Written by 11:27 Makanan Khas Indonesia A-Z

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak

Selain terkenal dengan wisata pulau karimunjawa yang banyak diburu, makanan khas Jepara juga turut menjadi buruan para wisatawan.

Jenis makanan sangat variatif, mulai dari makanan ringan hingga makanan pengganti nasi.

Sebelum berwisata ke Pulau karimunjawa, memang sebaiknya mencari referensi terlebih dahulu tentang kuliner khas Jepara yang paling enak.

Makanan Apa Saja?

Makanan khas Jepara

1. Horog-Horog

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan Khas Indonesia A-Z

Kuliner ini merupakan salah satu makanan pengganti nasi khas Jepara. Olahan tersebut juga menjadi makanan sehari-hari yang favorit bagi masyarakat setempat. Namun meskipun dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi, horog-horog juga dapat dijadikan camilan yang yang mengenyangkan.

Horog-horog merupakan olahan dari pohon aren. Ciri khas dari olahan ini mempunyai tekstur luar kasar. Tetapi ketika dimakan, horog-horog terasa lembut dan halus.

Lihat juga makanan khas wonosobo

Cara menikmati horog-horog, dapat dimakan sebagai makanan ringan biasa. Untuk cara penyajian horog-horog sebagai makanan pokok pengganti nasi dapat dimakan bersama berbagai macam lauk. Biasanya masyarakat setempat menyajikan horog-horog bersama dengan pecel, sate, gulai dan lain-lain.

Olahan satu ini merupakan kuliner khas Jepara yang wajib diburu. Selain rasanya enak, makanan tersebut tidak akan pernah dijumpai di daerah selain Jepara.

2. Bontosan

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan Khas Indonesia A-Z

Sekilas makanan ini nampak seperti lontong. Sebab dikemas menggunakan daun pisang dengan cara digulung. Walaupun dikemas seperti lontong, warna dan tekstur bontosan berbeda jauh dengan lontong.

Bontosan adalah olahan makanan yang terbuat dari bahan baku kerupuk ikan kerapu. Kerupuk yang digunakan adalah kerupuk mentah atau kerupuk basah. Selain kerupuk, bahan lain yang digunakan adalah tepung beras.

Cara pengolahan dari bontosan cukup mudah. Pertama-tama, kerupuk dihaluskan terlebih dahulu, lalu dicampur dengan tepung beras dan diberi sedikit air. Adonan kemudian dibungkus menggunakan daun pisang dengan cara seperti membungkus lontong, kemudian dikukus.

Cara menikmati bontosan, dapat dimakan begitu saja seperti camilan. Dapat juga dijadikan sebagai makanan pokok pengganti nasi. Untuk makanan pendampingnya sambal dan kerupuk.

3. Bongko Mento

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan Khas Indonesia A-Z

Makanan khas Jepara ini merupakan sejenis kue tradisional. Masyarakat setempat biasanya menyajikan bongko mento dalam acara arisan, syukuran dan lain – lain. Tekstur dari makanan ini sangat lembut.

Bahan – bahan yang digunakan dalam pengolahan bongko mento sangat beragam. Bahan tersebut meliputi tepung terigu, bihun, jamur kuping, dada ayam fillet, telur, santan dan rempah – rempah. Semua bahan dicampur secara merata, kemudian dibungkus dengan daun pisang dan dikukus.

4. Rondo Royal / Monyos

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan Khas Indonesia A-Z

Rondo royal adalah olahan makanan ringan khas Jepara. Olahan makanan ini sebenarnya sangat populer, namun agak seperti diabaikan.

Padahal bukan hanya di daerah Jepara, di daerah lain juga sering membuat makanan ini. Sayangnya rondo royal hanya dijual di Jepara, terutama di angkringan. Sedangkan di daerah lain hanya dijadikan sebagai makanan rumahan dan tidak dijual di tempat umum.

Rondo royal sendiri merupakan jenis olahan tape singkong yang digoreng. Cara pengolahannya, tape singkong dicampur dengan tepung beras dan diberi air secukupnya. Kemudian adonan tape singkong digoreng.

5. Lontong Krubyuk

5 Makanan khas Jepara Yang Paling Enak Makanan Khas Indonesia A-Z

Kuliner ini merupakan salah satu dari bentuk penyajian lontong yang hanya dijumpai di daerah Jepara.

Lihat juga makanan khas blitar

Lontong disajikan bersama kuah bakso dan daging ayam semur yang telah disuwir. Biasanya dimakan bersama dengan kerupuk.

Itulah referensi dari makanan khas Jepara yang enak dan hanya dijumpai di daerah Jepara.



Tags: makanan yang enak, Makanan khas jepara, kuliner jepara, Bontosan, kuliner khas jepara, kuliner makanan yang enak, makanan nendang di jepara, oleh oleh khas jepara
(Visited 46 times, 1 visits today)