10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih

Hampir seluruh kota-kota besar di Indonesia memiliki julukannya masing-masing, tak terkecuali dengan Jambi yang dijuluki sebagai “Mutiara yang tersembunyi di jantung Sumatra”. Provinsi yang memiliki luas wilayah sekitar 205,38 km² dan mempunyai jumlah penduduk sekitar 750.857 jiwa ini, ternyata juga punya keunikan dan pesonanya sendiri, sehingga siapa saja betah berada di Provinsi Jambi.

Sama seperti Provinsi pada umumnya, di Jambi juga terdapat banyak tempat wisata menarik sekaligus kulinernya yang nikmat. Nah, berbicara mengenai kuliner, tempat ini juga mempunyai beberapa hal yang dapat dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jambi.

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Pasti Anda setuju kan, apabila makanan dan setiap masakan khas Indonesia begitu lezat. Dimana pun Anda berada, semisal sedang bepergian ke luar negeri pasti Anda akan merasa rindu sekali dengan makanan Indonesia.

10 Oleh-oleh Khas Jambi

Dari sekian banyaknya makanan di Indonesia, apakah Anda pernah berburu kuliner dan berburu oleh-oleh di Provinsi Jambi. Kalaupun belum, maka Anda harus melakukannya, karena kuliner khas Jambi begitu unik, sehingga juga begitu cocok dijadikan sebagai buah tangan ketika berada di kota ini.

1. Tempoyak Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Selain sering dimakan secara langsung, biasanya buah durian sering diolah sebagai es durian maupun pancake durian. Namun coba bayangkan apabila buah durian diolah menjadi menu makanan yang disantap bersama nasi putih hangat. Wah, tidak kebayang kan, bagaimana rasanya? Di Jambi terdapat hidangan makanan yang dikenal dengan nama Tempoyak. Tempoyak merupakan salah satu makanan khas Jambi yang dibuat dari fermentasi buah durian yang dicampur dengan olahan ikan segar.

2. Dodol Nanas Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Nanas merupakan produk unggulan hasil panen di Jambi, salah satu hasil olahan buah nanas yang terkenal di sini adalah dodol nanas. Sebagai salah satu camilan manis, dodol nanas menjadi salah satu primadona di Jambi, karena sebagian besar wisatawan akan selalu membeli camilan manis dodol nanas ini untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk semua orang yang ada di rumah, termasuk keluarga dan orang-orang terdekat.

3. Dodol Kentang Kering Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Tak hanya dodol nanas yang bisa Anda pilih untuk dijadikan sebagai oleh-oleh, karena di Jambi juga ada dodol kentang kering yang juga tak kalah enak dan unik untuk diadopsi sebagai oleh-oleh. Menariknya lagi, salah satu oleh-oleh khas Jambi ini memang terbuat dari olahan kentang sebagai bahan dasarnya, tapi walau terbuat dari kentang dodol ini tersedia dalam beberapa varian rasa, seperti strawberry, nanas, gula merah dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Kue Srikaya Aroma Pandan Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Kue Srikaya merupakan makanan legendaris dari Provinsi Jambi, walaupun dikenal dengan nama kue srikaya, sebenarnya bahan dasar dari kue ini adalah campuran tape dengan santan. Sementara warna hijau dari kue ini dibuat dari daun pandan, sehingga aromanya pun begitu wangi dengan aroma daun pandan. Dari penjelasan ini saja, siapa saja pasti akan menelan air liur dan akan tertarik untuk menjadi salah satu oleh-oleh yang tak boleh sampai ketinggalan dibawa pulang.

5. Gulai Tepek Ikan Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Dibandingkan dengan makanan dan camilan lainnya, Gulai Tepek Ikan ini terbilang makanan yang langka di Jambi, karena sangat tidak mudah untuk ditemukan. Pasalnya, makanan Gulai Tepek Ikan ini merupakan kuliner sakral yang hanya dihidangkan pada acara-acara tertentu saja, seperti acara adat, kenduri, pernikahan, syukuran dan lain sebagainya. Makanan yang terbuat dari olahan ikan gabus ini walau terbilang cukup sulit ditemukan, namun Anda masih dapat menikmatinya apabila memesannya terlebih dahulu di restoran, kedai ataupun rumah makan.

6. Gandus Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Sudah berada di Provinsi Jambi, tapi belum pernah mencoba kue gadus? Cobalah, karena kue yang satu ini cukup populer di Jambi. Kue gadus terbuat dari campuran tepung beras, sagu, santan dan garam. Sebagai pelengkapnya, adonan tersebut diberikan bumbu halus dari bawang merah, bawang putih dan juga cabai. Awalnya pasti Anda berpikir kan, bahwa gadus adalah kue yang manis? Pemikiran tersebut salah, karena gadus memiliki rasa gurih dan agak pedas, sehingga akan sangat cocok sekali apabila diberi toping ebi sangrai, bawang goreng, daun seledri dan irisan cabai. Untuk itu, kue gadus juga direkomendasikan sebagai oleh-oleh khas Jambi terbaik yang bisa Anda pilih.

7. Sup Tulang Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Penasaran dengan rasa sup tulang khas Jambi? Rasanya bisa dikatakan hampir mirip dengan sup iga, tapi sup tulang Jambi ini memiliki rasa khas yang tak bisa dijelaskan dengan kata-kata, karena rasanya memang sangat lezat sekali. Kendati dikenal dengan nama sup tulang, namun yang dihidangkan bukan hanya kuah dan tulangnya saja, karena Anda bisa menikmati daging yang menempel pada tulang tersebut, sehingga Anda jangan khawatir jika merasa seperti kucing ketika menikmati kuliner yang unik dan khas ini.

8. Nasi Gemuk Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Sebutan atau nama lain dari nasi gemuk adalah nasi uduk khas Sumatra. Walaupun tampilan makanan ini sama seperti nasi uduk, dan sama-sama cocok untuk dijadikan sebagai hidangan menu sarapan. Mesikipun demikian, baik nasi gemuk maupun nasi uduk memiliki ciri khas rasanya sendiri, sehingga Anda pun wajib mencobanya jika hendak mengetahui perbedaan diantara keduanya.

9. Daging Masak Hitam Khas Jambi

10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Bagi Anda yang suka dengan daging, maka wajib coba salah satu makanan sekaligus kuliner khas Provinsi Jambi, yang tidak lain adalah daging masak hitam. Tampilan dari makanan ini mirip-mirip dengan semur Betawi yang identik dengan kuah hitam pekat dan mempunyai cita rasa yang manis. Akan tetapi, hidangan makanan daging masak hitam khas Provinsi Jambi punya cita rasa yang berbeda dengan semur Betawi, apalagi dagingnya sengaja dimasak lama sehingga mampu menghasilkan tekstur yang begitu lembut.

10. Mie Celor Khas Jambi

 10 Oleh-oleh Khas Jambi Yang Enak dan Bikin Nagih Oleh-oleh

Makanan khas Provinsi Jambi ini dikenal dengan nama mie celor, yang sangat jauh berbeda dengan mie telor. Sebab, mie celor ini adalah makanan yang terbuat dari olahan tepung terigu dan campuran sayuran. Ciri khas dari kuliner yang satu ini terdapat pada aroma rempah yang begitu kuat dan cita rasanya yang begitu sedap. Makanan ini mudah ditemukan dimana saja, sehingga Anda pun akan terpikat untuk membelinya karena mencium aromanya yang begitu lezat.

Lihat juga oleh oleh khas palembang

Sesudah mengetahui beberapa kuliner makanan sekaligus camilan yang ada di Provinsi Jambi, lantas makanan apa yang akan Anda bawa pulang untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jambi? Apabila diminta untuk memilih sekarang, pasti Anda pun akan merasa sangat kebingungan, karena semua makanan ini sungguh nikmat. Namun pastikan apabila Anda memilih oleh-oleh berupa makanan yang bisa dibawa untuk perjalanan jauh. Tak apa apabila Anda pilih jenis makanan apa saja, apabila tempo dan waktu perjalanan Anda cukup singkat, dari Jambi menuju tempat / kediaman Anda.

tempatwisataindonesia.id
Review
5