10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba

Masyarakat indonesia perlu untuk berbangga karena kekayaan ragam budaya dan kuliner di nusantara begitu beragam. Salah satu suku yang sangat terkenal di indonesia adalah suku dayak. Suku ini berada di wilayah kalimantan. Jika anda berkunjung ke kalimantan maka anda akan menemukan banyak kuliner khas yang sangat lezat dan menggoda.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai 10 makanan khas dayak yang sangat istimewa dan menggoda selera. Anda akan sangat menyukai makanan khas dari suku dayak yang kaya akan rempah dan juga memiliki cita rasa unik dan berbeda dengan makanan dari daerah lainnya.

Lihat juga Makanan khas indonesia

Dengan mengetahui makanan khas dari setiap daerah, anda akan semakin berwawasan dengan budaya dan kuliner indonesia. Selain itu juga akan lebih mudah untuk menemukan makanan khas yang akan dituju apabila anda memiliki kesempatan datang ke dayak.

Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba

1. Kue dange

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Makanan yang pertama adalah kue dange. Makanan ini sangat digemari oleh penduduk atau masyarakat dayak karena memang memiliki rasa yang sangat lezat. Bahkan banyak wisatawan yang mengakui kelezatan dari kue dange ini. Banyak wisatawan yang telah membuktikan jika makanan ini sangat khas dan juga sangat lezat. Biasanya kue dange akan dijadikan sebagai cemilan atau sajian pesat dan acara lainnya. Kue ini memiliki cita rasa yang gurih karena terbuat dari bahan parutan kelapa yang dicampur dengan tepung dan gula. Kombinasi dari ketiga bahan ini menjadikan kue dange gurih, manis dan renyah. Untuk memasak kue ini akan dibutuhkan alat pemanggang khusus.

2. Juhu singkah

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Makanan yang selanjutnya adalah juhu singkah. Makanan ini merupakan makanan khas dari suku dayak ngaju yang sangat asli. Sedangkan di tengah masyarakat suku dayak mayan maka kuliner ini memiliki sebutan yang berbeda yakni uwut nange. Arti dari makanan ini adalah rotam muda. Bahan yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah memang dari rotan muda yang sangat mudah ditemukan di daerah hutan kalimantan. Ukuran dari rotan mudah kecil dan masih empuk sehingga akan sangat mudah untuk dimasak. Bahan lain yang digunakan untuk membuat kuliner ini adalah terong asam, dan juga ikan baung. Rasa dari masakan ini sangat lezat karena ada perpaduan gurih, manis dan juga sedikit asam.

3. Tempoyak buah rasa durian

Makanan khas suku dayak yang selanjutnya adalah tempoyak buah dengan rasa durian. Anda yang senang dengan buah durian sebaiknya mencoba makanan khas yang satu ini. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dari daging buah durian yang dimasak dengan cara digoreng. Makanan ini memiliki rasa yang sangat khas karena daging durian yang lembut akan terasa semakin enak setelah digoreng. Makanan ini sangat aman dikonsumsi karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Jika anda merasa penasaran dengan rasa makanan ini sebaiknya mencoba untuk menemukannya di kalimantan.

4. Kue lepet

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Makanan tradisional yang juga sangat khas dari suku dayak adalah kue lepet. Makanan ini sangat digemari oleh masyarakat dayak karena sangat lezat dan juga terbuat dari bahan-bahan tradisional. Cara untuk membuat kue lepet juga masih menggunakan cara tradisional yakni dikukus dengan alat masyarakat suku dayak. Kue lepet berasal dari bahan lipat sehingga makanan ini memang dibuat dengan cara dilipat dengan daun pisang. Bahan dasar untuk membuat kue ini adalah parutan kelapa yang ditambah gula merah serta sedikit minyak goreng. Selanjutnya akan dibungkus dengan daun pisang yang sudah diolesi dengan minyak. Makanan ini biasanya menjadi sajian di acara adat seperti acara pernikahan dan yang lainnya.

5. Bangamat

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Makanan khas dari duku dayak berikutnya adalah bangamat. Makanan ini memiliki nama yang sangat unik namun di suku dayak selain disebut bangamat juga biasanya disebut dengan paing karena makanan ini terbuat dari bahan kelelawar. Jenis kelelawar yang digunakan untuk membuat makanan ini memang dari hewan kelelawar namun kelelawar buah. Anda mungkin saja akan merasa khawatir ketika akan mencoba makanan ini padahal makanan ini tetap aman untuk dikonsumsi. Anda tentu sudah sangat mengetahui jika jenis kelelawar ada banyak. Jenis kelelawar yang digunakan adalah pemakan buah dan bukan kelelawar hama atau penghisap darah. Bumbu yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dengan menambahkan rempah seperti asam, serai, garam, dan berbagai macam bumbu rempah lainnya. Masyarakat biasanya memasak paing dengan mencampurkan jantung pisang yang segar atau bhajan sayur keladi.

6. Wadi

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Makanan yang sering disebut dengan wadi ini juga sangat layak untuk dicoba. Makanan ini terbuat dari bahan daging babi yang dibusukkan dengan beras ketan putih yang dimasakan dengan cara disangrai. Setelah disangrai beras itu dihaluskan dengan menggunakan cara manual. Selain terbuat dari ketan putih, ada juga yang menggunakan biji jagung. Daging yang sudah dibersihkan akan dilumuri dengan beras ketan atau biji jagung tumbuk dan kemudian akan ditutup selama seminggu hingga proses fermentasi berlangsung dengan baik. Jika sudah maka daging bisa digoreng dengan minyak. Cara membuat makanan ini tentu saja tidak mudah karena jika fermentasi tidak berhasil, daging yang dihasilkan justru terasa sangat tidak enak.

7. Kalumpe atau karuang

Makanan khas dari dayak yang selanjutnya adalah kalumpe. Makanan ini merupakan makanan sebutan dari suku mayan. Sedangkan suku dayak ngaju menyebutnya dengan naman karuang yang berarti sayuran. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah daun singkong yang ditumbuk halus lalu dicampur terong kecil dan diberi bumbu seperti lengkuas, serai, bawang merah, bawang putih dan juga cabai. Makanan ini kemudian dimasak sedemikian rupa sehingga cita rasanya sangat gurih dan pedas. Biasanya makanan ini akan disajikan dengan ikan asin.

8. Kue tampi

Menikmati kue tampi juga akan menjadikan liburan di kalimantan terasa semakin lengkap. Kue tampi adalah salah satu makanan khas dayak yang sangat istimewa. Makanan ini bisanya dihidangkan di acara adat suku dayak. Bahan yang digunakan untuk membuat makanan ini adalah dari tepung beras yang dimasak dengan cara digoreng. Rasa dari kue tampi sangat sederhana dan tidak terlalu dominan namun mampu menjadi sajian khas di acara adat.

9. Lemang atau pulut

Makanan berikutnya adalah lemang pulut. Makanan ini merupakan makanan khas dari kalimantan barat yang biasanya akan disajikan diacara adat dan acara pernikahan. Makanan yang khas ini terbuat dari bahan beras yang dimasak dengan cara dimasukkan de ruas bamboo yang sudah dilapisi dengan daun pisang. Selanjutnya akan dicampur dengan santai. Setelah selesai bamboo akan ditutup dengan daun pisang dan kemudian dibakar dibara api. Setelah matang nasi lemang ini akan mengeluarkan aroma yang sangat khas dan memiliki cita rasa yang gurih dan sedap.

10. Botok mengkudu

10 Makanan Khas Dayak Kalimantan Yang Wajib dicoba Makanan

Jika anda ingin mencoba bajan yang unik selanjutnya maka bisa mencoba kuliner bedanya botok mengkudu. Makanan ini terbuat dari bahan ikan yang dimasak dengan menggunakan daun mengkudu. Ikan yang sudah dibersihkan dan diberi bumbu akan dibungkus dengan menggunakan daun mengkudu sehingga aromanya akan sangat terasa.

Lihat juga makanan khas karo

Makanan khas dayak memiliki bahan yang unik dan juga memiliki cara masak yang berbeda. Meskipun demikian, makanan ini sangat layak untuk dicoba karena citarasanya sangat istimewa.

tempatwisataindonesia.id
Review
5