10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi

Posted on

Makanan khas Jawa sangat banyak sekali. Jawa merupakan salah satu pulau yang ada di indonesia yang tebagi menjadi 4 yaitu jawa timur, , jawa barat, jawa tengah dan banten. Di beberapa wilayah ini ada berbagai macam makanan khas yang cukup populer di kalangan masyarakat. Tak heran jika pulau jawa khususnya yogyakarta menjadi kota wisata no 1 setelah bali, selain wisata yang banyak, kulinernya juga pun turun menjadi sorotan.

Lihat juga Makanan Khas Jawa Tengah Asli yang Bikin Nagih

Nah kali ini makananoleholeh.com ingin memberikan beberapa makanan khas jawa yang harus kamu cicipi ketika melewati daerah pulau jawa ini. Apa saja menu makanan khas jawa tersebut? Beberapa diantaranya adalah godeg, Di kota yogyakarta ini gudeg menjadi ciri khas makanan no 1 yang paling sering diminati oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke kota yogyakarta. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat dibawah ini

Makanan Khas Jawa Barat yang Paling Enak

1. Empal Gentong

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Belum beranjak dari kabupaten cirebon kuliner cirebon yang pertama yaitu empal gentong. Makanan ini merupakan ikon kota cirebon empal gentong itu sebuah kuliner yang tersaji dengan menggunakan kuali yang terbuat dari tanah liat beda karena dipanaskan dengan menggunakan kayu bakar. Empal gentong ini memiliki rasa yang menyegarkan sehingga tidak heran jika menjadi salah satu kuliner yang wajib di cicipi ketika berkunjung ke Kabupaten Cirebon, Jawa Barat. Kuah empal gentong yang kental menjadikan makanan ini sangat pas untuk dihidangkan saat musim hujan seperti sekarang ini.

2. Docang Cirebon

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Masih di provinsi jawa barat, kabupaten Garut Jawa Barat memiliki makanan yang pertama dicancang yang mirip seperti kupat tahu singaparna. Makanan dari kabupaten garut garut ini memiliki isian berupa lontong, santan kelapa santan daun singkong taburan krupuk satu ciri khas limaran ini yaitu adanya siraman kuah panas yang dilengkapi dengan tempe bungkil. Docang ini lebih enak ketika disantap sebagai menu sarapan atau menu makanan yang pastinya akan datang terlambat karena makanan berat tidak boleh mengonsumsi makanan yang cukup favorit karena rasanya yang benar-benar enak serta cukup murah.

3. Burayot

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Makanan satu ini diambil dari bahasa sunda. Burayot memiliki bentuk unik. Bahan yang digunakan berasal dari tepung beras dan kacang tanah. Cara membuatnya dengan mencampurkan bahan rambut minyak kelapa. Waktu pembuatannya juga tidak lama. Di candi Cangkuang merupakan daerah yang menghasilkan burayot serta sudah sangat terkenal di Jawa Barat.

Bahan baku yang digunakan juga mempengaruhi rasanya. Jika menggunakan gula merah yang berbeda akan menghasilkan rasa berbeda.

Makanan Khas Jawa Timur yang Paling Enak

4. Rawon Khas Jawa Timur

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Jawa timur juga ada terdapat banyak wisata kuliner yang bisa kita nikmati contohnya adalah rawon. Rawon sendiri makanan yang memiliki ciri khas kuah yang berwarna hitam pekat dengan rasa yang enak dan lezat. Ada berbagai macam variasi di setiap kota baik dari rasa maupun kuah yang dibuat. Beberapa bumbu untuk membuat rawon adalah bawang merah, lengkuas, bawang putih, ketumbar, serai, kunir, cabe, kluwek, garam dan beberapa rempah-rempah penyedap.

5. Rujak Cingur Khas Jawa Timur

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Makanan khas surabaya ini menjadi idola bagi wisatawan yang sedang berkunjung ke kota surabaya. Rujak cingur sendiri menjadi makanan khas yang cocok untuk makan siang apalagi ditambah dengan es teh manis, duh berasa banget lezatnya. Rujak cingur sendiri terbuat dari bahan utama mulut sapi dan bebebrapa pelengkap rasa seperti timun, bengkuang, ataupun nanas. Untuk menambah kenikmatan rujak cingur anda kalian bisa menambahkan lontong, tempe, ataupun lalapan.

6. Pecel Khas Jawa Timur

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Siapa sih yang tidak kenal dengan pecel. Makanan khas dari jawa timur ini menjadi terfavorite karena banyak diminati oleh masyarakat setempat. Selain vitaminnya banyak pecel juga memiliki rasa yang enak dan lezat. Bahan-bahan utama untuk membuat pecel diantaranya adalah kangkung, kaca, kol, irisan timun, toge, daun ketela dan lain-lain. Nah disini ada beberapa kota yang memiliki rasa pecel yang enak diantaranya adalah madiun, kediri, dan blitar.

Makanan Khas Jawa Tengah yang Paling Enak

7. Timlo Solo

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Timlo solo merupakan hidangan dari Jawa yang berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas Solo, serta telur pindang khas kedai timlo itu. Sosis goreng Solo ini bukanlah sosis yang terbuat dari daging sapi pada umumnya melainkan dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat seperti martabak dan digoreng. Di dalam lipatan adonan itu diberi daging ayam bagian dada yang disuwir. Selanjutnya, gorengan sosis itu disajikan dalam potongan-potongan kecil. Sosis inilah yang membedakan makanan khas Solo ini dengan makanan berkuah lainnya seperti soto dan sup.

Timlo solo juga sangat hemat dimana untuk satu porsinya kamu bisa membeli dengan cukup mengeluarkan uang sebesar 7000 hingga 18.000 rupiah saja. Lalu bagaimana untuk rasanya? Nah jika kamu datang ke kota Solo jangan lupa untuk mencicipinya nikmatnya timlo khas Solo ini.

8. Garang Asem

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Makanan keenam ini cara menggunakan ayam sebagai bahan dasarnya. Pertama-tama ayam nya dimasak bersama dengan santan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang. Namanya karangasem ini seperti memiliki rasa kata kata pedas pedas renyah sehingga akan sangat menggugah selera. Garang asem merupakan makanan dari jawa tengah kudus semarang pekalongan demak sarta pati. Untuk itu ketika kamu sedang berkunjung ke jawa tepatnya di jawa tengah maka jangan lupa untuk mencicipi nikmatnya garang asem.

9. Selat Solo

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Makanan asli jawa cek nya yaitu selat solo. Makanan ini sangat terkenal raja salman datang ke indonesia selat seolah menjadi hidangan untuk raja salman. Salah satu ini berupa irisan daging seperti steak kemudian potongan buncis wortel kentang yang dilengkapi dengan kuah semur.

Untuk perasaan nya tidak perlu dipertanyakan lagi selat solo memiliki rasanya sangat enak dan lezat. Kamu bisa menemukan selat solo di berbagai penjuru kota solo harganya dua cukup murah yaitu pergiasan 10 ribu rupiah untuk setia porsinya.

10. Gudeg

10 Makanan Khas Jawa Yang Harus Kamu Cicipi Makanan

Makanan dari jawa satu ini mungkin sudah sangat terkenal. Yang merupakan makanan yang berasal dari nangka muda serta menjadi ikon kuliner khas jogja. Akan tetapi video kata penikmat dika dimakan bersamaan dengan nasi pulen, sambel goreng krecek prapta kuah opor ayam telur tahu atau tempe bacem.

Lihat juga Makanan Khas Bali Halal

Kuliner khas jogja satu ini terdiri dari dua jenis yaitu jenis basah dan kering. Yang membedakan hanya pada kuah kental pada santen gudeg basah gudeg ini juga dijual dengan harga cukup terjangkau yaitu berkisar 10.000 hingga 20.000 saja. Kamu bisa menemukannya diberbagai sudut kota Jogja.

Nah itulah beberapa daftar makanan khas Jawa dari berbagai wilayah yang ada di Jawa. Bagaimana sudah siap menikmati lezatnya kuliner dari masing-masing wilayah yang ada di Jawa?



Tags: MAKANAN DAERAH JAWA TENGAH SAAT HUJAN, makanan khas di pulau jawa, makanan pulau jawa
Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *