Pusat Oleh Oleh Semarang

Pusat oleh oleh Semarang merupakan tempat yang bisa diburu ketika sedang mencari buah tangan di kota yang berjuluk ATLAS ini. Banyak sekali oleh-oleh khas Semarang yang bisa dicari di tempat-tempat yang iconic mulai dari lumpia, tahu bakso, wingko babat, bandeng presto dan semuanya.

Rata-rata oleh-oleh bisa ditemukan di pusat kota Semarang terdekat mulai Simpang Lima, Jalan Pandanaran hingga Jalan Pekunden. Jadi penasaran tempat mana saja yang bisa dituju ketika sedang mencari oleh-oleh di Semarang?

Ada banyak sekali oleh oleh khas semarang yang bisa anda jumpai disini, untuk lebih lengkapnya berikut ini beberapa toko oleh oleh disemarang.

Pusat Oleh Oleh Semarang

Lumpia Gang Lombok

Lumpia Gang Lombok

Ke Semarang belum lengkap jika belum pergi ke kedai oleh-oleh bernama Lumpia Gang Lombok. Kedai satu ini merupakan pelopor lumpia di Indonesia dan sudah ada di Semarang sejak ratusan tahun yang lalu. Berdiri lama di Semarang, Lumpia Gang Lombok tentu saja sudah memiliki basis pelanggan setia yang banyak.

Lumpia yang dijual di kedai ini memiliki cita rasa yang masih begitu khas karena diracik dari resep warisan yang sampai hari ini masih terjaga. Kedai legendaris ini buka setiap hari mulai 08.00 hingga 17.00 WIB, jadi sebelum kembali ke domisilimu, sempatkan dulu deh beli lumpia di kedai ini.

Pusat oleh oleh Semarang dekat stasiun Poncol ini berada di Jalan Gang Lombok tepatnya di nomor 11, Purwodinatan. Dari stasiun Poncol sih, Anda hanya perlu menempuh waktu sekitar 10 menitan menggunakan sepeda motor atau 25 menit jika menggunakan mobil. Satu biji lumpia baik basah atau goreng sendiri dibanderol Rp17.000.

Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana

Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana

Pusat oleh oleh khas Semarang yang bisa dituju adalah memburu Bandeng Juwana. Ya, Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana menjual berbagai macam olahan ikan bandeng presto dengan rasa yang begitu juara. Selain itu, toko oleh-oleh ini juga menjual aneka macam merchandise khas Semarang.

Ada juga kok makanan selain bandeng Juwana untuk diburu seperti keripik, olahan ayam, minuman tradisional, lumpia, hingga aneka camilan enak. Berlokasi di Jalan Pandanaran nomor 57, Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana ini memiliki area parkir yang sangat luas dan dekat sekali dari pusat kota Semarang.

Kalau kamu sudah berada di Semarang, jangan sampai deh tidak ke Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana. Beberapa menu bandeng andalan dari tempat ini adalah bandeng duri lunak yang sudah divacuum, bandeng yang dibungkus dalam sangkar, dan otak-otak bandeng. Kamu yang ingin datang ke Pusat Oleh-Oleh Bandeng Juwana, toko ini selalu buka pukul 07.00-23.00 WIB.

Gerai Tahu Baxo Bu Pudji

Pusat oleh-oleh yang jangan sampai dilewatkan jika sudah di Semarang adalah Tahu Baxo Bu Pudji. Rasa gurih dan kenyal dari tahu baksonya memang sangat mantap dan nikmat. Kamu yang ingin membeli satu kota Tahu Baxo Bu Pudji, datang saja ke kedainya di area Semarang Barat, tepatnya Jalan Pamularsih nomor 15.

Selain menjual tahu bakso saja, kedai ini juga turut menjual berbagai macam keripik dan makanan khasnya Semarang.  Gerai Tahu Baxo Bu Pudji sendiri buka setiap hari pada pukul 07.00-21.00 WIB.

Kalau kamu sedang di Semarang, cobalah untuk membeli tahu bakso andalan dari Gerai Tahu Baxo Bu Pudji karena rasanya dijamin tidak ada di kota-kota lain.

Wingko Babad Cap Kereta Api

Wingko Babad Cap Kereta Api

Kalau kamu cari oleh-oleh di area yang dekat dengan Stasiun Tawang, maka Wingko Babad Cap Kereta Api adalah rekomendasi yang tepat. Wingko babad enak ini bisa kamu kunjungi dengan mudah hanya karena memerlukan waktu 7 menit saja dari stasiun.

Cita rasa wingko babad cap kereta api ini sangat enak dan cocok sekali diberikan kepada keluarga tercinta. Wingko babad sendiri masuk dalam kategori makanan legendaris. Satu tas wingko babad dibanderol Rp 35.000 – Rp 50.000 tergantung pada varian rasa.

Biasanya sih 1 kantong wingko babad ada 10 buah. Dari beberapa rasa yang tersedia, paling enak sih original. Tapi kalau kamu suka rasa lainnya, pilih saja yang sesuai preferensi.

Kampoeng Semarang

pusat oleh oleh Kampoeng Semarang

Berlokasi  di Jalan Kaligawe Raya no. 96 ada Kampoeng Semarang yang tidak kalah dekatnya dari dari Stasiun Tawang. Pusat oleh oleh semarang yang murah ini menyediakan aneka macam oleh-oleh seperti baju, tas, hingga kerajinan tangan.

Kalau kamu mau cari makanan, ada juga kok oleh-oleh berupa camilan yang bisa dipilih di sini. Menariknya dari Kampoeng Semarang adalah disediakan tempat untuk makan di lokasi, lho! Asyik kan?

Toko Moaci Gemini

pusat oleh oleh Toko Moaci Gemini

Kamu suka moaci? Jika ya, coba deh datang ke pusat oleh oleh Semarang bernama Moaci Gemini. Moaci di toko ini dibaluri dengan wijen, berisi kacang manis dan teksturnya dijamin kenyal. Kue moaci sendiri cocok banget untuk jadi teman ngopi.

Kamu yang ingin sekali beli sekotak moaci, datang saja ke area Karangturi, tepatnya Jalan RA Kartini no. 19. Kurang lengkap deh rasanya kalau kamu ke Semarang tapi lupa membeli kue moci khasnya kota Semarang

Kampung Batik Semarang

pusat oleh oleh Kampung Batik Semarang

Rasa-rasanya hampir setiap daerah Indonesia mempunyai motif batik yang khas sesuai dengan wilayahnya, begitu pula dengan kota Semarang, nih! Kamu bisa belanja batik bagus di toko bernama Kampung Batik Semarang.

Selain menjual batik yang bagus dan khas Semarang, toko ini juga menyediakan spot foto kece dan cocok untuk selfie. Kalau kamu sedang pusing cari kain bagus, coba saja beli di Kampung Batik Semarang.

Pasar Johar Semarang

Baru saja diresmikan, Pasar Johar memang pusatnya oleh-oleh khas Semarang. Banyak barang-barang murah yang bisa kamu dapatkan di pasar ini mulai dari bandeng presto, batik, camilan, baju dan sebagainya.

Pasar Johar juga dekat dengan dua stasiun di Semarang, yakni Poncol dan Tawang. Kalau kamu suka travelling dan tawar menawar dengan pedagang, beli saja oleh-oleh di Pasar Johar Semarang!

Toko 52 Semarang

Cari pusat oleh-oleh yang dekat dengan bandara Ahmad Yani? Coba deh pergi ke Toko 52 Semarang! Toko satu ini menjual aneka macam buah tangan yang lengkap dan tentu saja tetap khasnya Semarang.

Ada bandeng, tahu bakso, lumpia, wingko babad dan aneka macam camilan lainnya. Kamu bisa membawa pulang oleh-oleh dengan packaging unik dari toko ini yang cocok sekali menjadi buah tangan menarik untuk keluarga tersayang.

Loenpia Mbak Lien

Loenpia Mbak Lien 

Meskipun tidak seterkenal Lumpia Gang Lombok, tapi Loenpia Mbak Lien ini juga bisa menjadi alternatif lainnya lho jika kamu kehabisan di kedai sebelumnya. Apalagi kedai Loenpia Mbak Lien tidak begitu jauh dari Lawang Sewu dan Stasiun Tawang.

Kamu bisa pilih varian lunpia yang enak menurutmu karena ada beberapa isian. Lunpia di kedai ini juga tersedia dalam dua pilihan yakni goreng atau basah.

Lihat juga makanan khas semarang

Bagi kamu yang sedang mencari rekomendasi oleh-oleh di Semarang yang dekat dengan staisun kereta, bandara ataupun pusat kota Semarang dengan rasa yang enak, 10 tempat di atas bisa menjadi rekomendasi.

Pusat oleh oleh Semarang bisa menjadi alternatif tepat untuk kamu mencari makanan, baju, batik atau kerajinan tangan yang khas.

Tinggalkan komentar