10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli

Posted on

Siapa sih yang akan menolak saat diajak pergi liburan, apalagi selama liburan gratis pula karena sudah ada seseorang atau pihak yang menanggung setiap biaya pengeluaran Anda selama liburan. Jika punya kesempatan seperti itu, lantas kota mana yang hendak Anda pilih sebagai lokasi liburan? Yogyakarta!

Lihat juga oleh oleh khas surabaya

Waah, siapa sih yang bakal menolak untuk liburan gratis di Yogyakarta? Setiap orang pasti hayuk saja ketika diajak, walaupun liburannya tak sepenuhnya gratis. Walaupun yang gratis itu lebih nikmat, tapi akan lebih seru apabila berwisata dengan biaya sendiri. Pasalnya, Anda lebih bebas memilih tempat-tempat wisata yang akan didatangi dan Anda pun akan lebih bebas dalam melakukan apapun, termasuk membeli oleh-oleh khas Yogyakarta sesuai dengan keinginan.

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta

Sama halnya dengan banyaknya tempat wisata yang bisa dipilih saat berada di Yogyakarta, begitu pula dengan oleh-olehnya, karena ada banyak sekali jenis buah tangan yang bisa dibawa pulang, baik yang masih tradisional sampai yang kekinian. Tapi sebelumnya, Anda harus menyiapkan budget khusus untuk membeli oleh-oleh supaya biaya pengeluaran lainnya tidak ikut terbengkalai. Dari sekian banyak jenis oleh-oleh yang ada, wajar jika Anda bingung hendak beli yang mana, sehingga di sini akan direkomendasikan beberapa oleh-oleh khas dari Yogyakarta hanya untuk Anda.

1. Keripik Tempe Sagu

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Bagi yang belum tahu pasti beranggapan bahwa membawa oleh-oleh berupa keripik tempe merupakan hal yang biasa. Namun, ada inovasi baru dari keripik tempe khas Yogyakarta karena sudah terdapat tambahan sagu pada proses pembuatannya, sehingga oleh-oleh yang satu ini dikenal dengan nama keripik tempe sagu. Keripik tempe yang satu ini terasa begitu garing, kriuk dan sangat renyah ketik dimakan. Bisa banget ini dibeli sebagai oleh-oleh, apalagi harganya murah sehingga bisa Anda beli dalam jumlah yang cukup banyak.

Baca :   24 Oleh-oleh Khas Medan yang Terkenal & Tahan Lama

2. Peyek Mbok Tumpuk

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Ada kebiasaan yang dimiliki sebagian orang ketika makan, yakni selalu makan bersama kerupuk maupun peyek. Kalau Anda punya kebiasaan seperti ini, maka belilah camilan peyek mbok tumpuk, karena selain dapat dimakan langsung cita rasa peyek yang gurih dan enak dapat dijadikan sebagai teman makan. Daripada Anda pulang ke rumah dengan tangan kosong, sebaiknya beli beberapa peyek mbok tumpuk ini untuk diri sendiri dan untuk dibagikan kepada orang lain sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta.

3. Wader Crispy

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Yogyakarta juga punya lho camilan khas yang kekinian, salah satunya adalah wader crispy. Wader crispy ini termasuk oleh-oleh yang terbilang hits di kota Jogja, yakni keripik ikan wader / mujaer berukuran kecil yang digoreng kering dengan balutan tepung. Camilan hits ini punya rasa gurih yang dipadukan dengan bumbu pilihan dengan kualitas tinggi. Untuk itu, wader crispy juga termasuk oleh-oleh yang direkomendasikan untuk Anda, apalagi camilan ini juga tersedia dalam beberapa varian rasa.

4. Pai Apel

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Bagi Anda yang hendak pilihan baru, cobalah pai apel karena biasanya makanan inilah yang menjadikan alasan mengapa banyak wisatawan yang datang di kota Jogja. Tujuannya tidak lain, hanya untuk membeli pai apel yang lezat ini. Meskipun dibuat dari olahan buah apel segar, tapi Anda pun bisa pilih toping sesuai dengan rasa yang diinginkan, karena toping yang tersedia bukan hanya selai apel saja.

5. Bakpia

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Banyak juga yang berpendapat bahwa sebagai salah satu bukti bahwa sudah pernah ada di Yogyakarta, Anda harus beli bakpia sebagai buktinya. Pasalnya, bakpia khas Yogyakarta ini punya cita rasa yang paling enak. Itulah mengapa, bakpia yang merupakan makanan legendaris selalu menjadi makanan favorit banyak orang meski sudah banyak makanan hits kekinian yang tak kalah enak.

Baca :   19 Oleh-oleh Khas Malang yang Enak dan Terkenal

6. Jogja Scrummy

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Kuliner kekinian yang digagas oleh seorang aktor ternama Indonesia, Dude Herlino ini juga menjelma sebagai salah satu oleh-oleh khas Yogyakarta yang wajib untuk dibeli. Scrummy adalah kue brownie yang dipadukan dengan puff pastry, sehingga tekstur dan cita rasanya begitu menyatu sekali. Rasanya begitu nikmat, apalagi Anda juga pilih rasa sesuai dengan yang difavoritkan mulai dari cheese original, caramel, frosting cheese, taro, kacang, coklat dan masih banyak lagi yang lainnya.

7. Brownies Ubi Ungu

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Ubi ungu yang biasanya lebih sering diolah menjadi makanan tradisional, kini disulap dengan cara diolah menjadi brownies yang begitu lezat. Ya, brownies ubi ungu namanya. Penasaran kan, seperti apa rasanya? Rasanya sudah jelas enak dan juga mengenyangkan, sehingga Anda tak boleh ketinggalan untuk mendapatkan brownies ubi ungu ini.

8. Bakpia Princess Cake

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Bagi Anda yang gemar banget makan bakpia khas Yogyakarta, maka Anda bisa mencicipi inovasi bakpia kekinian dari Bakpia Princess Cake, yakni merupakan bakery yang dibuka oleh Princess Syahrini. Selain penasaran dengan cita rasa cetarnya bakpia yang merupakan inovasi dari artis terkenal, Anda pun pasti akan takjub dengan ukuran bakpia yang besar. Tak hanya berukuran besar, bakpia princess cake ini juga tersedia banyak varian rasa, sehingga Anda tinggal pilih mana yang paling disukai.

9. Gudeg Kaleng

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Walaupun merupakan kuliner legendaris, sampai saat ini gudeg dikenal sebagai salah satu icon dari kota Jogja, sehingga banyak juga yang menyebut Jogja sebagai kota Gudeg. Namun sayangnya, makanan legendaris ini tidak dapat dijadikan oleh-oleh untuk menempuh perjalanan jauh, karena pasti akan basi. Eh tunggu dulu, sekarang sudah ada lho gudeg kaleng sehingga Anda bisa menjadikannya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, karena Anda hanya tinggal menghangatkannya saja di rumah untuk dimakan bersama anggota keluarga lainnya.

Baca :   23 Oleh-oleh Khas Bali yang Terkenal Bagi Wisatawan

10. Geplak

10 Oleh-oleh Khas Yogyakarta Yang Wajib Dibeli Oleh-oleh

Apa itu geplak? Geplak merupakan salah satu makanan ringan legendaris khas Jogja yang dibuat dari campuran gula dan parutan kelapa. Rasanya sudah pasti manis dan gurih, sehingga Anda pun tak boleh sampai lupa untuk membelinya, karena belum tentu Anda bisa dapatkan geplak seenak ini di tempat lain.

Sebuah perjalanan wisata seru tak akan lengkap tanpa adanya perburuan kuliner sekaligus oleh-oleh yang nantinya akan dibawa pulang untuk dibagikan dan dinikmati bersama orang-orang tercinta. Apalagi saat bepergian ke suatu tempat, sebenarnya yang dinantikan oleh orang-orang terdekat bukan hanya kepulangan Anda dengan selamat saja, melainkan juga cerita keseruan Anda selama berada di sana dan juga tambahan berupa hadiah oleh-oleh untuk mereka.

Lihat juga oleh oleh khas singapura

Walaupun Anda tak punya kesempatan untuk mengajak semua orang terdekat untuk ikut bersama, setidaknya buatlah mereka merasa senang dengan oleh-oleh khas Yogyakarta yang sudah Anda beli untuk mereka. Supaya tidak mengecewakan, sebaiknya tanyakan dahulu permintaan oleh-oleh apa yang mereka inginkan. Jika mereka menjawab terserah, maka Anda bisa pilihkan secara bijak. Yang terpenting pilih oleh-oleh yang sekiranya akan disukai oleh para penerimanya, sehingga Anda harus benar-benar tahu apa saja makanan kesukaan dari orang-orang tersebut. Di luar dari semua itu, Anda pun harus merasa ikhlas dan legowo ketika memberikannya. Tags: oleh oleh khas yogyakarta

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *