10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak

Posted on

Semua kota terkenal di Indonesia, rata-rata memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, salah satunya seperti kota Semarang. Kota yang masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah ini kerap kali dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah, hingga ada juga wisatawan yang berasal dari luar negeri.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Kebanyakan tujuan mereka berkunjung tidak lain seperti ingin menikmati masa liburan dengan berwisata dan jalan-jalan. Namun terkadang ada pula yang datang ke Semarang karena urusan bisnis ataupun pekerjaan. Kalau pun Anda punya kesempatan berkunjung ke kota ini, pastinya Anda pun tak ingin pulang dengan tangan kosong, sehingga Anda pun wajib untuk membawa oleh-oleh khas semarang.

10 oleh-oleh khas semarang

Seperti yang sudah kita ketahui, negara ini adalah negara yang memiliki banyak sekali perbedaan baik kebiasaan, adat hingga kebudayaan. Maka dari itu, ciri khas dari masing-masing daerah hingga kota pun memiliki perbedaan satu sama lain. Hal ini juga berimbas pada ciri khas kuliner dan oleh-oleh yang berbeda. Oleh karena itu, Anda pun harus tahu apa saja oleh-oleh dari kota Semarang yang bisa dipilih untuk dibawa pulang.

1. Lumpia Khas Semarang

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Pasti Anda berpikir, sebenarnya apa yang spesial dengan lumpia? Bukannya makanan ini bisa dijumpai dimana saja? Itu memang benar, tapi yang akan kita bahas kali ini adalah mengenai lumpia khas kota semarang. Lumpia yang satu ini memiliki cita rasa yang berbeda dengan lumpia lainnya. Anda bisa mendapatkan lumpia lezat ini apabila berkunjung ke pusat oleh-oleh kota Semarang dan juga bisa didapatkan di toko-toko pinggir jalan. Uniknya, Anda pun bisa bertanya mengenai resep rahasia dari lumpia ini, sehingga Anda dapat membuatnya sendiri di rumah.

Baca :   12 Makanan Khas Tasikmalaya yang Perlu Anda Coba

2. Tahu Bakso

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Pernah makan tahu bakso makanan yang terkenal di Semarang? Coba deh, rasanya selain enak, ternyata tahu bakso juga punya cita rasa unik, apalagi jika dimakan hangat-hangat bersama cabai rawit atau dicocol saus sambal. Hmm, terbayang kan pasti nikmat sekali. Ada dua pilihan tahu bakso yang bisa Anda beli sebagai oleh-oleh, yakni tahu bakso rebus dan tahu bakso goreng. Daripada bingung pilih mana, mending pilih keduanya dan beli sebanyak-banyaknya. Sebagai rekomendasi, coba datanglah ke tempat Tahu Bakso Bu Budji yang ada di Ungaran. Tempat yang berdiri sejak 1995 ini menjual tahu bakso dengan cita rasa yang endesss banget.

3. Bandeng Juwana

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Bendeng Juwana merupakan nama oleh-oleh sekaligus brand hasil olahan ikan bandeng yang terkenal di kota Semarang. Aneka olahan bandeng juawana, berupa otak-otak bandeng, bandeng asap, bandeng duri lunak dan lain sebagainya. Anda pasti sudah paham kan, ketika hendak makan ikan bandeng dari hasil masakan sendiri pasti akan sangat direpotkan dengan duri-durinya. Namun, akan lain halnya dengan bandeng juwana ini, bahkan tak ada sedikitpun duri ketika dikonsumsi. Walaupun ada, duri tersebut sudah lunak dan aman untuk dimakan. Untuk mendapatkan bandeng juawana, Anda bisa singgah di Jalan Pandanaran 57 dan Jalan Pamularsih 70.

4. Roti Ganjel Rel

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Nama makanan yang satu ini sangatlah aneh tapi juga lucu. Sebab, karena bentuk dan teksturnya yang keras, roti ini mendapat julukan sebagai ganjel rel. Walaupun demikian, roti yang terbuat dari komposisi tepung tapioka, santan, air nila, kayu manis dan taburan wijen ini memiliki rasa yang enak.

5. Moaci Gemini / Mochi

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Mochi yang dimaksudkan di sini bukanlah kue khas Jepang, karena ada pula mochi khas kota Semarang. Kue mochi atau moaci Gemini khas semarang ini khas dengan tekstur kenyal dan apabila digigit di dalamnya terdapat manis, legit dan gurihnya dengan perpaduan kacang cincang beserta gula. Jika dikatakan, mochi yang satu ini hampir mirip dengan onde-onde, namun diantara keduanya masih terdapat berbedaan. Penasaran dengan mochi semarang? Datanglah ke berbagai pusat perbelanjaan dan toko-toko di Semarang, dengan uang sekitar 45 ribuan saja, Anda sudah bisa membawa 25 biji kue mochi.

Baca :   10 Oleh-oleh Khas Magelang Jawa Tengah Yang Rekomended

6. Lontong Spekkoek Waiki

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Nama kuliner yang satu ini juga tak kalah unik dan nyeleneh, tapi cita rasanya tetap nomor satu. Sebenarnya Lontong Spekkoek Waiki bukanlah lontong beras, merupakan kue lapis legit yang dibungkus dengan daun pisang, sehingga menyerupai lontong. Apabila Anda ingin mencicipi dan ingin membawanya sebagai oleh-oleh khas Semarang, maka berkunjunglah ke Jalan Senjoyo 2 No.1 kota Semarang.

7. Peyek Tumpi

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Secara keseluruhan tekstur dan juga rasa dari peyek rumpi hampir sama dengan peyek pada umumnya. Bedanya, yang dipakai bukanlah toping kacang tanah, karena penyek tumpi menggunakan toping dari kacang hijau. Ketika dimakan dan pecah di mulut, cita rasanya yang gurih akan terdengar begitu renyah dan ramai ketika dikunyah. Penyek tumpi ini juga bisa menjadi camilan yang bisa dibawa pulang sebagai buah tangan. Supaya mendapatkan peyek rumpi yang gurih, enak dan renyah, coba datanglah di daerah Karangbolo, tepatnya di Desa Lerep, Ungaran Barat, Kota Semarang.

8. Kue Sarang Madu

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Semarang selanjutnya, adalah kue sarang madu. Kue manis khas semarang ini terbuat dari olahan tepung beras dengan campuran atas dan bagian atasnya dilapisi oleh olesan gula merah. Walaupun terbilang kue kuno, tapi keberadaannya masih populer di Jawa Tengah, termasuk di Semarang. Harganya pun terbilang terjangkau dan bisa didapatkan di semua toko / pusat oleh-oleh di kota Semarang.

9. Roti Brillian

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Roti Brillian atau Brillian Super Cake menjadi oleh-oleh favorit para wisatawan yang berkunjung di Semarang. Kue yang satu ini dibuat dengan bahan-bahan pilihan dan menggunakan resep turun-menurun. Walau tidak menggunakan bahan pengawet, tapi roti ini bisa bertahan hingga 60 hari. Pilihan rasanya pun bervariasi dan Anda bisa mendapatkannya di toko Roti Brillian yang ada di Jalan Simpang Lima dengan harga sekitar 100 ribu rupiah per dusnya.

Baca :   10 Makanan Khas Kediri yang Terkenal Sangat Enak

10. Brownies Opium

10 oleh-oleh khas semarang yang murah dan enak Oleh-oleh

Jangan salah ya, karena cake ini tidak terbuat dari obat terlarang. Walaupun namanya sungguh unik tapi brownies yang ini sangat istimewa karena full banget cokelatnya. Brownies Opium ini pun bervariasi, begitu pula dengan harganya. Anda bisa membeli brownies opium ini di sekitaran Jalan Erlangga Barat 7 No. 6 Semarang atau bisa juga untuk datang ke Jalan Jati Raya No. F-12 C Banyumanik Semarang.

Sebenarnya masih banyak sekali oleh-oleh khas Semarang lainnya, tapi yang disebutkan disini hanya yang populer saja sekaligus yang direkomendasikan untuk para wisatawan. Eh, tapi Anda jangan asal pilih dan beli oleh-oleh ya. Sebab, Anda harus menyesuaikan dengan lamanya waktu dan tempat tujuan Anda selanjutnya.

Lihat juga oleh oleh khas banyuwangi

Apabila Anda membutuhkan waktu lama dan perjalanan panjang untuk kembali ke rumah, sebaiknya Anda pilih oleh-oleh yang tahan lama serta tidak cepat basi. Pasalnya, oleh-oleh tersebut pasti hanya akan Anda berikan kepada orang-orang terkasih, sehingga Anda pun tak ingin membalas penantian mereka dengan kekecewaan.

 

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *