Makanan Khas Banyuwangi 1
Makanan Khas

Makanan Khas Banyuwangi

Banyuwangi merupakan salah satu kabupaten di provinsi Jawa Timur yang cukup terkenal dengan pesona wisatanya. Selain itu makanan khas banyuwangi juga cukup menarik perhatian.

Salah satu tempat yang paling terkenal adalah kawah ijen. Kawah ijen merupakan kawah terbesar di Pulau Jawa dengan luas mencapai 20 km.

Keindahan kawah ijen sudah tidak diragukan lagi. Selain kawah ijen, Banyuwangi masih mempunyai banyak destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Misalnya pantai Boom yang tak kalah terkenal, Pulau Tabuhan, dan Pantai Pulau Merah.

Lihat juga Makanan Khas Pontianak

Selain destinasi wisatanya, Banyuwangi juga terkenal dengan kekayaan kulinernya salah satunya yaitu makanan khas banyuwangi.

Makanan khas Banyuwangi sudah banyak dikenal wisatawan, misalnya sego tempong dan juga pindang koyong.

Selain wisatawan yang sengaja berkunjung ke Banyuwangi, para wisatawan yang hendak menuju ke Bali juga kerap mampir untuk menikmati lezatnya makanan dari kota ini sebelum melanjutkan perjalanan dan menyebrang selat Bali.

Setelah puas mengunjungi tempat wisata yang ada di kota Banyuwangi, tak lengkap rasanya jika tidak sekalian menikmati kuliner khas dari kota tersebut.

Karena kuliner kota Banyuwangi mempunyai keunikan tersendiri yang membedakannya dengan kuliner dari daerah lainnya.

Lantas apa saja makanan khas banyuwangi yang dimaksud? Jika anda membutuhkan rekomendasi kuliner Banyuwangi, makananoleholeh.com telah merangkumnya untuk lebih jelasnya simaklah ulasannya di bawah ini.

Makanan Khas Banyuwangi

Sego Tempong Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi

Tempong memiliki arti menampar. Jadi sego tempong ini merupakan kuliner khas Banyuwangi dengan cita rasa pedas.

Saking pedasnya digambarkan rasanya seperti sedang ditampar.

Sego Tempong adalah berupa nasi panas yang dihidangkan bersama sayur-sayuran rebus dilengkapi dengan sambal mentah super pedas yang disebut sambal tempong.

Biasanya penjual sego tempong ini akan menyediakan aneka pilihan lauk sehingga pembeli bisa memilih sesuai dengan keinginannya.

Beberapa pilihan lauk diantaranya, bakwan jagung, pepes ikan laut, ayam goreng, telur dadar, dan ikan asin.

Sego tempong ini terkenal karena rasa segar dari sambal mentahnya. Kuliner satu ini paling pas dinikmati di malam hari sambil menikmati kota Banyuwangi.

Pindang Koyong Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 8

Masih dengan cita rasa pedas, ada masakan pindang koyong yang bisa menggoyang lidah anda.

Pindang koyong adalah masakan ikan pindang dengan kuah bening rasa asam pedas. Rasa asam diperoleh dari irisan belimbing sayur / belimbing wuluh. Rasa kuah semakin pedas karena ada irisan cabe rawit.

Bisa dibayangkan segarnya daging pindang lembut yang dipadukan dengan kuah asam pedas.

Beberapa orang menyukai pindang koyong kepala ikan. Kalau kuliner yang satu ini paling cocok dimakan saat siang setelah selesai mengunjungi obyek-obyek wisata yang ada di Banyuwangi.

Ayam Pedas Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 9

Jika anda melewati wilayah Banyuwangi bagian selatan anda akan menemukan banyak penjual masakan ayam pedas.

Pada masakan ini, daging ayam dimasak dengan cara dibakar setelah itu dicampur dengan kuah santan yang tidak terlalu kental. Rasa pedas dari kuahnya akan meledak di mulut.

Lihat juga makanan khas sunda

Untuk satu porsi biasanya dilengkapi pula dengan telur rebus dan hati ayam. Bagi pecinta pedas, anda wajib mencoba masakan khas dari Banyuwangi yang satu ini.

Sebaiknya anda menggunakan sendork ketika makan supaya tangan tidak panas terkena cabe.

Sego Cawuk Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 10

Mencari menu untuk sarapan pagi, sego cawuk adalah pilihan yang tepat saat anda berada di Banyuwangi.

Sego cawuk juga terkenal dengan nama Sego Janganan. Masakan ini bisa dengan mudah ditemukan di pinggir jalan kota Banyuwangi.

Satu porsi sego cawuk terdiri dari nasi, gecok (campuran parutan kelapa dan pipilan jagung bakar yang pedas dan segar), kuah pindang yang gurih, daun semanggi kukus, serta sambal serai.

Untuk menambah kenikmatan, anda bisa memilih lauk yang disediakan penjual seperti pepes ikan laut atau telur pindang.

Pecel Rawon Banyuwangi

Kuliner nasi pecel atau nasi rawon sudah biasa kita jumpai dan kita makan sehari-hari. Namun di Banyuwangi kedua kuliner tersebut disatukan menjadi salah satu makanan khas Banyuwangi yang banyak dicari orang.

Pecel rawon terdiri dari nasi panas ditambah sayuran rebus dan sambal pecel kemudian ditambahkan kuah rawon termasuk irisan daging sapi.

Makan menjadi lebih nikmat jika ditambahkan rempeyek. Makanan pecel rawon saat ini sudah terkenal luas sehingga semakin mudah ditemukan.

Rujak Soto Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 11

Rujak soto merupakan salah satu kuliner favorit para wisatawan saat sedang berkunjung ke Banyuwangi.

Makanan ini paling nikmat dijadikan menu makan siang. Jika anda penasaran, rujak soto ini merupakan perpaduan rujak sayur dengan siraman kuah soto serta irisan daging dan babat.

Jika anda penggemar kuliner pedas, anda bisa memesan ke penjual sesuai selera. Biasanya rujak soto dipadukan dengan lontong agar lebih mengenyangkan.

Pecel Pitik Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 12

Masakan khas dari Kota Banyuwangi yang tak kalah nikmat lainnya adalah masakan pecel pitik.

Sebenarnya pecel pitik merupakan sajian khusus yang digunakan pada saat mengadakan acara-acara selamatan.

Namun karena semakin banyak digemari orang, kuliner satu ini sekarang bisa dengan mudah dijumpai di banyak warung makan di sekitaran kota Banyuwangi.

Anda bisa mampir ke Desa Kemiren Banyuwangi untuk menikmati pecel pitik yang nikmat ini.

Yang khas dari masakan ini adalah perutan kelapa uda yang dibumbui kemudian dicampur dengan potongan ayam kampung yang disuwir-suwir.

Aneka Manisan Banyuwangi

Banyuwangi juga mempunyai makanan khas berupa manisan yang dibuat dari berbagai macam buah-buahan.

Beberapa manisan yang terkenal di Banyuwangi antara lain, manisan cerme, manisan tomat, dan manisan pala kering. Manisan dari kota Banyuwangi tak kalah enak dengan manisan dari daerah lainnya.

Anda bisa membeli manisan Banyuwangi sebagai camilan sendiri atau sebagai oleh-oleh untuk keluarga dan kerabat.

Bagiak Banyuwangi

Bagiak merupakan makanan yang dibuat dari tepung sagu yang diolah dengan cara khusus.

Bagiak punya beberapa varian rasa yang bisa menjadi pilihan. Rasa yang tersedia antara lain, keju, kacang, durian, nangka, pandan, jahe, vanilla, dan mocca.

Kue bagiak mempunyai tekstur sangat lembut sehingga disukai baik oleh orang dewasa dan anak-anak.

Bagiak sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kue ini bisa bertahan hingga kurun waktu 3 bulan tanpa terpapar sinar matahari secara langsung.

Botok Tawon Banyuwangi

Makanan Khas Banyuwangi 13

Botok tawon memang terdengar unik dan aneh. Tawon adalah bahasa jawa dari hewan lebah penghasil madu.

Namun jangan salah sangka, yang digunakan sebagai bahan pembuat botoknya bukan hewan tawonnya melainkan rumahnya alias sarangnya. Sarang lebah tersebut diolah secara khusus sehingga menjadi sebuah masakan yang lezat.

Makanan unik ini adalah khas dari Banyuwangi. Sayangnya agak sulit menemukan masakan ini, mengingat bahan baukunya yaitu sarang lebah cukup sulit diperoleh.

Jika anda penasaran bagaimana rasa dari masakan satu ini, anda bisa meluangkan waktu untuk pergi ke warung milik Bu Misnah yang terletak di Desa Lemahbang Kulon, Kecamatan Rogojampi, kota Banyuwangi.

Makanan Khas banyuwangi lainnya

Nasi Kalak

Sego Bungkus

Uyah Asam Pitik

Kelemben

Ladrang Sabrang

Dodol Salak

Sale Pisang

Jenang

Precet

Sumping

Bikang

Sup Kesrut

Lihat juga Makanan Paling Enak di Dunia

Itulah 10 makanan khas Banyuwangi yang wajib anda coba saat sedang berwisata atau berkunjung ke Banyuwangi. Selamat menikmati kayanya kuliner nusantara.



Tags: makanan khas banyuwangi, bakiyak makanan khas banyuwangi, kuliner khas banyuwangi, makanan banyuwangi, makanan kas banyuwangi yang digemarin sekarang, makanan khas banyuwangi rawon, makanan yang wajib di coba di sanur

Title : Makanan Khas Banyuwangi

You might also like

3 Replies to Makanan Khas Banyuwangi

  1. Waktu itu sempet mampir ke Banyuwangi tapi enggak nyobain makanan khasnya, nih. Duh sayang banget. Itu tandanya mesti balik lagi ke Banyuwangi.

  2. makanan yang cukup enak..

    ada peluang ..memang teringin juga untuk mencuba.

    boleh dimakan sekali sekala..

    kalau selalu rasa tak sanggup la pulak

  3. Blm kesampaian nih aku ke Banyuwangi :). Slalu penasaran Ama kulinernya. Sambel tempong rasanya wajiiib aku coba :). Secara kuliner pedes itu favoritku mas. Mungkin Krn terbiasa Ama masakan pedes sih dari kecil.

    Aku tuh tertarik masakan kuliner, selain banyak yg pedes, juga Krn namanya unik2, dan kdg kombinasi gitu loh. Kayak rujak soto.. pecel rawon. Kan bikin penasaran rasanya kayak apa itu 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *