Pusat Oleh Oleh Kediri

Salah satu kota di Jawa Timur yang harus dikunjungi karena memiliki potensi wisata alam dan hiburan menarik adalah Kota Kediri. Kota yang populer sebagai penghasil gula dan rokok ini juga mempunyai beraneka ragam pusat oleh oleh khas legendaris yang menggoyangkan lidah dan tidak bisa ditemukan di tempat lainnya.

Bagi Anda yang melancong kesini, saatnya untuk membeli kue dan camilan di pusat oleh oleh Kediri sebagai buah tangan untuk keluarga tercinta. Semua pasti setuju jika setiap tempat wisata pasti memiliki oleh oleh khas yang berbeda. Tak terkecuali Kota Kediri dengan berbagai makanan khas yang tersebar di seluruh penjuru kota.

Lihat juga oleh oleh khas kediri

Berbagai jenis pusat oleh-oleh kediri yang murah hingga yang mahal kami rekomendasikan untuk anda.  Nah, biar tidak semakin penasaran, berikut ini 10 rekomendasi pusat oleh oleh khas Kediri murah meriah yang wajib dicoba.

Pusat Oleh Oleh Kediri

Pusat Tahu Taqwa Kediri

Pusat Tahu Taqwa Kediri

Pusat oleh oleh Kediri yang harus Anda cicipi adalah Toko oleh oleh Tahu Taqwa yang terletak di Jl.Pattimura, Setono Pande, Kota Kediri. Tahu dengan ciri khas berwarna kuning ini selalu diburu wisatawan. Memiliki tekstur yang padat, tetapi tahu ini akan terasa kriuk saat digoreng dan lumer di bagian dalam.

Selain terkenal dengan olahan tahunya, toko ini juga menjual berbagai macam kue dan makanan ringan yang cocok dijadikan buah tangan. Agar lebih mudah dibawa, tahu ini biasanya dikemas menggunakan kotak anyaman bambu. Untuk harganya sendiri juga cukup terjangkau, mulai Rp25.000 per kotaknya. Namun ingat, jam buka toko ini terbatas hanya pukul 07.00-18.00 WIB saja.

Sambal Tumpang Bu Era

Sambal Tumpang Bu Era

Nah, pasti Anda sudah tidak asing mendengar kuliner sambal tumpang yang disajikan bersamaan dengan pecel. Memiliki cita rasa unik dan aroma khas, kuliner ini terbuat dari bahan dasar tempe yang terfermentasi atau hampir busuk. Tentu saja, sambal tumpang ini juga dilengkapi bumbu-bumbu lainnya yang membuatnya semakin lezat.

Jika tertarik menikmati menu ini, Anda bisa datang ke depot UKM Mbakyu Era yang berlokasi di Desa Ngletih, Kandat, Kota Kediri. Harganya juga sangat terjangkau lho! Sekitar Rp15 ribu saja per porsinya.

Pusat Oleh Oleh Tahu Shinta

Pusat Oleh Oleh Tahu Shinta

Tahu Shinta Kediri merupakan pusat oleh-oleh terkenal yang terletak di Jl. Yos Sudarso No.138, Pakelan, Kota Kediri. Ada banyak olahan kuliner yang bisa Anda bawa mulai, mulai dari olahan tahu hingga gethuk pisang. Pelayanan yang diberikan juga sangat ramah sehingga pasti memberikan poin plus dalam kenyamanan.

Selain itu, jika Anda memborong banyak kuliner juga akan mendapatkan harga berbeda yang lebih murah. Meskipun buka setiap hari, tetapi sayangnya pusat oleh-oleh ini hanya buka mulai pukul 08.00-21.00 WIB saja. Sehingga jangan sampai Anda terlewatkan.

Souvenir Batik Kediri

Souvenir Batik Kediri

Selain kuliner, Anda juga bisa membawa oleh oleh Souvenir kain batik khas Kediri. Batik-batik ini juga memiliki motif yang sangat beragam dan mayoritas menggambarkan budaya lokal Kediri. Misalnya, motif Simpang Lima Gumul, Sekar Jagat, Candi Tegowangi, hingga motif flora fauna lainnya.

Soal kualitas juga dijamin memuaskan sebab proses pembuatannya ada yang secara manual dengan cara tulis maupun cap. Harganya pun juga irit di kantong, mulai ratusan ribu hingga jutaan rupiah.Oleh oleh Batik ini bisa Anda temukan dengan mudah di rumah Joglo Suminar Batik Ndeso milik Bu Suminarwati yang berada di daerah Sekoto, Badas, Kota Kediri.

Gethuk Pisang Jatisari

Gethuk pisang Jatisari adalah pusat oleh oleh khas Kediri  yang bisa dijumpai di Desa Krenceng, Kepung, Kota Kediri. Jajanan tradisional ini sudah pasti terbuat dari buah pisang yang memiliki citarasa legit, tetapi juga agak masam. Gethuk ini biasanya dikemas menyerupai lontong dan mempunyai tekstur padat, serta warna kecoklatan.

Camilan ini banyak dicari wisatawan sebab tidak terbuat dari pengawet sehingga lebih aman dikonsumsi. Harga olahan Getuk Pisang ini dibanderol sekitar Rp 700 sampai Rp6.500 ribu per bijinya, tergantung ukurannya.

Coklat Tempe Sambirejo

Coklat Tempe Sambirejo

Bagi Anda pecinta kuliner, cobalah mampir di Desa Sambirejo, Gampengrejo, Kabupaten Kediri untuk menikmati cemilan coklat tempe. Camilan yang terbuat dari bahan dasar tempe yang diiris kecil ini kemudian dibalut dengan coklat. Sehingga memiliki cita rasa unik yang manis dan gurih di setiap gigitannya.

Anda juga tidak perlu khawatir karena produk ini memiliki daya tahan cukup lama, sampai 6 bulan. Untuk harganya dibedakan berdasarkan 3 varian, mulai yang kecil sekitar Rp1.000 hingga ukuran besar Rp10.000 per kemasan.

Tenun Ikat Bandar

Sesuai dengan namanya, kain tenun ikat bandar ini bisa Anda dapatkan dengan menyambangi Desa Bandar Kidul, Mojoroto, Kediri. Tepatnya dekat dengan alun-alun Kota Kediri dan merupakan pusat oleh oleh Kediri 24 jam. Tenun berkualitas ini dalam setiap lembarnya terbuat dari helaian benang pakan dan benang lungsin.

Soal harga, kain tenun ikat ini dibanderol mulai Rp 140 ribuan tergantung varian model yang dipilih. Seperti, produk kain tenun sarung, kain misris, semi sutra, dan kain sutra. Menariknya lagi, produk ini juga sudah dikenal hingga luar pulau Jawa sehingga akan rugi jika jauh-jauh ke Kediri tetapi tidak membawa pulang kain tenun ikat ini.

Keripik Bekicot Ibu Sri

Keripik Bekicot Ibu Sri

Ada banyak pusat oleh oleh yang menjual cemilan ringan keripik bekicot. Salah satu yang terlaris adalah Keripik Bekicot milik depot Ibu Sri yang berlokasi di Desa Plosolor, Plosoklaten, Kab. Kediri.

Meski binatang ini nampak menjijikkan, tetapi jika sudah menjadi olahan rasanya akan manis, gurih, dan lezat. Anda juga tak perlu cemas karena keripik bekicot ini higienis sehingga aman dikonsumsi.

Selain itu, di depot ini juga menyajikan olahan Sate Bekicot 02. Tertarik mengunjungi kuliner ini? Tenang saja, harga keripik bekicot disini  hanya dibanderol mulai Rp 50 ribuan saja per kilonya yang bisa disesuaikan dengan budget Anda.

Pusat Oleh-Oleh dan Camilan Kediri 99

Pusat Oleh-Oleh dan Camilan Kediri 99

Toko pusat oleh oleh kediri 99 sangat direkomendasikan jika Anda ingin memborong banyak oleh-oleh. Tepatnya terletak di Jl. Tinalan 4, Pesantren, Kota Kediri. Tempat ini menyediakan berbagai camilan khas Kediri, mulai dari getuk pisang, stik tahu, tahu kuning, coklat tempe, dan lainnya.

Walaupun toko ini tidak memiliki area yang luas, namun oleh-oleh yang tersedia sangat lengkap dengan harga terjangkau. Bahkan, Anda juga bisa berkesempatan melihat langsung proses pembuatan tahu sekaligus mencicipinya di sini lho.

Pusat Oleh Oleh Kediri GTT

Pusat Oleh Oleh Kediri GTT

Selain pusat oleh-oleh di atas, GTT Kediri yang berada di Jl. Pamenang, Toyoresmi, Kab. Kediri ini juga patut dipertimbangkan. Tempat yang mengusung konsep kafe dan wisata belanja ini memiliki halaman parkir yang luas, serta sudah dilengkapi fasilitas toilet dan mushola.

Di bagian kafe, Anda bisa memesan berbagai olahan khas Kediri untuk disantap bersama keluarga. Sementara untuk membeli oleh-oleh aneka olahan tahu, keripik, dan lainnya bisa mengunjungi konsep wisata belanja. Untuk jam bukanya terbatas, mulai pukul 06.00-21.00 WIB setiap hari.

Lihat juga makanan khas kediri

Demikian ulasan tentang pusat oleh oleh Kediri beserta tempat membelinya yang bisa dijadikan pilihan saat berlibur di Kota Tahu ini. Bahkan, beberapa diantaranya bisa ditemui dengan mudah di pusat kota. Jadi, beberapa makanan khas tersebut wajib banget dicicipi, dijamin akan nikmat dan begitu menggoda. Semoga informasi tadi bermanfaat.

Tinggalkan komentar