10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan

Kediri merupakan salah satu kota yang terdapat di Provinsi Jawa Timur yang juga sering dijadikan kota tujuan para wisatawan dari berbagai daerah. Walaupun tak sebegitu terkenal seperti kota Surabaya, tapi ada banyak sekali hal-hal menarik yang bisa dijumpai di kota Kediri, mulai dari tempat wisata, kuliner khas, souvenir dan lain sebagainya. Akan tetapi, secara spesifik kali ini yang akan dibahas hanyalah mengenai oleh-oleh khas Kediri yang memang legendaris, mulai dari makanan, jajanan hingga camilan khasnya. Tak akan lengkap rasanya apabila Anda sudah jauh-jauh dari Kediri, tapi melupakan untuk membeli oleh-oleh khas yang ada di sana.

Lihat juga oleh oleh khas solo

Secara geografi, Kediri merupakan kota atau Kabupaten wilayah Provinsi Jawa Timur yang berada sekitar 130 km sebelah barat daya kota Surabaya. Kediri merupakan kota terbesar nomor 3, setelah Malang dan Surabaya. Penduduk dari kota ini pun berasal dari berbagai suku, etnis dan agama. Meskipun demikian, kebudayaan dan adat istiadat Jawa masih dipegang teguh oleh masyarakat kota Kediri. Selain itu, kota ini juga punya ciri khasnya sendiri, sehingga wajar saja terdapat beberapa kuliner dan oleh-oleh khas kota ini yang sulit didapatkan di kota lain.

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan

Menjadi penjelajah tempat wisata adalah kebiasaan sekaligus hobi yang dianggap kekinian oleh sebagai orang, sehingga kota Kediri pun tak luput sebagai salah satu lokasi tujuan para wisatawan. Tak hanya sampai lupa untuk mengabadikan setiap moment spesial selama berwisata, Anda pun juga tak boleh sampai lupa untuk berbelanja oleh-oleh khas Kediri agar masa traveling Anda menjadi semakin lengkap. Jadi, Anda pun harus mencari tahu oleh-oleh populer apa saja yang ada di kota Kediri ini.

Ada apa saja?

Loading...

1. Tahu Pong Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Sebenarnya, tahu pong bisa Anda jumpai di kota mana pun, namun tahu pong kota Kediri sangatlah berbeda. Sebab, di dalam tahu tersebut memang tidak ada isian apapun alias bagian tengahnya dibuat kosong melopong. Camilan tahu pong khas kota Kediri ini lebih enak dimakan saat hangat, akan lebih nikmat lagi jika dimakan dengan dicocol sambal petis bersamaan dengan cabe rawit. Di Kediri banyak sekali tempat yang menjual tahu pong dengan rasa yang enak, diantaranya adalah toko Tahu dan Takwa Bahkacung di Jalan Trunojoyo nomor 59 dan di seperti toko Tahu Poo yang ada di Jalan Yos Sudarso nomor 36.

2. Stik Tahu Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Jika biasanya tahu diolah atau dimasak dengan cara digoreng atau dijadikan sebagai pelengkap kuah sayuran. Di kota Kediri tahu diolah menjadi camilan yang lezat, yakni menjadi stik tahu khas Kediri. Hal ini memang bukanlah inovasi terbaru-baru, karena stik tahu sudah dijual dimana-mana, di kota asal Anda pun sudah banyak yang menjual stik tahu ini. Meski sekilas terlihat berbeda, tapi stik tahu Kediri mempunyai rasa yang lebih gurih dan mempunyai tekstur renyah, sehingga akan cocok untuk dijadikan camilan sebagai teman waktu bersantai Anda.

3. Tahu Takwa / Tahu Kuning Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Dari sekian banyak varian dari olahan tahu, yang paling terkenal adalah tahu takwa, yakni tahu kuning yang khas sekali di kota Kediri. Dibandingkan dengan jenis tahu yang biasa, tahu kuning memiliki tekstur yang lebih padat, tapi ketika digoreng akan garing atau kriuk di luar dan terasa lembut di dalam. Agar lebih praktis dan awet ketika dibawa saat perjalanan jauh, sebaiknya Anda beli tahu takwa / tahu kuning dalam keadaan mentah yang biasanya sudah dikemas di dalam wadah kotak dari bambu.

4. Gethuk Pisang Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Selain tahu kuning, oleh-oleh yang sangat terkenal di kota Kediri adalah gethuk pisang. Dari namanya saja sudah jelas diketahui bahwa oleh-oleh yang satu ini berasal dari olahan buah pisang. Gethuk pisang dikemas menyerupai lontong, namun lebih padat dan berwarna kecoklatan. Apabila dimakan, gethuk pisang akan terasa manis legit dan agak asam, sehingga akan menimbulkan sensasi rasa yang unik bagi Anda yang baru pertama kali mencobanya.

5. Keripik Bekicot Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Pernah mengkonsumsi makanan yang berasal dari bekicot? Bekicot adalah hewan sejenis siput yang banyak dijumpai di musim hujan. Ketika hewan ini hidup, pasti ada perasaan jijik ketika melihatnya. Namun siapa sangka bahwa bekicot bisa diolah sebagai keripik yang begitu populer sebagai oleh-oleh khas Kediri. Jangan khawatir keripik bekicot ini sudah diolah secara bersih dan higienis, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan aman. Selain dijadikan sebagai keripik bekicot, di Kediri hewan ini pun sering diolah menjadi sate yang tak kalah lezat. Jika dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang, lebih baik pilih saja keripik bekicot karena lebih praktis, lebih awet dan mudah untuk dibawa.

6. Cokelat Tempe Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Tak hanya dengan berbagai olahan tahu yang begitu lezat, kota Kediri juga terkenal dengan olahan tempe yang begitu unik. Salah satunya adalah cokelat tempe khas Kediri yang begitu lezat. Bagi yang baru saja mengetahuinya, pasti Anda menganggapnya bahwa makanan ini sangatlah aneh. Faktanya, rasa dari cokelat tempe tidak seaneh kelihatannya kok. Sebab, tempe yang biasanya diolah sebagai lauk makanan, di Kediri diolah dengan cara diiris tipis dan diolah seperti keripik kemudian diberikan toping cokelat yang begitu manis. Untuk sensasi rasanya sendiri, Anda bisa merasakan campuran rasa dari gurihnya tempe dan manisnya cokelat. Coba saja sendiri, dijamin pasti Anda akan merasa ketagihan.

7. Sambel Tumpang Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Apa yang akan Anda lakukan jika menemukan tempe di kulkas yang terlalu matang atau hampir busuk? Kebanyakan orang pasti akan membuangnya, tapi di kota Kediri tempe tersebut akan diolah sebagai sambal yang enak, yang dikenal dengan sambal tumpang. Biasanya, sambel tumpang akan disajikan bersaman dengan nasi pecel khas Kediri, sehingga namanya pun dikenal dengan sebutan nasi pecel sambal tumpang, karena yang digunakan bukanlah sambal kacang seperti nasi pecel pada umumnya, melainkan sambal tumpang. Nah, jika hendak dijadikan sebagai oleh-oleh, maka akan lebih praktis bila Anda memilih sambal tumpang dalam kemasan saja, karena akan lebih mudah dibawa walau ketika menempuh perjalanan jauh.

8. Soto Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Sekilas tampilan dari soto khas kota kediri ini mirip dengan hidangan soto pada umumnya. Hanya saja, yang menjadi pembedanya kuah dari soto khas Kediri menggunakan tambahan santan, sehingga rasanya pun lebih gurih ketimbang soto pada umumnya. Kemudian, untuk komponennya di dalam soto Kediri terdapat tambahan tauge, telur, irisan daun bawang, bawang goreng dan juga daging ayam. Kuliner khas Kediri yang satu ini bisa dijumpai dimana pun, disepanjang jalanan kota Kediri, di kedai, rumah makan hingga restoran. Hanya saja, soto khas kota kediri ini cuma bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk bekal perjalanan pulang.

9. Nasi Goreng Arang Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Kebanyakan nasi goreng dimasak di atas kompor, tapi di Kediri ada kuliner khas yang dikenal dengan nama nasi goreng arang. Yang mana proses memasaknya menggunakan bahan bakar arang, sehingga nasi goreng tersebut dimasak di atas  tungku yang berisi bara arang yang panas. Untuk rekomendasi tempat makan, datanglah ke kedai nasi goreng arang Mbah Man, karena di sana Anda bisa merasakan nasi goreng arang dengan rasa yang enak. Menariknya, nasi goreng yang buat sama sekali tidak menggunakan bahan penyedap, sehingga Anda pun bisa merasakan perbedaan rasanya dan juga di tempat lain.

10. Sate Emprit Khas Kediri

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Sudah biasa kan untuk mengkonsumsi sate dari daging sapi, kambing maupun daging ayam? Kali ini Anda bisa menemukan kuliner sate yang berbeda dari sate pada umumnya, karena daging yang digunakan adalah daging dari burung emprit, sehingga sate ini pun dinamakan sate emprit khas kota Kediri. Sate dari daging emprit ini punya tekstur yang empuk dan tidak mudah lengket ketika dibakar. Pada saat dibakar pun warna dagingnya berubah menjadi kecoklatan, sehingga mudah dibedakan dengan jenis daging lainnya. Aroma dari daging sate emprit ini begitu kuat, tapi tidak berbau amis. Mengenai rasa, rasanya enak sekali untuk dinikmati, karena lemak dagingnya menghasilkan rasa yang gurih.

Lihat juga oleh oleh khas tanggerang

Dari beberapa oleh-oleh khas Kediri ini, apakah Anda sudah bisa memutuskan hendak pilih yang mana? Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan Anda harus tahu mana saja oleh-oleh yang bisa dibawa pulang dan mana saja oleh-oleh yang hanya bisa dijadikan sebagai teman sekaligus bekal di sepanjang perjalanan Anda menuju rumah.

10 Oleh-oleh Khas Kediri Yang sering Dibeli Wisatawan Oleh-oleh

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5