17 Oleh-oleh Khas Thailand Berupa Barang & Makanan

Thailand atau yang lebih dikenal dengan Negara Gajah Putih ini merupakan salah satu negara tujuan wisata yang cukup keren. Ada sejumlah objek wisata yang layak untuk dikunjungi. Jika kamu berwisata ke Thailand, ada beberapa reeferensi wisata yang bisa dikunjungi, salah satunya adalah taman nasional Phu Rua. Selain itu ada pula Chiang Rai. Objek wisata ini memadukan antara suasana pegunungan dengan pemandangan sungai Mekong yang mempesona.

Menyambangi Negeri Gajah Putih jangan hanya menikmati pesona alam, pantai, dan makanan khas Thailand saja, tapi kamu juga wajib memikirkan buah tangan untuk dibeli sebagai oleh-oleh. Jika kamu belum kepikiran ingin membeli apa, tak perlu bingung karena MakananOlehOleh.com telah membuat daftar oleh-oleh khas Thailand yang cocok untuk kamu bawa pualng.

1. Gantungan Kunci

Gantungan kunci merupakan benda yang kadang kala dianggap remeh oleh hampir semua orang namun memiliki fungsi yang cukup penting. Saking pentingnya gantungan kunci ini wajib dimiliki oleh siapapun. Benda mungil ini bisa dijadikan penghias sekaligus penggantung agar kunci yang ukurannya kecil mungil itu tidak hilang. Baik itu kunci rumah, kunci kendaraan, kunci almari bahkan kunci laci penting tempat kamu menyimpan barang berharga milikmu di rumah.

Bagi pelaku usaha, gantungan kunci memiliki fungsi yang lebih penting. Bahkan sangat penting. Gantungan kunci ini memiliki fungsi sebagai media promosi udaha pada saat event-event tertentu. Meskipun bedanya kecil, namun sebagai media promosi, gantungan kunci ini bisa dikatakan sangat efektif.

Harganya yang sangat murah membuat para pelaku usaha yang ingin mempromosikan usahanya melalui gantungan kunci bisa dilakukan tanpa harus kebobolan sistem keuangan perusahaannya. Ada beberapa jenis gantungan kunci, ada yang terbuat dari plastik, logam dan juga karet

2. Kaos

Kaos memang menjadi salah satu alternatif oleh-oleh yang simpel. Kaos bisa dipakai oleh siapa saja dan biasanya lebih bersifat universal. Memberikan oleh-oleh kaos tentu saja kamu harus perhitungkan benar ukuran dari orang yang akan kamu kasih oleh-oleh berupa kaos. Keberadaan kaos yang bertuliskan Thailand ini menandakan bahwa yang memakainya pernah pergi ke tempat itu. Setidaknya menandakan bahwa yang memberikan memag pernah pergi ke Thailand.

Bagi kamu yang mau memberikan oleh-oleh baju khas Thailand berupa kaos, harganya untuk sebuah kaos biasanya tergantung dari ukurannya. Ukuran kaos untuk orang dewasa, harga kaos yang harus kamu bayarkan adalah sekitar 200 bath sedangkan untuk kaos anak-anak ditawarkan dengan harga 180 bath. Namun untuk pembelian yang banyak, harganya juga beda. Kaos dewasa untuk pembelian minimal 3 pcs, kamu harus membayar sekitar 150 bath. Kaos anak juga untuk pembelian minimal 3 pcs harga per kaosnya menjadi 150 bath.

3. Porselen Benjarong

Porselen benjarong pada awalnya hanya digunakan untuk menghiasi rumah kerajaan dan juga rumah kalangan elite saja. Benjarong yang bermakna 5 warna ini menjadi salah satu barang mewah yang bisa kamu berikan sebagai oleh-oleh khas Thailand yang murah. Pada mulanya, hanya pihak kerajaan saja yang memiliki porselen benjarong ini. Bahkan kalangan masyarakat umum tidak ada yang memilikinya.

Jika kamu mau menjadikannya oleh-oleh sebaiknya kamu harus membawa barang ini dengan hati-hati. Sebab barang yang terbuat dari clay, kemudian dibakar menggunakan oven khusus bersuhu super panas, kemudian dibeikan finishing berupa lapisan emas murni ini memang mudah sekali pecah. Biasanya orang yang akan menjadikannya oleh-oleh membeli dalam keadaan satu set sekaligus yang akan digunakan untuk di pajang.

4. Sabun Beras

Satu hal yang wajib diburu ketika kamu pergi ke Thailand adalah produk kosmetiknya. Bagi kamu yang mau tahu kenapa, sebab Thailand ini warganya terkenal karena keindahan dan kecantikan kulitnya. Sehingga bagi kamu yang ingin terlihat cantik seperti orang Thailand wajib berburu kosmetik khas Thailand. Salah satunya adalah sabun beras.

Sabun beras memang hasil produk dari beras Thailand yang memiliki aroma yang harum. Keharuman sabun beras ini sangat alami. Proses pemuatan dari bahan beras alami yang dicampurkan dnegan susu, membuat sabun beras ini memiliki keharuman tahan lama. Bukan hanya karena keharumannya saja yang membuatnya wajb dibeli, namun karena khasiatnya yang sangat baik untuk kesehatan kulit. Salah satunya adalah bisa membuat kulit menjadi putih dan halus.

6. Lingerie Disaya

Thailand memiliki seorang perancang kenamaan yang sudah mendunia. Namanya adalah Disaya. Pada awal karirnya, disaya menciptakan lingerie yang diberi label “Boudoir by Disaya”. Produk lingerie yang dihasilkan oleh Disaya ini merupakan lingerie dengan kualitas premium. Kualitas bahan kelas premium yang dipakai oleh Disaya ini membuat Disaya populer karena karyanya yang mempesona.

Memberikan oleh-oleh berupa lingerie tentu saja bukan suatu hal yang aneh lagi. Bahkan oleh-oleh ini menjadi lebih khas. Lingerie karya Disaya ini kini sudah mendunia. Bahkan lingerie karya Disaya sudah berhasil dipakai oleh para selebriti kelas dunia seperti Jennifer Lopez. Oleh-oleh khas dari Thailand yang satu ini memang tergolong cukup mahal. Namun jika kamu membelikannya untuk oleh-oleh, maka oleh-oleh ini akan menjadi sangat ekslusif.

6. Beras Melati

Beras melati menjadi beras yang sangat wangi khas Thailand. Beras satu ini memiliki struktur khusus yang berbeda dari beras lainnya. Beras ini jika dimasak teksturnya akan lebih lengket dari jenis beras lainnya. Lengketnya beras Thailand ini karena kandungan amilopektin dari beras ini cukup tinggi. Selain itu, beras oleh-oleh khas Thailand yang halal ini bentuknya juga lebih panjang-panjang dari beras pada umumnya.

Beras Thailand yang sangat wangi ini ternyata saat ini dinobatkan sebagai beras yang paling wangi sedunia. Beras yang memiliki bentuk bulir panjang dan memiliki aroma gabungan antara aroma melati dan aroma pandan ini mampu mencuri perhatian dunia. Jika kamu ingin membawanya sebagai oleh-oleh ciri khas Thailand, kamu bisa melakukannya. Sebab beras ini memiliki aroma khas yang benar-benar harum dan juga rasa yang benar-benar nikmat.

7. Kopi

Thailand memang bukan negara yang populer karena kopi. Kepopuleran Brazil sebagai negara penghasil kopi ini memang tidak bisa ditandingi oleh negara manapun. Meski demikian, bukan berarti negara lain, termasuk Thailand, tidak memiliki perkebunan kopi. Thailand juga memiliki perkebunan kopi yang terletak di sebelah utara dan juga selatan. Di bagian selatan Negeri Gajah Putin ini tumbuh subur kopi dari jenis robusta. Sedangkan untuk di bagian selatan negara ini, tumbuh subur kopi jenis arabika.

Jika kamu mau membeli kopi khas Thailand untuk oleh-oleh, ada merk lokal kopi Thailand yang wajib kamu coba. Kopi tersebut bernama Black Canyon Coffee. Kopi khas Thailand ini dibuat dari jenis kopi robusta khususnya Thai Robusta. Aroma kopi pilihan ini memiliki cita rasa yang khas. Tentu saja dengan membawanya sebagai oleh-oleh khas Thailand, maka kamu bisa mencicipi sensasi rasa kopi yang tumbuh di tanah Thailand.

8. Miniatur Patung Gajah

Apakah kamu tahu, mengapa Thailand di sebut sebagai Negeri Gajah Putih? Thailand disebut sebagai negara gajah putih karena gajah merupakan hewan yang dikeramatkan di Thailand. Selain itu spesies hewan gajah yang ada di Thailand ini memang benar-benarr berbeda dari yang ada di Indonesia sekalipun. Warna kulit gajah yang putih ini menandakan bahwa gajah ini dimiliki secara khusus oleh raja.

Patung gajah merupakan salah satu oleh-oleh khas Thailand yang bisa kamu bawa ketika kamu pulang dari Thailand. Miniatur patung gajah ini benar-benar sangat ikonik khas Thailand. Sebab miniatur ini memang menjadi lambang negara Thailand yang sangat spesifik. Sehingga wajar ketika kamu berkunjung ke Thailand, kamu wajib membeli oleh-oleh ini sebagai buah tangan untuk orang sekitar kamu.

9. Peluit Burung 2 Suara

Peluit burung adalah mainan yang terbuat dari keramik. Barang ini cuma bisa dijumpai di Udon Thani. Beli di Museum Banchiang. Harga Rp7500,-. Ada 2 karakter suara (saat berisikan air dan tidak berisikan air). Cara main: dicelupkan ke air dulu agar suaranya tidak terlalu nyaring. Air tidak dikeluarkan dan tidak muncrat keluar.

Peluit burung ini memiliki suara yang cukup unik. Jika kamu termasuk suka mengkoleksi barang-barang unik dari berbagai negara, maka kamu wajib memiliki peluit ini. Bahkan jika kamu mau membelikan oleh-oleh khas Thailand yang unik dan menarik, kamu bisa bawa saja peluit ini sebagai oleh-oleh untuk orang terdekat kamu.

10. Celana Muay Thai

Muay thai merupakan salah satu olah raga sekaligus seni bela diri khas Thailand. Olah raga ini memadukan antara tinju dan karate ke dalam satu paket. Olah raga ini kini sudah mendunia karena cukup efektif untuk membakar timbunan lemak yang ada di seluruh tubuh. Melakukan olah raga ini, selain akan membuat tubuh lebih sehat, juga akan membuat kamu bisa berlatih untuk membela diri. Selain itu, kamu bisa juga mengetahui bagaimana caranya untuk membela diri.

Membeli oleh-oleh khas Thailand, kamu tidak perlu bingung. Kamu bisa beli celana muay thai yang bisa kamu berikan untuk orang-orang terdekat kamu, baik yang mencintai seni beladiri ataupun tidak. Celana yang satu ini dirancang untuk mempermudah gerakan orang yang sedang melakukan olah raga muay thay. Celana muay thai ini sangat ringan dan juga nyaman dikenakan.

11. Miniatur Tuk Tuk

Tuk tuk merupakan salah satu alat transportasi umum yang ada di Thailand. Alat transportasi ini memiliki bentuk seperti bajai yang ada di Indonesia. Memiliki roda tiga membuat tuk tuk menjadi salah satu kendaraan kebanggaan orang Thailand yang wajib dikendarai. Biasanya para wisatawan yang berkunjung ke Thailand tidak akan pernah lupa untuk mencicipi mengendarai tuktuk untuk berkeliling kota untuk menghindari kemacetan.

Membeli miniatur tuk-tuk sebagai oleh-oleh khas Thailand tentu saja tidak ada salahnya untuk kamu lakukan. Bagi kamu yang ingin memberikan kenang-kenangan istimewa untuk orang-orang terdekat kamu, maka kamu bisa membeli miniatur ini sebagai oleh-oleh yang bisa kamu berikan untuk orang terdekat. Miniatur ini sangat cocok jika dipakai sebagai pajangan untuk mempercantik rumah.

12. Topi

Berbelanja oleh-oleh tentu saja menjadi salah satu aktivitas wajib yang harus kamu lakukan jika kamu bepergian. Tujuannya adalah untuk mengingatkan kita bahwa kita pernah berkunjung ke tempat tersebut berbelanja oleh-oleh kadang menjadikan budget travelling membengkak. Namun jangan khawatir, jika kamu ingin belanja oleh-oleh murah, kamu bisa datang ke pasar di Thailand. Namun kamu harus hati-hati karena pasar di Thailand kurang bersahabat.

Salah satu barang yang bisa kamu borong adalah topi bolak-balik khas Thailand. Topi ini bisa menjadi salah satu alternatif oleh-oleh khas Thailand yang bisa kamu bawa pulang. Membawa pulang topi bolak-balik sebagai oleh-oleh untuk keluarga tentu saja sangat mudah. Harganya juga relatif terrjangkau. Jika kamu mau membeli topi ini dipasar akan ditawarkan dengan harga sekitar 250 bath. Namun alangkah bijak jika kamu menawar harganya supaya bisa dapat lebih murah.

13. Tas

Tas bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Thailand yang menarik untuk kamu berikutnya. Meskipun tas merupakan produk yang umum, tapi akan terasa berbeda apabila kamu membeli tas yang khas dari sebuah daerah. Seperti di Thailand, ada berbagai tas dengan ragam jenis dan motif yang bisa kamu bawa pulang. Untuk harga dari masing-masing tas biasanya dibandrol dengan harga mulai dari 50 baht.

Untuk jenis dari tas-tas tersebut cukup beragam, ada yang bentuknya tas samping dengan tali panjang, tas pundak dengan tali pendek, dan masih banyak lagi. Jika boleh saran, lebih baik kamu membeli oleh-oleh tas khas Thailand yang model apa saja dengan memilih motif yang menggambarkan negara Thailand. Contohnya, kamu bisa beli tas pundak dengan motif gajah yang mempunyai arti khusus di Thailand.

14. Sarung Bantal

Tidur pada kasur yang menggunakan sprei berlogokan klub sepakbola kebangaan sudah dianggap biasa zaman ini. Tapi, bagaimana jika tidur dengan bantal yang dibalut dengan sarung bantal khas Negeri Gajah, Thailand? Tentunya unik dan memberikan kesan berbeda. Oleh karena itu, sarung bantal bisa kamu beli sebagai oleh-oleh khas Thailand berupa barang.

Menurut berbagai sumber, rata-rata sarung bantal di Thailand terbuat dari bahan sutera. Kemungkinan produsennya menciptakan sarung bantal dengan bahan sutera karena lebih adem sehingga nyaman dipakai untuk tidur. Selain dari sutera, ada lagi yang menarik, yakni kamu bisa dengan leluasa memilih ragam motif atau corak pada kain sarungnya yang tentunya kental melambangkan negara Thailand.

15. Pocket Kulit

Pocket biasanya dipakai orang-orang untuk menyimpan berbagai barang bawaan penting yang berukuran kecil, semisal uang, kartu ATM, KTP, dan masih banyak lagi. Benda yang bisa memudahkan setiap orang dalam membawa barang-barang ringkas ini bisa juga kamu jadikan alternatif pilihan oleh-oleh khas Thailand. Ada cukup banyak pilihan pocket yang bisa kamu beli.

Biasanya, orang-orang yang berkunjung ke Thailand membeli pocket untuk menyimpan paspor atau pocket berupa dompet. Meskipun tampak sederhana, membeli pocket dari luar negeri akan menyisakan kesan tersendiri. Belum lagi dengan kehadiran grafir nama dan aksesoris gajah yang menempel pada permukaannya, kamu pasti tak sanggup untuk menolak barang yang satu ini.

16. Cangkir Baja

Kamu perlu tahu kalau cangkir dan gelas itu berbeda. Gelas adalah wadah yang biasanya dipakai untuk tempat meletakkan minuman dengan ukuran yang agak besar, sedangkan cangkir sebaliknya. Jika kamu sedang berada di Thailand, kamu bisa memikirkan untuk membawa oleh-oleh khas Thailand berupa cangkir, tepatnya cangkir baja.

Cangkir yang terbuat dari porselen mungkin tampak biasa, tapi bagaimana dengan cangkir baja? Tentunya unik. Di Thailand, ada cukup banyak penjual cangkir baja, biasanya di toko souvenir dan pernak-pernik, atau di pusat oleh-oleh. Cangkir baja secara fungsi tak ada yang berbeda dengan cangkir porselen. Yang berbeda dari cangkir baja mungkin hanya terletak pada material penyusunnya tersebut yang masih jarang dipakai oleh produsen produk pangan.

17. Balsem

Kamu tidak salah baca, balsem memang menjadi salah satu rekomendasi oleh-oleh khas Thailand untuk kamu beli. Balsem dari Thailand merupakan produk oleh yang terbuat dari bahan alami. Berbagai komponen tanaman ramah lingkungan dimanfaatkan dan diolah untuk menjadi balsem. Bicara mengenai fungsinya, balsem ini juga sama seperti balsem pada umumnya, yakni untuk mengobati berbagai masalah otot dan sendi.

Balsem khas Thailand terdiri dari berbagai macam warna, ada yang merah, kuning, biru, dan beberapa warna lain lagi. Oleh-oleh khas Thailand yang unik ini sangat cocok diberikan kepada orangtua yang kerap bermasalah dengan sistem lokomotor. Tapi apabila kamu ingin membeli balsem sebagai koleksi, tak ada salahnya juga untuk membeli satu botol balsem Thailand ini.

Itulah daftar oleh-oleh khas Thailand yang beraneka ragam pilihannya. Sebagai informasi tambahan, kamu bisa membeli buah tangan tersebut di beberapa lokasi, seperti di The Platinum Fashion Mall, Pantip Plaza, Pratunam Market, Central World Bangkok, MBK Center, Amarin Plaza, Chatuchak Weekend Market, Khao San Road, Shukumvit Road, dan Chinatown. Untuk lokasi tepatnya, kamu bisa mencarinya di Google Maps.

Leave a Reply