10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris

Posted on

Jogja bukan sekedar terkenal dengan kota pelajar, tapi juga surganya kuliner. Saking banyaknya tempat makan di Jogja, rasanya berkeliling seharian menikmati kuliner khas Jogja tidak akan cukup.

Nah, diantara banyaknya tempat makan yang enak itu, sebagai permulaan mencari tempat makan legendaris di Jogja adalah langkah yang tepat.

Kenapa harus mencari tempat makan yang legendaris ? Tentunya karena tempat makan legendaris sudah pasti enak dan memiliki pengunjung setia yang ketagihan rasanya.

Untuk itu supaya bisa mencicipi kuliner Jogja sepenuhnya, Anda bisa menyimak 7  rekomendasi tempat makan legendaris Jogja disini.

Tempat Makan di Jogja yang Legendaris

Beberapa tempat makan legendaris di Jogja yang direkomendasikan ini, bukanlah makanan tradisional saja. Tetapi, ada juga kuliner Jogja kekinian sampai kuliner Jogja Instagram.

Lihat juga tempat makan di bogor

Jadi buat kamu yang hobi wisata kuliner, ayo siap – siap baca rekomendasi tempat – tempat legendarisnya  berikut ini :

1. Gudeg Yu Djum

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Gudeg Yu Djum memang bukan satu – satunya tempat makan gudeg enak di Jogja, tapi bedanya gudeg satu ini sudah berdiri sejak 1950. Sampai sekarang, rasa gudeg pun masih dijaga keasliannya, gudeh memang menjadi makanan khas jogja yang dari dulu hingga sekarang masih dinikmati para wisatawan.

Salah satu alasan itulah yang menjadikan Gudeg Yu Djum begitu istimewa dan legendaris. Meskipun zaman sudah berubah, namun rasa gudegnya masih tetap sama seperti dulu.

Keistimewaan lain dari Gudeg Yu Djum adalah pengemasannya yang menggunakan kendi. Dengan begini, gudeg bisa bertahan selama 5 hari dan cocok jika dijadikan oleh – oleh.

Saat ini, meskipun BU Djuwariah sebagai generasi pertama sudah meninggal 2016 lalu, tapi Gudeg Yu Djum terus berkembang. Bahkan, sekarang Anda bisa memesan gudeg ini via telepon .

  • Alamat: Jalan Kaliurang KM 4.5, sebelah timur UGM ( Gudeg Yu Djum pusat )
  • Harga: Rp 15.000 – Rp 42.000/porsi dan Rp 150.000 – Rp 340.000/paket kendil
  • Jam Buka: 07:00 – 22:00 WIB
  • Menu Favorit: Gudeg Ayam Suwir

2. Roaster and Bear

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Jika tadi kita sudah bersantap gudeg, sekarang giliran mencari tempat legendaris yang kekinian dan instagramable. Tempat itu ialah Roaster and Bear, selain makanan enak, tempatnya juga nyaman.

Disini umumnya tempat kumpul anak – anak muda kekinian yang selain hobi makan juga hobi ngobrol.

Menyediakan berbagai macam makanan mulai dari dessert hingga main course, Roaster and Bear selalu penuh pengunjung. Untuk itu, kamu perlu reservasi jika tidak mau gigit jari saat berkunjung.

Saat makan di sini, wajib foto – foto dulu ya, karena semua makanannya ditata dengan apik dan pasti kekinian dan instagramable.

  • Alamat: Jalan P. Mangkubumi Nomor 52, Gowongan , Kec. Jetis, Yogyakarta
  • Harga: Rp 12.000 – Rp 55.000
  • Jam Buka: 11:00 – 23:00 ( Senin – Kamis, & Minggu), 00 – 00.00 ( Jumat & Sabtu )
  • Menu Favorit : Green Tea Latte Art, Cappuccino, Aglio e Olio dan Carbonara

3. Gubug Makan Mang Engking  Sorangan Castle

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Tempat makan legendaris di Jogja satu ini, merupakan yang paling cocok sebagai tempat makan keluarga di Jogja.

Di sini, makanannya sudah pasti enak dan bervariasi mulai dari ayam sampai seafood. Lalu istimewanya lagi, ada Kids Zone, dan juga fasilitas perahu dayung serta perahu bebek.

Bukan hanya perut yang kenyang ketika makan disini, tapi hatipun senang karena sekeluarga bisa sekalian berlibur.

  • Alamat: Jalan Sorangan Nomor 13, Kembang, Ngestiharjo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Yogyakarta
  • Harga: Rp 40.000 – Rp 100.000
  • Jam Buka: 10:00 – 21:00
  • Menu Favorit: Ayam Bakar Kecap, Seafood Bakar, dan Es Kelapa Muda

4. Sawah Resto Nologaten

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Tempat kuliner legendaris satu ini temanya resto sawah Jogja, yang benar – benar berada di tengah sawah. Selain itu, banyaknya gubug – gubug juga menambah kuat kesan pedesaan restoran.

Di sini, kebanyakan tempat duduk disediakan lesehan supaya lebih terkesan alami tapi, ada juga yang dilengkapi kursi.

Kelebihan utama yang dimiliki Sawah Resto Nologaten selain dari segi tempat yaitu seafood yang digunakan. Di restoran ini, seafood khusus dari Laut Selatan, Wonosari, Jogja dan selalu fresh.

  • Alamat: Jalan Melon Nomor 168, Nologaten, Caturtunggal, Kec. Depok, Kab. Sleman, Yogyakarta
  • Harga: Rp 5.000 – Rp 60.000
  • Jam Buka: 12:00 – 22:00 ( Senin – Jumat ), 11:00 – 22:00 ( Sabtu & Minggu )
  • Menu Favorit: Ikan Bakar dengan Saus Asam Manis, Saus BBQ atau Lada Hitam.

5. Angkringan Kopi Jos Lik Man

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Bagi Anda yang gemar berburu kuliner Jogja malam hari, Angkringan Kopi Jos Lik Man merupakan salah satu tempat yang cocok.

Tempat makan satu ini layak disebut legendaris bukan hanya karena makanannya yang enak tapi, karena sudah berdiri sejak 1960. Meskipun melegenda, Angkringan ini harganya tetap merakyat.

Di sini satu kopi jos atau kopi yang diberi arang, dihargai hanya Rp 4.000 saja, lalu untuk gorengan Rp 500 – Rp 1000. Untuk bisa kenyang makan enak disini, dan mencicipi semuanya mungkin satu orang tidak akan lebih dari Rp 20.000.

  • Alamat: Jalan Wongsodirjan, Sosromenduran, Kec. Gedong Tengen, Yogyakarta
  • Harga: Rp 500 – Rp 5.000
  • Jam Buka: 14:00 – 03:00
  • Menu Favorit: Kopi Jos

6. Oxen Free Jogja

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Berbeda dengan kuliner malam di atas, yang ini tidak untuk semua usia, karena Oxen Free menjual bir. Tapi walaupun bir, jangan memandang negatif dan menyamakannya dengan miras ya.

Bagi Anda yang ingin suasana tenang, dengan musik lembut, dan lampu temaram, Oxen Free adalah tempat yang cocok. Jadi tanpa pesan bir pun, tetap bisa santai dan enjoy menikmati waktu di sini. Jangan terkejut kalau banyak turis asing ya.

Selain bir, Oxen Free juga menjual berbagai minuman dan makanan enak lainnya yang kebarat – baratan seperti Caesar Salad. Lokasinya yang dekat Malioboro juga bisa dijadikan alternatif kuliner Jogja Malioboro pada malam hari.

  • Alamat: Jalan Sosrowijayan Nomor 2, Sosromenduran,Kec. Gedong Tengen, Yogyakarta
  • Harga: Rp 20.000 – Rp 212.000
  • Jam Buka: 15:00 – 02:00 ( Senin – Kamis, & Minggu ), 15:00 – 03:00 ( Jumat & Sabtu )
  • Menu Favorit: Beef Burger

7. Gudeg Mbah Lindu

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Kami mengawali rekomendasi tempat makan legendaris dengan gudeg, dan akan mengakhirinya dengan gudeg pula. Gudeg satu ini benar – benar spesial dan wajib dicoba, meskipun Anda sudah mencoba yang lain.

Jika tempat lain legendaris bisa karena rasa, tempat ini benar – benar legendaris dari semua hal. Itu karena Setyo Utomo atau Mbah Lindu si empunya, sudah berjualan sejak ia berusia 13 tahun sekitar 1940 lalu.

Cita rasa gudeg masih dipertahankan dari zaman penjajahan dulu hingga sekarang. Rasa gudeg yang tidak terlalu manis dan gurih, membuat  orang ketagihan dan selalu ingin kembali. Bagi Anda yang disekitar malioboro wajib mampir dan merasakan makanan enak di Malioboro satu ini.

  • Alamat: Jalan Sosrowijayan, Sosromenduran,Kec. Gedong Tengen, Yogyakarta
  • Harga: Rp 15.000 – Rp 30.000
  • Jam Buka: 05:00 – 10:30
  • Menu Favorit: Gudeg Krecek Telur

8. Banyu Mili Resto

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Warung makan di jogja yang satu ini memang cocok banget untuk keluarga, pertemuan, meeting, bahkan pernikahan. Parkirnya sendiri muat hingga 160 mobil di lengkapi juga dengan fasilitas kolam untuk memancing, toilet, mushola, gazebo dan masih banyak yang lain. Yang jelas jika anda berkunjung wisata ke jogja jangan lupa untuk pergini ke banyu mili resto dijamin deh bakal terpesona dengan keindahannya.

  • Alamat: Jl. Godean Km.4,5, Nogotirto, Gamping, Kwarasan, Nogotirto, Kec. Gamping, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55182
  • Harga : 10.000 – 50.000
  • Jam Buka : 09:00 – 21.00
  • Menu Favorite :

9. Oseng-oseng Mercon Bu Narti

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Untuk rasa kurang begitu wah namun disini karena memang namanya yang sudah hits. Untuk harganya kurang diketahui karena di list menu makanan tidak tertulis harganya, maka untuk kalian yang ingin berwisata kuliner ditempat ini harap melebihkan budgetnya. Menurut para warga jogja, harga makanan disini terlalu overprice untuk 2 porsi saja kurang lebih dipatok 60.000an.

  • Alamat: Jl. KH. Ahmad Dahlan Jl. Purwodiningratan No.110, Ngampilan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55262
  • Harga : 40.000-100.000
  • Jam Buka : 17.00 – 00.00
  • Menu Favorite : Oseng-Oseng Mercon

10. Warung Makan Ayam Geprek Bu Rum 1

10 Tempat Makan di Jogja yang Legendaris Tempat Makan

Warung makan di jogja yang cukup rame karena memang menu makannya istimewa. Menu istimewanya adalah ayam tepung di geprek sesuai cabe yang diminta. Di lengkapi juga dengan menu sayuran dan juga gorengan, apabila merasa jauh anda juga bisa memesan via gojek karena warung makan ayam bu rum ini sudah di daftarkan gofood juga.

Lihat juga tempat makan di bandung

  • Alamat: Jl. Wulung, Papringan, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • Harga : 10.000 – 50.000
  • Jam Buka : 08.00 – 21.00
  • Menu Favorite : Ayam Geprek

Kira – kira dari semua tempat makan legendaris di atas, mana yang menjadi favorit ? Apakah resto tema sawah, tempat yang asyik untuk makan dan kumpul, atau gudeg yang benar–benar legendaris?

Kalau semuanya menjadi favorit tidak masalah, pasti Anda bisa kok mengunjungi semua tempat makan di Jogja yang legendaris ini. Dijadwal saja dari pagi sampai malam, makan banyak sekali – kali tidak masalah kan, demi menjajal kuliner legendaris Jogja. Ada cukup banyak di jumpai selain itu ketika berkunjung ke jogja jangan lupa juga membawa oleh oleh khas jogja.



Tags: tempat makan di jogja muat banyak orang
Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *