5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang

Posted on

Oleh Oleh Khas Klaten, berbicara tentang liburan memang tidak ada habisnya apalagi jika dilakukan bersama keluarga.

Berwisata ke sebuah daerah kurang lengkap rasanya jika tidak membawa oleh-oleh khas untuk semua saudara di rumah.  Klaten merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang menyimpan banyak sekali potensi wisata yang unik dan mengagumkan.

Selain itu kota Klaten ini terbilang cukup unik karena diapit oleh dua keraton yang terkenal.  Di Sebelah barat kota Klaten terdapat keraton dari kasunanan Yogyakarta dan disebelah Timur terdapat keraton dari kasunanan Surakarta.

Bagi Anda yang tertarik berkunjung ke Klaten pastikan untuk membeli berbagai produk olahannya karena sangat lezat dan berbeda dari lainnya. Nah berikut ini beberapa pilihan oleh oleh khas Klaten yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Makanan Apa Saja?

Oleh Oleh Khas Klaten

Geplak

5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang Oleh-oleh

Camilan pertama khas Klaten yang selalu diburu oleh wisatawan yang datang ke Klaten adalah Geplak. Bagi Anda yang sudah pernah ke Klaten sebelumnya, pasti sudah tidak asing dengan oleh-oleh dari Klaten yang satu ini.

Geplak sendiri merupakan sebuah camilan yang terbuat dari parutan kelapa yang dimasak kemudian ditambahkan dengan gula. Tambahan gula tersebut untuk menambah cita rasa manis pada camilan Geplak.

Lihat juga oleh oleh khas jogja

Seperti yang diketahui bahwa salah satu ciri dari makanan Jawa khususnya Jawa Tengah memiliki cita rasa manis dan legit. Bagi Anda yang ingin membeli makanan untuk oleh-oleh keluarga di rumah, Geplak menjadi pilihan yang sangat tepat.  Selain karena rasanya yang enak, Geplak juga salah satu oleh-oleh yang dijual dengan harga yang terjangkau. Jadi jangan sampai ketinggalan.

Wajik

5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang Oleh-oleh

Siapa yang suka makanan manis? Jika Anda suka makanan yang manis maka oleh-oleh dari Klaten ini sangat cocok untuk dibawa pulang. Sebenarnya wajik merupakan jenis camilan yang hampir sama seperti Geplak. Selain rasanya yang hampir sama, kedua makanan ini terbuat dari bahan dasar yang sama yakni kelapa dan gula. Salah satu perbedaan dari kedua makanan ini yaitu umumnya wajik ditambah dengan bahan beras ketan di dalamnya. Selain itu wajik proses pengemasan wajik dan Geplak juga sangat berbeda. Meski terbuat dari bahan dasar yang hampir sama, rasa kedua camilan tersebut sangatlah berbeda. Agar Anda bisa membedakan rasa kedua makanan tersebut, tidak ada salahnya untuk membelinya saat berkunjung ke Klaten.

Slondok

5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang Oleh-oleh

Selanjutnya oleh-oleh khas daerah Klaten yang tidak kalah populer adalah Slondok. Berbeda dengan jenis makanan sebelumnya yang memiliki rasa manis dan legit.  Slondok umumnya memiliki rasa yang lebih gurih dan pedas. Bahan dasar untuk membuat Slondok ini sangatlah mudah ditemukan yakni singkong yang digiling dengan ditambahan bumbu-bumbu spesial.

Setelah singkong dan bumbu tercampur secara merata, selanjutnya adonan Slondok di bentuk seperti gelang dan di jemur hingga adonan benar-benar mengering. Jika sudah maka Slondok siap untuk digoreng dan dikemas dengan menarik. Dulu Slondok hanya dijual satu varian rasa saja namun mengikuti perkembangan zaman, kini Slondok bisa dijumpai dengan berbagai varian rasa. Jadi pastikan untuk mencoba semua rasanya ya! Sekarang Anda sudah bisa menjumpai Slondok di pusat oleh-oleh yang ada di Klaten.

Kepelan

5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang Oleh-oleh

Kepalanya menjadi oleh oleh khas Klaten selanjutnya yang sayang jika dilewatkan. Makanan yang satu ini sebenarnya berasal dari salah satu dari di Klaten yang bernama desa Kedengaran di Kecamatan Peden. Bahan dasar yang digunakan untuk membuat ini adalah tepung gandum yang di bumbu dengan bumbu yang spesial. Makanan Kepalan ini memiliki cita rasa gurih dan enak. Sebaiknya Anda menyantap makanan ini selagi masih hangat dan bisa menambahkan saus pedas bagi Anda yang suka dengan camilan pedas. Untuk bisa menikmati makanan yang satu ini Anda bisa langsung datang ke alun-alun atau pusat kota Klaten.

Keripik Belut

5 Oleh Oleh Khas Klaten Yang Wajib Anda Bawa Pulang Oleh-oleh

Satu lagi camilan khas Klaten yang wajib dicoba adalah keripik belut. Biasanya selain digunakan untuk camilan, keripik belut ini juga dijadikan lauk ketika makan. Bagaimana rasanya? Meski terdengar aneh namun Anda tidak perlu ragu lagi dengan rasa yang dihadirkan.

Rasa yang enak, gurih dan renyah semakin membuat ketagihan para wisatawan yang menikmatinya. Untuk bisa mendapatkan camilan yang satu ini Anda hanya perlu berkunjung ke pusat oleh-oleh yang ada di Klaten. Selain keripik belut, Anda juga akan menemukan berbagai oleh-oleh lainnya yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Lihat juga oleh oleh khas malang

Demikian beberapa oleh oleh khas Klaten yang wajib Anda beli saat berkunjung ke sana. Jangan lupa untuk membawakan nya untuk para keluarga dan saudara di rumah. Rasanya yang enak dijamin akan memanjakan lidah Anda.

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *