10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah

Posted on

Setiap wilayah, daerah bahkan setiap tempat di Indonesia punya ciri khasnya masing-masing. Ciri khas yang dominan terdapat pada tempat wisata juga kuliner yang ada. Itulah yang menjadikan orang-orang selalu merasa tertarik melakukan tour wisata keliling Indonesia. Dari sekian banyak kota yang menawarkan tempat wisata yang begitu mempesona, Banyuwangi adalah salah satu.

Di Banyuwangi terdapat beberapa tempat wisata menarik, seperti Pantai Merah dan lain sebagainya. Walaupun penat, pasti yang namanya perjalanan wisata sudah pasti menyenangkan, namun karena saking senangnya jangan lupa untuk mencicipi kuliner khas Banyuwangi dan membeli oleh-oleh khas Banyuwangi juga.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Ketika bepergian ke suatu tempat yang menarik, tentu yang dinantikan bukan hanya pengalaman cerita wisata Anda, karena orang-orang terdekat dan juga keluarga di rumah pasti juga akan menantikan buah tangan atau oleh-oleh yang Anda bawa.

10 oleh-oleh khas Banyuwangi

Jadi, Anda pun harus membeli oleh-oleh agar tak membuat mereka merasa kecewa. Tak perlu membelikan oleh-oleh berupa barang mewah dengan harga mahal, karena oleh-oleh sederhana saja, yang langsung Anda beli dari tempat asalnya pasti sudah membuat mereka merasa senang dan terkesan.

1. Kopi Khas Kota Banyuwangi

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Indonesia adalah salah satu negara penghasil kopi di dunia, dan Banyuwangi pun merupakan salah satu kota penyumbang hasil kopi di negara kita ini. Sebab, terdapat beberapa kopi khas Banyuwangi, diantaranya seperti kopi seblang, kopi lanang, kopi pingit dan kopi kemrien. Beberapa kopi khas kota Banyuwangi tersebut memiliki aroma dan cita rasa yang berbeda. Kopi Seblang merupakan kopi istimewa karena berasal dari biji kopi luwak. Untuk kopi lanang merupakan hasil perkebunan yang proses pengolahannya dikelola langsung oleh PTPN XII Kalibaru. Sementara Kopi Pingit adalah jenis kopi yang berasal dari pegunungan Gumitir yang ada di Kalibaru. Sedangkan kopi Kemiren adalah jenis kopi yang diproses dari industri rumahan. Bagi Anda para pencinta kopi, jangan sampai melewatkan berburu kuliner kopi khas dari kota Banyuwangi ini.

2. Kerupuk / Keripik Rumput Laut

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Banyuwangi adalah salah satu kota yang berada di pesisir laut, sehingga wajar apabila rumput laut menjadi salah satu produk unggulan yang ada di kota ini. Sebab, di sini rumput laut bukan hanya dicari oleh masyarakat sebagai hasil tangkapan saja, tapi juga dibudidayakan dengan baik oleh masyarakat pesisir kota Banyuwangi. Selain bisa mendapatkan rumput laut segar saat berada di kota ini, Anda pun bisa mencicipi dan membawa pulang kerupuk / keripik rumput laut khas Banyuwangi. Dimana kerupuk tersebut terbuat dari rumput laut asli tanpa kandungan MSG, zat pewarna dan bahan pengawet, sehingga aman untuk dikonsumsi.

3. Kaos Banyuwangi

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Mencari oleh-oleh khas Banyuwangi tak harus camilan, makanan ataupun minuman saja, karena ada lho kaos Banyuwangi dengan desain sablon unik yang bisa Anda beli untuk dijadikan sebagai oleh-oleh. Kaos Banyuwangi ini sangat khas dan menarik dengan adanya desain kata-kata khas Banyuwangi. Hal ini tentu sangat cocok digunakan bagi Anda yang hendak berkeliling dan berwisata di Banyuwangi. Selain itu, Anda bisa juga membelinya dengan jumlah banyak sebagai oleh-oleh, karena harganya memang murah meriah.

4. Batik Banyuwangi

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Apabila kaos Banyuwangi cocok dijadikan sebagai oleh-oleh untuk saudara atau keluarga yang berusia muda, maka Anda pun bisa memilih Batik Banyuwangi untuk diberikan kepada orang tua, mertua atau anggota keluarga lain yang lebih dewasa. Pasalnya, batik Banyuwangi ini punya motif dan corak yang menjadi ciri khasnya sendiri. Adapun batik yang paling best seller di Banyuwangi adalah batik dengan motif gajah oling. Selain itu juga masih ada motif batik menarik lainnya, seperti sembruk cacing, kangkung setingkes, gadhegan dan lain sebagainya.

5. Kerajinan Gintangan Banyuwangi

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Di kota Banyuwangi terdapat sebuah desa yang terkenal akan produksi kerajinan bambunya. Walaupun merupakan industri rumahan yang banyak dikerjakan oleh penduduk warga desa, namun hasil kerajinan dari Desa Gintangan Banyuwangi ini menjadi salah satu ciri khas dari kota ini. Ada beragam jenis kerajinan bambu yang dapat dijadikan buah tangan wisatawan, mulai dari hiasan kipas raksasa, kerajang, aneka perabotan rumah tangga unik, souvenir unik dan masih banyak lagi yang lainnya.

6. Ladrang Sabrang

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Beralih pada oleh-oleh dan kuliner khas Banyuwangi berupa makanan, perkenalkan camilan khas Banyuwangi, yakni Ladrang Sabrang. Ladrang Sabrang atau Sabrang merupakan jenis camilan yang terbuat dari ubi jalan yang dijadikan sebagai keripik memanjang, hingga menyerupai cheese stick. Tak hanya renyah, camilan ini memiliki rasa yang gurih dan manis. Ladrang Sabrang juga merupakan jenis camilan sehat, yang rendah akan kandungan kalori, sehingga tak akan membuat tubuh menjadi gemuk.

7. Tape Buntut

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Di Provinsi Jawa Barat juga terdapat kuliner khas berupa tape atau peuyeum, namun bukan hanya di Jawa Barat saja karena kuliner ini juga bisa Anda dapatkan di Banyuwangi. Akan tetapi, tape buntut khas Banyuwangi ini sungguh unik karena dibungkus dengan menggunakan daun pohon jati, sehingga bentuknya menyerupai buntut atau ekor.

8. Sale Pisang

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Sale Pisang merupakan salah satu oleh-oleh yang terkenal di kota Bandung. Akan tetapi, Anda tak perlu jauh-jauh ke kota Bandung, karena di Banyuwangi Anda juga bisa menemukan sale pisang sebagai oleh-oleh. Sama dengan olahan sale pisang kebanyakan, sale pisang khas Banyuwangi juga khas dengan kerenyahan dan rasanya yang manis legit.

9. Kue Bagiak

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Pernah tahu atau pernah mencoba kue bagiak? Nah, bagiak merupakan kue khas yang asli dari kota Banyuwangi. Walaupun digolongkan sebagai kue tradisional, namun kue yang terbuat dari campuran tepung kanji, telur dan susu ini memiliki perpaduan rasa asin, manis dan gurih yang begitu khas sekali. Selain memiliki rasa yang enak dan unik, kue bagiak ini juga terlihat begitu menarik dengan bentuknya yang unik. Setelah melihat dan mencobanya, Anda pun pasti merasa tertarik untuk menjadikannya sebagai salah satu oleh-oleh untuk dibawa pulang.

10. Dandang – Panci Kalibaru

10 oleh-oleh khas Banyuwangi Yang Unik dan Murah Oleh-oleh

Jika sebelumnya, di Desa Gintangan Banyuwangi adalah pusat produksi kerajinan bambu, di Desa Kalibaru adalah tempat kerajinan aluminum yang biasa memproduksi perkakas dan peralatan dapur. Kerajinan peralatan, Panci, Dandang, Wajan dan aneka peralatan dapur ini bukan hanya terkenal di Indonesia saja, tapi mampu menebus serta merambah pada pasar Internasional, khusus dalam pemasaran secara ekspor. Apabila membeli perkakas rumah tangga ini sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi, pasti Anda bisa mengetahui seperti apa kualitasnya.

Lihat juga oleh oleh khas jambi

Ada banyak sekali pilihan buah tangan yang dapat dipilih untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Banyuwangi yang nantinya akan Anda bawa pulang, untuk dibagikan dan diberikan langsung kepada keluarga serta orang-orang terdekat. Namun selalu pastikan untuk membeli barang atau oleh-oleh yang mudah dibawa saat perjalanan jauh dan yang penting pilih juga oleh-oleh yang dirasa tidak akan cepat basi saat di bawa pulang.

Tags: OLEH-OLEH KHAS BANYUWANGI, photo ciri khas banyuwangi

Related posts:

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *