10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba

Apakah kamu memiliki rencana untuk berlibur ke Australia dalam waktu dekat ini? Sudah menyiapkan itineraru serta kegiatan yang akan dilakukan di Australia? Berlibur ke negara tetangga memang asik namun kurang lengkap manakala tidak mencicipi makanan khasnya. Belum banyak orang yang tahu namun 10 makanan khas Australia ini bisa dijadikan sebagai referensi.

Australia memang sudah terkenal dengan beragam destinasi menariknya. Destinasi-destinasi tersebut sebagian besar memiliki sifat alami, etnik hingga ekstrem. Akan tetapi ketika membicarakan Australia sebagai lokasi wisata kuliner sangat kurang manakala tidak menyebutkan makanan khas Australia.

Lihat Makanan Khas Bali yang Halal

Beberapa makanan khas Australia ini mungkin sedikit terdengar mirip dengan menu makanan Eropa dan ada juga yang tersedia di pasaran International. Akan tetapi rasanya tetap berbeda serta memiliki rasa khusus Australia jika dibandingkan dengan makanan yang berasal dari luar negeri. Berikut daftar makanan khas Australia yang wajib dicicipi hanya di makananoleholeh.com

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Lezat

Ada apa saja?

Loading...

1. Pavlova Australia

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Jika kamu merupakan seseorang yang menyukai makanan mania maka makanan penutup atau jenis nama lain yang kerap digunakan untuk menyebutkan Pavlova ini. Pavlova merupakan makanan yang diambil dari nama bellerian dari Rusia yaitu Anna Pallova yang dulu berkunjung ke Australia pada tahun 1920. Pavlova memang sengaja dibuat sebagai penyambutan bellerina itu sendiri. Adapun yang menarik dari Pavlova yaitu sampai sekarang masih sering dipeributkan apakah ini makanan khas Australia atau Selandia Baru.

2. Vegemite

Sudah menjadi rahasia umum manakala Australia terkenal memiliki jenis fauna yang sulit dijumpai di tempat-tempat lain serta lokasinya yang unik seperti Taronga Zoo. Namun, Australia juga memiliki ciri khas lain yang dapat ditemukan dalam ritual makan pagi mereka yaitu kehadiran Vegemite yang kerap dioles pada roti panggang panas. Selain itu warnanya yang hitam juga menjadikan beberapa orang mikir ulang ketika hendak mencobanya.

Vegemite merupakan makanan yang dibuat dari ragi serta rempah sampai menghasilkan tekstur seperti selai akan tetapi untuk rasanya lebih gurih daripada manis.

3. Lamington australia

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Makanan satu ini sering juga disebut dengan Kue Nasionalnya Australia. Makanan satu ini merupakan salah satu jenis kuliner Australia yang diklaim oleh pemerintah Queensland sebagai salah satu makanan favorit Australia.

Lumingtong ini merupakan jenis kue dengan tekstur yang lembut seperti spons dengan bentuk kotak yang sudah dilapisi dengan saus icing coklat kemudian ditaburi dengan bubuk kelapa yang menempel pada sausnya.

Kadang di bagian tengahnya juga dioles dengan krim putih atau selai buah sesuai selera. Kamu bisa menemukannya di banyak kafe di Australia. Orang – orang setempat biasanya menikmatinya sebagai camilan sore hari atau disajikan untuk tamu dengan didampingi minuman hangat dengan rasa yang memiliki nuansa pahit seperti kopi atau teh.

4. The Lot

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

The Lot adalah sebutan untuk burger Australia. Burger memang tidak berasal dari Australia namun negara Kangguru ini memiliki resep burger tersendiri yang berbeda dari burger yang berasal dari negara Amerika atau burger dari negara lain.

Kebanyakan isian dari The Lot ini juga sama dengan isian kebanyakan burger pada umumnta yaitu terdiri dari selada, tomat, daging serta keju. Akan tetapi bahan lain yang hanya ada di burger Australia ini yaitu beetrot atau akar bit, telor setengah matang serta irisan nanas.

5. Meat Pie australia

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Kita sering kali menjumpai pie dengan isian buah, kacang atau susu. Akan tetapi berbeda dengan di Australia dimana Pienya berisikan daging. Untuk ukurannya juga berbeda dengan jenis Pie pada umumnya. Jika kita kerap menjumpai pie seukuran piring namun makanan khas australia ini dibuat dengan ukuran yang lebih kecil. Biasanya seukuran dengan cupcake namun sedikit lebih besar sedikit.

6. Pie Floater

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Sebagian besar wisatawan asing ragu dengan rasa makanan satu ini dikarenakan memiliki penampilan yang aneh sehingga terkesan asal-asalan saat membuatnya. Pie floater ini merupakan sup kacang polong yang dibuat dengan cukup kental kemudian pada bagian atasnya ditambahkan dengan pie daging serta saus tomat.

Pe daging ini kerap ditempatkan dengan sedikit ditekan sehingga sebagian pienyaada di dalam sup serta sebagian lainnya terdapat di permukaan. Namun ada juga yang merendam sampai ke seluruh permukaannya. Pie floater menjadi salah satu makanan favorit orang Australia.

7. Daging Kanguru

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Hewan kanguru serta emu merupakan salah satu hewan native dari Australia. Kedua hewan tersebut menjadi simbol negara serta menjadi salah satu sumber protein favorit penduduk Australia selain sapi babi atau ayam.

Kamu bisa menemukan kedua jenis daging ini pada rak supermarket serta pada menu restoran lainnya. Daging kanguru serta daging emu memiliki lemak yang sedikit sehingga bisa diolah menjadi beragam jenis masakan seperti steak, sosis, dan beberapa makanan lainnya.

8. Barramudi

Sajian khas Australia selanjutnya ini sangat pas bagi kamu yang gemar makan ikan. Barramudi adalah bahasa khas suku Aborigin yang memiliki arti ikan sungai berisik besar. Jika kamu sedang keliling negara Kanguru ini maka akan menemukan Barramudi di setiap restoran.

9. Biskuit Anzac

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Anzac adalah singkatan dari Australian and New Zealand Army Corps. Loh, apa hubungan kue ini dengan tentara? Sejarah kue ini dimulai pada saat Perang Dunia I. Pada saat itu banyak tentara Australia dan Selandia Baru yang dikirim ke Eropa untuk ikut berperang. Para wanita di rumah lalu membuat kue ini sebagai snack menemani tentara selama perjalanan menuju Eropa. Makanya dulu biskuit ini lebih dikenal sebagai ‘biskuit tentara’.

Biskuit Anzac ini bisa bertahan lama manakala tidak menggunakan telur pada adonannya. Adapun bahan yang digunakan diantaranya oat, tepung, gula, mentega, golden, syrup, baking soda serta air panas serta kadang juga ditambahkan dengan kelapa.

10. Sauge Sangers

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Sudah bukan rahasia lagi manakala orang Australia gemar dengan makanan barbeque. Sebagian besar dari mereka selalu merayakan sebuah perayaan dengan barbeque, misalnya pesta ulang tahun, piknik, acara kantor serta beberapa acara lainnya. Orang Australia cukup bangga dengan makanan produksi sosis mereka yang mana padat dengan isi yang ketika dipanggang bagian kulit luarnya akan terasa krispi serta daging yang ada di dalamnya lembut serta juicy di mulut.

Sausage Sangers kerap juga disebut dengan Sausage roll yang merupakan sosis dengan dibungkus menggunakan roti kemudian ditambahkan menggunakan irisan bawang bombay serta saus. Untuk rasanya? Hmm jangan diragukan lagi rasanya siap menggoyang lidah kamu semua.

Lihat juga makanan khas spanyol

Nah itulah 10 makanan khas Australia yang bisa kamu nikmati, anda bisa menemukan makanan khas ini di beberapa restoran yang ada di Indonesia. Sebenarnya masih banyak makanan khas australia lainnya, mungkin di lain kesempatan akan dibahas dengan menu makanan yang lebih enak tentunya.

10 Makanan Khas Australia yang Enak dan Wajib Dicoba Makanan

Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Loading...
tempatwisataindonesia.id
Review
5