10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah

Posted on

Solo merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang terkenal dengan budayanya. Kota yang menyimpan banyak cerita sejarah ini memang sangat menarik untuk dikunjungi. Kota solo juga terkenal akan keramahan penduduknya. Berkunjung ke kota Solo sangat kurang lengkap rasanya jika tidak mencoba nikmatnya makanan khas Solo.

Setiap tempat tentu memiliki kuliner yang berbeda dengan daerah lainnya karena ini merupakan salah satu ciri khas sebuah daerah, sama halnya dengan Solo yang menyimpan beragam kuliner khas Solo yang tentunya sangat sayang jika tidak coba dicicipi.

Lihat juga Makanan Khas Aceh Enak dan Lezat

Kali ini makananoleholeh.com ingin berbagi kurang lebih 10 makanan khas solo yang enak seperti nasi liwet solo, selat solo, timlo solo dan masih banyak yang lainnya. Bagi penggemar wisata kuliner tentu ini hal yang sangat dinanti-nanti. Sudah tidak sabar apa saja wisata kuliner  khas solo tersebut, yuk simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Makanan Khas Solo yang Enak dan Lezat

1. Nasi Liwet Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Daftar makanan asli Solo yang pertama yang sangat terkenal yaitu nasi liwet. Nasi liwet merupakan sebuah hidangan yang terdiri dari nasi gurih yang dipadukan bersama dengan sayuran jipang, telur, daging ayam, santan kenal, opor serta beberapa bahan makanan lain. Nasi liwet disajikan dengan menggunakan daun pisang.

Cara penyajiannya juga terbilang unik karena daun pisangnya ditekuk serta disematkan menggunakan lidi agar berbentuk seperti kerucut. Masyarakat menyebutnya dengan pincukan.

Banyak sekali warung makan di Solo yang menjual nasi liwet, kamu bisa datang ke daerah mangkunegaran, disana banyak sekali penjual nasi liwet. Untuk harganya nasi liwet ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp.15.000, bagaimana cukup murah bukan?

2. Selat Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Daftar kuliner dari Solo yang kedua ini memang sangat terkenal. Selat solo ini juga menjadi menu yang dihidangkan kepada Raja Salman ketika sedang datang ke Indonesia.

Satu porsi selat solo terdiri dari beberapa makanan seperti irisan daging seperti steak, telur, potongan buncis, wortel kentang serta dilengkapi dengan kuah semur. Kata “selat” ini memiliki arti dalam bahasa Jawa yang berarti “slaatje” yang dalam bahas Belanda berarti “Salad”.

Menurut cerita yang beredar, pada zaman penjajahan dahulu warga pribumi Solo tertarik dengan santapan “Salad”. Nah karena Selad kurang pas dengan lidah pribumi maka dirombaklah salad ini menjadi Selat Solo yang terkenal sampai sekarang.

3. Serabi Notosuman

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Serabi merupakan kuliner yang mirip dengan pancake dimana dalam satu adonan terdiri dari beras, santan, gula, garam serta daun pandan yang digunakan sebagai pewangi.

Serabi memiliki tekstur yang kental serta lembut dengan rasa yang legit. Serabi notosuman ini berbeda dengan serabi kebanyakan. Serabi notosuman dihidangkan tanpa adanya kuah manis serta memiliki bentuk tipis sehingga rasa santannya sangat pekat.

Disebut dengan Serabi Notosuman karena makanan khas Solo ini berkembang dengan pesat di daerah Notosuman sejak tahun 1926. Ada banyak penjual serabi yang mengembangkan usaha awalnya di daerah Notosuman, sehingga nama ini pun diadopsi menjadi nama makanan khas Solo.

4. Timlo Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Timlo solo ini merupakan sajian yang berisi daging ayam, ati ampela ayam, sosis goreng khas solo. Serta yelur pindang khas kedai timlo. Nah sosis goreng khas Solo ini juga berbeda dengan sosis kebanyakan dimana sosisnya terbuat dari kulit lumpia atau risoles yang dilipat mirip dengan martabak serta digoreng.

Dalam satu lipatan sosis solo berisi daging ayam bagian dada yang disuwir. Setelah itu gorengan sosis dihidangkan dalam potongan kecil. Sosis inilah yang membedakan makanan solo dengan jenis makanan berkuah lainnya seperti soto serta sup.

Untuk harga timlo khas solo ini bisa dinikmati dengan mengeluarkan uang sebesar Rp.15.000 saja.

5. Tahu Kupat Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Sajian dari solo selanjutnya ini yaitu tahu kupat. Tahu kupat adalah makanan yang terdiri dari ketupat, mie basah, taoge, tahu goreng hangat, bakwan goreng yang sudah dipotong serta taburan kacang goreng.

Seluruh bahan tersebut kemudian dihidangkan bersama dengan bumbu kecap manis encer ditambah rasa bawang dan taburan bawang goreng.

Biasanya, makan tahu kupat ini akan terasa kurang lengkap tanpa tambahan telur dadar dan ditemani kerupuk. Jika Anda penyuka makanan pedas, sajian ini bisa dipesan dalam rasa pedas dengan menambahkan ulekan cabai rawit merah ke dalamnya.

Kamu semua bisa mendapatkan menu masakan ini dengan harga yang cukup terjangkau. Tahu kupat tanpa telur dibanderol dengan harga 7.000 rupiah sedangkan yang pakai telur dibanderol dengan harga 10.000 saja.

6. Tengkleng Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Olahan asli Solo selanjutnya yang wajib dicicipi ketika berkunjung ke Solo yaitu tengkleng. Tengkleng merupakan makanan dengan menggunakan daging kambing sebagai bahan dasarnya. Tengkleng lebih banyak berisi tulang kambing dengan sedikit daging yang menempel.

Secara sekilas masakan satu ini mirip dengan gulai namun memiliki kuah yang agak encer. Tengkleng memiliki cita rasa gurih dan pedas sehingga membuat kita semakin nikmat ketika mencicipinya.

7. Soto Gading

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Kuliner dari solo yang ketujuh ini yaitu Soto Gading. Soto Gading ini merupakan sebuah nama salah satu tempat kuliner yang wajib kamu kunjungi.

Soto gading menjual soto ayam dengan kaldu yang kental sehingga menghasilkan rasa yang akan memanjakan lidah anda. Keunikan dari soto gading ini yaitu menjadi soto langganan para orang nomor 1 di Indonesia.

8. Bakso Solo

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Berkunjung ke Solo sangat kurang rasanya jika belum mencicipi nikmatnya bakso satu ini. Bakso adalah makanan favorit yang hampir ada diseluruh wilayah Soli sehingga tidak heran jika Solo juga dikenal dengan nama kota bakso.

Nah salah satu bakso yang paling terkenal di Solo yaitu bakso kadipolo. Bakso ini sangat terkenal di Solo, bahkan kamu bisa menjumpai cabangnya di berbagai sudut kota Solo.

9. Sate Buntel

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Sate buntel ini merupakan kuliner yang sangat digemari presiden kedua Indonesia. Bahkan bapak Joko Widodo juga cukup menggemari sate buntel.

Sate buntel ini merupakan sate yang terbuat dari daging kambing yang sudah dicacah kemudian dibungkus dengan menggunakan lapisan lemak tipis, setelah itu baru dibakar. Sate buntel memberikan kenikmatan tersendiri bagi penikmatnya.

Lemak pembungkus yang terbakar menambah aroma, yang mengundang kamu untuk segera menikmatinya. Dengan bumbu kecap, irisan bawang merah dan daun kol, serta jeruk nipis dan cabai rawit sebagai tambahan, kamu akan mengetahui alasan mengapa Soeharto dan pak Jokowi begitu menyukai Sate Buntel ini.

10. Brambang Asem

10 Makanan Khas Solo Yang Enak dan Murah Makanan

Jika kamu ingin mencicipi makanan tempo dulu maka brambang asem ini jawabannya. Sesuai dengan namanya, Brambang Asem adalah jenis makanan yang terbuat dari daun ubi jalar yang kemudian direbus.

Brambang asem memiliki rasa pedas yang ditimbulkan dari aroma bawang merahnya dan biasanya akan disantap bersama dengan tempe gambus. Tempe gambus ini merupakan tempe yang menggunakan ampas tahu sebagai bahan dasarnya.

Lihat juga Makanan Khas Sunda Terenak

Makanan khas Solo cukup banyak jumlahnya, jika kamu merupakan penggemar kuliner khas Solo maka jangan sampai melewatkan daftar makanan berikut ini”



Tags: ciri khas makanan krasidenan solo, makanan di kota solo yang enak dan murah, makanan murah di solo, makanan solo jawa tengah
Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *