22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia

Jakarta, kota yang menjadi ibukota negara Indonesia, merupakan tempat yang menawarkan modernism dan juga beragam jenis objek wisata yang bisa dikunjungi. Ya, kota ini menyimpan aneka ragam objek wisata terkemuka, mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata belanja dan lainnya. Dengan banyaknya pilihan ide wisata tersebut, tidak jarang jika banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk berlibur, terutama ketika masa liburan sudah datang. Selain menawarkan beragam jenis objek wisata yang menarik, Jakarta juga terkenal dengan beberapa oleh-oleh khas Jakarta yang terkenal hingga di seluruh Indonesia. Tentu, hal ini akan menarik dan membuat Jakarta lebih terkenal lagi di telinga masyarakat Indonesia.

Nah, adanya ragam oleh-oleh yang terkenal di Jakarta ini juga menjadi daya tarik wisata tersendiri bagi para penikmat cenderamata unik. Dengan adanya banyak pilihan oleh-oleh tersebut juga para wisatawan bisa memilih mana oleh-oleh yang cocok untuk mereka beli dan bawa pulang. Disini makananoleholeh.com hanya memberikan beberapa oleh-oleh khas jakarta, mungkin dari pembaca ada yang mau menambahkan silahkan tulis saja di komentar.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas mengenai beragam pilihan oleh-oleh terbaik yang ada di Jakarta yang bisa mewarnai liburan panjang anda. Dengan banyaknya pilihan oleh-oleh, pasti liburan anda akan lebih menyenangkan. Penasaran? Simak beberapa ulasan lengkap di bawah ini. Selamat membaca.

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia

1. Oleh oleh kaos jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Kaos merupakan salah satu oleh-oleh khas Jakarta dan menjadi favorite bagi banyak wisatawan yang datang ke kota ini untuk berlibur. Jika anda ingin cenderamata yang menunjukkan identitas Jakarta, maka kaos inilah yang bisa menjadi salah satu oleh-oleh terbaik untuk dibeli. Nah, di Jakarta sendiri ada cukup banyak kaos dengan model khas Jakarta yang cukup menarik dan unik.

Di kota ini, anda akan menjumpai cukup banyak kaos dengan tema kota Jakarta. Adapun tema utama yang biasanya diangkat menjadi desain kaos adalah gambar monas, ondel-ondel, kesenian betawi dan lainnya. Tidak hanya itu, anda juga bisa menemukan desain kaos unik termasuk kaos sepak bola khas Jakarta dan lainnya.

Nah, di Jakarta sendiri cukup banyak pedagang kaos yang menjual produknya dengan kualitas yang beragam. Oleh karena itu, dalam hal ini, anda sebaiknya bertanya mengenai bahan apa yang digunakan untuk pembuatan kaos dan juga kualitas dari bahan tersebut. Bahan yang paling biasa digunakan untuk pembuatan kaos adalah katun combed 20s ataupun 30s. Bahan ini terkenal dengan daya serap yang cukup baik sehingga tidak panas saat digunakan.

Lalu, bagaimana dengan harga dari oleh-oleh khas jakarta satu ini? kaos dijual dengan harga yang cukup beragam. Dalam hal ini, anda bisa menemukan kaos yang dijual mulai dari 30,000 hingga ratusan ribu. Tentu saja, perbedaan harga berpengaruh pada perbedaan kualitas dari kaos yang ditawarkan. Selain itu, perbedaan harga kaos juga terjadi tergantung tempat penjualan kaos tersebut. Jika anda membeli kaos di Tanah Abang, barangkali anda akan mendapatkan kaos dengan harga yang lebih terjangkau.

2. Oleh-oleh khas jakarta Baju pangsi betawi

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Suku Betawi adalah suku asli Jakarta yang masih menunjukkan eksistensinya hingga kini meski sudah mulai menghilang. Namun, oleh-oleh khas Betawi masih cukup sering ditemukan di Jakarta yang bisa menjadi oleh-oleh menarik untuk keluarga di rumah. Nah, salah satu oleh-oleh khas jakarta dan merupakan produk kebudayaan betawi adalah pangsi Betawi. Tahukah anda apa itu pangsi Betawi?

Nah, pangsi Betawi sebenarnya adalah pakaian khas dari budaya Betawi yang sudah menjadi legenda. Baju ini dulunya dikenakan saat orang Betawi beraktivitas dalam kehidupan sehari-hari, seperti ketika silat ataupun hanya bersantai di rumah. Model pakaian adat yang satu ini terdiri dari beberapa bagian. Adapun beragam bagian dari pangsi Betawi tersebut adalah kemeja lengan panjang model koko yang polos, celana model menggantung, kain kotak-kotak atau batik betawi yang disematkan di leher, peci, sabuk hijau, serta sendal terompah.

Jika dilihat sekilas, pakaian ini memang akan membuat seseorang terlihat sebagai jawara atau ahli silat dalam bahasa Betawi. Selain digunakan sebagai identitas Betawi dalam keseharian, jenis pakaian ini mulai banyak digunakan untuk keperluan yang berbeda, seperti seragam komunitas, organisasi masyarakat, perusahaan, instansi dan dikenakan dalam acara kesenian betawi lainnya.

Seiring dengan berkembangnya waktu, pangsi Betawi menjadi komoditas oleh-oleh yang cukup menarik. Kini, oleh-oleh khas jakarta satu ini menghiasi cukup banyak etalase oleh-oleh Jakarta. Selain itu, cukup banyak model pangsi Betawi baru yang dikeluarkan. Dengan adanya model baru ini, pangsi Betawi hadir dengan suasana yang lebih modern dan tentu saja akan membuat anda memiliki lebih banyak pilihan saat hendak membeli.

3. Oleh-oleh Khas Jakarta Magnet Tempelan Kulkas

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Bagi anda yang ingin membeli oleh-oleh khas jakarta yang gampang dibawa dan tidak membuat ribet, maka berburu aksesoris dapat menjadi pilihan yang menarik untuk mencari oleh-oleh. Nah, tentu saja, Jakarta adalah surga dan pusatnya aksesoris. Ada ribuan jenis aksesoris yang ada di Jakarta dan bisa menjadi pilihan ketika anda sedang berburu oleh-oleh. Salah satu aksesoris yang unik dan kini menjadi pilihan bagi wisatawan adalah magnet tempelan kulkas.

Seperti namanya, aksesoris ini adalah berupa benda kecil yang ditempelkan di kulkas. Fungsi dari aksesoris ini tentu saja untuk menghias kulkas agar terlihat lebih indah dan cantik. Hal ini terkadang perlu diperhatikan karena beberapa keluarga menggunakan kulkas sebagai bagian dari dekorasi dapur. Dengan kulkas yang indah, otomatis dekorasi dapur juga akan terlihat lebih menarik dan modern.

Nah, di Jakarta, anda bisa menemukan oleh-oleh khas jakarta magnet tempelan kulkas dengan beragam model yang unik. Kini, ada cukup banyak magnet tempelan kulkas yang dibuat dengan desain khas Jakarta, seperti bentuk bajaj, ondel-ondel, monas, dan lainnya. Dengan bentuk yang unik tersebut, maka akan ada ciri khas Jakarta yang menempel pada kulkas yang anda miliki. Tentu, hal ini akan sangat menarik karena sepertinya magnet tempelan kulkas dengan beragam model Jakarta tersebut tidak dijual luas.

Selain bentuknya yang unik, magnet tempelan kulkas tersebut dibuat dengan bahan yang berbeda. Anda bisa mendapatkan aksesoris ini yang dibuat dengan bahan kombinasi kayu, plastik dan juga fiber. Bahan yang berbeda selain mempengaruhi detail aksesoris juga mempengaruhi ketahanan aksesoris tersebut. Dalam hal ini, jika anda ingin memiliki aksesoris yang unik, tampaknya tempelan kulkas dari kayu bisa menjadi opsi yang menarik untuk kita bawa pulang sebagai oleh-oleh khas jakarta.

4. Oleh-oleh khas jakarta Miniatur Transportasi Jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Sebagaimana kita ketahui bahwa di Jakarta terdapat cukup banyak model transportasi yang ditawarkan untuk digunakan masyarakat. Adanya banyak model transportasi ini tentu saja akan memudahkan masyarakat untuk bepergian ke tujuan yang ia inginkan. Nah, kaitannya dengan oleh-oleh, kini sudah banyak dijual oleh-oleh khas jakarta miniatur transportasi Jakarta yang bisa anda bawa pulang ke rumah sebagai cenderamata yang unik dan tentu saja spesial.

Miniatur transportasi Jakarta ini bisa dijadikan hiasan ruang tamu yang begitu istimewa. Di Jakarta sendiri, anda bisa menemukan cukup banyak miniatur transportasi yang dijadikan oleh-oleh unik. Bahkan, kebanyakan miniatur yang dibuat adalah model transportasi di Jakarta tempo dulu yang kini sudah tidak ada. Adapun beberapa model transportasi yang dibuat menjadi miniatur untuk oleh-oleh diantaranya adalah helicak, becak, bemo, opelet, bis tingkat dan juga trem.

Selain beberapa model transportasi lawas yang dijadikan miniatur, maka kini juga mulai bermunculan miniatur dari model transportasi terbaru di Jakarta. Salah satu yang paling terkenal adalah trans-Jakarta di mana bus ini menjadi salah satu model transportasi terbaik saat ini di ibukota. Selain trans-Jakarta, anda juga bisa menemukan miniatur model transportasi modern lain, seperti MRT, yang kini masih terus digarap oleh pemerintah setempat.

Nah, jika anda ingin sebuah oleh-oleh yang unik, maka anda bisa membeli miniatur transportasi Jakarta sebagai pilihan tepat. Bisanya, oleh-oleh ini dibuat dengan menggunakan bahan kayu yang cukup ringan dan dicat hingga menyerupai aslinya. Terkait harga, anda akan menemukan variasi harga yang cukup banyak. Namun, umumnya, oleh-oleh ini dijual dengan harga ratusan ribu dikarenakan pengerjaan nya yang cukup sulit dan juga tergolong lama. Namun, meskipun harga oleh-oleh ini cukup mahal, anda tidak akan kecewa saat membelinya.

5. Oleh-oleh khas jakarta Souvenir Bergambar Ondel-ondel

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Ondel-ondel memang menjadi ciri khas Jakarta selain suku Betawi. Boneka yang memiliki bentuk sangat besar dan juga tinggi ini merupakan warisan budaya Betawi yang masih dijaga eksistensinya hingga kini. Menurut sejarah, ketika paham animisme dan dinamisme masih hinggap di masyarakat Jakarta tempo dulu, boneka ini dijadikan alat untuk menolak bala dan juga mengusir roh jahat yang mengganggu.

Nah, seiring dengan arus modernisasi yang terjadi saat ini, ondel-ondel pun memiliki peran yang berbeda. Sekarang ini, ondel-ondel menjadi pelengkap di pesta rakyat yang digunakan untuk menyambut tamu kehormatan. Ondel-ondel juga cukup sering digunakan sebagai simbol budaya dalam beragam jenis festival. Adanya ondel-ondel tentu saja menarik perhatian tersendiri terutama bagi wisatawan yang datang ke Jakarta.

Dewasa ini, ondel-ondel juga hadir dalam bentuk souvenir. Di beberapa daerah di Jakarta sudah banyak souvenir bergambar ondel-ondel yang menjadi oleh-oleh khas yang sangat menarik. Alasan pertama kali munculnya souvenir ini adalah dikarenakan kawula muda yang mulai tidak mengenal ondel-ondel sebagai warisan budaya. Hal ini mengundang keprihatinan dan kekhawatiran jika budaya satu ini akan hilang jika tidak dijaga dengan baik. Oleh karena itu, ondel-ondel dimunculkan sebagai oleh-oleh sehingga bisa menjadi pengingat masyarakat.

Ada cukup banyak jenis souvenir dengan gambar ondel-ondel ini yang tersedia di Jakarta. Dalam hal ini, anda bisa memilih membeli gantungan kunci, paling kecil, tempat pensil atau souvenir lainnya yang dibuat dengan gambar ondel-ondel. Tentu saja ide oleh-oleh khas jakarta ini akan sangat menarik dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang hadir di Jakarta.

6. Oleh-oleh Tumbler

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Tahukah anda apa itu tumbler? Ya, tumbler adalah sejenis botol minuman yang bisa digunakan berkali-kali. Biasanya, jenis botol ini digunakan anak-anak untuk membawa minuman ke sekolah. Namun, dewasa ini, sudah cukup banyak model botol tumbler yang muncul dan bisa digunakan untuk orang dewasa sekalipun. Tentu, anda pun bisa menjadi salah satu pengguna dari botol yang unik ini.

Munculnya tumbler memang menjadi hal yang cukup menarik. Hal ini didasarkan jika tumbler adalah solusi dari upaya pengurangan sampah kemasan yang menjadi masalah serius di Jakarta. Dengan adanya tumbler ini maka penggunaan botol kemasan tentu saja akan lebih bisa ditekan dan dikurangi.

Nah, baru-baru ini, tumbler hadir dengan wajah yang berbeda di Jakarta. Botol satu ini menjadi komoditas baru untuk oleh-oleh. Ya, ada cukup banyak variasi tumbler yang muncul di pasaran dengan gambar khas Jakarta. Adanya variasi menarik ini tentu saja akan membuat anda merasa bangga dengan ibukota negara ini. Ada cukup banyak variasi tumbler muncul dengan gambar ondel-ondel, monas atau hal lain yang berhubungan dengan kota Jakarta.

Bagi anda yang sedang berwisata ke kota ini, maka tidak ada salahnya anda membeli tumbler khas Jakarta yang begitu unik. Selain adanya gambar yang berbeda-beda, tumbler juga hadir dengan warna yang berbeda pula. Nah, anda bisa membandingkan beberapa variasi warna dan memilih warna apa yang cocok untuk anda pilih sebagai pilihan yang terbaik.

7. Oleh-oleh Mug dan Piring khas jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Mug dan piring menjadi ide oleh-oleh menarik lainnya saat anda berkunjung ke Jakarta. Memang, kedua souvenir ini menjadi oleh-oleh umum yang sering dibeli wisatawan saat berkunjung ke suatu tempat. Tidak ada salahnya jika anda membeli mug atau piring saat ke Jakarta sebagai cenderamata bagi handai tolan yang ada di rumah. Namun, memang apa keunikan dari mug dan piring yang ada di Jakarta?

Oleh-oleh khas jakarta, ada cukup banyak mug dan piring yang tersedia dan bisa dijadikan pilihan oleh-oleh yang tepat. Dalam hal ini, anda bisa memilih mug dan juga piring dengan berbagai ukuran yang berbeda, mulai dari kecil hingga besar atau adanya bentuk-bentuk unik yang tentu saja tidak biasa. Nah, dengan adanya pilihan ini tentu anda akan menjadi semakin leluasa untuk memilih mug dan piring sebagai oleh-oleh.

Mug dan piring yang ada di Jakarta dan menjadi salah satu pilihan oleh-oleh tersebut biasanya digunakan bukan menurut fungsinya. Kebanyakan souvenir ini digunakan untuk hiasan baik di dinding, etalase atau lainnya. Hal ini dikarenakan tampilan fisik mug dan piring yang begitu menarik sehingga akan memberikan tambahan aksen estetika saat ditempatkan sebagai bahan untuk mempercantik dekorasi.

Selain tersedia dalam beragam ukuran dan juga bentuk, mug dan piring sebagai oleh-oleh di Jakarta ini juga hadir dengan desain yang berbeda. Anda akan menemukan mug dan piring yang dihiasi dengan lambang-lambang khas Jakarta, seperti monas, ondel-ondel, gambar ancol atau lainnya. Gambar tersebut mewakili eksistensi Jakarta pada souvenir tersebut. Biasanya, mug dan piring dibuat dengan bahan keramik. Namun, tidak menutup kemungkinan anda akan menemukan mug dan piring yang dibuat dengan bahan lainnya. Beberapa bahan yang biasa digunakan adalah tanah liat dan juga kayu. Sangat menarik, bukan?

8. Pencok Betawi

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Selain terkenal dengan keindahan alam dan kemajuan kotanya, Jakarta juga cukup terkenal dengan sajian kuliner yang begitu istimewa. Ada cukup banyak makanan khas Jakarta yang bisa ditemukan dan dijadikan salah satu oleh-oleh yang sangat menarik untuk dibeli. Salah satu makanan khas yang ada di Jakarta dan menjadi pilihan tepat untuk oleh-oleh adalah Pencok Betawi. Pernahkah anda mendengar jenis makanan ini sebelumnya?

Ya. Pencok Betawi adalah salah satu makanan khas Jakarta yang cukup digemari baik oleh masyarakat Betawi dan warga Jakarta secara umum. Seperti namanya, origin makanan ini adalah suku Betawi yang sudah membuat makanan ringan ini sejak beratus tahun yang lalu. Biasanya, makanan ini disajikan oleh masyarakat Betawi pada upacara pernikahan atau adat lainnya. Oleh karena itu, makanan ini seringkali juga disebut dengan istilah pencok pengantin yang menjadi oleh-oleh khas jakarta.

Namun, dewasa ini, makanan satu ini sudah hadir dalam kemasan yang lebih modern dan menjadi oleh-oleh yang sangat menarik untuk dibeli. Nah, pencok sendiri dibuat dengan bahan dasar kentang. Dengan bahan dasar kentang, rasa pencok akan begitu nikmat dan juga mengandung beragam manfaat yang baik bagi tubuh. Tidak hanya itu, pencok ini juga tersedia dalam beragam rasa yang lebih istimewa, seperti rasa original, rasa bawang, rasa pedas dan lainnya.

Nah, pencok sendiri kini sudah cukup terkenal tidak hanya di Indonesia tetapi juga mancanegara. Dengan dibungkus menggunakan kemasan alumunium foil yang kedap udara, pencok bisa tahan lebih lama. Jika anda ke Jakarta, maka anda sebaiknya menyempatkan diri untuk membeli salah satu makanan khas Betawi yang sudah bertransformasi menjadi lebih modern ini untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

9. Dodol Betawi

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Siapa yang tidak kenal dengan makanan yang satu ini? Ya, dodol adalah salah satu makanan khas Betawi yang sudah menjadi legenda dan juga sangat terkenal di antero negeri tercinta. Memang, ada cukup banyak daerah yang menghasilkan dodol yang hampir sama, salah satunya adalah dodol Garut. Namun, tentu, dodol Betawi memiliki keistimewaan yang akan menjadi alasan kenapa anda perlu membeli makanan dengan rasa yang manis ini sebagai oleh-oleh khas Jakarta untuk keluarga di rumah.

Nah, pada zamannya, dodol Betawi hanya ada pada saat acara tertentu, seperti ketika ada acara adat, ada hajatan atau ketika lebaran. Dodol memang menjadi perekat masyarakat Betawi dan biasanya dibuat dengan cara bergotong royong dan patungan untuk pembelian bahannya. Namun, dewasa ini, dodol Betawi sudah bisa dinikmati kapan saja karena oleh-oleh khas jakarta ini menjadi komoditas oleh-oleh unik dan menarik yang menunjang pangsa pariwisata khususnya di Jakarta.

Apa yang menarik dari dodol Betawi adalah rasanya yang legit dan sangat nikmat. Selain itu, dodol ini juga tergolong tahan lama dan bisa disimpan dalam waktu tertentu. Oleh karena daya tahannya yang cukup baik, maka tidak jarang wisatawan membeli dodol sebagai oleh-oleh dan membawanya pulang ke rumah masing-masing. Ada cukup banyak warung dodol yang menyajikan olahan makanan ini sebagai komoditas utama. Dulu, dodol hanya ada satu rasa, yakni rasa asli gula yang manis.

Namun, kini anda bisa menemukan rasa dodol lainnya yang lebih komplit. Adapun beberapa rasa lain yang kini tersedia adalah rasa ketan putih, ketan hitam dan juga rasa durian. Nah, adanya beberapa variasi rasa tersebut tentu akan membuat anda leluasa untuk memilih mana rasa dodol Betawi favorite yang anda inginkan. Selain itu, harga dari oleh-oleh khas jakarta dodol Betawi ini juga tergolong cukup terjangkau. Ada cukup banyak variasi produk dodol dengan berat yang berbeda.

10. Bir Pletok Bubuk

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Salah satu minuman khas Jakarta yang terkenal hingga ke pelosok Indonesia bahkan mancanegara adalah bir pletok. Bir pletok sebenarnya merupakan minuman penyegar yang dibuat dengan campuran beberapa jenis rempah, meliputi jahe, daun pandan wangi, dan juga serai. Nah, untuk menambah warna agar lebih menarik, masyarakat Betawi menambahkan secang dalam ramuan tersebut sehingga akan didapatkan minuman yang berwarna merah bila diseduh dengan air panas.

Tidak seperti namanya, kebanyakan orang menilai bahwa minuman satu ini mengandung alkohol karena bernama bir. Namun, seiring dengan bahan alami yang digunakan, minuman ini tidak mengandung alkohol dan justru menjadi salah satu minuman kesehatan yang paling baik untuk menjaga kesehatan tubuh secara umum.

Nah, jika anda sedang berwisata ke Jakarta, tidak ada salahnya jika anda membeli bir pletok sebagai salah satu oleh-oleh khas jakarta untuk dibawa pulang. Pada umumnya, bir pletok ini disajikan dalam bentuk rempah dan dibungkus plastik. Anda bisa membeli minuman ini dengan cukup leluasa di beberapa warung yang ada di Jakarta. Seiring dengan berjalannya waktu, kini sudah ada bir pletok bubuk. Ini adalah salah satu variasi produk yang sangat menarik dan merupakan kemajuan dalam industri minuman herbal yang satu ini.

Dengan bentuknya yang bubuk, bir pletok akan lebih mudah untuk disajikan. Anda hanya tinggal menuang bubuk minuman ini lalu menyeduhnya dengan air panas lalu menikmatinya. Selain itu, harga dari oleh-oleh ini cukup terjangkau. Di pasaran Jakarta, harga bir pletok bubuk hanya sekitar 10,000 saja untuk 1 pack yang terdiri dari 2 sachet. Nah, selain murah, oleh-oleh khas Jakarta ini juga bisa bertahan dalam waktu hingga tiga bulan lamanya. Sangat menarik, bukan?

11. Oleh-oleh khas jakarta Kue Biji Ketapang

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Makanan khas lain yang juga bisa menjadi menu oleh-oleh khas jakarta saat berkunjung ke Jakarta adalah kue biji ketapang. Pernahkah anda mendengar makanan yang satu ini sebelumnya? Nah, kue biji ketapang adalah salah satu kue legendaris yang berasal dari Betawi. Biasanya, ke ini hanya muncul pada saat momen tertentu dan hari istimewa saja di Betawi. Apa yang menarik dari kue ini tentu saja adalah rasanya yang begitu lezat serta bentuk pipih kue yang sangat unik dan berbeda dengan kue pada umumnya.

Jika anda pernah melihat pohon ketapang, tentu anda akan tahu bahwa pohon yang satu ini memiliki daun yang lebar serta badan yang tinggi dan banyak terdapat di pinggiran jalan Jakarta masa lalu. Pohon ini memiliki buah dengan kulit yang keras. Buah memiliki ujung yang runcing dan memiliki isi berwarna putih seperti almond dengan rasa yang gurih dan renyah. Karena sering melihat buah ini berceceran di jalan, maka orang Betawi memungutnya lantas memakannya.

Nah, berawal dari situlah kue ini tercipta. Namun, kue biji ketapang dibuat dengan bahan tepung terigu, telur, gula dan mentega. Adonannya sajalah yang dibuat menjadi pilih dengan ujung runcing yang menyerupai biji ketapang. Biasanya, kue disajikan dengan wadah berhias kertas minyak warna-warni yang begitu menarik mata.

Sayangnya, kue biji ketapang termasuk salah satu jenis kue yang cukup jarang ditemukan di pasaran Betawi. Anda tidak akan selalu menemukan jenis kue ini saat berkunjung ke Jakarta. Hal ini dikarenakan kebanyakan orang Betawi akan menjajakan kue ini pada saat lebaran. Nah, jika anda menemukan penjual kue ini lantas ingin membelinya, maka harga per kilogram dari kue biji ketapang adalah sekitar 40,000 saja.

12. Kue Kembang Goyang

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Salah satu makanan khas Betawi yang cukup terkenal sebagai oleh-oleh khas jakarta adalah kue kembang goyang. Nama kue ini memang cukup unik dan tampak tidak biasa. Namun, ketika anda merasakan produk yang satu ini, maka anda akan menemukan cita rasa kue yang begitu lezat dan istimewa. Nah, kue kembang goyang adalah salah satu jenis kue kering asli dari masyarakat Betawi. Biasanya, kue ini menjadi makanan wajib yang disajikan oleh masyarakat Betawi pada saat lebaran tiba.

Meskipun kini popularitas kue kembang goyang semakin menurun karena hadirnya beragam jenis kue modern yang lebih baru, namun tetap ada masyarakat yang mencari kue ini. Ya, kue kembang goyang adalah salah satu kue kuno Betawi yang masih ada di pasaran. Dengan terus mencari produk ini, seolah kita turut berperan untuk menjaga warisan budaya Betawi yang sudah mulai rapuh dan ditinggalkan.

Nah, sebenarnya apa yang menarik dari kue ini sehingga dinamakan kue kembang goyang? Perlu diketahui bahwa penamaan kue ini didasarkan pada bentuk kue yang menyerupai kelopak bunga yang begitu indah. Selain itu, dalam pembuatannya, si pembuat kue kembang goyang akan menggoyang-goyangkan adonan sehingga terlepas dari cetakan. Inilah alasan kenapa kue ini dinamakan dengan kue kembang goyang.

Dalam pembuatannya, kue kembang goyang dibuat dengan bahan dasar tepung beras atau tepung ketan. Dewasa ini, kue kembang goyang hadir dengan variasi rasa yang lebih banyak. Adapun beberapa rasa baru kue kembang goyang yang tersedia adalah framboze, pandan dan juga biji wijen. Dengan variasi yang baru ini, kue kembang goyang bisa menjadi oleh-oleh khas jakarta untuk dibawa pulang saat anda berlibur ke Jakarta.

13. Telur Gabus Keju Jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Makanan unik ini menjadi salah satu favorite bagi masyarakat Betawi. Ya, telur gabus keju adalah oleh-oleh khas jakarta yang menjadi camilan istimewa memiliki rasa yang renyah, manis dan juga gurih. Tidak heran, banyak warga yang menyukainya dan seolah tidak akan berhenti saat memakan camilan ini ditemani dengan teh hangat. Nama lain dari makanan ini adalah telur belanak, yang juga merupakan nama lain dari ikan gabus. Namun, tentu saja anda jangan mengira bahwa panganan satu ini dibuat dari telur ikan gabus atau ikan belanak.

Perlu diketahui bahwa telur gabus keju adalah semacam kue kering yang dibuat dengan bahan tepung kanji, air, telur, gula dan dibentuk memanjang menyerupai telur ikan gabus. Panganan ini termasuk sangat sederhana dan memasaknya pun hanya perlu digoreng saja.

Nah, di Jakarta, makanan ini masuk ke etalase toko oleh-oleh khas Jakarta dan menjadi primadona bagi wisatawan yang berkunjung ke daerah ibu kota ini. Mereka membeli telur gabus keju untuk dibawa pulang sebagai cenderamata bagi keluarga di rumah. Dulu, makanan ini hanya menyajikan rasa original dan manis saja sebagai variasi. Namun, kini, anda bisa menemukan telur gabus dengan rasa keju yang begitu menggoda.

Aroma keju yang mantap membuat panganan sederhana ini tampak lebih spesial dan nikmat. Tidak hanya itu, anda juga bisa membeli dengan kemasan yang berbeda-beda. Lalu, bagaimana dengan harga? Tidak perlu khawatir, telur gabus keju adalah salah satu oleh-oleh yang cukup terjangkau. Dengan hanya bermodalkan puluhan ribu saja anda sudah bisa mendapatkan panganan ini dengan jumlah yang cukup banyak.

14. Kue Akar Kelapa khas jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Pernahkah anda mendengar nama kue yang satu ini? Perlu diketahui bahwa kue akar kelapa merupakan salah satu oleh-oleh khas jakarta yang cukup terkenal di Jakarta, bahkan di Indonesia. Ini adalah kue Betawi yang sudah ada sejak dulu kala dan masih bisa ditemukan dewasa ini meskipun sudah sedikit jarang dan susah. Biasanya, dalam adat Betawi, kue ini akan disajikan bersamaan dengan rengginang dan juga kacang goreng untuk menjadi sajian spesial saat mengadakan acara adat atau acara spesial lainnya, seperti resepsi dan pesta.

Nama dari kue ini memang unik. Namun, tahukah anda bagaimana nama kue ini berasal? Nah, nama kue akar kelapa berasal dari bentuknya yang mirip dengan akar kelapa. Kue ini memang dibuat dengan bentuk yang unik sebagai daya tarik tersendiri. Namun, untuk bahannya, kue dibuat dengan menggunakan tepung yang dicampur dengan gula dan santan serta telur.

Nah, jika anda sedang berada di Jakarta untuk berlibur, anda bisa menjadikan kue akar kelapa sebagai oleh-oleh khas jakarta yang unik. Namun, sebagaimana disebutkan di atas bahwa kue ini kini tidak lagi diproduksi secara massal. Anda mungkin akan menemukan kue akar kelapa di beberapa toko oleh-oleh yang besar atau khusus menjual panganan Betawi. Jika anda membeli kue ini maka jangan lupa untuk membeli rengginang dan kacang goreng sebagai pelengkap. Mengenai harga, kue akar kelapa ini dijual dengan harga yang sebenarnya cukup terjangkau.

15. Tape Uli khas betawi

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Makanan lain yang menjadi oleh-oleh khas jakarta adalah tape uli. Pernahkah anda melihat makanan ini sebelumnya? Ya, tape uli adalah salah satu dari sekian banyak makanan khas Betawi yang bisa ditemukan di Jakarta dan kini masih ada di beberapa tempat. Dulu, tape uli ini dijajakan di gerobak dan lengkap dengan ketan hitam yang legit. Panganan ini seringkali disebut sebagai panganan kampung karena rasanya yang begitu nikmat namun dijual dengan harga yang begitu murah.

Panganan ini terdiri dari dua menu yang berbeda, yakni tape beras ketan dan tape uli. Lalu, apakah sebenarnya tape uli tersebut? Tape uli adalah panganan yang dibuat dengan menggunakan campuran beras ketan putih dengan kelapa yang dikukus. Uli lalu dibungkus menggunakan daun pisang untuk penyimpanannya. Panganan ini memiliki aroma yang begitu harum, gurih dan tentu saja menggoda.

Nah, untuk menikmati uli, maka biasanya panganan ini akan disajikan berbarengan dengan ketan hitam tadi. Paduan tersebut akan menghadirkan makanan yang tidak hanya nikmat, namun juga menggugah selera, terutama dengan aroma wangi hasil fermentasi tape tersebut. Namun, kini, panganan satu ini cukup jarang ditemukan di Jakarta, terutama di pusat kota.

Jika anda sedang berada di Jakarta dan ingin membeli tape uli, maka anda bisa ke kawasan Sabang. Di kawasan ini, masih ada penjual tape uli yang sudah berjualan lebih dari 10 tahun. Nah, harga dari oleh-oleh khas jakarta ini cukup murah, yakni hanya 5,000 saja. Dengan harganya yang sangat terjangkau, tentu anda bisa membeli beberapa buah tape uli dan membawanya pulang sebagai oleh-oleh keluarga di rumah.

16. Kue Semprong khas jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Kue semprong merupakan salah satu jenis kue kering untuk oleh-oleh khas jakarta. Kue ini memiliki keunikan dari bentuknya yang berbentuk silinder memanjang seperti pipa atau semprong. Karena bentuknya inilah kue kering ini disebut dengan kue semprong. Meskipun terlihat sangat sederhana, kue semprong termasuk salah satu panganan istimewa yang cukup banyak diburu oleh para wisatawan.

Menurut catatan sejarah, kue ini diyakini masuk ke Indonesia dengan dibawa oleh penjajah Portugis. Nah, di Jakarta sendiri, industri kue semprong sudah ada sejak berabad lamanya. Kue ini menjadi pelengkap hidangan bersantai, terutama dengan ditemani segelas kopi atau teh hangat. Ya, paduan kedua menu tersebut sangat pas karena kue semprong pada dasarnya memiliki rasa gurih yang tidak terlalu manis.

Nah, dewasa ini, kue semprong hadir dengan bentuk yang cukup bervariasi. Selain berbentuk silinder, kini kue semprong juga hadir dengan bentuk segitiga dan juga persegi panjang. Selain itu, kue ini juga hadir dengan aroma lain yang begitu memikat, seperti aroma pandan ataupun jahe. Dengan adanya variasi ini, tentu saja kue semprong akan lebih diminati oleh para wisatawan. Jika anda ke Jakarta, maka anda bisa mampir ke toko oleh-oleh khas jakarta dan menemukan kue ini di deretan etalase produk. Harga kue ini termasuk sangat terjangkau. Hanya dengan 20,000 anda sudah bisa membeli oleh-oleh unik khas Jakarta ini.

17. Kue Geplak khas betawi

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Betawi memiliki kue dengan nama geplak yang sudah sangat terkenal sejak zaman dahulu. Ini adalah salah satu kue khas dari betawi yang memang sudah dikenal sejak era penjajahan. Apa yang menarik dari kue ini adalah rasa kue yang manis dan tekstur kue yang begitu lembut sehingga sangat nikmat saat disantap. Dalam adat betawi, kue ini seringkali menjadi salah satu pelengkap saat tradisi hantaran pengantin atau menu dalam beragam acara adat lainnya, namun sekarang sudak beredar di toko-toko dan menjadi oleh-oleh khas jakarta.

Nah, kue dengan cita rasa manis ini dibuat dari tepung beras pilihan. Setelah itu, tepung disangrai dan kemudian dicampurkan dengan kelapa parutan yang sudah disangrai pula. Setelah itu, adonan akan dicampur dengan gula pasir cair hingga mengental. Selagi panas, adonan diaduk hingga menjadi padat dan nantinya akan diiris-iris sesuai selera.

Jika kue sudah jadi, maka kue akan disajikan bersama minuman. Nah, dalam pembuatannya, kue geplak ini memiliki ketahanan selama 3 hingga 7 hari. Namun, ketahanan kue akan bertambah jika disimpan di lemari pendingin. Nah, jika anda sedang berada di Jakarta untuk liburan, kue geplak bisa menjadi salah satu oleh-oleh khas jakarta yang sangat menarik untuk dicoba. Harga dari kue ini di pasaran adalah sekitar 50,000 hingga 100,000. Tentu, rentang harga ini tergantung dari ukuran kue yang anda beli. Salah satu sentra kue geplak yang ada di Jakarta adalah di daerah Setu Babakan.

18. Kerak Telor jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Pergi ke Jakarta tentu tidak lengkap jika tidak mencicipi kerak telor. Oleh-oleh khas jakarta kerak telor ini memang merupakan salah satu panganan yang unik dan sangat digemari oleh masyarakat Jakarta. Makanan ini sebenarnya merupakan makanan tradisional khas Betawi yang sudah ada sejak berpuluh tahun yang lalu. Hingga kini, meskipun sudah mulai berkurang, penjual kerak telur masih bisa ditemukan di Jakarta, terutama ketika ada event-event budaya yang diadakan oleh pemerintah. Berbeda dengan kota bali, disana memiliki makanan khas bali dengan menu nasi ayam kedawetan dimana rasanya enak dan sedikit pedas.

Nah, kerak telor ini dibuat dengan bahan dasar ketan putih, telur ayam atau telur bebek, ebi, bawang merah goreng dan beberapa bumbu lainnya termasuk serundeng. Secara umum, panganan ini memiliki rasa yang begitu gurih yang berasal dari kelapa setengah tua yang disangrai dan ditambahkan ke dalam adonan.

Selain rasanya yang nikmat, keunikan lain dari kerak telor ini adalah cara memasaknya. Ya, pada saat dibuat, penjual akan membalik wajan menghadap ke tungku untuk memastikan adonan sudah matang dan menjadi kerak. Jika anda sedang berada di Jakarta dan ingin membeli panganan ini sebagai oleh-oleh, maka anda bisa berkunjung ke Kota Tua ataupun Setu Babakan. Harga dari oleh-oleh unik khas Jakarta ini berkisar antara 15,000 hingga 25,000 saja. Cukup terjangkau, bukan?

19. Marguerite Nougat

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Pilihan oleh-oleh unik khas Jakarta yang bisa anda dapatkan di Jakarta dan cocok untuk dibawa pulang ke rumah adalah Marguerite Nougat. Ini adalah salah satu oleh-oleh yang sedang hits di kalangan masyarakat Jakarta. Tentu, anda pasti bertanya bukan apa itu nougat yang dimaksud dalam pembahasan ini? Nah, nougat ini sebenarnya adalah variasi permen yang terbuat dari beberapa bahan yang berbeda yang menghasilkan cita rasa yang begitu nikmat.

Ya, Marguerite Nougat adalah permen yang dibuat dengan bahan gula atau madu, toasted nuts, dan juga putih telur. Campuran bahan ini akan menghasilkan nougat putih dengan tekstur chewy. Bahan lain digunakan untuk membuat nougat cokelat. Permen satu ini dibuat dengan gula yang bersifat caramelized dan memiliki tekstur yang lebih garing dari variasi produk satunya. Nah, dengan variasi tersebut, tentu saja anda bisa membeli permen yang nikmat dan tanpa bahan pengawet.

Lalu, bagaimana dengan harga dari produk Marguerite Nougat ini? Harga dari produk ini cukup berkesan mulai dari 40,000 hingga 57,000 per paket. Paket yang disediakan oleh pemilik Marguerite Nougat adalah bungkusan per 180gram. Tentu saja, harga tersebut sudah sangat sesuai dengan bahan dan cita rasa yang hendak didapatkan. Nah, dalam setiap pembelian, maka anda akan bisa mendapatkan bonus berupa souvenir yang lucu.

Meskipun Marguerite Nougat ini tergolong baru, namun peminat dari panganan ini cukup banyak dan cukup terkenal di seluruh Indonesia. Nah, untuk pembeliannya, anda bisa mendapatkan panganan ini di toko oleh-oleh terkemuka atau bahkan membelinya secara online. Sangat menarik bukan?

20. Oleh-oleh khas jakarta Roti Buaya

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

21. Oleh-oleh khas jakarta Keripik Aneka Buah

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

22. Oleh-oleh khas jakarta Miniatur Monas

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Map Lokasi Oleh-oleh Khas Jakarta

22 Oleh-oleh Khas Jakarta yang Terkenal di Indonesia Oleh-oleh

Nah, dari beberapa poin di atas kita bisa melihat adanya sekitar 22 oleh-oleh khas dari Jakarta yang sudah sangat terkenal di seluruh Indonesia. Adanya banyak pilihan oleh-oleh tersebut tentu saja akan memberikan keleluasaan yang lebih pada anda untuk memilih mana oleh-oleh yang pas dan terbaik sesuai dengan keinginan anda. Selain itu, adanya beberapa oleh-oleh tadi juga bisa menjadi alasan kenapa anda sebaiknya berlibur ke ibukota negara ini.

Jika anda berlibur ke Jakarta bersama dengan keluarga atau rekan lainnya, ada baiknya jika anda berusaha mencari beberapa jenis oleh-oleh tersebut, terutama oleh-oleh tradisional yang mulai hilang di pasaran. Dalam hal ini, jika anda mencari oleh-oleh khas yang hampir hilang tersebut, maka anda akan mendapatkan manfaat ganda. Yang pertama, tentu saja anda mendapatkan oleh-oleh spesial sebagaimana yang anda inginkan. Nah, yang kedua, anda juga turut berperan untuk menjaga eksistensi dari olahan dan panganan khas serta tradisonal Jakarta dari gempuran produk modern yang datang dengan kemasan yang lebih menarik.

Nah, segera saja rancang perjalanan liburan anda ke Jakarta bersama rekan dan keluarga. Jangan lupa untuk memasukkan beberapa pilihan oleh-oleh khas Jakarta untuk dibeli sekembalinya anda dari berlibur. Semoga beberapa penjelasan di atas akan memperkaya wawasan anda tentang beragam hal, terutama oleh-oleh yang ada di Jakarta. Selamat berlibur!

tempatwisataindonesia.id
Review
5