Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Usaha Minuman Kekinian Modal Kecil

Usaha Minuman Kekinian – Minuman yang sedang populer saat ini tidak hanya dikenal karena rasanya yang lezat, tetapi juga keunikannya. Di era sosial media saat ini, tidak hanya rasa yang diadu-adu, tetapi juga keunikan dari setiap kuliner.

Sudah menjadi hal yang tidak asing bahwa minuman juga ikut terkena dampak dari tren kekinian saat ini. Pencinta kuliner tentu ingin mencoba beragam jenis minuman yang sedang populer, baik karena rasanya atau keunikannya.

Di era sosial media seperti sekarang ini, tidak hanya rasa yang diadu-adu, tetapi juga keunikan dari setiap kuliner yang menjadi perhatian. Beberapa minuman yang sedang hits saat ini tidak hanya terkenal karena rasanya yang lezat, tetapi juga karena keunikannya.

Lihat juga minuman kekinian 2023

Jika Anda penasaran dengan jenis minuman apa saja yang sedang populer saat ini, Makananoleholeh.com telah merangkum 20 minuman hits yang bisa Anda coba. Anda bisa melihat ulasannya di bawah ini untuk mengetahui minuman apa saja yang sedang viral saat ini. Jangan lupa untuk mencoba sendiri dan menentukan minuman favorit Anda!

Apakah Anda membutuhkan saran untuk memulai usaha minuman kekinian? Atau apakah Anda memiliki pertanyaan lain mengenai usaha minuman kekinian?

Ide Usaha Minuman Kekinian

Berikut adalah beberapa ide usaha minuman kekinian yang mungkin bisa dipertimbangkan, yang cukup terjangkau dari segi biaya:

  1. Minuman segar berbahan dasar buah-buahan, seperti jus atau smoothie. Anda bisa memulai dengan menjual di pasar tradisional atau menggunakan gerobak keliling.
  2. Minuman teh, seperti teh manis, teh jahe, atau teh herbal. Anda bisa menjualnya dalam kemasan atau menyajikannya di toko kecil.
  3. Minuman kopi yang dibuat dengan metode manual, seperti pour over atau chemex. Anda bisa memulainya dengan menjual di pasar atau menyewakan gerobak keliling.
  4. Minuman berbahan dasar kacang-kacangan, seperti susu kacang almond atau susu kacang hijau. Anda bisa memulainya dengan menjual di pasar atau menyajikannya di toko kecil.
  5. Minuman es, seperti es kelapa muda, es cendol, atau es campur. Anda bisa memulainya dengan menjual di pasar atau menggunakan gerobak keliling.

Semua ide usaha di atas dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Namun, pastikan untuk terus memperhatikan biaya produksi dan pemasaran agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar.

Bagaimana Memulai Bisnis Jualan Minuman

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda ikuti untuk memulai jualan minuman:

  1. Tentukan jenis minuman yang akan Anda jual. Pilih minuman yang sesuai dengan selera dan budget Anda.
  2. Buat rencana bisnis. Buatlah sebuah rencana bisnis yang mencakup tujuan bisnis Anda, target pasar, analisis pesaing, dan strategi pemasaran.
  3. Tentukan target pasar. Identifikasi siapa yang akan menjadi pelanggan utama Anda dan bagaimana Anda akan menjangkau mereka.
  4. Sediakan bahan-bahan yang dibutuhkan. Pastikan Anda memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi minuman Anda, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau bahan-bahan lainnya.
  5. Tentukan harga jual. Hitung biaya produksi dan keuntungan yang diinginkan untuk menentukan harga jual yang sesuai.
  6. Cari tempat untuk menjual. Tentukan di mana Anda akan menjual minuman Anda, seperti di pasar, di gerobak keliling, atau di toko kecil.
  7. Promosikan usaha Anda. Buatlah strategi pemasaran yang efektif untuk menjangkau pelanggan potensial dan mempromosikan minuman Anda.
  8. Mulai produksi dan jualan. Mulailah memproduksi dan menjual minuman Anda sesuai dengan rencana bisnis yang telah Anda buat. Jangan lupa untuk terus memantau keberhasilan usaha Anda dan melakukan perbaikan jika diperlukan.

Berapa Estimasi Biaya Jualan Minuman

Estimasi biaya yang dibutuhkan untuk memulai jualan minuman tergantung pada jenis minuman yang akan Anda jual, skala usaha, dan lokasi usaha. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam menentukan biaya:

  1. Bahan baku: Anda perlu membeli bahan-bahan yang diperlukan untuk memproduksi minuman, seperti buah-buahan, kacang-kacangan, atau bahan-bahan lainnya.
  2. Alat-alat produksi: Anda mungkin perlu membeli alat-alat seperti blender, juicer, atau mesin kopi untuk memproduksi minuman.
  3. Tempat produksi: Jika Anda memiliki toko atau tempat produksi sendiri, Anda perlu mempertimbangkan biaya sewa atau pembelian tempat tersebut.
  4. Kemasan: Anda perlu membeli kemasan yang sesuai untuk minuman Anda, seperti botol plastik atau kaleng.
  5. Pemasaran: Anda perlu membuat strategi pemasaran untuk menjangkau pelanggan potensial, seperti membuat brosur atau menggunakan media sosial.

Untuk memberi Anda gambaran, biaya yang diperlukan untuk memulai usaha minuman kecil-menengah bisa berkisar antara Rp5 juta hingga Rp50 juta, tergantung pada faktor-faktor di atas. Namun, pastikan untuk melakukan riset dan menghitung biaya secara detail agar Anda dapat membuat estimasi yang lebih akurat.

Rekomendasi Gerobak Jualan Minuman

Berikut adalah beberapa ide gerobak minuman yang mungkin bisa dipertimbangkan:

  1. Gerobak minuman segar berbahan dasar buah-buahan, seperti jus atau smoothie. Anda bisa menjualnya di pasar tradisional atau di tempat-tempat lain yang ramai.
  2. Gerobak minuman teh, seperti teh manis, teh jahe, atau teh herbal. Anda bisa menjualnya di pasar atau di tempat-tempat lain yang ramai.
  3. Gerobak minuman kopi, baik yang dibuat dengan metode manual maupun dengan mesin. Anda bisa menjualnya di pasar atau di tempat-tempat lain yang ramai.
  4. Gerobak minuman es, seperti es kelapa muda, es cendol, atau es campur. Anda bisa menjualnya di pasar atau di tempat-tempat lain yang ramai.
  5. Gerobak minuman berbahan dasar kacang-kacangan, seperti susu kacang almond atau susu kacang hijau. Anda bisa menjualnya di pasar atau di tempat-tempat lain yang ramai.

Semua ide gerobak minuman di atas dapat dimulai dengan modal yang relatif kecil. Namun, pastikan untuk terus memperhatikan biaya produksi dan pemasaran agar usaha Anda dapat berjalan dengan lancar.

Apa saja strategi untuk Jualan Minuman

Berikut adalah beberapa strategi jualan minuman yang mungkin bisa Anda pertimbangkan:

  1. Menjual minuman dengan harga yang kompetitif. Carilah bahan-bahan yang murah dan sediakan harga jual yang kompetitif untuk menarik pelanggan.
  2. Menawarkan variasi minuman yang unik dan menarik. Buatlah minuman dengan rasa yang unik dan menarik agar pelanggan tertarik untuk membeli.
  3. Menjual minuman dengan kemasan yang menarik. Gunakan kemasan yang menarik dan unik agar minuman Anda mudah diingat pelanggan.
  4. Menggunakan media sosial untuk mempromosikan minuman Anda. Gunakan media sosial seperti Instagram atau Facebook untuk mempromosikan minuman Anda kepada pelanggan potensial.
  5. Menawarkan program loyalty atau diskon bagi pelanggan setia. Berikan program loyalty atau diskon kepada pelanggan setia untuk membuat mereka merasa spesial dan untuk mendorong mereka untuk terus membeli minuman Anda.
  6. Bekerja sama dengan tempat-tempat yang sesuai untuk menjual minuman Anda. Carilah tempat-tempat seperti kafe atau restoran yang mungkin tertarik untuk menyajikan minuman Anda kepada pelanggan mereka.
  7. Menawarkan layanan pengiriman ke pelanggan yang tidak bisa datang ke tempat Anda. Gunakan layanan pengiriman seperti Gojek atau Grab untuk mengirim minuman Anda ke pelanggan yang tidak bisa datang ke tempat Anda.

Menu Jualan Minuman Kekinian Yang Laris

1. Dalgona Coffee

Dalgona coffee adalah minuman yang terbuat dari bubuk kopi, gula, dan air panas yang dikocok bersama-sama hingga menjadi busa tebal yang disajikan di atas susu segar atau air dingin.

2. Es Kopi Susu

Es kopi susu adalah minuman yang terbuat dari campuran kopi, susu, dan es batu yang disajikan dingin.

3. Brown Sugar

Brown sugar adalah gula berwarna cokelat yang dihasilkan dari nira tebu atau nira kelapa.

4. Beras Kencur

Beras kencur adalah jenis rempah-rempah yang terbuat dari umbi kencur yang telah dikeringkan dan diserut halus.

5. Boba

Boba adalah bola-bola ukuran besar yang terbuat dari tepung kacang yang digunakan sebagai topping pada minuman-minuman seperti teh atau susu.

6. Es Susu Regal

Es susu Regal adalah minuman yang terbuat dari campuran susu, es batu, dan sirup rasa yang disajikan dingin.

7. Cheese Tea

Cheese tea adalah minuman yang terbuat dari teh yang diberi taburan keju parut di atasnya.

8. Minuman Yakult Kekinian

Minuman Yakult adalah minuman probiotik yang terbuat dari susu fermentasi yang diberi bakteri baik bagi kesehatan.

9. Minuman Charcoal

Minuman charcoal adalah minuman yang menggunakan arang sebagai bahan utamanya, biasanya dicampur dengan susu atau air dingin.

10. Minuman Yogurt Kekinian

Minuman yogurt adalah minuman yang terbuat dari yogurt yang dicampur dengan buah-buahan atau sirup rasa tertentu.

Minuman kekinian merupakan minuman-minuman yang sedang trend saat ini atau yang telah menjadi populer di kalangan masyarakat. Beberapa contoh minuman kekinian adalah Dalgona coffee, es kopi susu, brown sugar, beras kencur, boba, es susu Regal, cheese tea, minuman Yakult, minuman charcoal, dan minuman yogurt.

Minuman-minuman tersebut bervariasi dalam bahan-bahan yang digunakan, rasa, dan cara penyajiannya, dan umumnya disajikan dengan menggunakan bahan-bahan yang baru atau inovatif. Minuman kekinian seringkali menjadi perbincangan dan menjadi tren di media sosial, sehingga menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian orang yang ingin mencoba minuman-minuman tersebut.



Tags: https://makananoleholeh com/usaha-minuman-kekinian/
Candra

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita bisa email saya di [email protected]

Leave a Comment