20 Oleh-oleh Khas Bandung yang Sangat Terkenal

Bandung bisa dibilang sebagai kota sejuta pesona setelah Yogyakarta. Kota yang menjadi ibukota provinsi Jawa Barat ini dikenal dengan kemajuan infrastruktur dan kesadaran masyarakatnya. Kota Kembang, sebutan untuk kota Bandung, yang telah melekat lama di tengah masyarakat, membuat sebagian penduduk Indonesia penasaran dengan pesona alam yang ditawarkan olehnya.

Berkunjung ke Bandung memang bisa menjadi pilihan yang tepat. Banyak pohon-pohon dan bunga-bunga cantik yang tumbuh di sana. Ada juga makanan khas Bandung yang bisa menggoyang lidah, serta pilihan oleh-oleh khas Bandung yang sangat beragam. Ini dia beberapa buah tangan dari Bandung rekomendasi MakananOlehOleh.com untuk kamu beli sebagai hadiah ataupun kenang-kenangan.

1. Peuyeum

Salah satu panganan yang menggoyang lidah dari Bandung adalah peuyeum atau disebut dengan tape. Berbeda dengan tape pada umumnya yang berair dan agak encer, peuyeum dibuat dari singkong yang telah dibersihkan kemudian dikukus dan diberi ragi dengan ditempatkan pada tempat tertutup.

Proses peragian disebut dengan fermentasi agar singkong tumbuh jamur baik dan menjadikan singkong enak dimakan. Hasilnya adalah singkong utuh dengan warna putih di sekelilingnya sebagai pertanda adanya jamur berkat proses peragian tersebut. Di ibu kota Jawa Barat tersebut, banyak olahan peuyeum ditempatkan pada langit-langit toko secara menggantung untuk menarik konsumen.

Walaupun tape selalu ada di berbagai daerah, namun jika mendengar peuyeum pasti yang terlintas langsung Bandung. Tak heran, karena di sana penjualnya sangat melimpah, apalagi nama peuyeum didapat dari bahasa Sunda. Masyarakat yang dahulu membuatnya dengan tujuan untuk memanfaatkan singkong yang melimpah, meyakini bahwa tape ini mampu menghangatkan tubuh, sehingga sangat cocok pada musim dingin maupun saat rintik hujan.

Selain dibuat dengan ketela pohon, ada juga peuyeum yang terbuat dari beras ketan hasil fermentasi seperti kebanyakan yang ditemui, namun kalau peuyeum, maka di Bandung adalah gudangnya. Di pusat oleh-oleh khas Bandung, kamu bisa mendapati banyak sekali penjual peuyeum. Biasanya peuyeum dijajakan dengan cara digantung dengan tali dalam jumlah banyak.

2. Bolu Gulung

Salah satu toko paling terkenal di kota Kembang adalah Toko Bolu Bawean yang menyediakan makanan oleh-oleh bagi para turis lokal maupun asing. Dari sekian banyak produk yang ada, bolu gulung adalah yang paling laris dijual di toko ini. Setiap gigitan dari bolu tersebut akan terasa lembut di mulut dan terasa sangat manis ketika menyentuh lidah.

Setiap tampilan jenis-jenis bolunya, terlihat sangat cantik dan menggiurkan untuk segera disantap menuju perut. Salah satu jenis bolu gulung paling digemari adalah African Roll dengan rasa cokelat yang sangat terasa kuat di mulut. Warnanya juga didominasi warna cokelat dengan tampilan ciamik, apalagi ada tambahan meses warna-warni untuk mempercantiknya.

Sebenarnya di sana terdapat produk dengan menggunakan bahan dasar rhum sehingga membuat aromanya sangat sedap. Namun banyak juga jenis bolu yang dibuat tanpa menggunakan rhum. Selain bolu gulung ada juga olahan enak lainnya di toko dengan alamat Jalan Bawean No 4, Bandung tersebut, seperti kue kering dan aneka cake.

3. Brownies Kukus Amanda

Sebagai salah satu jenis kue dengan rasa manis cokelat plus legit dengan tekstur lembut, membuat brownies semakin digemari oleh semua orang. Walaupun awalnya memiliki rasa cokelat saja, namun lambat laun banyak inovasi dengan menciptakan brownies kaya rasa.

Salah satunya adalah Brownies Kukus Amanda yang menjual olahannya di Jalan Rancabolang No. 29, Margahayu Raya. Bahkan saking terkenalnya, di beberapa kios pinggir jalan dan toko oleh-oleh kerap menjualnya di lapak mereka. Beberapa varian yang telah diciptakan oleh produsen ini adalah cheese cream, yakni brownies dengan tambahan krim keju dengan rasa gurih di mulut.

Baca juga: 25 Oleh-oleh Khas Pontianak Berupa Makanan & Barang

Tidak hanya itu, ada juga rasa blueberry dengan rasa manis asamnya, lalu tiramisu, dan choco marbel. Selain itu, ada juga rasa cokelat original dengan waktu 4 hari sebelum nantinya digerayangi oleh jamur yang membuatnya tidak enak. Untuk menambah rasa enak varian-varian tersebut, maka Amanda sengaja memberi topping beraneka ragam.

4. Roti Bumbu Bakar

Roti bakar di setiap penjuru kota di Indonesia sudah menjamur, begitu pula di Bandung yang bahkan ada variannya sendiri. Namun ada salah satu varian roti bakar yang baru, yaitu roti bumbu bakar yang dapat ditemui di kedai dengan alamat di Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 149, Pasar Kosambi.

Apa yang membuatnya berbeda dari kebanyakan roti? Jawabannya adalah pada jenis roti yang digunakan dan bumbunya. Rotinya memiliki rasa lembut di mulut dan dipadu dengan bumbu-bumbu berupa mentega, meses, dan selai sesuai rasa yang diinginkan pelanggan, karena di sana dapat memilih jenis selainya.

Kedai dengan nama Roti Bumbu Bakar Cari Rasa menawarkan roti dengan banyak rasa karena terdapat selai rasa, seperti selai rasa strawberry, kacang, cokelat, dan selai lainnya. Bahkan lebih hebatnya lagi, ada yang memiliki rasa keju dan kornet yang notabene jarang ditemukan di daerah lain.

Harganya sangatlah murah, yakni mulai dari Rp. 3.500 sampai dengan Rp. 10.000 dalam satu wadahnya. Sampai sekarang kedai ini masih bertahan padahal sudah berdiri sedari dulu, bahkan masih banyak pelanggan yang ingin datang kesana untuk mencicipi roti bumbu bakar sebagai alternatif oleh-oleh dari Bandung.

5. Kue Kartika Sari

Kartika Sari merupakan toko oleh-oleh khas Bandung yang terkenal dengan berbagai jenis kue tersedia di sana untuk buah tangan seperti brownies bakar dan kukus, cheese roll dan stick, peuyeum bollen, dan lain-lain. Untuk olahan bollen atau mollen, banyak sekali variannya, beberapa diantaranya adalah pisang bollen original dan cokelat, apel, durian, dan kacang hijau.

Berbagai olahan kue yang dijual di pusat oleh-oleh khas Bandung KartikaSari sudah terkenal sampai ke wisatawan asing karena kedainya telah dibuka sejak tahun 1970-an. Selain olahan kreatif dari makanan modern seperti di atas, mereka tak lupa dengan jajanan tradisional, karena disediakan pula risoles, kroket, lemper ayam, dan masih banyak lagi.

Mengingat penggemarnya yang sangat banyak, sudah pasti rasa yang ditawarkan dari setiap produknya enak dan lezat. Datang saja ke toko oleh-oleh khas Bandung yang enak ini di Jalan H. Akbar Nomor 4 untuk bisa memperoleh kue-kue dengan merek Kartika Sari tersebut.

6. Produk Fashion Cibaduyut

Bagi yang ingin mencari oleh-oleh khas Bandung yang tahan lama, maka kamu bisa membeli produk gaya. Kamu bisa datang ke Cibaduyut yang dikenal sebagai surga untuk memperoleh barang-barang tersebut. Di sepanjang Jalan Cibaduyut terpampang berbagai toko yang menyediakan aneka sepatu, tas, jaket, baju, dompet, ikat pinggang, boneka, dan masih banyak lagi.

Saking panjangnya toko yang berjejer menjual oleh-oleh khas Bandung baju, tas, dompet, dan sepatu (kebanyakan sepatu), membuatnya disebut-sebut sebagai pusat produk kulit yang paling panjang sedunia. Di Cibaduyut, kamu juga dapat memesan sepatu dengan desain custom sesuai selera tanpa harus menunggu lama.

Baca juga: 21 Oleh-oleh Khas Surabaya yang Terkenal Enak & Murah

Dengan harganya yang tergolong murah namun memiliki kualitas yang tidak murahan, membuatnya tak lekang oleh zaman karena telah berdiri sejak 1989 sebagai pusat kerajinan sepatu. Harga yang dipatok bagi jenis-jenis produk di sana berkisar antara puluhan ribu hingga ratusan ribu. Selain pilihannya banyak dan bisa membuat kebingungan sendiri, ada juga daya tarik lain saat berkunjung ke Cibaduyut, yaitu ada 2 patung sepatu yang sangat besar, yaitu sepatu pria dan wanita.

7. Souvenir Wayang Golek

Di jalan H. Akbar no. 10 ada galeri dengan isinya berbagai macam wayang golek, topeng, gantungan kunci, alat permainan tradisional, dan souvenir lain yang dibuat langsung secara manual. Galeri tersebut bernama Cupumanik yang kini menjual oleh-oleh khas Bandung selain makan berbentuk souvenir dengan tema wayang dan barang tradisional. Lokasinya ada di dekat toko kue Kartika Sari.

Untuk membantu pembuatan barang-barang tersebut, Cupumanik memperkerjakan 40 karyawan dengan tugas beragam. Tetapi yang paling banyak adalah Karyawan yang membuat wayang dari kayu albasiah (lame) dengan ukuran kecil mulai dari 15 cm bahkan ada yang sangat besar dengan ketinggian 2 meter.

Untuk yang ukuran kecil ditempatkan pada wadah kotak plastik sedangkan yang ukurannya sedang sampai besar dimasukkan pada kotak kaca. Harga satuan dari buah tangan yang Indonesia banget tersebut dibanderol mulai dari Rp. 50.000 sampai 30 juta tergantung dari besar kecil dan kerumitan dalam pembuatannya.

8. Donat Madu

Bosan dengan donat yang rasanya seperti itu-itu saja? Cobalah membeli oleh-oleh khas Bandungan berupa Donat Madu Cihanjuang yang berbeda dari kebanyakan donat. Seperti namanya, rasa dari donat ini sudah pasti akan sangat manis karena terdapat madu. Belum lagi dengan adanya berbagai hiasan atau topping cantik yang rasanya juga manis.

Kelebihan dari makanan dengan bagian tengahnya yang bolong dan selalu berbentuk bulat dengan merek Cihanjuang tersebut selain madu adalah rasanya yang agak kenyal bahkan ada rasa gurih. Penambahan madu yang dilakukan pada produk tersebut dimaksudkan agar konsumen mendapat manfaat dari madu dan agar penderita diabetes tidak merasa takut dengan makanan manis.

Kedai yang dapat dijumpai di Jalan Cihanjuang, Cimahi itu, memiliki banyak varian rasa, misalnya saja cokelat, choco crispy, lemon, almond, abon durian, pisang, dan lainnya. Donat dengan kualitas premium ini dihargai dengan harga 5 ribu rupiah untuk setiap satuannya. Jika memborongnya dalam jumlah besar, kalian bisa dapat berbagai promo, jadi lebih baik membeli banyak daripada satu-satu.

