Oleh Oleh Khas Banten

Oleh Oleh Khas Banten

Oleh Oleh Khas Banten – Jika Anda sedang mencari oleh-oleh yang lezat dan cocok untuk dibawa pulang kepada keluarga dan kerabat, Banten adalah tempat yang tepat.

Lihat juga makanan khas banten

Provinsi yang terletak di ujung barat pulau Jawa ini memiliki banyak kuliner yang nikmat dan cocok dijadikan oleh-oleh. Beberapa oleh-oleh khas Banten yang direkomendasikan adalah yang memiliki cita rasa lezat dan enak.

Oleh Oleh Khas Banten

Sate Bandeng

Pasti sebagian besar dari Anda sudah mengenal oleh-oleh khas Banten yang satu ini. Sate Bandeng adalah makanan khas Banten yang terbuat dari ikan bandeng. Jika Anda khawatir tentang duri ikan, jangan khawatir karena duri ikan sudah dihilangkan pada Sate Bandeng ini. Selain itu, oleh-oleh ini juga awet disimpan sehingga cocok untuk dibawa pulang sebagai buah tangan untuk keluarga.

Rengginang

Renginang adalah jajanan yang sangat populer dan dikenal oleh masyarakat Indonesia. Bentuknya seperti kerupuk, sangat cocok untuk dinikmati saat santai. Dengan tekstur yang renyah dan gurih, Renginang akan menjadi pilihan yang tepat untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

Kerupuk Ikan

Selain itu, ada pula oleh-oleh khas Banten yang cocok untuk dibawa pulang ke keluarga. Salah satunya adalah kerupuk ikan, makanan ringan yang cocok untuk mengganjal kelaparan di sore hari. Dengan tekstur yang renyah dan gurih, kerupuk ikan ini akan menyuguhkan cita rasa yang membuat Anda ketagihan.

Keripik Singkong

Selain kerupuk ikan, keripik singkong juga merupakan oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang. Jajanan ini terbuat dari singkong yang dipotong tipis-tipis dan dikeringkan sebelum digoreng. Rasa keripik singkong ini cenderung manis sehingga cocok untuk dikonsumsi sebagai camilan atau oleh-oleh.

Kue Kacang Ijo

Selain keripik, terdapat juga oleh-oleh lain yang populer di Banten. Salah satunya adalah kue kacang ijo, yang terbuat dari bahan utama kacang ijo dan diolah dengan bahan lain untuk menghasilkan rasa yang lezat. Cocok untuk dibawa pulang dan diberikan kepada keluarga atau sahabat.

Ceplis

Cemilan yang satu ini mungkin asing bagi Anda, namun pasti tidak boleh dilewatkan ketika berkunjung ke Banten. Ceplis adalah jajanan khas yang hanya dapat ditemukan di Banten. Terbuat dari bahan dasar melinjo, sehingga rasanya mirip dengan emping. Namun, yang membedakan ceplis dengan emping adalah bentuk dan teksturnya. Ceplis memiliki bentuk bulat dan lebih kecil seperti bola, serta rasa yang lebih gurih dan nendang dibandingkan emping.

Emping

Para penggemar olahan melinjo pasti akan membawa pulang emping sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Banten. Emping ini cocok sebagai teman makan soto, sate, atau makanan berkuah lainnya. Meskipun banyak ditemukan di tempat lain, emping Banten memiliki rasa yang lebih gurih dibandingkan emping lainnya, sehingga perlu dicoba ketika berkunjung ke sini.

Bakso Ikan

Bakso ikan adalah salah satu makanan yang cukup terkenal di masyarakat sebagai oleh-oleh khas Banten. Dibuat dari bahan dasar ikan yang dihancurkan dan dicampur dengan bahan lain, sehingga menghasilkan rasa yang lezat. Adonan yang telah dicampur tersebut kemudian digoreng sehingga siap untuk dikonsumsi sebagai lauk makan.

Sambel Burog

Banten dikenal dengan berbagai olahan yang terbuat dari bahan dasar melinjo, salah satunya adalah sambel burog. Yang terbuat dari kulit melinjo, sambal ini cocok untuk dibawa pulang bagi yang menyukai makanan pedas. Keunikan dari sambel burog ini jika dibandingkan dengan jenis sambal lainnya. Oleh karena itu, ketika berkunjung ke Banten, sambel burog adalah oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang dan dihidangkan kepada keluarga yang menyukai makanan pedas.

Kue Gipang

Gipang adalah salah satu jajanan khas Banten yang cocok untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Makanan ini terbuat dari ketan dan memiliki rasa manis dan tekstur sedikit lengket. Jika Anda menyukai makanan manis, Gipang adalah pilihan yang cocok untuk dicoba ketika berwisata di Banten.

Lihat juga oleh oleh khas sukabumi

Menemukan oleh-oleh di Banten tidak sulit. Banyak jajanan khas yang dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Anda dapat mengunjungi SiB’Doey yang berada di kota Serang atau mencari oleh-oleh khas Banten lainnya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir lagi untuk mencari oleh-oleh yang cocok untuk dibawa pulang ke keluarga saat berkunjung di Banten.

Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment