14 Makanan Khas Padang yang Terkenal Sangat Enak

Padang, Sumatera Barat, memiliki kekayaan kuliner yang luar biasa. Bahkan kehadiran kuliner khas Padang ini sudah berada di seluruh nusantara dari sabang hingga merauke. Kekhasan dari masakan padang yang cukup kuat pada bumbu rempahnya yang membuat masakan khas Padang banyak disukai dan dicari oleh masyarakat luas.

Bumbunya yang kuat membuat masakan padang memiliki rasa khas yang unik. Selain itu biasanya proses memasaknya yang masih menggunakan tungku tradisional membuat rasa dan aroma masakan khas Padang menjadi lebih nikmat. Untuk kamu yang ingin tahu apa saja makanan khas Padang yang populer, berikut MakananOlehOleh.com telah buat daftarnya.

1. Rendang

Makanan khas Padang Sumatera Barat pertama adalah rendang. Rendang yang terbuat dari daging sapi ini bahkan dinobatkan dalam seratus daftar makanan terenak sedunia versi CNN. Racikan rempah-rempah yang kuat disertai dengan daging yang lembut membuat rasa rendang ini banyak diburu oleh banyak orang. Masakan rendang ini merupakan masakan yang umum kita jumpai jika berkunjung ke warung padang.

Kelembutan daging dan bumbu kuahnya yang gurih membuat lidah penikmatnya akan ketagihan ingin menikmatinya lagi dan lagi. Rendang ini dimasak dalam waktu yang sangat lama. Karena proses masak yang memakan waktu itulah yang membaut bumbu rendang meresap sempurna sampai ke bagian terdalam daging sapi. Menyantap rendang hanya ditemani dengan nasi putih saja sudah terasa nikmatnya.

2. Dendeng

Makanan khas Padang yang enak berikutnya adalah dendeng. Dendeng biasanya juga dibuat dari daging sapi, sama seperti rendang. Meskipun sama-sama terbuat dari daging sapi, namun tekstur dendeng lebih cenderung keras jika dibandingkan dengan tektur daging pada rendang. Dendeng biasanya dimasak hanya dengan digoreng atau ditumis saja.

Dendeng dibuat dengan cara menjemur daging sapi hingga benar-benar kering. Namun sebelumnya daging sapi yang digunakan sebelum dijemur sudah diberi bumbu berupa rempah-rempah yang akan membuat daging sapi menjadi lebih awet. Selain itu, rempah-rempah ini juga akan memperkuat rasa dari dendeng itu sendiri. Mengolah daging menjadi dendeng tujuan utamanya adalah untuk membuat daging lebih awet.

3. Nasi Lemak

Satu lagi makanan khas adat Padang yang satu ini bernama nasi lemak. Nasi lemak ini biasanya disajikan untuk upacara-upacara khusus. Nasi lemak biasanya dimasak menggunakan kayu bakar. Proses pemasakan yang lama membuat rasa masakan ini menjadi istimewa. Selain itu, nasi lemak biasanya disajikan dengan dialasi daun pisang.

Jika ada keluarga berkunjung, nasi lemak ini menjadi makanan khas yang tidak boleh dilupakan oleh pemilik rumah untuk disajikan. Selain itu, bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah yang salah satunya adalah kunyit. Beras dimasak dengan menggunakan kunyit hingga matang. Kunyit yang ditumbuk hingga halus baru dimasak bersamaan dengan beras.

4. Soto Padang

Makanan khas Padang Panjang yang berikutnya adalah soto padang. Soto padang tidak berbeda dari soto khas daerah lain di Indonesia. Soto padang ini menggunakan bahan dasar berupa ayam maupun daging sapi. Perbedaan antara soto padang dengna soto dari kota lain adalah soto khas padang ini disajikan bersamaan dengan potongan perkedel kentang yang sangat istimewa.

Soto padang ini memiliki kuah yang cenderung bening. Mungkin tidak ada bedanya dengan kuah soto betawi yang bening. Proses penyajiannya adalah mengggunakan mie bihun dan potongan perkedel. Daging sapi yang dipilih adalah yang sudah diolah menjadi dendeng kemudian digoreng hingga kering. Hal ini pula yang membedakan soto padang dengan soto khas daerah lainnya. Meskipun menggunakan dendeng, namun dagingnya tetap lembut di lidah.

5. Sate Padang

Makanan khas Padang beserta penjelasannya yang satu ini adalah sate padang. Sate merupakan makanan yang diolah dengan cara dibakar menggunakan bara api yang menyala. Begitu pula dengan sate padang. Jika biasanya sate pada umumnya menggunakan bumbu berupa bumbu kacang, namun ketika Anda mencoba sate padang Anda tidak akan menemukan bumbu kacang di dalamnya.

Sate padang ini menggunakan bumbu berupa bumbu kuning yang khas dan kuat akan aroma rempah-rempahnya. Bumbu dari sate padang ini cenderung kental. Disajikan bersama dengan lontong atau nasi, membuat sate padang ini sangat mengenyangkan. Bumbu rempah yang cenderung pedas ini membuat siapa saja selalu ingin menyantapnya.

6. Gulai Gajeboh

Makanan khas Padang Bukittinggi berikutnya adalah gulai gajeboh. Pernah dengar nama gulai ini? Gulai ini memiliki rasa yang istimewa, bahkan bisa dikatakan bahwa gulai ini merupakan makanan surga bagi penikmat kuliner. Makanan yang menggunakan bahan utama dari daging sapi ini memiliki rasa yang sangat istimewa. Bagaimana tidak istimewa, bumbu yang diracik khusus ini mampu meresap sempurna sampai ke bagian terdalam dari daging.

Meskipun nikmat dan menyimpan daya “adiktif” yang tinggi, makanan ini sebenarnya sangat tidak disarankan untuk Anda yang memiliki keluhan penyakit kolesterol. Sebab bagian utama yang digunakan untuk membuat gulai ini adalah daging sapi bagian punuk. Yaitu bagian daging yang memiliki kandungan lemak yang sangat tebal. Jadi bisa dipastikan kandungan kolesterolnya cukup tinggi dan tidak cukup bersahabat untuk penderita kolesterol.

7. Kacimuih

Masakan khas kota Padang yang terkenal satu ini sebenarnya bukan makanan berat, melainkan makanan ringan semacam camilan untuk teman berbincang. Meskipun bukan makanan berat, namun mengonsumsi makanan ini sudah cukup membuat perut kamu terisi untuk sementara waktu. Sebab makanan ini terbuat dari singkong yang dimasak dengan cara diparut dan dikukus.

Cara penyajian dari makanan ini adalah singkong yang sudah diparut kasar dan sudah dikukus ini kemudian diberi taburan berupa parutan kelapa dengan taburan gula berupa gula pasir atau gula merah. Rasanya sangat gurih dan nikmat. Apalagi jika kamu ingin bersantai sambil minum kopi, makanan ini semakin membuat suasana santai kamu semakin mengenyangkan.

8. Lompong Sagu

Makanan khas Padang yang satu ini sebenarnya berasal dari daerah Subulusaalam, Aceh. Namun masakan ini sudah berhasil mencuri perhatian masyarakat padang dan membuat warga padang menyukai jajanan ini. Jajanan yang terbuat dari makanan pokok masyarakat Papua, yakni sagu, ini memiliki aroma yang cukup unik sehingga siapa pun yang belum pernah mencobanya akan dibuat penasaran.

Sagu yang dicampurkan dengan kelapa beserta pisang kemudian dibungkus menggunakan daun pisang kemudian dimasak dengan cara dibakar di atas tungku kayu bakar. Hal inilah yang membuat rasa lompong sagu sangat istimewa dan digemari banyak orang. Selain itu teksturnya yang khas mewajibkan kamu untuk mencicipi makanan ini terus-terusan. Perpaduan gurih dan manis yang berasal dari kelapa dan pisang ini membuat rasa lompong sagu semakin gurih nikmat.

9. Sate Lokan

Masakan khas orang Padang yang selanjutnya adalah sate lokan. Sate ini berasal dari daging lokan. Lokan adalah sebutan untuk hewan sebangsa kerang laut di daerah Padang. Makanan ini dimasak dengan cara yang tidak berbeda dengan sate padang pada umumnya yaitu dengan cara dibakar menggunakan bara api dari tungku kayu bakar.

Sate lokan ini terbuat dari daging lokan yang diberi bumbu berupa bumbu gulai kental yang disiramkan di atas sate yang sudah dibakar hingga matang. Taburan bawang goreng membuat sate ini semakin istimewa. Hal istimewa lainnya dari sate khas Padang adalah bisa disantap ketika baru matang bersama lontong ataupun nasi putih hangat.

10. Asem Pandeh Daging

Masakan khas Padang Sumbar selanjutnya adalah asem pandeh daging. Seperti masakan khas padang lainnya, masakan ini menggunakan bahan dasar berupa daging sapi. Namun yang istimewa dari masakan ini adalah adanya rasa asam pada kuah masakan ini. Jika pada umumnya masakan padang adalah santan yang gurih, berbeda dengan masakan ini.

Rasa asam kandis yang dominan membuat daging sapi ini memiliki rasa yang istimewa. Keistimewaan berikutnya adalah masakan ini sangat nikmat jika disajikan hangat. Kuah asam yang bening ini memberikan varian rasa baru dari daging sapi yang membuat kamu dijamin pasti ketagihan saat memakannya. Asam kandis merupakan komponen bumbu utama dari masakan ini.

11. Lemang Tapai

Makanan khas Padang yang sangat enak yang satu ini bisa juga ditemukan di luar Padang, seperti Bengkulu. Di Padang, makanan ini sangat mudah ditemui jika saat bulan puasa. Jika bukan bulan puasa maka akan sulit menemukan makanan ini. Lemang yang merupakan beras ketan yang dicampurkan dengan santan dan dibakar di dalam ruas bambu membuat aroma yang dihasilkan menjadi semakin istimewa.

Tapai yang digunakan dalam masakan ini adalah tapai yang terbuat dari beras ketan hitam. Cara mengkonsumsinya juga mudah, kamu bisa mengiris tipis lemang tersebut kemudian mencocolnya ke dalam tapai beras ketan hitam yang memiliki rasa campuran asam manis. Atau jika kamu suka, kamu bisa mencampurnya langsung lemang ini dengan tapai ketan hitam seperti makan kolak.

12. Gulai Tunjang

Makanan khas Padang yang terkenal enak satu ini masih seputar gulai. Gulai satu ini bernama gulai tunjang. Gulai ini terbuat dari daging tunjang. Tunjang sendiri adalah kaki sapi. Jika biasanya masakan padang menggunakan bagian dagingnya, berbeda dari masakan yang satu ini. Masakan ini menggunakan kaki sapi sebagai bahan dasarnya. Selain itu, untuk bumbunya semuanya hampir sama.

Seperti pada gulai pada umumnya, gulai ini menggunakan bumbu rempah seperti kunyit, lengkuas, cabe, merica, dan sereh. Bumbu-bumbu tersebut dipadukan dengan santan kelapa kental dan dimasak dengan menggunakan tungku dalam waktu lama membuat kaki sapi ini menjadi matang sempurna dan bumbunya benar-benar terasa sampai ke dalam.

13. Katupek Pical

Makanan khas Padang yang terkenal ini berbeda dari yang lainnya. Namanya adalah katupek pical. Kedengarannya seperti tidak asing. Benar sekali, masakan ini terdiri dari ketupat, dipadukan dengan sayuran dan mie bihun yang disiram menggunakan kuah gulai serta bumbu kacang. Perpaduan kuah gulai dan bumbu kacang membuat rasa makanan ini gurih pedas istimewa.

Masakan ini biasanya sangat cocok jika disantap sebagai menu sarapan pagi atau jika kamu tidak ingin makan dengan makanan yang terlalu berat, maka kamu bisa memilih untuk menyantap makanan ini. Rasanya dijamin akan membuat kamu ketagihan. Makanan ini yang jelas selain lezat juga sehat dengan adanya sayuran sebagai bahan utamanya.

14. Gulai Anyang

Masakan khas padang yang terkenal sangat enak berikutnya adalah gulai anyang. Seperti masakan sebelum-sebelumnya yang menjadi ciri khas dari makanan asli Padang, masakan ini menggunakan kuah berupa santan kental yang diberi bumbu rempah seperti kunyit yang cukup banyak. Bahan dasar masakan ini adalah jeroan sapi yang sudah direbus lama hingga lunak.

Masakan ini dimasak ketika ada perayaan-perayaan khusus. Jika dalam perayaan tidak ada masakan ini, maka perayaan menjadi kurang sempurna. Bahan-bahannya seperti limpa, hati sti dan babat direbus hingga matang sempurna kemudian diberikan bumbu santan berupa rempah-rempah dan juga santan kental hingga matang sempurna.

Itulah daftar makanan khas Padang yang namanya sudah terkenal hingga ke kota-kota besar lain di Indonesia. Dari sekian banyak makanan asal Padang tersebut, pasti kita semua sudah pernah menjumpai beberapa diantaranya, seperti sate padang, soto padang, dan ketupat padang.

Leave a Reply