Written by 04:14 Makanan Khas

Makanan Kekinian 2021

Seblak

Setiap orang yang hidup di dunia pasti membutuhkan makanan. Pada dasarnya, makanan termasuk dalam jajaran kebutuhan pojok yang harus dipenuhi manusia. Pemenuhan terhadap kebutuhan pangan atau makanan bisa membuat seseorang tetap bisa beraktifitas di muka bumi.

Kondisi inilah yang membuat kebutuhan akan pangan mutlak untuk dipenuhi bagi setiap orang yang hidup di muka bumi. Pada abad 21, urusan makanan tetap menjadi hal yang penting.

Asupan yang menjadi sumber energi bagi tubuh ini tetap menjadi prioritas utama bagi penduduk dunia. Saat ini telah terdapat begitu banyak jenis makanan. Berbagai jenis olahan makanan baru itu sering disebut dengan istilah kekinian.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas tentang berbagai macam makanan kekinian 2021 yang mudah untuk dibuat. Adanya pembahasan tentang hal tersebut membuat wawasan anda semakin bertambah mengenai makanan kekinian yang mudah dibuat sendiri.

Baca juga makanan khas bali dan makanan khas sunda

Kekinian memang menjadi sebuah istilah yang sering diucapkan oleh manusia modern. Secara umum, istilah kekinian menggambarkan sebuah hal yang baru terjadi di masa sekarang. Dengan kata lain, hal tersebut merupakan sesuatu yang baru bagi umat manusia modern. Oleh sebab itulah, maka orang – orang menyebutnya dengan istilah kekinian.

Pada masa sekarang, istilah kekinian memang menjadi suatu hal yang biasanya. Kata ini sering digunakan umat manusia modern untuk mengungkapkan sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu dapat berupa pakaian, gaya hidup dan lain sebagainya. Bahkan pada masa kini telah terdapat istilah kekinian dalam hal makanan.

Di masa modern telah terdapat begitu banyak jenis makanan baru. Maksud makanan baru di sini adalah cara penyajiannya yang modern. Pada kesempatan kali ini makananoleholeh.com akan dibahas mengenai berbagai macam masakan kekinian yang mudah dibuat. Berikut ini daftar masakan kekinian yang mudah dibuat sendiri.

Makanan Kekinian 2021 Yang Mudah Dibuat Sendiri

Makanan memang tergolong sebagai salah satu aspek penting bagi umat manusia di dunia. Dikatakan demikian karena setiap makhluk hidup di muka bumi pasti memerlukannya untuk bisa bertahan hidup. Karena itulah, sebuah makanan menjadi bagian yang sangat penting.

Dunia kuliner Indonesia saat ini memang sedang berkembang pesat. Banyak menu makanan kekinian paling hits bisa Anda temukan. Tidak hanya di kaki lima saja bahkan, berbagai restoran sudah mulai menyediakannya sebagai bagian dari appertizer atau snack. Dari cita rasanya sangat unik, membuat Anda ketagihan untuk menikmatinya lagi.

Menariknya, hampir setiap bulan banyak menu baru bermunculan dengan berbagai macam konsep. Bahkan, seluruh sajian tersebut sempat menjadi berita viral yang sayang untuk dilewatkan begitu saja, dari segi harga juga sangat murah. Berikut ini ada beberapa makanan kekinian yang harus Anda coba dan nikmati.

1. Salted Egg Chicken

Salted Egg Chicken

Hampir semua orang menyukai ayam, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia. Ada banyak kreasi bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan telur asin, di buat menjadi hidangan saus dan dilumuri di atas ayam. Cara membuatnya sangat mudah, potong ayam kecil-kecil. Kemudian, goreng menggunakan tepung seba guna.

Goreng menggunakan api kecil sampai ayam matang dan berubah kecokelatan. Sementara, cara membuat saus telur asinnya tidak terlalu sulit. Siapkan beberapa bahan seperti, telur asin, daun kari, cabai keriting, margarin, lada, garam, bawang putih, serta susu cair. Tumis semua  bahan dan tambahkan ayam yang sudah digoreng hingga matang.

Menu makanan ini memang cocok disajikan menggunakan nasi putih hangat, jangan lupa kasih biji wijen di atas untuk menambah tekstur dan cita rasa. Cocok untuk santap siang atau makan malam. Beberapa, warung kaki lima hingga restoran sudah menyediakan menu tersebut.

2. Jamur Crispy

Jamur Crispy

Dari namanya saja, pasti Anda sudah tahu bila makanan ini menggunakan bahan utama jamur. Ada banyak jenis dan pilihan yang bisa diolah menjadi sebuah menu baru, Cita rasanya gurih dan garing, cocok digunakan untuk lauk makanan atau camilan. Untuk membuatnya sangat mudah, ada jamur tiram dan tepung. Tinggal goreng saja, dan nikmati di berbagai suasana.

3. Bakso Aci

Dari dulu membuat bakso selalu menggunakan sapi atau ayam. Tetapi, tidak untuk salah satu menu ini. Bahan utamanya adalah tepung tapioka. Sebagai menu pelengkap bisa ditambah dengan kacang pilus, kerupuk kulit sapi atau kerbau. Serta, tambahkan potongan tahu. Sangat cocok dinikmati saat musim dingin setelah hujan

4. Donat Indomie

Donat Indomie

Makanan Kekinian Paling Hits di Cirebon ini disukai oleh anak-anak. Bentuknya sangat unik dan lucu. Cita rasanya pasti disukai oleh semua orang. Sebenarnya, menu satu ini hanya olahan Indomie. Tetapi, di bentuk bulat dan bolong tengahnya seperti donat. Sebagai pelengkap tambahkan potongan daging atau keju mozzarella.

5. Churros

Churros

 

Makanan kekinian selanjutnya adalah Churros, makanan khas dari Spanyol dan Amerika latin yang biasanya digunakan sebagai menu sarapan. Cara makananya di cocol dengan cokelat, susu, atau keju. Saat ini keberadaan menu satu ini sudah banyak hadir di warung makan hingga restoran berbintang.

Bahan yang dibutuhlan cukup mudah siapkan susu, tepung, margarin, garam, telur, cinammon powder dan selai cokelat. Olahan makanan ini bisa dikreasikan dengan berbagai bahan seperti oreo, cream cheese, butter cream, nuttela, ubi ungu, bisa juga ditambahkan buah naga, strawberry sampai saus karamel.

Pada dasarnya, churros merupakan suatu jajanan yang memiliki rasa lezat. Jenis makanan ini memiliki bentuk balok panjang. Umat manusia modern dapat menemukan makanan ini di berbagai tempat kuliner Indonesia masa kini.

Untuk membuat hidangan bernama churros tidaklah sulit. Bahkan dapat dikatakan jika makanan ini begitu mudah untuk dibuat. Tahapan pertama dalam pembuatan churros yakni menyiapkan adonan terlebih dahulu. Lelehkanlah mentega sebanyak 2 sampai dengan 3 sendok teh makan. Kemudian tambahkan juga tepung terigu. Tepung terigu yang ditambahkan sekitar 125 gram atau 1 cangkir. Selanjutnya aduklah campuran berbagai macam bahan tadi. Aduklah secara terus – menerus sampai adonan menjadi kallis.

Apabila adaonan telah kallis, maka masukkan campuran berbagai macam bahan tadi kedalam piping bag. Setelah, siapkan minyak goreng di atas kompor. Panaskan minyak goreng tadi dan gorenglah adonan dalam cetakkan piping bag. Biasanya, sebuah churros dihidangkan dengan lelehan coklat yang dicampurkan dengan margarin.

6. Kue Cubit

Makanan ini sebenarnya sudah lama ada berasal dari Belanda. Ukurannya hanya 4 cm saja, pernah terkenal sejak zaman kolonial. Tetapi, namanya menghilang karena, kalah bersaing dengan menu lain. Hanya saja, beberapa waktu lalu Kue Cubit mulai digemari kembali. Menariknya, ada banyak varian rasa serta penambahan topping.

Hal ini yang membuatnya kembali dikenal oleh masyarakat luas hingga menjadi menu favorit masyarakat. Untuk membuatnya sangat mudah, sediakan bahan seperti, tepung terigu, margarin, telur, gula, ragi, vanili, dan baking powder. Untuk toppingnya disesuaikan dengan selera. Ada keju, cokelat, hingga susu.

7. Banana Nugget

 

Nugget pisang merupakan sebuah makanan kekinian yang mudah dibuat. Jenis jajanan yang berbahan dasar pisang ini memiliki bentuk yang unik. Bahkan bentuk dari nugget pisang terkesan menarik. Oleh sebab itulah, maka saat sekarang banyak orang yang menyukainya. Untuk membuat sebuah nugget pisang yang lezat pun tidak sulit. Campurkan gula, terigu, pisang kapok, garam dan gula.

