Written by 04:36 Makanan Khas

Makanan Internasional dan Asalnya

Bulgogi

Peran media sosial dan berbagai program televisi mempengaruhi dunia kuliner di kalangan masyarakat. Berbagai informasi mengenai makanan internasional bisa diakses sepenuhnya. Tidak heran bila banyak warung kaki lima hingga restoran mulai menjualnya. Hasilnya sangat menyenangkan, rasa penasaran masyarakat Indonesia cukup tinggi.

Lihat juga makanan khas indonesia

Pertumbuhan bisnis kuliner dari berbagai negara ini terus berkembang. Mulai dari dessert, appatizer, dan main course sampai snack. Pilihannya sangat beragam bahkan, hampir semuanya bisa di buat. Berikut ini, rekomendasi hidangan khas luar negeri yang bisa di buat dan tersedia di daftar restoran.

Makanan Internasional yang Mudah Dibuat

1. Maccaroni And Cheese – Inggris Raya

Maccaroni And Cheese

Bahan utama pembuatan menu satu ini adalah makaroni. Pertama kali di olah pada abad ke 13 di Italia bagian Selatan. Pada waktu itu, hidangan tersebut digunakan sebagai salah satu menu andalan untuk para raja. Ternyata, menjadi kesukaan Raja Napoli. Selain makaroni, bahan lain yang harus disiapkan adalah mentega, tepung terigu, keju cheddar, gula.

Kemudian, ada garam, merica bubuk, keju mozzarella. Tidak hanya di Italia saja, presiden ke 3 Amerika Thomas Jefferson juga menyukai menu tersebut. Setelah kunjungannya dari Prancis, menyuruh kepala dapur kepresidenan membuatkan menu tersebut melalui gambaran langsung, Hingga akhirnya 1802, hidangan tersebut disajikan pertama kali.

2. Lasagna – Italia

Lasagna

Banyak restoran Italia menghadirkan menu satu ini dan berpikir bahwa Lasagna berasal dari Italia. Tetapi, bila dirunut dari sejarahm sebenarnya menu satu ini berasal dari Yunani Kuno. Untuk membuat siapkan daging, susu, keju, tepung, seledri, wortel, bawang bombay, daun basil, parsley dan pasta tomat.

3. Sushi – Japan

Sushi

Salah satu hidangan Jepang yang paling terkenal adalah Sushi. Bila merujuk dari sejarah, sebenarnya nama ini merupakan teknik pengawetan ikan di atas nasi asin. Tetapi, seiring perkembangan zaman, tidak hanya ikannya saja yang di makan tetapi, nasi juga ikuut disantap. Hanya saja cara di tambah dengan sayuran dan nori untuk menambah cita rasa.

4. Mapo Tofu – Tiongkok

Mapo Tofu - Tiongkok

Tidak hanya di Indonesia saja. Tahu juga dijadikan sebagai salah satu bahan makanan internasional khususnya adalah Tiongkok. Mereka sering menyebutnya dengan nama Tofu. Cita rasanya enak, gurih, sedikit pedas. Cocok dijadikan sebagai hidangan makan malam. Untuk menu dite juga baik.

Seperti namanya, bahan utama dari menu satu ini adalah tahu. Daging, jahe, bawang putih, saus sambal dan tomat, kecap inggris, garam, gula pasir, kecap asin, daun bawang, kaldu sapi, tepung serta wijen. Lada dan sedikit mnyak. Saat musim hujan, olahan satu ini sangat cocok untuk dinikmati. Di tambah nasi hangat pasti rasanya lezat.

5. Tuna Mayonaise Onigiri

Tuna Mayonaise Onigiri

Jepang menjadi salah satu negara yang mempunyai menu makanan nikmat dan lezat. Selain Sushi ada lagi Onigiri. Mempunyai berbagai macam isi, bisa ayam atau ikan bentuknya segitiga dan kepal. Menggunakan rumput laut dengan berbagai macam rasa, ada yang pedas dan asin cita rasa lua biasa. Cocok digunakan untuk sarapan pagi.

6. Chicken Cordon Blue

Chicken Cordon Bleu

Menu satu ini berasal dari Swiss dengan isi daging dan di tambah keju. Kemudian, pada tahun 1967, melalui New York Times diperkenalkan nama lain yaitu Chicken Cordon Bleu. Bahan yang digunakan adalah dada ayam tanpa tulang, smoked beef, keju, telur, tepung roti, bawang merah, bawang putih, minyak dan merica.

7. Bulgogi

Bulgogi

Korea Selatan tidak hanya disukai karena, film drama saja. Melainkan, berbagai macam menu makanan yang banyak dan enak. Menu satu ini berasal dari Dinasti Gugoryeo yang berdiri kurang lebih tahun 37 SM. Pada waktu itu, saat masa kependudukan Jepang, harga daging sapi sangat mahal.

Lihat juga makanan khas daerah

Akhirnya, masyarakat Korea membuat menu satu ini. Sejak tahun 1990, harga daging sapi sangat murah. Banyak orang membuat Bulgogi, seketika makanan tersebut langsung meledak di pasaran. Tidak hanya di Korea Selatan, Indonesia yang lebih menyukai makanan cepat saji, juga tidak ragu membelinya.

8. Omurice

Omurice

Kuliner satu ini memang unik, karena merupakan makanan khas Jepang dan Korea. Bahan utama adalah nasi. Ayam, bawang bombay, kecap asin, garam, kecap manis, keju telur dan susu. Tidak hanya nasi putih, Anda bisa menggunakan Nasi Goreng sebagai bahan isiannya. Cocok digunakan untuk sarapan atau makan siang.

9. tteokbokki

tteokbokki

Daftar makanan internasional ini berasal dari Korea dan sudah tersedia sejak zaman dinasti Jaseon. Waktu itu, hanya tersedia di lingkungan kerajaan saja. Seiring perkembangan zaman, akhirnya menu satu ini diperbolehkan dinikmati masyarakat. Saat ini Tteobokki sudah dijual di berbagai macam restoran dan warung kaki lima.

Satu hal yang unik dari menu ini adalah warnanya yang merah, tetapi tidak pedas sama sekali. Saus yang digunakan adalah Gungjung. Terbuat dari Kecap, sayuran dan daging sapi. Bahn utama dalam membuat hidangan ini adalah tepung kue beras. Olahnnya beragam, ada yang di tambah dengan kari atau carbonara.

10. Ramen

Ramen

Hampir semua orang menyukai bahan utama mie. Banyak orang Jepang membuatnya tetapi, sebenarnya olahan tersebut berasal dari China. Ciri khas dari kuliner satu ini adalah kuah kaldu yang cukup kental dan nikmat. Saat disantap rasanya menyegarkan. Banyak komponen lain sebagai pendukung dari menu satu ini.

Pembuatannya menggunakan daging dan kuah babi, itulah alasan utama mengapa makanan ini sangat lezat. Tetapi, setelah masuk di negara muslim. Kuah tersebut kemudian diganti menggunakan jenis kaldu lain. Cita rasanya tidak berubah tetap saja nikmat. Tambahan lainnya ada telur, daging ayam, dan sedikit sayur.

11. Pasta Oglio E Olio

Pasta Aglio E Olio

Masih berhubungan dengan mie, tetapi ada di belahan bumi Eropa khususnya Italia yang punya berbagai hidangan dan minuman menark. Salah satunya adalah Pasta Oglio E Olio. Menu spaghetty yang paling mudah dan sederhana cara membuatnya. Karena, tidaj menggunakan bumbu terlalu banyak hanya bawang putih dan minyak saja.

Tetapi, saat ini makanan internasional ini tidak hanya seperti itu saja. Melainkan, ditambah dengan potongan sayuran, ayam dan daging Sehingga, tercipta rasa yang enak menggoda. Bisa dibuta pedas atau sedang. Untuk komponen lainnya, sesuai dengan kreasi seperti sossis, meat ball, atau smoked beef.

12. Roti Prata

Roti Prata

Menu makanan internasional ini berasal dari India, sejenis roti mempunyai tekstur lebih tipis serta renyah. Biasanya langsung dimakan begitu saja tanpa ada kuah pendamping. Cara membuatnya menggunakan Tepung terigu, ayam, susu bubuk, gula halus, garam, margarin dan minyak.

13. French Toast

Menu satu ini sudah ada sejak abad ke 4 pada zaman romawi kuno. Menariknya, pada masa itu mereka membuatnya menggunakan roti basi. Cita rasanya lebih kuat dan lezat. Ditambah, telur, susu, mentega hingga daging pada saat proses pemanggangan. Nama dari hidangan ini bukan diambil dari prancis, melainkan dari Irlandia Kuno.

14. Samosa

Samosa

Menu satu ini diperkirakan berasal dari Asia Tengah pada abad ke 10 kemudian, diperkenalkan di India. Seiring berjalannya waktu, makanan tersebut berkembang dengan hadirnya berbagai macam sajian khas serta penambahan komponen seperti, pai kecil, kacang walnut, pistacio dan masih banyak lagi.

15. Belgian Waffle

Dessert makanan internasional ini menjadi rekomendasi terakhir adalah Belgian Waffles, sempat terkenal setelah namanya hadir dalam World Fair pada tahun 1964 di New York. Menu satu ini cocok digunakan sebagai sarapan pagi, dipadukan dengan cappucino atau teh hangat.

Lihat juga makanan khas bali

Masih banyak makanan Internasional yang saat ini dijual di Indonesia, dengan berbagai macam kresi. Ada crepes, pizza dan masih banyak lagi. Semuanya nikmat, bisa dibuat di rumah dari cara yang penuh teknik hingga mudah. Kalau Anda mau pilih yang mana?

 

Last modified: 19 December 2020