19 Oleh-oleh Khas Bogor yang Terkenal Sangat Enak

Apa yang terlintas di pikiran kamu ketika mendengar kata Bogor? Kota ini mendapat julukan sebagai kota hujan. Julukan ini sebenarnya mengacu pada curah hujan kota Bogor yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran jika kota ini mendapat julukan seperti itu. Kota ini lebih dikenal sebagai wisata pendidikan. Sebab ada beberapa universitas ternama yang berdiri di kota ini.

Ingin membeli buah tangan di Kota Hujan? Ini dia pilihan oleh-oleh khas Bogor yang MakananOlehOleh.com rekomendasikan untuk Anda. Kota dengan memiliki suhu udara yang sejuk ini ternyata memiliki beberapa jenis oleh-oleh yang bisa kamu pilih untuk buah tangan dan sebagai tanda kamu sudah pernah berkunjung ke kota Bogor. Apa saja?

1. Brownies Pisang

Oleh-oleh khas Bogor yang pertama yang wajib kamu coba adalah brownies pisang. Brownies yang merupakan kue dengan warna, aroma dan rasa coklat yang kuat ini ternyata bisa dikreasikan dengan buah pisang yang memiliki tekstur lembut serta memiliki rasa yang manis. Perpaduan antara rasa manis buah pisang disertai dengan rasa manis dari coklat menjadi perpaduan rasa yang sangat sempurna.

Brownies pisang ini ada beberapa varian rasa yang bisa kamu pilih. Yaitu rasa cream coklat, cream keju dan juga rasa green tea. Varian rasa ini bisa kamu pilih sesuai selera. Harga yang dibanderolkan untuk brownies ini juga terjangkau. Yaitu berkisar antara 25 ribu hingga 40 ribu rupiah saja kamu sudah bisa membawa pulang brownies aneka rasa yang lezat ini.

2. Strudel

Makanan kedua yang wajib kamu bawa ketika berkunjung ke Bogor adalah strudel. Mungkin kamu belum cukup familiar dengan rupa dan bentuk makanan yang satu ini. Makanan ini sebenarnya merupakan perpaduan sempurna antara pastri dan juga asinan yang sangat lezat. Pastry yang membungkus asinan kemudian dipanggang dengan sempurna tentu saja cukup menggugah selera kamu.

Oleh-oleh khas Bogor milik Shireen Sungkar dan suami ini bisa dikatakan masih baru. Namun sensasinya sudah sangat menggugah selera. Buah-buahan yang dipotong kotak-kotak kemudian dibungkus kulit pastry yang lembut membuat makanan ini sangat cocok jika kamu santap saat sedang bersantai. Warna segar dari asinan ditambah dengan kelembutan pastry membuat camilan ini semakin menggugah selera.

3. Roti Unyil

Mungkin sebagian besar kamu sudah populer dengan nama roti unyil. Roti ini dinamakan sebagai roti unyil karena ukurannya yang memang sangat mungil. Meskipun ukurannya sangat mungil, namun kelezatannya berhasil membuat orang yang memakannya menjadi ketagihan. Ukurannya yang kecil memudahkan siapa saja untuk menyantapnya dalam sekali gigitan saja.

Ada berbagai varian rasa yang bisa kamu pilih. Ada rasa keju, ada ras coklat, rasa bakso, rasa sosis dan aneka pilihan rasa lainnya. Roti ini dikemas dalam kardus kemasan kecil yang sangat praktis jika kamu mau membawanya untuk oleh-oleh. Harganya juga relatif terjangkau. Jadi budget oleh-oleh yang kamu punya bisa untuk membeli roti ini dalam jumlah yang cukup banyak.

4. Lapis Talas

Talas merupakan salah satu komoditas umbi-umbian yang banyak kamu jumpai di Bogor. Tanaman umbi ini memiliki rasa yang khas. Kekhasan rasa dari talas membuat umbi yang satu ini wajib untuk dicicipi. Namun kendalanya tidak semua orang bisa mengolah talas. Namun jika kamu mau mencicipi talas, kamu bisa memborong lapis talas yang sangat nikmat ini.

Kue lapis yang terbuat dari umbi talas ini biasanya dibanderol dengan harga sekitar 50 ribu rupiah saja. Kamu bisa mendapatkan kue lapis dari umbi talas yang rasanya khas. Warnanya yang cantik membuat kue ini sangat diminati dan cocok dijadikan oleh-oleh untuk orang-orang yang ada di sekitar kamu. Kamu bisa menikmati sensasi makan talas tanpa repot dengan membeli kue lapis ini.

5. Pie Talas

Pie mungkin banyak dari kamu yang tidak asing lagi dengan kue yang satu ini. Pastry yang diberi isian berupa fla dan juga umbi talas yang dimasak menggunakan teknik masak khusus sehingga membuatnya memiliki rasa istimewa. Kulit pastrynya yang dicetak menggunakan cetakan khusus ini tentu saja menjadi camilan yang sangat istimewa.

Pie talas ini merupakan salah satu olahan umbi talas yang bisa kamu pilih sebagai alternatif oleh-oleh untuk orang yang kamu sayangi. Kamu bisa membeli pie ini dengan harga yang sangat terjangkau. Kue ini merupakan kue modern yang diisi dengan isian tradisional yang memiliki rasa yang lezat. Kelembutan kue ini membuat kamu ketagihan untuk menyantapnya.

6. Keripik Talas

Satu lagi olahan umbi talas yang bisa kamu coba yaitu keripik talas. Keripik ini memang bukan merupakan makanan yang baru dikenal. Keripik yang terbuat dari talas ini memiliki rasa yang gurih dan juga lezat. Talas yang dipotong tipis-tipis kemudian di goreng hingga kering ini tentu saja menimbulkan sensasi tekstur yang sangat renyah.

Kerenyahan keripik ini membuat suasana santai menjadi semakin istimewa. Keripik ini dibanderol dengan harga hanya 30 ribu rupiah saja. Sehingga sangat bersahabat di kantong. Keripik ini dijual dalam kemasan 1 kg. Jadi cemilan ini sangat cocok menemani kebersamaan kamu bersama keluarga di rumah sambil ngobrol.

7. Keripik Pisang Kepok

Pasti kamu sudah cukup familiar dengan jajanan yang satu ini. Namanya adalah keripik pisang. Keripik yang terbuat dari pisang kepok yang setengah matang kemudian diiris tipis dan digoreng hingga kering membuat makanan ini memiliki tekstur yang renyah. Makanan ini bisa dikatakan sahabat semua orang. Sebab makanan ini mudah ditemukan dimana-mana.

Di Bogor, hampir semua wilayah di kota Bogor menjual keripik pisang ini. tentu saja dengan mudahnya ditemukan keripik pisang ini dimana-mana membuat keripik pisang ini menjadi oleh-oleh yang wajib untuk kamu bawa pulang ketika sudah mampir di kota Bogor yang populer dengan kota hujan. Jadi kamu akan membawa oleh-oleh yang bakal disukai banyak orang.

8. Asinan

Asinan Bogor merupakan salah satu makanan khas kota Bogor yang sudah sangt populer. Kepopuleran asinan ini membuat siapa saja menyukai asinan ini. Terbuat dari sayuran dan juga buah-buahan yang diberi bumbu dan juga kuah yang segar, membuat asinan ini menjadi makanan yang wajib untuk kamu cicipi dan kamu bawa sebagai oleh-oleh.

Asinan ini dikemas dalam kemasan plastik. Rasa pedas dari asinan ini merupakan rasa yang ditimbulkan dari cabe merah yang jumlahnya cukup banyak. Meskipun rasanya pedas, dijamin kamu akan ketagihan untuk menghabiskan seporsi asinan Bogor yang sangat populer ini. Selain itu, makanan ini juga sangat menyehatkan karena terbuat dari sayuran dan buah segar.

9. Bika

Jika kamu sudah populer bika ambon sebagai oleh-oleh khas kota Medan, maka kamu wajib mencoba bika Bogor yang terbuat dari umbi talas. Bika ini bisa menjadi oleh-oleh khas Bogor yang bisa kamu bawa ketika pulang dari perjalanan di Bogor. Rasa bika ini sangat kuat rasa talasnya. Jika kamu suka talas, maka makanan ini adalah alternatif pilihan buat kamu yang hoby makan talas.

Bika ini dikemas dalam bentuk box yang berisi kurang lebih 10 buah bika. Ada beberapa pilihan rasa yaitu nangka, talas, coco pandan, coklat dan green tea. Ke semuanya bisa kamu pilih sesuai keinginan kamu. Semua bika ini memiliki rasa yang sangat nikmat. Jadi kamu wajib membawa pulang bika khas Bogor ini sebagai oleh-oleh untuk orang dirumah.

10. Waw Cheese Stick

Satu lagi oleh-oleh khas Bogor yang wajib kamu coba yaitu waw cheese stick. Bagi kamu pecinta keju, makanan ini adalah surganya. Stik yang terbuat dari campuran keju dan tepung ini dibuat dengan cara digoreng sampai kering kemudian dibungkus pada kemasan kedap udara. Makanan ini merupakan makanan ringan yang wajib kamu beli ketika berkunjung ke Bogor.

Makanan ringan ini memiliki tekstur yang renyah serta memiliki rasa yang sangat gurih membuat makanan ringan ini wajib kamu beli ketika kamu pulang dari Bogor. Selain itu, makanan ini sangat cocok dijadikan camilan pada saat sedang menikmati menonton televisi bersama orang-orang tercinta di rumah.

11. Roti Muli

Ketika kamu melihat bentuk dari roti ini, seketika pasti kamu bakal mengira bahwa roti ini adalah pisang. Namun kamu salah, roti ini adalah murni roti bolu yang dibuat menggunakan cetakan berbentuk pisang kemudian diberi warna seperti pisang. Roti ini dikemas dalam kemasan satuan. Sehingga bagi kamu yang mau membawanya sebagai oleh-oleh sangat praktis.

Kue ini memiliki rasa bolu yang sangat kuat disertai dengan wanginya cream yang meleleh di mulut membuat roti ini menjadi makanan wajib yang harus kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke Bogor. Kelezatan roti ini sanggup mengalahkan wanginya buah pisang yang sangat menggoda. Satu gigitan saja belum cukup memuaskan rasa lapar kamu.

12. PapaPia

Satu lagi oleh-oleh khas Bogor yang wajib kamu bawa pulang. Namanya adalah papapia. Mungkin namanya terdengar sedikit aneh. Namun percayalah bahwa rasa papapia ini sangat luar biasa. Pia yang memiliki merk papapia ini memang istimewa. Selain namanya yang membuatnya istimewa, namun rasa isiannya bakal membuatmu ketagihan.

Ada varian rasa yang bakal sulit kamu jumpai jika kamu tidak mencarinya di Bogor. Rasa itu adalah talas. Talas yang merupakan tanaman khas kota Bogor ini ternyata juga cocok jika digunakan sebagai isian dari bakpia yang memiliki rasa renyah di luar namun isian yang lembut di dalamnya. Sehingga papapia ini sangat wajib kamu bawa pulang.

13. Ambrosia

Satu lagi oleh-oleh khas Bogor kekinian. Namanya adalah ambrosia. Ambrosia sebenarnya adalah nama sebuah produk pastry yaitu pie yang memiliki isian yang cukup beragam. Pie yang dipanggang hingga matang sempurna ini kemudian diberikan isian berupa fla tentu saja menjadi salah satu camilan yang wajib kamu bawa pulang.

Pie ini juga cocok sebagai kue ulang tahun. Kamu bisa memilih beberapa varian topping yang istimewa antara lain topping oreo, topping coklat dan juga bergam topping lainnya yang memiliki rasa lezat. Ukurannya yang besar tentu saja ketika kamu ingin menyantapnya kamu wajib memotongnya terlebih dahulu supaya bisa menikmatinya.

14. Kue Cubit

Bagi kamu yang suka kue cubit, kamu bisa membeli kue ini sebagai oleh-oleh yang bisa kamu bawa pulang sebagai buah tangan dari kota Bogor yang istimewa. Kue ini memiliki rasa yang benar-benar menggigit di lidah. Meskipun kue ini merupakan kue tradisional, namun di tangan yang tepat, kue ini berubah menjadi jajanan kekinian yang wajib kamu bawa pulang.

Ada beberapa varian rasa yang akan memuaskan rasa penasaran kamu. Yaitu bublegum, red velvet, green tea, taro, serta tidak ketinggalan rasa original. Kamu bisa membeli kue yang satu ini dengan harga murah. Cukup 8 ribu saja untuk yang original untuk yang rasa. Jadi kamu bisa menikmati aneka rasa kue cubit istimewa dengan harga yang sangat terjangkau.

15. Talas

Talas merupakan makanan wajib ketika kamu berkunjung ke Bogor. Sebagai tanaman umbi yang mudah untuk dijumpai, tentunya kamu tidak ingin ketinggalan untuk membeli umbi talas ini sebagai oleh-oleh khas Bogor yang wajib kamu bawa. Meskipun sebenarnya harganya murah, namun tidak jarang orang malas membeli talas dengan alasan gatal.

Namun sebenarnya kamu bisa membeli talas yang bagus dengan mengenali ciri-ciri talas yang sudah matang sempurna. Cirinya adalah daging talasnya memiliki warna keabuan. Selain itu, jika kamu cium aroma wangi dari talas ini benar-benar terasa kuat. Jadi ini merupakan ciri talas yang sudah matang sempurna dan tidak gatal di tangan.

16. Kacang

Kacang khas Bogor juga bisa kamu pilih sebagai oleh-oleh ketika kamu berkunjung ke Bogor. Kacang ini memiliki rasa yang istimewa. Keistimewaan dari kacang ini adalah, kacangnya diolah dengan cara di oven dan bukannya di goreng. Tentu saja kacang ini menjadi lebih sehat dan juga memiliki rasa yang lebih lezat. Kacang Bogor ini sudah populer sebagai oleh-oleh wajib ketika berkunjung ke Bogor.

Kamu bisa membeli kacang ini seharga hanya 17 ribu saja. Kamu bisa pilih varian rasa kacang istimewa ini. ada rasa keju, rasa balado hingga rasa barbeque yang sangat istimewa. Oleh-oleh yang ekonomis ini memiliki rasa yang istimewa dan juga harganya yang bersahabat disertai juga dengan kemasannya yang elegan membuat kacang ini wajib kamu bawa pulang.

17. Makaroni Panggang

Makanan berikutnya yang wajib kamu coba adalah makaroni panggang. Makaroni adalah pasta kering yang memiliki tekstur yang kering. Sajian macaroni yang dimasak dengan cara dipanggang ini memiliki tekstur dan rasa yang sangat enak. Makaroni yang dipanggang sempurna ini memiliki rasa yang sangat enak.

Makaroni panggang ini memiliki penampilan yang sangat menggugah selera. Ketika di potong, kejunya akan meleleh di mulut. Rasa daging, keju dan juga macaroni yang dipanggang membuat rasa macaroni ini semakin meleleh di mulut. Makanan ini sangat cocok dijadikan makanan pembuka sebelum menyantap makanan utamanya.

18. Miss Pumpkin

Jika kamu berkunjung ke Bogor, kamu bisa memilih kudapan yangistimewa dan juga penuh gizi. Namanya adalah miss pumpkin. Seperti namanya, roti ini merupakan bolu yang terbuat dari labu kuning. Labu kuning yang biasanya hanya di buat kolak, namun di toko ini kamu bakal menjumpai pumpkin dijadikan bolu yang memiliki citarasa yang sangat lezat.

Bolu pumpkin ini memiliki nilai gizi yang cukup tinggi. Kudapan yang memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi ini memiliki rasa yang istimewa. Selain itu, makanan ini tentu saja menjadi oleh-oleh yang sangat wajib kamu bawa. Harganya cukup terjangkau, hanya sekitar 30 ribu sampai 35 ribu saja kamu bisa membawa pulang kudapan istimewa ini.

19. Risollaku

Risoles merupakan kudapan yang terbuat dari kulit yang diberi isian berupa sayuran kemudian digoreng dengan baluran berupa tepung roti. Di Bogor, kudapan ini memiliki varian rasa yang cukup beragam. Kamu bisa berjumpa dengan risoles dengan isian berupa ikan, kemudian berupa spagheti, kemudian berupa daging dan rhougut.

Varian isian dari risoles ini bisa kamu pilih sesuai selera kamu. Varian risoles ini merupakan perpaduan antara makanan tradisional dengan makanan modern yang menjadikan makanan tradisional ini menjadi lebih go internasional. Hal ini membuat makanan ini lebih mudah dikenali sebagai oleh-oleh yang memiliki rasa istimewa dengan harga yang terjangkau.

Leave a Reply