Menu makanan kekinian ini berasal dari Makassar, digoreng menggunakan tepung panir sehingga, menciptakan tekstur sedikit kasar. Pisang yang digunakan hanya boleh dua saja yaitu, Raja dan Tanduk. Cita rasanya sangat khas dan legit,  paling cocok disantap saat hujan atau malam hari. Biasanya di tambah topping seperti keju atau cokelat.

Aduklah semua bahan itu sampai rata dan halus. Kemudian masukkan dalam loyang, lalu kukus selama 20 menit. Setelah itu potong – potong adonan dan lumuri tepung bercampur air. Setelah itu goreng sampai matang. Nugget pisang model kekinian pun siap untuk dihidangkan.

8. Ayam Geprek

Makanan kekinian paling hits di Jogja pertama kali dikenalkan oleh sebuah gerai makanan kurang lebih tahun 2017. Tahun 2003, seorang pelanggan memita Ayam goreng yang digoreng tepung di lumuri dengan sambal bawang di atas. Dari sini, menu tersebut berkembang hingga akhirnya, menjadi pilihan banyak orang.

Karena, sangat populer banyak restoran bintang dan cepat saji, menambahkan hidangan ini ke dalam daftar menu. Cita rasa ayam memang sama tetapi, tingkat kepedasan dari sambal yang membedakan satu tempat dengan lainnya. Biasanya disediakan berbagai level sesuai dengan tingkat pedas.

9. Takoyaki

Makanan kekinian berikutnya adalah Takoyaki. Kuliner asal jepang ini menjadi salah satu hidangan paling disukai oleh seluruh masyarakat bahkan anak-anak. Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan meizena, air kaldu, telur, baking powder, kecap asin, susu cair tawar, daun bawang, serta garam.

10. Sate Taichan

Sate Taichan

Sate Taichan menjadi menu selanjutnya yang bisa Anda nikmati. Menggunakan bumbu kacang, sate sendiri di tambah dengan bumbu lain seperti, jeruk nipis hingga garam. Perbedaan mencolok dengan sate pada umumnya adalah tidak ditambahkan kecap manis Jadi, warnanya lebih pucat.

11. Martabak Manis

Martabak Manis

Martabak manis menjadi menu andalan saat musim penghujan. Punya banyak cita rasa sehingga, sangat cocok disantap saat dingin. Namanya populer setelah anak presiden Jokowi menghadirkan menu tersebut dengan berbagai macam rasa dalam satu toping. Selain manis, ada juga menggunakan bahan telur.

Saat ini sudah banyak restoran yang menyediakan menu tersebut dengan berbagai macam varian. Mulai dari penambahan green tea, oreo, red velvet, dengan banyak topping menarik dan pastinya membuat Anda sulit untuk tidak menikmatinya. Sementara, varian telur juga sudah berkembang dipadukan dengan keju.

12. Roti John

Roti John

Makanan Kekinian Paling Hits di Semarang ini sebenarnya berasal dari Singapura pada masa penjajahan Inggris di negara tersebut. Bahan yang digunakan adlah roti serta daging ditambah cabai serta telur kemudian, di goreng. Paling cocok disajikan saat sore hari hingga malam hari saat waktu santai bersama keluarga.

13. Telur Gulung

Telur Gulung

Bagi generasi tahun 90 an, pasti sudah mengenal makanan Telur Gulung. Beberapa waktu lalu, menu satu ini kembali viral. Tetapi, olahannya sudah dikembangkan menjadi sesuatu yang lebih kekinian. Di mana banyak pedangan menambahkan daging atau ayam kemudian di gulung menggunakan telur dan di makan dengan saus.

14. Toast Boba

Toast Boba

Boba jadi salah satu bahan yang digemari oleh semua orang. Bisa diolah menjadi berbagai minuman. Tetapi, beberapa pengusaha muda berkreasi lain. Menggunakannya sebagai tambahan untuk roti. Rasa manisnya sudah cukup berpad dengan margarin dan saus keju atau cokelat.

15. Seblak

Seblak

Makanan Kekinian Paling Hits di Bandung ini memang sangat populer. Apalagi, dengan cita rasa pedasnya yang bisa dipilih. Menu makanan ini populer sejak tahun 2000. Terbuat dari kerupuk oren kemudian, di siram menggunakan bumbu cikur. Saat ini sudah banyak warung yang menyediakan menu satu ini.

Masih banyak lagi menu makanan kekinian paling hits yang bisa Anda nikmati. Atau membuatnya sendiri di rumah juga bisa. Caranya sedikit rumit, tetapi bila mengetahui tekniknya akan lebih mudah. Bahkan, bisa juga dijadikan sebagai ladang bisnis baru dengan berbagai kreasi tambahan.

16. Cinnamon apple pie

Cinnamon apple pie

Makanan kekinian yang mudah dibuat berikutnya bernama cinnamon apple pie. Jenis makanan yang satu ini sudah sangat terkenal. Bentuk kotak dengan bagian tengah yang menggembung menjadi ciri khas dari sebuah cinnamon aplle pie.

Sebenarnya, makanan kekinian ini tidaklah sulit dalam proses pembuatannya. Untuk bagian kulit dari kue ini hanya perlu mencampurkan terigu dan mentega yang ditambah dengan air es.

Jika air es, mentega dan tepung terigu telah dicampurkan, maka aduklah adonan itu. Uleni sampai campuran ketiga bahan tersebut menjadi kallis. Bila adonan telah kallis masukkan kedalam lemari pendingin atau kulkas. Diamkan beberapa saat atau sekitar 1 jam.

Selama adonan berada di dalam kulkas, anda dapat membuat isi kue cinnamon aplle pie. Irislah buah apel dengan ukuran kecil. Setelah itu, tambahkan garam, gula dan air lemon. Jangan lupa untuk memasukkan tepung meizenna. Kemudian masaklah semua campuran isi dari kue cinnamon aplle pie. Tambahkan pula bubuk dari kayu manis agar rasanya lebih nikmat. Masaklah sampai buah apel menjadi lunak.

Ambillah adonan dalam kulkas dan buat pipih. Potonglah kotak – kotak dengan ukuran sesuai selera anda. Setelah itu, masukkan isi dalam irisan adonan tadi. Buatlah seperti model kue pastel. Selanjutnya goreng adonan yang telah diisi sampai benar – benar matang.

17. Dorayaki

Dorayaki

Dorayaki termasuk dalam jenis masakan kekinian yang lezat. Model makanan ini banyak disukai oleh para kawula muda. Bahkan tidak jarang orang tua pun juga menyukai pancake tersebut. Alhasil, jenis makanan kekinian tersebut banyak dicari masyarakat modern.

Sebenarnya untuk membuat kue dorayaki tidaklah sulit. Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah menyiapkan berbagai macam bahan terlebih dahulu. Adapun bahan – bahan adonan yang diperlukan untuk membuat pancake bernama dorayaki yaitu gula, tepung, garam, baking powder, mentega cair, susu, dan kuning telur.

Langkah pertama kocoklah putih telur sampai kaku. Kemudian masukkan putih telur itu ke dalam adonan tepung. Kemudian panggang adonan tersebut menggunakan mentega. Dalam penggunaan mentega sebaiknya hanya dioleskan saja dan tidak terlalu banyak.

Apabila telah memperoleh beberapa kue, maka lapisi pancake dorayaki dengan coklat. Rekatkan dengan lapisan kue lainnya. Cara merekatkan jajanan ini seperti membuat sandwich.

18. French toast

French toast

Jika anda penggemar roti panggang, maka tidak ada salahnya untuk mencoba makanan kekinian bernama French toast. Pada dasarnya, French toast merupakan salah satu jenis makanan berupa roti bakar model terbaru. Model makanan kekinian ini memiliki rasa yang lezat. Karena kelezatannya tersebut, maka banyak orang yang menyukai French toast.

Sebenarnya, antara roti French toast dan roti bakar terdapat perbedaan. Untuk French toast roti tawarnya dilumuri susu terlebih dahulu. Setelah itu baru dibakar. Dalam proses pembakaran ini biasanya ditambahi mentega. Apabila telah matang, maka French akan ditambah dengan sirup dan gula bubuk. Bahkan buah – buahan pun bisa disajikan bersama dengan roti bakar model kekinian tersebut.

Lihat juga jajanan kekinian terbaru

Bagimana apakah tertarik untuk membuatnya, dari sekian menu makanan kekinian 2021 diatas kira-kira mana yang menjadi makan favorite kalian. Membuat makanan ringan untuk keluarga dirumah memang menjadi salah satu usaha untuk membuat keluarga menjadi lebih harmonis. Maka dari itu untuk para ibu-ibu dan calon ibu rumah tangga harus bisa trampil untuk membuat keluarga lebih harmonis.



Tags: Makanan kekinian, makanan kekinian 2019, cemilan kekinian yang mudah dibuat, makanan yang lagi hits 2019, jajanan kekinian 2020, makanan ringan kekinian yang mudah dibuat, makanan ringan internasional yang mudah dibuat, makanan internasional yang mudah dibuat
Last modified: 16 December 2020