Makanan Khas Jawa

Makanan khas Jawa memiliki beberapa keunikan yang membedakannya dari makanan khas daerah lain di Indonesia. Keunikan-keunikan tersebut antara lain:

Penggunaan bumbu-bumbu alami yang kaya rempah-rempah.

Bumbu-bumbu alami yang sering digunakan dalam makanan khas Jawa antara lain bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, lengkuas, ketumbar, dan jintan. Bumbu-bumbu ini dihaluskan dan ditumis hingga mengeluarkan aroma yang harum.

Penggunaan santan.

Santan sering digunakan dalam makanan khas Jawa untuk memberikan rasa gurih dan  creamy. Santan juga dapat menambah rasa gurih pada makanan yang tidak menggunakan daging atau ikan.

Pemanfaatan berbagai macam sayuran.

Makanan khas Jawa sering menggunakan berbagai macam sayuran, seperti bayam, kangkung, tempe, dan tahu. Sayuran-sayuran ini dimasak dengan berbagai macam bumbu dan disajikan dengan nasi atau lontong.

Pembuatannya yang sederhana.

Banyak makanan khas Jawa yang dibuat dengan cara yang sederhana, namun tetap menghasilkan rasa yang lezat. Misalnya, tempe mendoan yang hanya digoreng dengan tepung bumbu, atau nasi goreng Jawa yang hanya dimasak dengan bumbu-bumbu sederhana.

Keunikan-keunikan ini membuat makanan khas Jawa memiliki rasa yang khas dan menggugah selera. Makanan khas Jawa juga merupakan bagian dari budaya Jawa yang telah diturunkan dari generasi ke generasi.
Lihat juga

Makanan Khas Jawa Adalah

Bakso Ikan Ekor Kuning Nasi Goreng Jawa (khas Mataraman (Joglosemar))
Soto Jepara Bandeng presto
Soto Kudus Timlo Solo
Opor panggang Jepara Nasi Langgi
Opor bakar Kudus Ayam kremes
Jenang Kudus Tahu gimbal
Nasi gandul Bakso Wonogiri
Lentog Tanjung Bakso Solo
Ayam Goreng Jepara Pecel lele
Lontong Krubyuk Urap
Kuluban Mangut lele
Nasi Penggel Krecek
Nasi pindang Nasi Goreng Babat
Pindang Serani Garang Asem
Horok-Horok Sroto Pekalongan
Bakso Ikan Ekor Kuning (Bakso Karimunjawa) Nasi Bogana
Kupat Tahu Magelang Soto Sokaraja
Kupat Tahu Solo Bakmi Nyemek
Asem-Asem Daging Sate Ambal
Gudeg Lanthing
Gudangan Mie ongklok
Lumpia Semarang Teh poci
Opor Ayam Sate Tegal
Soto Bangkong Mendoan
Wedang jahe Nasi Grombyang
Tengkleng Nasi lengko
Tongseng Sate blengong
Nasi Pecel Kupat glebed
Tahu petis Pecel Banyumas
Tumpeng Nasi Kucing
Baceman Sayur Lodeh
Bakmi godhog

Makanan Khas Jawa Yang Terkenal

1. Pecel

Pecel

Pecel adalah makanan khas jawa yang memiliki cita rasa pedas dan manis. Pecel sendiri berisi aneka sayuran rebus seperti kangkung, bayam, sawi, daun singkong, touge, kacang panjang, kubis dan lain-lain. Sayuran ini kemudian di siram dengan bumbu kacang yang telah di olah sebelumnya.

2. Rawon

Rawon

Salah satu makanan khas jawa timur yang memiliki rasa sangat enak sekali. Makan ini memiliki ciri khas dengan kuah hitam dan rasa yang sangat bikin ketagihan. Jika anda berwisata kuliner di jawa timur boleh mencoba salah satu makanan khas favorite tersebut.

3. Gudeg

Gudeg

Salah satu makanan khas jogja yang paling bayak di cari para wisatawan. Gudeg sendiri memiliki rasa yang manis dan gurih, ada juga yang pedas tergantung selera anda untuk menikmatinya.

Gudeg sendiri banyak dijual di pinggiran jalan jogja namun yang terkenal adalah gudeg yu djum. Gudeg ini sendiri memasaknya cukup lama dikarenakan agar setiap bumbu meresap kesetiap bahan yang digunakan.

4. Nasi Liwet

Nasi Liwet

Nasi Liwet sendiri merupakan makanan khas solo yang menjadi favorite masyarakat setempat. Selain memiliki rasa gurih tentu harga yang ditawarkan sangat murah.

Biasanya nasi liwet ini disajikan dengan olahan tongseng ataupun dengan olahan sayur saur tiram.

5. Nasi Gandul

Nasi Gandul

Makanan Khas yang berasal dari pati ini memang memiliki ciri khas yang paling berbeda. Selain memiliki rasa yang gurih nasi tersebut juga harumnya wangi karena di masak dengan daun pandan.

Nasi Gandul sendiri cocok di sajikan dengan olahan sayur dan daging yang agak pedas.

6. Rujak Cingur

Rujak Cingur

Makanan khas yang berasal dari kota surabaya ini memang menjadi favorite para pencinta wisata kuliner. Cingur sendiri merupakan daging mulut sapi yang di olah dan dicampur dengan irisan tempe, tahu, timun, nanas, lontong, dan bumbu kacang.

Rujak cingur sendiri ada berbagai macam di kota surabaya namun secara keseluruhan olahan tersebut hampir sama semua.

7. Tongseng

Tongseng

Tongseng menjadi makanan favorite masyarakat pulau jawa. Bagi para pecinta wisata kuliner pulau jawa tongseng memang menjadi pilihan no 1.

Tongseng sendiri dibuat dari bahan daging yang dimasak sedemikan rupa dengan hasil yang sangat enak dan lezat. Bahan daging untuk membuat tongseng biasanya dari daging sapi, kambing ada juga daging kerbau.

8. Pecel Lele

Pecel Lele

Pecel lele salah satu makanan khas jawa yang paling banyak dijual di jalanan. Mungkin seluruh pulau jawa para pecinta wisata kuliner dapat menjumpainya.

Selain harga yang murah rasa yang dihasilkan dari pecel lele sendiri sangat enak dan gurih. Pecel lele sendiri terdiri dari olahan dari lele segar, lalapan dan juga sambal kacang dengan rasa pedas manis.

9. Sate Buntel

Sate Buntel

Jika anda pergi berwisata kuliner di kota solo tentu sate buntel menjadi makanan yang paling rekomended untuk dinikmati.

Sate buntul menjadi salah satu menu makanan yang paling dicari karena rasa yang dihasilkan sangat menggugah selera. Sate nya sendiri terbuat dari daging kambing maupun daging ayam yang dibungkus dengan lapisan lemak tipis sehingga ketika di bakar memiliki rasa yang gurih dan krenyes.

10. Sate Kere

Sate Kere

Tidak hanya sate buntul yang terkenal di solo, ada juga sate kere. Sate ini terbuat dari tempe gembus dimana olahannya di bakar dan dibumbui dengan khas agar menghasilkan rasa yang nikmat.

Untuk bumbunya sendiri dari saus kacang yang dibalut dengan brambang dan cabai. Selain memiliki harga yang murah tentu rasanya dijamin bikin nagih.

11. Pecel Madiun

Pecel Madiun

Madiun sebagai kota wisata juga sebagai tempat kuliner yang banyak dikunjungi para wisatawan. Di kota ini kuliner yang cukup terkenal adalah Pecel Madiun.

Sebagai makanan khas jawa timur pecel madiun menjadi salah satu menu masakan yang paling digemari karena memiliki rasa yang enak dan juga gurih. Pecel madiun sendiri terdiri dari beberapa bahan diantaranya kacang panjang, tauge, mentimun, daun singkong dan juga sebagai rasa yang renyah terdapat peyek kacang.

12. Soto Lamongan

Soto Lamongan

Soto Lamongan sebagai makanan khas kota lamongan memiliki perbedaan pada soto lainnya yaitu ada penambahan bumbu yaitu koya.

Koya sendiri merupakan bubuk yang dibuat dari bawang putih dan kerupuk udang agar menghasilkan rasa yang enak dan harum. Bagi anda yang lagi berwisata kuliner di kota lamongan wajib mencobanya.

13. Soto Kudus

Soto Kudus

Sebagai kota yang cukup besar, kudus memiliki banyak sekali makanan khas yang paling enak dan lezat. Di kota ini makanan khas kudus yang paling diminati adalah soto kudus.

Berbeda dengan soto jenis lainnya soto kudus memiliki tempat yang kecil dan juga rasa yang paling enak. Maka dari itu ketika anda berwisata kuliner di kudus wajib deh mencobanya. Soto kudus sendiri sangat cocok jika campur dengan telur puyuh, telor maupun perkedel.

14. Tahu Petis

Tahu Petis

Tahu Petis sebagai makanan khas dari semarang memang cocok disajikan sebagai cemilan maupun lauk dimana makanan ini terbuat dari tahu yang digoreng dan dibalut dengan saus hitam didalamnya.

Saus hitam ini terbuat dari rebusan ikan atau udang sehingga menghasilkan rasa yang gurih dan juga asin. Bagi anda yang ingin menikmati kuliner di semarang wajib coba cemilan yang enak ini.

15. Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Siapa sih yang tidak suka dengan tempe mendoan. Salah satu makanan khas jawa yang sangat terkenal ini memang menjadi salah satu primadona terbaik dari dulu hingga sekarang.

Tempe mendoan sendiri sebagai sangat terkenal sebagai makanan khas di daerah banyumas dan purwokerto. Daerah tersebut lah yang menjadikan tempe yang dibalut dengan tepung sebagai tempe mendoan.

16. Lumpia

Lumpia

Lumpia sebagai cemilan yang paling terkenal di kota semarang memang sangat cocok di makan saat masih hangat.

Makanan khas jawa satu ini terbuat dari tepung yang didalamnya terhadap aneka isian seperti telur, daging ayam, udang ataupun sayuran. Selain itu lumpia juga sangat cocok dijadikan sebagai oleh oleh dari semarang.

17. Ayam Lodho

Ayam Lodho

Ayam Lodho sebagai makanan khas jawa timur yang paling terkenal enak dan lezat memang tidak tergantikan karena rasa yang ditawarkan sungguh menggugah selera.

Di buat dengan bahan ayam kampung yang dibakar dan dimasak lagi bersama santan dan bumbu pedas menghasilkan rasa pedas asin manis. Jika anda ingin sedang menikmati kuliner di jawa timur wajib mencobanya.

18. Mangut Lele

Mangut Lele

Mangut Lele banyak yang menyebutnya sebagai makanan khas mataram yaitu solo-jogja dan kendal-semarang. Nah jika anda berwisata kuliner di daerah tersebut wajib mencobanya karena rasa yang ditawarkan pasti membuat lidah anda bergoyang dimana rasa gurih pedas akan menyelimuti lidah anda.

Mangut lele sendiri terbuat dari lele segar yang dimasak bersama santan, cabai, daung kemangi, dan rempah-rempah.

19. Garang Asem

Garang Asem

Garang asem memang banyak dikenal oleh banyak orang khususnya pulau jawa. Makanan ini sendiri memang sering dijadikan makanan sehari-hari untuk di hidangkan saat makan bersama keluarga.

Selain mudah dibuat rasa yang ditawarkan juga cukup nikmat. Untuk membuat garang asem sendiri yang paling terpenting adalah daging ayam segar dimasak bersama santan lalu dibungkus dengan daun pisang. Rasa yang dihasilkan asam manis dan pedas.

20. Lontong Balap

Lontong Balap

Berwisata kuliner di kota surabaya jangan melupakan lontong balap. Sebagai salah satu makanan khas surabaya lontong balap memiliki rasa yang enak dan juga murah.

Lontong balap sendiri terdiri dari irisan tauge, irisan daging, irisan bawang putih, lontong, dan kuah. Lontong balap sendiri sebagai makanan paling terkenal juga paling laris karena banyak orang yang mengantri untuk menikmati lonton balap.