10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba

Posted on

Nusa Tenggara Barat merupakan salah satu nama propinsi yang ada di Indonesia. Nusa Tenggara Barat merupakan sebuah propinsi yang memiliki keindahan alam yang sangat mempesona. Pesona alam NTB ini menjadikan banyak wisatawan lokal serta mancanegara banyak yang berdatangan. Namun ke NTB sangat kurang sekali jika tidak mencicipi makanan khas NTB.

Lihat juga Makanan Khas Melayu

Berkunjung ke suatu daerah tentu akan sangat kurang jika tidak mengonsumsi makanan khasnya. Pada uraian kali ini kami akan mengajak anda semua untuk mengenal Lombok lebih dalam melalui makanan khas NTBnya. Jika anda memiliki kesempatan untuk berkunjung ke lombok maka jangan lupa untuk mencicipi beragam hidangan khas Lombok ini.

10 Makanan Khas NTB yang Nikmat

1. Plecing Kangkung

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Plecing kangkung merupakan olahan khas NTB yang berupa olahan tanaman air. Pelcing kangung cukup terkenal bahkan hampir ada di setiap rumah makan di Lombok. Meskipun tampilannya sederhana akan tetapi plecing kangkung memiliki rasa yang luar biasa. Makanan yang dibuat dari perpaduan cabai rawit, garam ini mampu menggoyang lidah siapa saja yang menikmatinya.

Makanan khas NTB satu ini berbeda dengan jenis makanan yang ada pada daerah umumnya. Meskipun kita juga sering menjumpai makanan tersebut dengan bentuk serupa akan tetapi cara penyajian plecing kangkung ini cukup unik. Jika kebanyakan plecing kangkung disajikan dalam kondisi panas namun plecing kangkung khas NTB ini penyajiannya dalam keadaan dingin dengan tambahan tomat segar dan manis.

2. Ayam Taliwang

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Seteklah plecing kangkung, makanan khas NTB yang kedua yang tidak kalah terkenalnya yaitu ayam taliwang. Ayam taliwang sangat terkenal terutama di Lombok. Ayam taliwang ini merupakan kuliner dengan bahan dasar ayam yang sudah diberi bumbu rempah-rempah khas.

Ayam yang dipilih merupakan jenis ayam yang masih muda sehingga akan menghasilkan daging yang sangat empuk dan tulangnya mudah untuk dilepaskan. Sensasi makan pedas akan sangat terasa.

3. Sate Bulayak

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Jika plecing kangkung serta ayam taliwang merupakan jenis kuliner yang cukup terkenal, sate bulayak ini namanya kurang familiar. Sate bulayak merupakan sate yang hampir sama dengan sate Madura hanya saja lontongnya yang membedakan.

Lontong yang digunakan cukup unik karena menggunakan daun aren yang berbentuk spiral. Selain itu cara membukanya juga cukup unik karena harus mengikuti alur dari daun arennya tersebut. Sate Bulayak merupakan sate yang terbuat dari daging sapi yang sudah dipadukan dengan sambal khas NTB.

4. Sate Pusut

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Sate pusut ini sebenarnya mirip dengan sate-sate pada umumnya dimana cara pembuatannya dagingnya ditusuk serta dibakar dengan menggunakan bumbu rempah-rempah. Untuk ukurannya sate pusut ini dagingnya dipotong lebih besar daripada sate kebanyakan yaitu kurang lebih 3 cm.

Terkait cara penyajiannya sate pusut disajikan dengan menggunakan tomat serta lalapan sawi yang pasti akan menambah selera makan siapa saja yang mencicipinya. Bagaimana apakah anda tertarik untuk mencoba kelezatan makanan khas ntb yang satu ini.

5. Nasi Balap

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Nasi balap adalah salah satu makanan dari NTb yang berasal dari daerah Lombok Tengah. Nasi Balap Puyung ini adalah sebuah nasi yang dalam penyajiannya menggunakan beberapa campuran sambal daging, kedelai goreng serta ditambahkan juga kentang goreng kremes. Nasi balap sangat popular dikarenakan memiliki cita rasa pedas serta tambahan bumbu khas suku Sasak.

Sekali anda mencoba dijamin akan ketagihan untuk terus mencoba lagi, lagi dan lagi. Sensasi pedas yang dihasilkan mampu membuat selera makan semakin bertambah. Anda bisa menemukan kuliner lezat satu ini di banyak warung makanan khas NTB. Untuk harganya juga cukup terjangkau sehingga kantong anda akan tetap aman.

6. Ares

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Makanan dari Nusa Tenggara Barat yang rasanya tidak kalah enaknya yaitu Ares. Ares merupakan syur khas daerah Lombok. Ares ini terbuat dari bahan utama yaitu pisang kapok yang masih muda yang sudah dicampur dengan beberapa bumbu khas Lombok istimewa. Di zaman dahulu, Ares hanya dihidangkan saat upacara adat tertentu saja, akan tetapi seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini Ares banyak ditemukan dibeberapa kedai makan daerah NTB.

Makanan lokal satu ini bisa mengingatkan kita dengan orang tua pada zaman dahulu. Nah ares ini juga menghasilkan sensasi yang berbeda dimana rasanya tidak pedas seperti makanan Lombok kebanyakan. Ares memiliki perpaduan rasa manis serta gurih karena menggunakan santan. Dan jangan salah makanan satu ini kerap digunakan sebagai pendamping nasi oleh suku Sasak asli saat acara-acara tertentu.

7. Sate Tanjung

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Di atas tadi sudah dibahas beberapa jenis sate khas Lombok. Lombok merupakan daerah yang terkenal dengan sapinya yang melimpah. Namun jangan salah, selain memiliki sapi yang melimpah Nusa Tenggara Barat juga memiliki akan hasil laut. Nah salah satu makanan yang dihasilkan dari hasil laut yaitu sate tanjung.

Sate tanjung ini akan dinikmati selagi masih panas serta didampingi dengan lontong atau nasi. Anda bisa memilih mau menikmati menggunakan nasi atau lontong. Keduanya sama-sama nikmat untuk dijadikan makanan pelengkap.

Rasa gurihnya didapat dari santan dan beberapa rempah khas Lombok. Yang paling khas memang sate Tanjung di pasar Tanjung. Makanan khas ntb ini pantas untuk kamu coba karena sulit untuk mendapatkannya di ibukota.

8. Poteng Jaje Tujak dan Iwel

Makanan khas yang satu ini hanya bisa ditemukan ketika lebaran. Dengan demikian maka akan agak sulit menemukannya saat tidak masa lebaran tiba. Meskipun demikian kuliner satu ini juga cukup familiar.

Poteng merupakan tape ketan serta jaje tujak atau tetel mungkin lebih dikenal dengan nama gemblong. Poteng jaje tujak ini biasanya diolah dengan daun suji serta daun pandan yang sudah dicampur. Makanan dari Nusa Tenggara Barat yang satu ini cukup langka, oleh karenanya manakala anda mendapatkannya maka akan sangat beruntung.

9. Babalung

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Mendengar namanya makanan satu ini identik dengan tulang. Benar sekali bahan utama yang digunakan adalah tulang iga sapi atau bisa juga menggunakan tulang kerbau yang sudah dibumbui dengan beberapa bumbu seperti cabe rawit, bawang putih, bawang merah, lengkuas serta kunyit tidak lupa diberi tambahan jahe.

Yang paling khas dalam penyajian bebalung adalah taburan bawang gorengnya yang melimpah. Bebalung yang paling populer terletak di Depot Kelebet di belakang kantor Gubernur NTB. Makanan khas ntb ini mungkin hampir mirip dengan tengkleng namun menggunakan tulang sapi bukan tulang kambing atau domba.

10. Beberuk Terong

10 Makanan Khas NTB Yang Wajib di Coba Makanan

Makanan ini kerap dikenal sebagai gado-gadonya Lombok. Kuliner ini merupakan jenis lalapan yang biasanya dipadukan dengan ayam taliwang. Bahan utama yang digunakan berupa terong ungu yang sebelumnya sudah dipotong-potong kemudian dicampur dengan tomat dan beberapa bumbu rempah lainnya.

Nah, setelah ditambah dan dicampur kemudian terong dan taburan bumbu rempah ini ditambahkan kesegaran air jeruk limau.Rasanya benar-benar gado-gado, pedas, manis, asam dan sangat segar untuk makan siang sekalipun.

Lihat juga Makanan Khas Maluku

Itulah 10 daftar makanan khas NTB yang bisa anda jadikan referensi untuk dinikmati manakala berkunjung ke NTB. Selamat menikmati.

Tags: makanan khas ntb, makanan dari ntb, makanan khas nusa tenggara barat, makanan tradisional ntb

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *