5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa

Posted on

Oleh-oleh khas Jepara: Jika dibandingkan dengan kota-kota besar seperti Bandung atau Yogyakarta, Jepara mungkin masih kalah populer. Padahal jika dilihat dari potensinya, Jepara memiliki banyak sekali tempat wisata yang tidak kalah unik dan menarik.

Mulai dari wisata alam, budaya, sejarah hingga wisata kuliner bisa Anda jumpai di sana. Selain memiliki banyak tempat wisata yang menarik, Jepara juga memiliki oleh-oleh khas yang sayang jika dilewatkan.

Jika Anda orang yang suka menikmati camilan, maka tidak ada salahnya Anda membawa camilan khas dari Jepara tersebut. Nah berikut ini beberapa oleh-oleh khas Jepara yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Oleh-Oleh Khas Jepara

1. Kacang Jepara

5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa Oleh-oleh

Siapa yang tidak mengenal kacang Jepara? Bagi Anda yang sudak pernah ke sana, pasti camilan ini menjadi camilan favorit untuk menikmati liburan saat berada di Jepara. Kacang Jepara merupakan salah satu camilan yang selalu dicari wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Lihat juga oleh oleh khas bali

Rasanya yang khas dan unik membuat banyak orang menyukai makanan yang satu ini. Selain memiliki rasa yang unik, cara pembuatan kacang ini sangatlah unik yakni digoreng menggunakan pasir. Biasanya sebelum digoreng, kacang akan direbus dan dibumbui dengan bawang merah dan putih. Campuran bumbu tersebutlah yang membuat cita rasa kacang semakin lezat.

2. Kerupuk Tenggiri

5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa Oleh-oleh

Seperti yang diketahui, Jepara merupakan sebuah kabupaten yang terletak di pesisir pulau Jawa. Kondisi tersebut membuat Jepara kaya aka hasil laut yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam hidangan. Hasil laut tersebut tidak hanya diolah menjadi ikan bakar saja tetapi juga diolah menjadi camilan kerupuk yang lezat.

Salah satu olahan kerupuk yang sangat terkenal di Jepara adalah Kerupuk Tenggiri. Rasanya yang gurih dan renyah membuat banyak orang ketagihan jenis camilan yang satu ini. Untuk bisa membelinya Anda hanya perlu datang ke beberapa outlet yang menjual oleh-oleh khas dari Jepara.

3. Kerupuk Bawang

5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa Oleh-oleh

Selain kerupuk tenggiri, camilan lainnya yang tidak kalah populer di Jepara adalah Kerupuk Bawang. Sebagian besar dari Anda pasti sudah familiar dengan jenis camilan yang satu ini.

Namun meski begitu Anda perlu mencoba makanan khas dari Jepara yang satu ini. Di Jepara sendiri, kerupuk bawang ini tersedia dengan berbagai macam varian. Mulai dari gurih, asin, hingga pedas bisa Anda jumpai di sana. Biasanya harga kerupuk bawang mentah ini dijual dengan harga sekitar Rp 40.000 per kilo nya. Tentu sangat terjangkau sekali, bukan?

4. Jeruk Jepara

5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa Oleh-oleh

Jeruk Jepara atau biasa disebut dengan jeruk Swing merupakan salah satu buah yang hanya bisa Anda temukan di daerah keling dan Celering. Buah ini terbilang cukup unik karena bisa bertahan hidup ditanah pesisir yang cenderung asin. Mungkin hal tersebutlah yang membuat rasa dari jeruk ini sangatlah unik.

Jika digambarkan rasa jeruk Swing ini seperti jeruk nipis namun sedikit rasa asin. Ukuran jeruknya pun hampir serupa dengan jeruk nipis, hanya saja warna jeruk ini cukup dominan kuning cerah.

5. Rondho Royal

5 Oleh-Oleh Khas Jepara Yang Paling Hits Dan Kaya Akan Rasa Oleh-oleh

Bagi Anda yang mencari oleh-oleh dari jepara yang bisa mengenyangkan, maka camilan yang satu ini bisa jadi pilihan yang sangat tepat. Rondho Royal atau Kue Monyos merupakan kue yang berbahan dasar dari tape singkong. Umumnya cara pembuatan kue ini yaitu dengan mencampurkan tape ke dalam adonan tepung beras, air, dan gula.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Jika dilihat sekilas campuran adonan tersebut hampir sama dengan pisang goreng namun teksturnya cenderung lebih kenyal. Kue tradisional khas Jepara sangat enak jika dinikmati dalam kondisi hangat. Bagi Anda yang membelinya untuk oleh-oleh, maka Anda bisa menggorengnya kembali sebelum dihidangkan.

Nah demikian beberapa oleh-oleh khas jepara yang bisa Anda beli saat pulang dari sana. Tentu oleh-olehnya sangat beragam sekali, bukan? Meski tidak mungkin membeli semua camilan, sebaiknya Anda membeli camilan yang memang sesuai dengan kesukaan Anda. Semoga informasi diatas bermanfaat dan membantu!

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *