Written by 15:42 Oleh-oleh

Oleh-oleh Khas China

oleh oleh khas china

Ada banyak tempat wisata menarik di dunia yang bisa kamu kunjungi kapan saja, termasuk di China. Nah, kalau kamu memang berniat berkunjung ke negara tersebut, pastikan untuk membawa oleh-oleh khas china ya. Ada lebih dari 10 oleh-oleh khas China yang bisa kamu jadikan pilihan loh.

Selain itu, cara untuk mendapatkannya juga tidak sulit. Supaya kamu tidak bingung dengan oleh oleh-oleh khas China apa yang sebaiknya dipilih, berikut ada daftar yang bisa kamu jadikan referensi. Yuk disimak.

Oleh-oleh Khas China

Teh China dan Kopi Santan Khas Hainan

Tradisi minum teh di China masih terus berlanjut dan melekat dalam keseharian masyarakatnya. Bahkan hal ini juga turut berpengaruh pada para turis yang datang ke sana. China sendiri punya banyak produk teh dan beberapa diantaranya bahkan ditujukan untuk kesehatan.

Bahkan untuk kamu yang ingin menurunkan berat badan atau sekedar melancarkan BAB, bisa menjadikan teh China sebagai pilihan untuk dibawa pulang. Pastinya semua teh dari China tersebut mempunyai citarasa yang sedap dan unik.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Kamu pun bisa mendapatkannya di berbagai tempat seperti Fengzhuang Tea Square, Pasar Teh Tian Li dan sebagainya.

Buat kamu yang lebih gemar dengan kopi juga tidak perlu khawatir. China juga punya kopi, tepatnya oleh-oleh khas Hainan yang disebut dengan kopi santan. Seperti namanya, kopi khas yang satu ini mengandung santan di dalamnya. Pastinya, wajib sekali buat dicoba.

Kaligrafi China

Salah satu cara yang tepat untuk mengenang keberadaan kamu di China ialah dengan membeli kaligrafinya. Souvenir satu ini bahkan termasuk souvenir yang terkenal karena dianggap sebagai kesenian yang indah.

Harganya juga tidak begitu mahal sehingga cocok buat kamu yang menginginkan buah tangan dengan harga terjangkau. Soal ini juga ada banyak gaya serta karakter yang bisa dipilih. Mulai dari skrip formal, skrip yang berjalan, skrip kursif, skrip segel dan lain sebagainya.

Atau kalau mau, bisa juga membuatnya sesuai dengan nama kamu atau nama orang yang akan menerima buah tangan dari kamu.

Lukisan China

Kalau berkunjung ke Pasar Antik Panjiayuan yang ada di Beijing, bisa membeli oleh-oleh berupa lukisan China. Sesampainya di Indonesia, lukisan ini nanti bisa dijadikan sarana untuk mempercantik ruangan.

Pastinya, hampir seluruh lukisan yang dibuat di sana mempunyai arti yang berhubungan dengan kehidupan sosial dan perubahan waktu. Dengan demikian, para wisatawan dapat melihat bagaimana perkembangan zaman dari generasi ke generasi hanya dengan melalui lukisan.

Selain itu, lukisan ini juga mempunyai keunikan serta keindahan yang sangat jelas terlihat dalam corak cat air menggunakan teknik Shui Mo dan Gong Bi.

Kain Sutra Khas China

Kalau berbicara soal China, salah satunya berhubungan dengan kain sutra. Sutra ini walaupun harganya agak mahal juga termasuk dalam oleh-oleh yang paling populer.

Kamu tinggal pilih saja mau beli yang masih berbentuk kain utuh, atau yang sudah menjadi gaun atau bahkan dalam bentuk tas, dompet dan lain sebagainya.

Soal kualitas ya tentu sudah tidak perlu ditanyakan lagi. Kalau soal keindahan, ini juga sudah tidak perlu diragukan karena coraknya sangat menawan dan juga mewah. Jika kamu memang berminat, kamu bisa datang ke Kota Dandong, Sichuan, Hangzhou dan Suzhou.

Xiao Long Bao

Kalau teman atau keluarga ingin oleh-oleh makanan Shanghai, sudah ada Xiao Long Bao. Ini memang merupakan makanan khas di sana dan penduduk setempat biasa menyebutnya dengan sup kue pangsit. Untuk menjadikannya oleh-oleh, kamu bisa membeli yang kondisinya masih mentah saja.

Xiao Long Bao termasuk makanan ringan, namun proses pembuatannya perlu dilakukan dengan cermat supaya tidak ada ukuran yang berbeda antara yang satu dengan yang lainnya.

Selain itu penyajiannya juga cukup unik karena menggunakan rantang bambu. Sekedar tips saja, agar rasanya lebih enak, tambahkan irisan jahe dan cuka hitam ya.

Obat Herbal China

Selain oleh-oleh snack khas Shanghai, kamu juga bisa mempertimbangkan obat herbal China untuk dibawa. Sudah tahu kan kalau racikan obat herbal di sana mampu mengatasi berbagai penyakit?

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Tetapi ya hati-hati saja, pastikan kamu membelinya di tempat yang terpercaya supaya tidak terkena rayuan pedagang nakal yang justru memanfaatkan kepopuleran obat herbal di negaranya.

Ada baiknya juga kalau sebelum membeli kamu memahami macam-macam herbal yang biasa digunakan di sana terlebih dahulu.

Seafood dan Buah Kering

Seafood dan Buah Kering China

Kembali ke soal makanan, ada seafood kering. Seafood kering yang bisa dijadikan pilihan salah satunya ialah khas Hainan. Jenisnya macam-macam, mulai dari snakehead fish kering, kerang kering, gurita kering, cumi-cumi kering dan macam-macam deh.

Semuanya serba kering dan harganya terjangkau. Ada juga oleh-oleh buah kering yang bisa ditemukan di Nanjing Road, Family Mart dan Bhoomi Store. Harganya tidak kalah terjangkau dan soal khasiatnya, ada banyak. Bahkan ada yang bisa memperkuat jantung dan mengembalikan nafsu makan.

Hiasan Dinding Topeng Khas China

Biasanya topeng China digunakan untuk kegiatan pertunjukan opera China. Tetapi kalau kamu mau, bisa menghadiahkannya sebagai oleh-oleh untuk orang terkasih. Topeng China juga beragam, ada topeng untuk bayi yang baru lahir, topeng teater, topeng perayaan dan juga topeng penari.

Berbicara soal opera China, ada yang disebut Opera Peking. Kesenian tersebut mengenakan topeng yang berlukis wajah dengan warna berbeda. Masing-masing warna tersebut menggambarkan watak. Misalnya merah, menggambarkan loyalitas. Sementara hijau dan biru menggambarkan keterusterangan dan kemarahan.

Putih menggambarkan kejahatan dan bahaya. Lalu hitam menggambarkan kejujuran dan kuning menggambarkan tirani dan pembunuh. Suka sama warna apa? Silahkan pilih saja.

Kipas Kertas dan Simpul China

Kipas Kertas dan Simpul China

Satu lagi oleh-oleh China yang bisa dijadikan pajangan, yaitu kipas kertas. Kipas ini umumnya menggambarkan keberuntungan dan juga kemakmuran masyarakat yang ada di sana. Biasanya juga, kipas dibuat serta dilukis langsung menggunakan tangan, jadi lebih unik dan juga spesial.

Kamu bisa menemukannya dengan mudah di lokasi yang ikonik China banget. Contohnya nih di Duolun Road, Jiu Jiao Chang Lu, Nanjing Road serta Lapangan Tiananmen.

Sementara untuk simpul China ini termasuk kesenian kuno. Walaupun demikian, oleh-oleh ini juga cantik kok. Ukuran dan bentuknya bervariasi, tetapi biasanya warnanya merah. Ukuran yang kecil bisa kamu jadikan gantungan kunci. Kalau untuk ukuran yang besar bisa dijadikan pajangan di pintu rumah.

Sumpit Khas China

Sumpit juga termasuk benda yang sering digunakan dalam keseharian masyarakat China, terutama saat makan. Jadi, kamu juga bisa menjadikan sumpit sebagai oleh-oleh. Sumpit yang bisa dijadikan oleh-oleh ini juga bukan sumpit biasa loh.

Akan tetapi sumput yang ada tulisan atau gambarnya. Jadi walaupun hanya sumpit, ada nilai seninya. Pengemasannya juga apik. Intinya ya kamu tidak akan malu kalau menjadikannya sebagai oleh-oleh.

Lihat juga oleh oleh khas bali

Tanpa bisa dipungkiri, China memang mempunyai banyak hal menarik bahkan hingga oleh-olehnya juga sangat unik. Jika berkesempatan berkunjung ke sana, kamu bisa memilih salah satu atau bahkan lebih dari 10 oleh-oleh khas China di atas. Jangan lupa, siapkan budget yang cukup ya untuk memboyong oleh-oleh ini.

Tags: Last modified: 2 December 2020