tidak mubazir. Makanan tradisional bali ini memang menjadi paling favorit.

Dengan rasa yang enak karena bumbu genep yang penuh dengan rempah, membuatnya menjadi primadona yang sangat cocok dinikmati bersama nasi.

Tempat : Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Alamat : Jl. Merdeka No.88 No.5, Sumerta Kelod, Kec. Denpasar Tim., Kota Denpasar, Bali
Harga : 25.000 an

7. Nasi Campur Bali

Makanan khas Bali selanjutnya berupa nasi. Jika nasi campur atau rames dikira hanya ada di pulau Jawa, itu salah besar, karena di Bali ada nasi campur yang dihiasi oleh lauk yang Bali banget.

Beragam lauk pauk dapat dipilih oleh para pelanggan seperti telur pindang, sate lilit, besisit, lawar sayuran, sambal, dan tak lupa ada nasi.

Dengan lauk yang melimpah, kamu bisa memilihnya sebagai tempat makanan khas Bali, apalagi untuk menemukannya sangat mudah.

Tempat : Warung Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku
Alamat : Jl. Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali
Harga : 20.000 an

8. Babi Guling Bali

Nama babi guling di Bali sebenarnya lebih dikenal dengan be guling yang dibuat pertama kali oleh Suku Bali walaupun di luar negeri tradisi babi panggang yang mirip dengan babi guling telah dikenal luas.

Bahan utama untuk membuat babi guling tentunya adalah daging dari anak babi, baik jantan maupun betina.

Lalu isi perut babi tersebut akan diisi dengan sayur berupa daun ketela pohon baru nantinya dipanggang sambil diguling-gulingkan.

Namun karena memiliki rasa enak, masyarakat Hindu di Bali sangat menyukainya, termasuk turis-turis asing yang sedang melancong ke Pulau Dewata tersebut.

Tempat : Warung Babi Guling Pak Malen
Alamat : Jl. Sunset Road No.554, Seminyak, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 25.000 an

9. Ikan Laut Sambal Mentah Bali

Makanan khas Bali berupa ikan. Dengan potensi hasil ikan yang besar dan masyarakatnya yang dominan menjadi nelayan, Bali punya olahan dari ikan dengan nama be pasih mesambel matah.

Makanan khas Bali di Jimbaran tersebut adalah bahasa Balinya ikan laut sambal mentah.

Di kawasan pesisir Bali seperti pantai Sanur dan Jimbaran, makanan khas Bali di Sanur yang biasa dimakan dengan nasi ini sangat terkenal dan mudah dicari.

Tempat : Warung Be Pasih
Alamat : Jl. Pemuda III No.24, Renon, Kec. Denpasar Sel., Kota Denpasar, Bali
Harga : 20.000 an

10. Bebek Betutu Bali

Jika tadi ada ayam betutu, maka kini ada makanan khas Bali bernama bebek betutu bali yang dapat ditemui dengan bahan utama berupa bebek.

Wajar saja karena pembuatannya bisa memakan waktu semalaman hanya untuk mendiamkan bebek yang telah berlumur bumbu. Menu bebek betutu bali ini juga sangat cocok untuk menu buka puasa karena rasa yang enak dan juga gurih.

Untuk membuatnya juga tergolong unik, karena harus dikukus agar bebeknya matang merata dan memiliki tekstur yang lebih empuk.

Walaupun dulunya adalah makanan para bangsawan, namun kini bebek betutu bisa dinikmati siapapun di rumah makan maupun hotel karena menjadi salah satu menu makanan khas Bali.

Tempat : Ayam Betutu Khas Gilimanuk
Alamat : Jl. Raya Tuban No.2X, Tuban, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 25.000 an

11. Jukut Urab Bali

Salah satu jenis urapan yang khas dari pulau Bali adalah jukut urab dengan penampilan hampir mirip dengan urapan sayur dari Jawa.

Sebagai makanan khas Bali, tentu ini menjadi daya tarik tersendiri pagi para penikmatnya.

Bumbu tersebut akan dicampurkan dengan parutan kelapa dan perasan jeruk nipis saat bahan-bahan tersebut sedang ditumis.

Terakhir setelah matang bumbu kelapa dan sayur akan dicampur dan diaduk rata agar bisa dikonsumsi bersama dengan nasi atau lontong.

12. Nasi Tepeng Bali

Nasi tepeng sebenarnya mirip dengan nasi campur, namun memiliki lauk dengan jenis lain dari nasi campur, bahkan lauk tersebut menjadi salah satu daya tarik nasi tepeng. Yang membuat keduanya sama adalah penggunaan lauknya yang cukup beragam dan dicampur menjadi satu, walaupun variasi lauk keduanya berbeda.

Nasi tepeng sendiri sering disebut dengan nama sego tempong dan menjadi makanan khas Kabupaten Gianyar.

Untuk mendapatkan makanan khas Bali nasi tepeng cukup kunjungi saja pasar senggol Jalan Ngurah Rai yang buka dari jam 6 sampai 11 malam saja.

13. Nasi Jinggo Bali

Nasi jinggo merupakan makanan khas Bali dengan tampilan nasinya berbentuk kerucut memanjang lalu diberi lauk berupa suwiran daging, sambal, sambal goreng tempe, dan mie.

Jika dilihat sepintas memang hampir mirip dengan nasi kucing khas angkringan dari Yogyakarta dan Jawa Tengah, namun dari lauk dan bentuk nasinya itulah yang membedakannya.

Selain itu, pembungkusan nasi jinggo lebih sering menggunakan daun pisang tinimbang kertas minyak.

Kota-kota besar tujuan para pelancong seperti Denpasar, Kuta, dan Ubud menjadi kota dengan warung nasi jinggo yang begitu menjamur.

Tempat : Warung Bandrek & Nasi Jinggo “Pak De”
Alamat : Jl. Raya Kuta No.27, Kuta, Kabupaten Badung, Bali
Harga : 15.000 an

14. Bubur Mangguh Bali

Makanan khas Bali berikutnya berupa bubur bali. Bubur mangguh adalah sajian bubur yang menjadi kuliner khas dari Desa Tedjakula, Bon Dalem, Buleleng dengan ciri khasnya menambahkan urapan dan kacang goreng.

Menikmati satu mangkuk bubur mangguh, kamu akan mendapatkan rasa pedas dan rasa rempah-rempah yang sangat terasa.

Namun masih ada lagi urapan yang didapat dari kelapa parut dan kecang panajang, serta ada lagi tambahan kacang panjang dan bawang goreng di atasnya.

Untuk mendapatkannya bisa ditemukan di restoran Buleleng maupun Denpasar serta rumah makan yang menyediakannya.

15. Entil

Salah satu makanan dengan bentuk mirip ketupat namun dengan penyajian dan rasa yang berbeda adalah entil khas daerah Pupuan, Tabanan, Bali.

Walaupun cara membuatnya mirip ketupat, namun entil memiliki bentuk lebih pipih dengan warna kehijau-hijauan.

Apalagi masih ada sayuran, sehingga membuat seporsi entil begitu istimewa. Di daerah asalnya, Pupuan, akan ada banyak warung-warung dengan menu entil, sehingga saat berkunjung kamu akan dengan mudah mendapatkan makanan khas Bali.

16. Sate Pentul Bali

Tidak hanya sate lilit saja yang terkenal dari Bali sebagai makanan khas Bali, karena saudaranya yaitu sate pentul juga ikut nimbrung jadi olahan khas Bali.

Namun yang membuat sate pentul Bali berbeda adalah tusukannya yang didapat dari batang serai, bukan dari bambu, kayu, atau batang kelapa yang selama ini digunakan untuk sate normal.

Setelah hasil blenderan halus, adonan ini bisa langsung direkatkan ke batang serai, baru dikukus. Selesai dikukus, sate siap untuk dipanggang untuk seterusnya dikonsumsi dengan rasa gurih pedas.

17. Sate Penyu

Kesan pertama bagi yang mendengar sate penyu pasti akan menyebutnya sebagai sate yang dibuat dari daging penyu.

Namun usut punya usut, sate penyu ternyata dibuat menggunakan daging babi, bukan daging penyu karena penyu adalah salah satu hewan dilindungi.

Pada satu porsi tersebut, disajikan 6 tusuk sate bersama dengan ketupat sehingga membuat penikmat sate ini tak kuasa hanya menikmati satu porsi saja.

18. Timbungan

Kata timbungan sebenarnya adalah nama untuk proses pengawetan makanan dengan cara menimbun makanan ke dalam bambu.

Namun kini makanan yang dimasukkan ke dalam bambu tersebut juga disebut sebagai kuliner timbungan.

Dalam pembuatannya, bambu berukuran relatif besar akan dilubangi untuk diisi dengan berbagai daging dan sayur. Daging-daging seperti ikan, babi, dan ayam adalah yang paling sering dipakai bersama dengan sayur seperti daun sela.

Kuliner makanan khas Bali ini, kerap disajikan saat hari raya Kuningan dan Galungan, walaupun di rumah makan kerap menyajikannya sebagai menu makan.

19. Tum Bali

Tum bali adalah makanan khas Bali yang diolah dengan cara memasukkan daging ke dalam daun pisang, namun daging tersebut terlebih dahulu dibumbui baru dimasak agar bisa disebut tum. Dilihat dari proses tersebut, memang mirip dengan pepes, namun ini adalah pepes dari Bali.

Tum sudah bisa disajikan setelah proses tersebut, biasanya akan dimakan dengan nasi, apalagi rasa tum yang pedas gurih membuatnya semakin cocok dengan nasi. Sebenarnya makanan khas Bali yang satu ini lebih pass jika digunakan untuk oleh oleh makanan khas bali.

20. Serombotan Klungkung Bali

Nama serombotan klungkung adalah nama untuk penyebutan makanan khas Bali dari daerah Klungkung dengan isian berupa sayuran berisi aneka bumbu.

Sayur yang kerap dijadikan sebagai serombotan adalah bayam, kangkung, terong bulat, buncis, kacang panjang, dan kecambah yang dimasak dengan cara direbus.

Setelah matang, ketiga bumbu tersebut akan dicampur ke atas serombotan lalu biasanya akan diurap agar saat menikmati sayurnya terasa nikmat.

21. Rujak Kuah Pindang

Makanan khas Bali yang ke 21 adalah rujak kuah pindang. Namanya memang tidak setenar rujak-rujak lain, seperti rujak buah dan rujak sayur yang terlebih dahulu terkenal, namun rujak kuah pindang sangat dikenal di Bali, mengingat Bali adalah tempat yang hanya menyediakan makanan ini.

Ciri utama dari rujak jenis ini adalah pada sambalnya, atau bisa disebut dengan kuahnya yang menggunakan kuah dari ikan pindang.

Di sana akan disajikan rujak dengan harga 6 ribu rupiah seporsinya dan setiap harinya melayani para konsumen lokal maupun asing.

Selain rujak, warung dengan lantai 2 tersebut juga menawarkan es buah sebagai teman memakan rujak kuah pindang.

22. Laklak Bali

Salah satu kue tradisional yang masih bertahan diantara jutaan kuliner modern di Pulau Dewata adalah makanan khas Bali dengan nama laklak.

Laklak Bali ini dibuat menggunakan tepung beras, garam, santan, air daun suji, dan air daun pandan untuk dijadikan adonan.

Penggunaan air dari daun pandan dan suji ternyata memiliki tujuan untuk menciptakan laklak dengan warna hijau dari bahan alami, sekaligus memberi rasa dan aroma pandan.

Keunikan dari Laklak Men Gabrug adalah dari pembuatannya yang masih fresh, jadi saat ada pembeli, mereka baru membuat laklak-nya, sehingga pembeli akan mengantri panjang, namun kualitasnya akan terjamin.

23. Sate Languan Bali

Berbicara mengenai sate languan bali memang tidaklah setenar sate lilit, walaupun keduanya bisa dibilang sama-sama sate yang dibuat dengan cara melilitkan daging ke tusukan.

Namun bahan yang biasa dipakai untuk membuat sate languan adalah daging ikan laut, khususnya adalah ikan tongkol yang juga punya rasa enak dan bergizi tinggi.

Rasa khas dari sate tersebut adalah rasa manis namun tetap tak menghilangkan rasa pedas yang telah menjadi ciri khas masakan Bali.

24. Lawar Bali

Nama lawar memang sangat identik dengan Bali, mengingat makanan ini dibuat dan ditemukan pertama kali di pulau tersebut.

Lawar bali sendiri adalah masakan yang dibuat dari daging cincang bercampur dengan sayur dan bumbu tertentu.

Bahkan beberapa jenis lawar, ada yang memakai darah dari hewan yang dipakai untuk membuatnya sebagai bumbu pendamping, seperti kuah.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat memakannya, karena bila didiamkan terlalu lama akan cepat basi, mengingat lawar rata-rata hanya mampu bertahan setengah hari saja.

25. Tipat Cantok Bali

Makanan khas Bali Dari penamaannya, tipat berarti ketupat dan cantok berarti diulek atau diaduk, sehingga bila diterjemahkan.

tipat cantok adalah olahan yang dibuat dengan ketupat lalu diaduk-aduk bersama bumbunya. Tidak hanya ketupat saja yang masuk dalam porsi tipat cantok, akan ada berbagai olahan sayur yang juga diaduk atau dicampur bersama bumbu-bumbunya.

Untuk mendapatkan makanan khas Bali ini cukup sulit, karena hanya ada pada warung-warung tertentu, dan jangan berharap restoran besar menjualnya.

26. Nasi Pedas Bali

Makanan khas Bali berupa nasi pedes saat ini sedang banyak yang mencari. Bila kamu di Jawa, pasti sudah mengenal dengan namanya nasi rames yang bisa diisi sampai dengan puluhan lauk dalam satu isiannya.

Namun bila di Bali, ada yang namanya nasi pedas yang juga sama-sama memiliki banyak lauk untuk menemani satu kepal nasi.

Nasi pedas normal akan diisi dengan nasi, sambal, kering tempe, serundeng, sayur tumis, daging halus, dan mi goreng.

Lokasi dari warung ini tak jauh dari Joger, jadi saat ingin beli baju khas Bali tersebut, mampir saja ke warung nasi pedas ini.

27. Bebek Goreng Bali

Pasti bebek goreng bali telah banyak muncul di daerah lain, namun di Bali ada bebek goreng yang dibuat dengan racikan bumbu khas Pulau yang terkenal dengan pantai sanurnya tersebut. Pada pembuatannya, yang harus diperlukan adalah bebek yang masih muda agar dagingnya tidak alot saat dikonsumsi.

Pembuatannya berbeda dari bebek goreng kebanyakan, karena satu ekor bebek utuh akan dipotong menjadi empat bagian yang telah dilumuri dengan jeruk nipis sebelumnya.

Daging bebeknya akan terasa gurih, apalagi bila dicocol dengan sambal matahnya yang pedas, membuatnya terasa begitu nikmat.

28. Batun Bedil Bali

Jika biasanya olahan khas Bali punya rasa pedas, hal itu tidak berarti bagi jajanan dengan nama batun bedil yang justru punya rasa dominan manis.

Batun bedil bali hampir mirip dengan bubur candil dari Jawa, karena dibuat dari tepung untuk isiannya kemudian akan diberi kuah dari gula untuk memberi rasa manis.

Betun bedil kini sudah siap untuk disantap, makanlah dalam kondisi masih hangat agar rasanya lebih nikmat, apalagi jika mengunyah isiannya yang kenyal dan menikmati kuah manisnya, pasti semakin nikmat.

29. Bebek Bengil Bali

Dalam artian bahasa Bali, bengil berarti kotor, sehingga bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia arti bebek bengil adalah bebek kotor.

Nama yang unik memang, karena penamaan kuliner ini ternyata didapat dari bebek-bebek yang masuk ke dalam restoran yang nantinya akan menjadi tempat menjual bebek bengil saat baru pertama dibangun.

Makanan khas Bali ini cukup rekomended untuk dicoba bersama teman atau keluarga.

Lihat juga makanan khas betawi

Rasa gurih dari daging bebek akan dicampur dengan pulennya nasi dan pedasnya sambal khas Bali, itulah kesan yang timbul saat memakan bebek bengil tersebut.

30. Nasi Sela Bali

Nasi sela merupakan makanan khas Bali berupa nasi yang dicampur dengan aneka lauk tertentu, namun yang membuatnya dinamakan nasi sela adalah karena ada tambahan cacahan ubi yang mengiringinya.

Karena ada ubi itulah namanya menjadi nasi sela, sesuai arti nama sela yang berarti ubi atau ketela dalam bahasa setempat.

Salah satu warung paling terkenal dengan makanan khas Bali ini adalah Warung Mek Luh yang terletak di depan RSUD Karangasem, atau Warung Nyoman Sate Tuna Nasi Sela dengan alamat Jl. Raya Anggungan No.11, Mengwi, Badung.

31. Sudang Lepet Bali

Makanan khas Bali yang ke 31 adalah sudang lepet bali. Nama sudang lepet memang jarang didengar oleh kebanyakan orang, karena untuk menemukannya hanya dapat di temui di kota Singaraja atau Buleleng.

Sudang lepet sendiri merupakan sejenis ikan asin yang memiliki bentuk sangat tipis, sehingga memiliki tekstur yang renyah dengan rasa asin menyelimutinya.

Sehingga kalau digabung jadi ikan asin sial, entah bagaimana masyarakat menamainya seperti itu, namun beberapa sumber mengatakan bahwa nama tersebut diberikan pada makanan khas daerah ini karena ikan harus diolah dengan cara dipukul-pukul sampai tipis.

Bahkan di Desa Sengit, Sawan, Buleleng menjadi sentra pembuatan sudang lepet dengan harga 10 ribu per 6 sudang lepet besar atau 10 yang kecil.

32. Jukut Ares Bali

Jukut ares merupakan makanan khas Bali berkuah yang terbuat dari kaldu tulang hewan yang ditambah dengan bahan utamanya berupa batang pohon pisang.

Penggunaan batang pohon dengan buah bewarna kuning tersebut haruslah yang masih muda, atau yang muncul disamping pohon dewasa dengan ukuran sebesar lengan orang dewasa.

Setelah matang, sayur ares sudah siap untuk dimakan dengan rasa pedas gurih, dan paling mantap bila menjadi makanan pendamping nasi hangat.

Karena rasanya yang nikmat wajar saja makanan ini menjadi makanan khas Bali yang cukup banyak diminati.

33. Sate Plecing Bali

Setelah sate lilit yang lebih dahulu dibahas sebagai makanan khas Bali, sekarang ada varian sate lain yang juga sangat terkenal di Bali dengan rasanya yang begitu enak.

Berbeda dengan sate lilit atau sate pentul yang menjadikan daging hewan menjadi halus untuk dililitkan ke tususkan, karena sate plecing sama dengan sate-sate lain di luar sana yang menususkkan potongan daging ke tusuk sate.

Warung tersebut siap melayani pembeli mulai jam 9 pagi sampai jam 7 malam waktu setempat, dan akan ramai saat waktu makan siang.

34. Tipat Tahu Gerenceng Bali

Dari namanya, tipat yang berarti ketupat dan tahu yang berarti tahu sudah dapat diketahui dengan gamblang bahwa makanan ini adalah ketupat tahu yang dijual di daerah Banjar Gerenceng.

Penjual tipat tahu gerenceng ada di Jalan Dr. Sutomo no. 9, walaupun banyak lagi penjual tipat tahu, namun tipat tahu di daerah Gerenceng inilah yang paling enak dan terkenal.

Selain menyajikan tipat tahu dengan rasa istimewa, warung ini telah teruji bahkan menjadi inspirator munculnya produsen tipat tahu lain karena telah ada sejak tahun 1960-an.

Ada juga varian lain berupa tipat tahu plus telur yang dibanderol dengan harga 11 ribu rupiah, bagaimana apakah tertarik dengan makanan khas Bali jenis tahu gerenceng ini.

35. Siobak Khe Lok Bali

Kuliner dengan nama siobak sebenarnya bukan asli dari Bali, karena negara asal dari makanan ini adalah China alias makanan Tionghoa.

Namun lambat laun orang-orang Bali khususnya Singaraja memodifikasinya menjadi makanan khas Singaraja dengan bumbu yang diadaptasi dari bumbu-bumbu khas Indonesia.

Rasa dari setiap olahan babinya terasa sangat gurih di mulut, apalagi bila telah bercampur dengan kuahnya yang berasa pedas manis berkat adanya tauco, bisa-bisa lidah bergoyang.

36. Rujak Bulung Bali

Makanan khas Bali yang terakhir adalah rujak bulung babi. Jika biasanya rujak dibuat dengan buah-buahan, berbeda halnya dengan yang namanya rujak bulung khas Bali.

Di sana, harganya hanya 15.000/porsi, tak salah memang karena rasa gurih ketupat akan bercampur dengan enaknya rumput laut dan pedasnya sambal, bahkan kesegaran kuahnya bersatu.

Walaupun masih banyak lagi masakan dari Pulau Dewata, namun kalau disebutkan satu-satu bisa panjang tulisan ini. Namun dari ketiga puluh enam list di atas, kamu telah bisa mengonsumsi aneka jenis makanan, dari yang kering, berkuah, tradisional, hingga modern, karena ada semua di sana.

makanan khas bali halal, minuman khas bali, makanan khas bali dan asal daerahnya, makanan khas bali beserta gambarnya

Tags: makanan khas bali, Makanan bali, masakan khas bali, https://makananoleholeh com/makanan-khas-bali/, kuliner khas bali, deskripsi makanan lawar khas bali, makanan khas dari bali, makanan khas bali yang terkenal
Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment