Cemilan Sehat Untuk Anak

Selain asupan makanan pokok, anak kita juga membutuhkan cemilan sehat agar tumbuh lebih sehat dan berkembang lebih cepat karena kesehatan lebih penting bagi tubuh kita.

Camilan sehat ini sama pentingnya untuk mengisi kembali tubuh Anda dengan nutrisi seimbang. Hal yang sama berlaku untuk anak-anak. Namun, tidak semua cemilan sehat dapat dijadikan sebagai suplemen gizi dan harus memenuhi kriteria jajanan sehat untuk anak.

Lihat juga cemilan kekinian

Anak-anak aktif dari pagi hingga malam dan membutuhkan suplai energi yang lebih banyak agar tetap fit dan terhindar dari penyakit. Lantas, bagaimana cara orang tua mengetahui standar cemilan sehat untuk anak?

Berikut ini beberapa cemilan sehat yang cocok untuk anak-anak.

Cemilan Sehat Untuk Anak

Yoghurt

Yoghurt anak

Yogurt adalah standar camilan sehat yang sangat baik untuk anak-anak karena merupakan sumber protein dan kalsium yang baik. “Kalsium ini sangat penting pada anak agar pertumbuhan tulang pada anak cepat berkembang,” kata dr. Attila. Beberapa yogurt juga mengandung bakteri hidup yang baik untuk sistem pencernaan, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan oleh National Center for Biotechnology Information.

Pilih yogurt bebas lemak atau rendah lemak dan maniskan dengan buah segar atau sedikit madu. Hindari memilih yogurt dengan pemanis buatan, ya. Namun, pastikan untuk tidak memberikan madu kepada bayi di bawah 12 bulan karena mereka lebih mungkin mengembangkan infeksi serius yang disebut botulisme.

Outmeal

Oatmeal anak

Oatmeal bisa menjadi ide sarapan sehat untuk anak Anda, tapi juga bisa menjadi standar camilan sehat yang enak. Oatmeal kaya akan serat, yang meningkatkan jumlah bakteri dan memperbaiki saluran pencernaan, di antara manfaat kesehatan lainnya.

Pilih oat rendah gula dan tambahkan sekitar 1/8 sendok teh kayu manis dan beberapa apel potong dadu untuk rasa manis ekstra. Jika Anda membuat oatmeal dengan susu, bukan air, itu akan menambah protein dan kalsium ekstra untuk nutrisi anak Anda.

Sandwich

Sandwich anak

Sandwich bisa disantap tidak hanya sebagai makanan utama, tetapi juga sebagai camilan setelah aktivitas anak. Untuk sandwich yang sehat, mulailah dengan roti gandum dan sertakan buah atau sayuran. Tambahkan telur atau potongan daging untuk memberi anak Anda kalori dan protein yang dibutuhkan tubuh mereka juga. Rasa asin dan mengenyangkan ini baik untuk meningkatkan energi anak Anda.

Kacang-Kacangan

Kacang-Kacangan untuk anak

Kacang kaya akan lemak sehat, serat, dan antioksidan. Diet lemak penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Kacang dapat mengurangi risiko penyakit tertentu karena mengandung sumber nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan, di kutip dari New England Journal of Medicine. Dokter umumnya menyarankan untuk tidak memberi anak kacang karena risiko reaksi alergi dan tersedak. Jadi, jika bayi Anda tidak pandai mencerna, jangan beri mereka kacang.

Telur Rebus

Telur Rebus buat anak

Telur rebus yang ternyata menjadi salah satu standar cemilan sehat untuk anak, Telur yang bergizi dan standar untuk camilan sehat bisa dimakan anak-anak di pagi hari. Telur sendiri Kaya akan protein berkualitas tinggi dan berbagai vitamin dan mineral, termasuk vitamin B12, riboflavin dan selenium. Selain itu, telur mengandung lutein dan zeaxanthin, dua karotenoid yang bermanfaat untuk kesehatan mata. Untuk camilan sehat ini satu ini merupakan sumber makanan terbaik karena mengandung kolin dan vitamin yang dibutuhkan untuk perkembangan otak anak.

Buah di Poting Kecil

Buah buat anak

Camilan sehat yang berupa buah merupakan salah satu cemilan yang paling banyak diminati oleh anak-anak. Buah sendiri selain memiliki rasa manis dan asam juga memberikan kesegaran pada tumbuh kembang anak. Buah sendiri banyak mengandung serat dan nutrisi penting seperti potasium dan vitamin A dan C, menurut Journal of American College of Nutrition. Beberapa contoh buah yang baik untuk anak antara lain adalah pisang, apel, pir , anggur, persik, dan plum adalah contoh buah-buahan yang bisa dibawa-bawa sebagai camilan. Buah lain juga bisa menjadi alternatif seperti nanas, mangga dan melon.

Ubi

Ubi buat anak

Cemilan yang paling banyak ditemukan di pasar salah satunya adalah ubi. Cemilan yang mengandung sumber terkaya beta-karoten ini sangat bagus untuk kesehatan anak. Salah satu manfaat mengonsumsi ubi adalah meningkatkan kesehatan mata. Beberapa manfaat lain seperti sistem kekebalan tubuh meningkat, meningkatkan kesehatan pencernaan, dan juga mengurangi resiko kanker.

Karbohidrat pada ubi tidak jauh berbeda dengan kentang. Anda bisa mengolah ubi menjadi pilihan camilan sehat untuk anak dengan cara dikukus atau digoreng. Seperti kentang goreng favorit anak-anak, ubi goreng juga sama lezatnya saat disajikan dengan saus tomat atau sambal.

Salad Sayur

Salad Sayur anak

Masalah makan anak  biasanya tidak suka dengan sayur-sayuran. Mereka umumnya menganggap tidak menarik dan tidak populer dan rasanya tidak begitu enak. Jadi, Anda perlu memutar otak dan mencoba berbagai resep jajanan sehat atau jajanan anak sekolah berbahan sayuran. Misalnya, Anda bisa memberi anak Anda salad sayuran. Salad sayuran ini dapat mencakup jagung, jamur, wortel,  dan banyak lagi. Cari tahu sayuran apa yang disukai anak Anda agar ia tidak malas dengan jajanan ini. Usahakan selalu mengelola sayuran dengan mencucinya hingga bersih dan memasaknya dengan baik.

Kuaci

Kuaci untuk anak

Anda bisa menjadikan kuaci atau biji bunga matahari sebagai camilan sehat untuk anak. Makanan ini mengandung serat, zat besi, vitamin E, magnesium, fosfor, seng dan asam folat yang baik untuk kesehatan anak. Sebelum memberikannya kepada mereka, pastikan anak Anda sudah cukup besar dan berumur agar bisa memakan kuaci dengan baik dan benar. Kuaci sering dijadikan camilan karena sifatnya yang adiktif. Pasalnya, selain ukurannya yang kecil, menyantap kuaci yang ditaburi bumbu membuatnya semakin nikmat dan bikin ketagihan.

Keju

Keju untuk anak

Keju merupakan makanan yang tidak hanya enak tapi juga menyehatkan. Ada beberapa varian keju di seluruh dunia, dan ada banyak hidangan berbahan dasar keju yang lezat untuk anak-anak. Keju sendiri ada dua macam, keju segar dan keju olahan. Untuk memenuhi gizi anak kecil, banyak orang tua sering menambahkan keju ke dalam olahan makanan mereka.

Lihat juga makanan kekinian

Untuk mencegah anak Anda salah menelan, periksa kandungan keju untuk memastikan apa yang dimakan anak Anda benar-benar dari bahan-bahan segar. Keju segar yang mengandung dari 100% susu segar memiliki rasa yang lezat dan enak. Manfaat lain mengonsumsi keju sendiri untuk menjaga kesehatan tubuh anak anda.

Tinggalkan komentar