9. Tahu Tauhid

Jika mendengar kata tahu, maka yang terlintas di pikiran adalah makanan tradisional yang berbentuk kotak dari kacang kedelai. Walaupun ada tahu bulat yang belum lama ini eksis, namun ada varian lain dari tahu dengan nama tahu tauhid. Walaupun penamaannya adalah tauhid yang cenderung Islami dan agak unik, tapi bagi umat beragama lain sangat dibolehkan untuk merasakan enaknya oleh-oleh khas Bandung murah meriah ini.

Rasa tahu ini setelah digoreng adalah gurih dengan tekstur kenyal dan sedikit renyah. Cita rasanya yang berbeda itulah yang menjadi daya tarik bagi orang-orang, termasuk para pelancong lokal maupun internasional. Datang saja ke Jalan Cijeruk No. 133, Lembang atau Jalan Sesko AU no. 20 Lembang, Bandung untuk membelinya atau bila penasaran dengan cara memasaknya, bisa langsung menuju dapur yang sangat terjaga kebersihannya.

Masalah harga dari oleh-oleh cemilan khas Bandung ini, kamu tak perlu khawatir, karena untuk 10 buah tahu harganya hanya 5 ribu atau untuk satu tahu cukup 500 perak saja [harga bisa berubah sewaktu-waktu]. Walaupun makanan ini tergolong sederhana, namun tahu tauhid telah mendapat standar kesehatan tinggi sehingga baik dikonsumsi untuk tubuh.

10. Kopi Aroma

Pernahkah membayangkan kopi yang terbuat dari biji kopi yang telah disimpan selama lima hingga delapan tahun? Ternyata kopi Aroma adalah merek kopi yang melakukan teknik tersebut. Upaya penyimpanan biji kopi selama itu dilakukan agar tingkat keasaman kopi memudar sehingga peminumnya tidak akan merasakan kembung lagi.

Oleh-oleh khas Bandung dengan merek Koffie Fabriek Aroma ini telah ada sejak 1930 sehingga kualitasnya telah teruji. Bahkan dalam pembuatan kopinya dilakukan dengan menggunakan bahan bakar kayu karet dan mesin pembakarannya juga dibuat tahun 1930 asal eropa bermerek Roaster.

Rasanya yang enak dan khas tersebut hadir berkat cara pengelohan yang unik dan penyimpan yang lama. Harganya beragam, mulai dari 27 ribu sampai 33 ribu untuk ukuran 250 gram. Datang saja ke Jalan Banceuy Nomor 51 Bandung untuk membelinya, namun jangan sampai melebihi 5 kg.

11. Picnic Roll

Picnic roll adalah olahan unik dengan bentuk memanjang dari Bandung yang dapat ditemukan di Kedai Prima Rasa Bandung. Kedai tersebut menyediakan picnic roll yang dibuat menggunakan daging yang dicincang kemudian ditambah dengan bumbu lalu ditambah lagi dengan telur rebus dan dimasukkan kedalam kulit pastry.

Sebelum dimakan, perpaduan itu harus terlebih dahulu dipanggang sampai warnanya agak coklat. Daging yang digunakan untuk membuatnya ada 2 macam, yaitu dari daging ayam dan daging sapi. Adanya telur dan daging yang banyak, tak salah jika makanan berjenis roll ini kaya akan protein, sehingga akan cocok untuk perkembangan otot.

Untuk bisa mendapatkan satu porsi oleh-oleh ciri khas Bandung berupa picnic roll, datang saja ke toko Prima Rasa dengan pusatnya yang berada di Jl. Kemuning, Bandung. Atau bila lokasinya yang terlalu jauh, bisa datang ke salah satu cabangnya di Jalan Pasir Kaliki. Di sana juga ada banyak cake yang bisa dinikmati dengan rasa yang enak pula, seperti pudding mouse, brownies, dan mousse cake.

12. Souvenir Angklung

Jika mendengar kata angklung, pasti yang teringat adalah alat musik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Karena ketenarannya itulah, pastinya jika berkunjung ke Bandung harus membawanya sebagai oleh-oleh. Apalagi pada tahun 2010 silam, angklung ditasbihkan menjadi Warisan Budaya Lisan dan Nonbendawi Manusia yang diberikan oleh salah satu organisasi PBB, UNESCO.

Alat musik ini tergolong unik, mengingat untuk mengeluarkan bunyinya harus digoyangkan dan bunyinya enak didengar. Alat musik yang telah ada sejak zaman dahulu tersebut, bahkan dikatakan telah ada pada abad 12 telah memiliki puluhan jenis, tidak hanya tersebar di Jawa Barat saja, melainkan seluruh nusantara. Misalnya Angklung Kanekes, yang digunakan oleh orang dari suku Baduy.

Selain itu, ada juga Angklung Reyog di Ponorogo, Angklung Banyuwangi, Angklung Bali, Angklung Dogdog Lojor (Banten), Angklung Gubrag (Bogor), Angklung Badeng (Garut), dan masih banyak lagi. Sebagai salah satu alat musik tradisional khas Indonesia, rasanya membelinya sebagai oleh-oleh khas Bandung barang tidak akan menjadi sesuatu yang sia-sia.

13. Gepuk

Gepuk merupakan oleh-oleh khas Bandung yang paling enak yang dibuat dengan bahan dasar daging. Cara membuatnya adalah dengan terlebih dahulu merebus daging sapi sampai matang yang nantinya akan dipukul sampai melebar lalu ditusuk menggunakan lidi.

Setelah siap, maka hasilnya tadi siap direbus menggunakan santan dan bumbu rempah-rempah. Sebelum itu, agar bisa dimakan maka harus terlebih dahulu digoreng lalu bisa dihidangkan bersama dengan sepiring nasi. Rasa yang ditawarkan oleh Gepuk karya Ny. Yong adalah rasa pedas dan manis, ada juga remukan hasil pukulan dari gepuk yang juga dijual.

Jika ingin membelinya secara satuan, maka kalian harus merogoh dompet sebesar 9 ribu rupiah dan jika membelinya dalam bentuk wadahan dengan isi 5 atau 10 potong gepuk, maka harganya lebih minim. Jika ingin membelinya, langsung saja menuju Jalan Pasundan No. 15, Bandung atau beberapa cabangnya yang tersebar mulai dari Jl. Setiabudi, Jl. Sawo, dan Jl. Kebon Jukut.

14. Oncom

Oncom adalah jenis makanan unik yang dibuat menggunakan kacang tanah atau ampas kelapa. Namun jika oncom yang dibuat dengan kacang tanah, maka oncom tersebut sudah pasti dibuat di Bandung dengan cara memberi ragi seperti halnya membuat tempe.

Ragi yang digunakan bukanlah ragi pada umumnya yang dibuat untuk tempe, jadi ragi pada oncom berbeda dari ragi tempe. Hasil dari proses ini akan menciptakan oncom dengan permukaan berwana oranye pada bagian atasnya. Perbedaan oncom dan tempe selain permukaannya adalah banyak sedikitnya jumlah kacang tanah yang dipakai.

Oncom lebih banyak kacangnya dan rasa yang dihasilkan oncom lebih kuat tinimbang tempe, jadi lebih tepat untuk dinikmati. Jika dilihat dari penampilan, maka oncom akan terlihat lebih kering sehingga bisa dibuat menjadi olahan lain seperti pepes, keripik, Ulukutek Leunca, Tutug oncom dan sebagainya. Jika ingin dibuat lauk, gorenglah seperti membuat tempe pada umumnya, yakni dilumuri bumbu lalu dimasukkan ke wajan.

15. Kerajinan Tangan

Kerajinan tangan selain bisa dipajang di rumah untuk memperindah penampilan, bisa juga dijadikan sebagai barang yang diperlukan untuk keperluan sehari-hari. Bahan pembuatannya juga didapat dari barang-barang bekas sekitar, seperti kayu, plastik, bambu, botol, dan sampah lain yang biasanya sudah tidak terpakai.

Kerajianan tangan di Bandung, dapat ditemui di daerah, khususnya Lembang yang juga terkenal akan keindahan alamnya. Lewat tangan-tangan yang telah terampil, maka barang yang sudah tak tepakai akan menjadi barang yang punya nilai jual. Sebut saja replika atau miniatur hewan-hewan endemik di Indonesia seperti burung cendrawasih dan macan tutul.

Ada juga binatang lain misalnya ular kobra, bebek, kelinci, ayam jago, burung hantu, dan masih banyak lagi bisa dibuat dengan mudah. Jika replika-replika di atas digunakan untuk dekorasi rumah, ada juga yang barang-barang lain sepeti tas, keranjang, tempat sampah, atau guci yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan. Untuk melihat-lihat hasil karya anak bangsa ini, datang saja ke Galeri Kesenian di Jalan Raya Lembang, Lembang, Bandung.

16. Tahu Susu

Jika di atas ada tahu tauhid, maka di Bandung masih ada lagi makanan unik dari tahu bernama tahu susu yang dibuat dengan tambahan susu asli. Sesuai dengan namanya, oleh-oleh khas Bandung enak berupa tahu tersebut dibuat menggunakan kedelai kemudian ditambah dengan susu murni yang menciptakan rasa gurih dan lembut saat masuk ke mulut khas rasa dari susu.

Tidak hanya itu, tahu ini pada bagian dalamnya lebih padat sehingga lebih mengenyangkan saat dimakan, berbeda halnya dengan tahu Sumedang yang di dalamnya tak ada isiannya. Apalagi pembuatannya tanpa bahan pengawet apapun, sehingga hanya mampu bertahan dua hari, tetapi selalu ludes diborong pembeli setiap harinya.

Untuk tahu susu yang telah digoreng dengan isi 10 pada tiap kemasannya, dihargai dengan uang sebanyak 15.000 rupiah. Tidak main-main, tahu susu tersebut dikemas dengan sangat masa kini banget tidak sepeti tahu yang kita kenal, yang hanya dibungkus plastik biasa.

Untuk bisa mencicipi gurihnya tahu susu yang dibuat tanpa penyedap apapun, berkunjung saja ke Jalan Raya Lembang Nomor 177, Jayagiri. Jika bingung, kedai tersebut memiliki bentuk seperti POM bensin dengan warna dominan merah yang membuat pembelinya langsung hafal akan uniknya toko tersebut.

17. Rujak Cireng

Cireng adalah cemilan yang dibuat menggunakan tepung kanji yang digoreng dan biasanya disajikan dengan saus untuk menambah nikmat rasanya. Sedangkan rujak adalah jajanan yang terdiri dari berbagai buah segar yang juga dimakan dengan bumbu rujak yang khas. Namun bagaimana jadinya jika cireng dipadukan dengan bumbu rujak yang rasanya asam, manis, pedas itu ? Tentu rasanya akan sangat nikmat, itulah yang dihadirkan oleh rujak cireng dari Bandung.

Cireng yang memiliki rasa gurih dan setelah di goreng sangat crunchy, kemudian ada tambahan bumbu rujak, maka akan membuat siapa saja menikmatinya. Ada beberapa varian rujak cireng yakni yang biasa dan ada juga varian lain yaitu cireng salju dan kerupuk cireng yang sama-sama dipadukan dengan bumbu atau sambal rujak. Harganya beragam, mulai dari 7 ribu sampai ada yang 21 ribu dalam satu kemasan.

18. Batagor

Batagor merupakan kependekan dari bakso tahu goreng yang dimakan dengan saus sambal kacang yang terbuat dari kacang tanah, cabai, dan bawang putih. Pembuatan batagor dibuat dengan tepung tapioka kemudian digoreng sehingga seperti bakso, namun biasanya ditambah dengan tahu pada satu paket batagor yang dipotong seperti dadu kecil.

Di Bandung sebagai kota kelahirannya, terdapat banyak sekali kedai yang menjual batagor dengan bahan, variasi, kerenyahan, dan tingkat kepedasan yang berbeda-beda. Namun ada beberapa gerai yang menyediakan batagor dengan rasa yang lebih enak yaitu pada Batagor Kingsley (Jalan Veteran), Batagor Riri (Jalan Burangrang), Batagor Isan (Jalan Bojongloa), dan Batagor Abun (Jalan Lengkong).

Rata-rata harga setiap kedai adalah 6 ribu rupiah per paket batagor, ada juga yang dijual setengah matang agar nantinya bisa digoreng di rumah sebagai oleh-oleh khas kota Bandung. Jika tidak ada yang menyediakan setengah matang, minta saja digoreng setengah matang dengan bumbu terpisah agar bisa digoreng di rumah.

19. Tempe Gila

Selain tahu yang eksis menjadi makanan khas Bandung, saudaranya yang juga dibuat dengan bahan dasar kedelai yaitu tempe juga tak mau kalah. Hadir dengan nama tempe gila, namun ternyata jenis tempe tersebut adalah keripik tempe dengan rasa dominan pedas dan sangat sukses menembus pasaran.

Tempe gila diperkenalkan oleh Lucky Nurroby Achmad karena setiap hari ia selalu disajikan tempe dan keripik tempe yang disediakan hanya itu-itu saja, sehingga ia berpikir untuk menciptakan keripik tempe yang berbeda, sehingga muncul tempe bercita rasa pedas pada diri tempe gila.

Lambat laun ia kemudian menciptakan perusahaan djoeragan tempe yang menghadirkan olahan unik misalnya tempe gila. Ada juga jenis lain yaitu tahu ling-lung, keris (keripik singkong), dan bubuk gila. Tempe gila sendiri tergolong unik karena terdapat berbagai jenis kepedasan seperti ‘Cobian’ dengan tingkat biasa alias tidak terlalu pedas.

Lalu ‘Karesep’ (pedasnya sedang), ‘Aink’ (lebih tinggi dari sedang), dan ‘Gelo’ (level kepedasan yang sangat tinggi). Harganya adalah 15.000 yang dapat dibeli di Buah batu Regensi Blok B2 No. 2. Tempe gila merupakan oleh-oleh khas Bandung yang wajib untuk kamu beli. Selain rasanya yang enak, mencicip kuliner ini juga memberi pengalaman baru pada lidahmu.

20. Pia

Kue pia pada umumnya adalah kue yang diisi dengan kacang hijau bercampur gula lalu ditutup menggunakan adonan tepung yang dipanggang. Pia sendiri berasal dari negara Cina, bahkan penamaan ‘pia’ dari bahasa Cina yang memiliki arti ‘kue’. Namun di Bandung telah mencul berbagai macam pia yang tidak hanya kacang hijau yang menjadi isiannya, melainkan ada cokelat, keju, durian, dan rasa lain. Bahkan ada juga yang dicampur menjadi satu dari berbagai isian.

Dengan isian yang beraneka ragam itulah, sekarang ini banyak yang meminati Pia. Perlu diketahui, bahwa pia juga disebut dengan bakpia yang sangat terkait dengan Yogyakarta, dan ada juga yang menganggapnya dari Jogja, padahal sebenarnya pia berasal dari Cina. Sensasi yang dirasakan saat mengunyah pia adalah rasanya yang lembut, walau tak lembut-lembut amat, kemudian rasanya (cokelat, keju, kacang ijo, dan lain-lain) akan lumer di mulut saat menikmatinya.

Itu dia daftar oleh-oleh khas Bandung yang beragam jenis dan harganya. Kamu bisa membelikan aneka macam buah tangan untuk kerabat, saudara, kolega, atau bahkan tetangga dekat rumah. Dengan membelikan mereka oleh-oleh tersebut, kamu secara tak langsung menceritakan bagaimana keindahan kota Bandung kepada mereka.

Leave a Reply