17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati

Kota Pekanbaru tumbuh sebagai kota industri yang sangat maju dan berkembang. Keberadaan moda transportasi yang memudahkan para pelancong masuk ke kota Pekanbaru ini membuat kota ini ramai dikunjungi wisatawan baik domestik maupun mancanegara. Mulai dari panganan khas, tempat wisata, hingga oleh-oleh uniknya membuat banyak orang menempatkan perhatiannya pada Pekanbaru.

Jika berkunjung ke kota Pekanbaru namun pulang hanya dengan tangan kosong maka akan terkesan sia-sia. Oleh karena itu, jangan sampai kamu lupa untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru. Ada banyak pilihan yang bisa kamu beli. Berikut ini MakananOlehOleh.com ajak kamu melihat-lihat buah tangan apa saja yang bisa kamu beli saat di Pekabaru.

1. Bolu Kemojo

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Pekanbaru pertama yang bisa jadi pilihan adalah bolu kemojo. Bolu ini merupakan makanan khas Melayu yang bisa dengan mudah kamu jumpai ketika kamu berkunjung ke Pekanbaru. Teksturnya yang lembut serta rasanya yang legit menjadikan bolu ini sangat diminati baik oleh warga sekitar maupun oleh wisatawan yang berkunjung ke Pekanbaru.

Bolu ini bisa dikatakan sebagai ikon kuliner yang wajib kamu cicipi ketika kamu berkunjung ke Pekanbaru. Hampir di seluruh kota mudah untuk ditemukan kios yang menjual makanan khas Pekanbaru ini. Bolu kemojo sudah populer sejak 15 tahun yang lalu. Bolu ini memiliki rasa yang lembut. Aroma pandan yang begitu kuat menjadikan bolu ini cukup populer di kalangan para wisatawan. Bolu ini mudah untuk membuatnya. Namun tidak semua orang bisa membuatnya.

Jika kamu ingin membawanya sebagai buah tangan kini kamu bisa memilih beberapa varian rasa lainnya selain rasa pandan yang sudah melegenda. Antara lain, rasa rempah, kacang hijau, kentang, nangka, gula merah, labu kuning dan keju. Harga bolu ini cukup bersahabat yaitu sekitar 15 ribu sampai 20 ribu per bungkus. Cukup murah untuk oleh-oleh yang lezat.

2. Batik

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Pekanbaru juga memiliki kerajinan batik yang memiliki motif cukup unik. Kerajinan batik dari Pekanbaru ini memang relatif memiliki motif yang tidak kalah cantiknya jika dibandingkan dengan batik khas daerah lainnya di Indonesia. Motif batik khas Riau ini biasanya memiliki gambar berupa tumbuhan seperti bunga klambang, bunga ketumbang, dan jenis bunga-bunga lainnya.

Jika kamu mau membeli oleh-oleh berupa batik, kamu bisa mendapatkannya di Galeri Batik Tabir Riau yang memiliki koleksi batik cukup lengkap. Motif batik khas Riau yanf dijual dilukis dengan cara khusus yaitu dengan cara diagonal dan juga dengan cara vertikal. Tidak boleh dilukis dengan cara horisontal. Aturan inilah yang membedakan antara batik khas Riau dengan batik khas daerah lainnya di Indonesia.

3. Kaos

Kaos, kadang kala menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibeli sebagai buah tangan yang praktis untuk dibawa pulang. Jika kamu mau membeli kaos sebagai buah tangan kepada orang di sekitar kamu, kamu bisa memilih beberapa merk populer di kota Pekanbaru. Merk-merk ini merupakan merk lokal yang sudah populer dan sangat wajib untuk dibeli karena sudah mendunia.

Salah satu merk kaos lokal yang populer adalah plat BM 1912. Kaos ini tidak hanya bisa kamu temukan di Pekanbaru saja. Melainkan bisa kamu temukan di beberapa tempat lainnya. Merk ini memiliki slogan “bile balik Riau?” yang akan menantang siapa saja untuk kembali ke Riau. Jika kamu ingin membelinya, kamu bisa menebusnya dengan harga kisaran antara 75 ribu sampai dengan 100 ribu per kaosnya.

4. Lempuk Durian

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Lempuk durian merupakan salah satu makanan khas Riau yang terbuat dari durian. Durian yang memiliki rasa dan aroma yang khas ini membuat para penggemarnya tidak akan melewatkan panganan olahan dari durian. Lempuk yang merupakan salah satu makanan yang terbuat dari durian ini dibuat dengan cara seperti dodol.

Bahan utama dari dodol atau lempuk ini adalah durian. Teksturnya yang khas yaitu liat ini memang termasuk cukup khas. Rasa manis dan gurih berpadu dengan aroma harum khas durian yang tidak bisa dilepaskan begitu saja. Lempuk durian ini sudah menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib untuk dibawa pulang jika kamu berkunjung ke Pekanbaru.

Sebagai rekomendasi, kamu bisa memilih yang paling populer, yakni lempuk durian khas Bengkalis. Daerah Bengkalis merupakan daerah penghasil durian paling banyak. Tidak heran jika kamu dengan mudah bisa menemukan lempuk durian khas Bengkalis ini sebagai makanan khas Pekanbaru yang wajib kamu cicipi untuk kamu bawa pulang.

5. Pancake Durian

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Pernah dengar pancake durian? Bagi kamu penggemar durian tentu saja kamu wajib mencoba makanan yang sangat lezat ini. Pancake durian ini memiliki rasa yang sangat lembut. Durian lembut yang dibungkus menggunakan kulit khusus ini menjadikan aroma buah durian terjaga dengan baik. Durian yang dibuat dengan cara dihaluskan kemudian diisikan ke dalam kulit yang berwarna-warni ini sangat melindungi aroma durian.

Jika kamu berkunjung ke Pekanbaru, tidak akan lengkap jika kamu tidak memborong oleh-oleh khas Pekanbaru ini ke kampung halaman. Kamu bisa membawanya ketika perjalanan yang kamu lakukan tidak memakan waktu cukup lama. Sebab jika perjalanan cukup panjang, durian yang ada di dalam bungkusan kulit ini akan meleleh. Pancake ini juga akan lebih nikmat jika disajikan dalam keadaan dingin.

6. Souvenir (Gantungan Kunci)

Souvenir merupakan salah stu jenis oleh-oleh yang paling mudah untuk dibawa. Ukurannya yang mungil menjadikannya salah satu oleh-oleh yang paling praktis untuk dibawa. Terutama jika kamu mau memberikan oleh-oleh kepada orang yang cukup banyak. Oleh-oleh berupa souvenir atau gantungan kunci khas Riau ini akan sangat praktis dan juga lebih hemat tempat.

Selain gantungan kunci, ada juga souvenir lainnya yang bisa menjadi oleh-oleh khas Pekanbaru yaitu hiasan dengan penutup magnet. Biasanya souvenir ini bisa ditempelkan di pintu kulkas. Biasanya hiasan magnet ini memiliki tulisan dan juga gambar khas Pekanbaru yang unik. Harga per satuan gantungan kunci atau hiasan magnet ini berkisar antara 10 ribu hingga 15 ribu per buahnya.

7. Keripik Nanas

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Nanas merupakan buah tropis yang dimiliki oleh hampir di semua tempat. Rasanya yang manis dan asam ini menjadi salah satu buah yang memiliki rasa cukup eksotis dan banyak penggemarnya. Salah satu olahan nanas yang cukup populer selain selai adalah keripik. Nanas yang dijadikan keripik ini mampu mempertahankan cita rasa dan aroma khas nanas pada hasil olahannya. Meskipun digoreng hingga kering, namun rasa nanasnya sama sekali tidak mengalami perubahan.

Pekanbaru yang memiliki tanaman nanas yang cukup banyak tentu saja harus lebh cerdas untuk memanfaatkan nanas menjadi salah satu oleh-oleh khas Pekanbaru. Salah satunya adalah keripik nanas. Rasanya yang legit dan juga ada rasa asam khas nanas membuat keripik ini sangat layak untuk dijadikan oleh-oleh. Selain itu, keripik nanas ini relatif lebih tahan lama. Jika perjalanan kamu cukup jauh, kamu bisa membawa oleh-oleh berupa keripik ini untuk orang-orang terdekat kamu.

8. Dodol Kedondong

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Kedondong yang cukup familiar di kalangan orang Indonesia ini merupakan salah satu buah yang paling sering dijadikan sebagai buah untuk rujak karena memiliki rasa yang cukup unik. Manis asam buah ini menjadikannya sebagai buah yang wajib ada untuk rujakan. Kedondong yang memiliki rasa unik ini oleh orang Pekanbaru diubah menjadi makanan yang juga cukup familiar yaitu dodol.

Dodol yang memiliki rasa manis ini merupakan salah satu inovasi terkini dan terbaik dari orang-orang Pekanbaru. Selain itu, dodol kedondong ini tidak hanya memiliki rasa manis seperti dodol pada umumnya, namun juga memiliki rasa asam dari buah kedondong. Perpaduan rasa inilah yang menjadikan dodol kedondong ini menjadi cita rasa wajib yang wajib kamu cicipi ketika mampir ke Pekanbaru.

9. Viz Cake

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Pekanbaru lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan membeli Viz Cake. Viz Cake ini hadir untuk memenuhi kebutuhan para wisatawan yang ingin menikmati kuliner khas Pekanbaru. Viz Cake sebenarnya tidak berbeda dengan toko roti pada umunya. Produk dari toko roti ini adalah bolu. Bolu yang diperdagangkan disini termasuk bolu yang istimewa.

Salah satu produk andalan dari Viz Cake adalah bolu durian keju. Bolu ini hadir untuk memuaskan para pecinta durian yang ingin menikmati durian dalam bentuk yang berbeda. Bagi yang tidak tahan dengan aroma durian yang menyengat, bolu durian keju ini bisa menjadi alternatif makanan yang bisa dicicipi.

10. Lopek Bugi

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Lopek bugi merupakan salah satu makanan khas Kampar. Makanan ini memiliki cita rasa khas dan unik yang wajib kamu cicipi. Terbuat dari beras ketan, menjadikan makanan ini cukup mengenyangkan. Meskipun makanan ini khas Kampar, namun lopek bugi juga bisa kamu temukan di Pekanbaru. Meskipun tergolong makanan ringan, lopek bugi ini cukup mengenyangkan.

Lopek yang bermakna lepat dan bugi yang merupakan sebutan untuk beras ketan yang ditumbuk. Sehingga jika digabungkan, makna lopek bugi adalah lepat yang terbuat dari beras ketan yang ditumbuk halus kemudian dikukus dan dibungkus menggunakan daun pisang. Rasa manis legit yang berasal dari beras ketan dipadukan dengan bumbu khas membuat makanan ini semakin istimewa.

11. Salai Ikan Patin

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Satu lagi oleh-oleh khas Pekanbaru yang wajib kamu nikmati dan kamu bawa pulang adalah salai ikan patin. Ikan patin yang jumlahnya cukup berlimpah di Pekanbaru ini menjadikan warga sekitar harus kreatif untuk mengolah dan mengubah ikan patin menjadi makanan yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. Jumlah produksi ikan patin yang cukup banyak ini membuat peluang usaha yang cukup menjanjikan bagi warga sekitar.

Ikan patin yang memiliki nilai gizi cukup tinggi ini sudah diolah menjadi salai dan sudah diekspor sampai ke luar negeri. Salai dipilih sebagai produk olahan ikan patin sebab dengan diolah menjadi salai, ikan patin menjadi lebih tahan lama serta mampu mempertahankan kualitas rasa dan teksturnya serta nilai gizinya yang cukup tinggi.

12. Kerupuk Ikan Tenggiri

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Oleh-oleh khas Pekanbaru berikutnya adalah kerupuk ikan tengiri. Kerupuk ini terbuat dari ikan tengiri yang masih segar. Rasanya yang gurih dan juga teksturnya yang renyah membuat kerupuk menjadi makanan favorit hampir semua orang Indonesia. Ikan tengiri yang dijadikan kerupuk ini menjadi salah satu makanan yang sangat enak untuk dijadikan camilan sebagai teman minum kopi dan bersantai.

Daging ikan tengiri yang dihaluskan kemudian dicampurkan dengan tepung beras dan juga bumbu-bumbu lainnya membuat kerupuk ini memiliki rasa yang khas. Rasa lezat dan gurih dari kerupuk ini membuat kerupuk ini wajib kamu bawa pulang. Rasa khas ikan tengiri yang enak dan juga nilai gizi yang cukup tinggi membuat kerupuk tengiri ini menjadi makanan wajib untuk dicicipi dan dibawa pulang.

13. Pastel Ikan Patin

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Pastel merupakan salah satu makanan yang memiliki cita rasa yang sangat lezat. Pastel berbentuk adonan kulit yang diisi dengan berbagai macam isian. Jika biasanya pastel diiisi dengan sayuran, ayam atau udang, maka di Pekanbaru pastel diisi dengan ikan patin. Ikan patin yang jumlahnya ada banyak di Pekanbaru ini menjadi salah satu ikan yang menjadi unggulan dari kota Pekanbaru sehingga makanan ini menjadi salah satu andalan kota Pekanbaru yang wajib kamu cicipi.

Oleh-oleh khas Pekanbaru yang satu ini memiliki cita rasa yang benar-benar istimewa. Ikan patin yang diberi bumbu khusus dan diolah dengan cara yang istimewa membuat pastel ini wajib dijadikan buah tangan istimewa untuk keluarga di rumah. Bukan hanya itu, harganya yang sangat terjangkau serta tahan lama ini membuat pastel ini bisa menjadi alternatif oleh-oleh yang bisa kamu bawa.

14. Kue Bangkit

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Kue bangkit merupakan makanan khas Melayu. Biasanya kue ini akan mudah dijumpai ketika hari raya idul fitri. Kue ini biasanya merupakan salah satu kue yang harus ada ketika idul fitri. Namun kini, kue bangkit benar-benar mudah dijumpai. Rasanya yang nikmat dengan warnanya yang kekuningan membuat kue ini diminati oleh banyak orang. Kue ini menjadi salah satu kue tradisional yang bisa dijadikan oleh-oleh khas Pekanbaru untuk kamu beli.

Oleh-oleh khas Pekanbaru satu ini merupakan salah satu oleh-oleh yang harus dibawa ketika kamu berkunjung ke Pekanbaru. Makanan ini memiliki tekstur yang lembut. Proses pembuatannya yang masih menggunakan oven tradisional ini tentu saja menjadikan kue ini memiliki aroma khas yang benar-benar kuat. Harga per bungkusnya yang hanya sekitar 23 ribu saja tentu saja sangat terjangkau di kantong kamu.

15. Ikan Asap Selais

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Ikan selais adalah jenis ikan yang paling dikenal oleh wisatawan lokal maupun asing saat berkunjung ke Pekanbaru. Oleh karenanya banyak sekali pelancong yang mengeluarkan uangnya untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru ini. Padahal, jika kamu tahu, ikan segar yang kemudian diasap tersebut tidak hanya ikan selais. Masih banyak jenis ikan tawar yang bisa diasap.

Disadur dari seorang pedagang khusus ikan kering di Pasar Bawah, Pekanbaru, melalui NetralNews, saat ini pembeli bisa memilih ikan air tawar lain seperti ikan baung, lele, patin, dan ikan gabus. Tapi pada umumnya ikan yang diasap dan dijual sebagai oleh-oleh adalah ikan selais.

16. Kacang Pukul

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Jika kamu tertarik untuk membeli oleh-oleh khas Pekanbaru yang unik, kamu bisa memilih untuk membeli kacang pukul. Dengan pemilihan nama yang sedemikian unik, kacang pukul dari dulu hingga sekarang menjadi buruan buah tangan oleh para wisatawan. Sebenarnya, apa itu kacang pukul?

Kacang pukul adalah makanan khas Pekanbaru berbentuk camilan yang dibuat dari kacang tanah berkualitas terbaik. Kacang tanah tersebut diambil dari petani kacang sekitar kota Bagansiapiapi. Kacang yang sudah dipilih kemudian diproses hingga mencapai proses intinya, yakni dipukul-pukul sampai adonan kacang mengembang. Setelah mengembang, adonan kemudian dibungkus kertas minyak agar tahan lama.

17. Peyek Jangkrik

17 Oleh-oleh Khas Pekanbaru Riau yang Paling Diminati Oleh-oleh

Pernahkah kamu mencicip bagaimana cita rasa dari jangkrik? Jika belum, maka kamu tidak boleh melewatkan oleh-oleh khas Pekanbaru satu ini. Penduduk Pekanbaru mencoba melakukan inovasi terhadap makanan ringan yang begitu merakyat, yakni peyek. Jika peyek biasanya menggunakan udang rebon dan kacang, maka mereka menggantinya dengan jangkrik.

Serangga yang masih berkerabat dengan belalang ini diolah sebagai bahan utama pembuatannya. Apabila kamu penasaran, kamu harus membelinya. Peyek jangkrik mempunyai rasa yang gurih dengan tekstur renyah. Sebagai informasi, jangkrik merupakan bahan makanan yang halal. Untuk mengecek kepastiannya, kamu bisa melihat Fatwa MUI melalui No. KEP 139/MUI/IV/2000.

Kamu bisa membelikan oleh-oleh khas Pekanbaru untuk orang-orang terdekat, seperti keluarga, kekasih, dan sahabat. Dengan melihat semua oleh-oleh yang bisa dibeli, nampaknya hampir seluruh buah tangan yang tersedia merupakan makanan. Untuk itu, kamu perlu mengira-ngira apakah makanan tersebut mampu bertahan atau tidak hingga kamu sampai ke rumah, agar tidak rugi dan sia-sia setela dibeli.

Leave a Reply