5 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Cicipi

Posted on

Makanan khas Demak adalah masakan yang identik dengan masakan yang memiliki cta rasa manis, asin dan pedas. Beberapa makanan Demak sendiri menyajikan makanan yang cenderung asin, gurih dan pedas.

Penasaran ada makanan apa saja yang bisa dinikmati jika sedang berada di kawasan Demak, Jawa Tengah ini? Penasaran? Cari tahu jawabannya di bawah ini, yuk!

Makanan Khas Demak

1. Soto Kemiri

5 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Cicipi Makanan

Soto Kemiri adalah soto ayam khas Jawa yang dibumbui dengan rempah-rempah berupa kemiri yang lebih dominan. Soto kemiri ini berisi bihun, suwiran ayam, tauge, telur, dan tomat.

Hidangan soto kemiri ini sangat spesial karena rasa dominan pada kemirinya sehingga bau aromatiknya keluar. Jika umumnya soto ayam sebagian besar terdiri dari rempah-rempah yang seimbang, berbeda dengan soto kemiri khas Demak ini.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Soto ini sangat lezat dengan tendangan rasa kemirinya , jadi tidak heran jika banyak wisatawan yang ingin mencicipi semangkok soto kemiri yang penuh dengan kelezatan.

2. Petis Runting

5 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Cicipi Makanan

Petis Runting adalah makanan khas Demak lainnya yang hampir sama atau sejenis dengan gulai kambing. Petis khas Demak sendiri berbeda dengan petis yang ada di kota- kota lainnya.

Petis satu ini jauh lebih pekat namun agak kental. Petis Runting dibuat dari tepung beras yang agak kasar kemudian dipanggang dengan daging kambing, tulang kambing dan sumsum tulang kambing .

Setelah melakukan pemanggangan maka petis siap disajikan di atas piring. Pastikan jika Anda ingin menikmati Petis Runting, makanlah saat petis masih dalam keadaan panas untuk menghindari sumsum tulang yang mengandung lemak tidak membeku.

3. Bontosan

Bontosan adalah makanan khas Demak yang terbuat dari ikan kerapu yang ditumbuk lalu dicampur dengan beras dan dibungkus dengan daun pisang.

Setelah dibungkus maka makanan akan dikukus selama kurang lebih 30 menit setelah itu diiris tebal, dan disajikan dengan saus kacang.

Bontosan sendiri sebenarnya hampir sama dengan kerupuk ikan yang kering. Bontosan juga dapat disajikan dengan cara digoreng dahulu setelah dikukus sampai bagian luarnya benar-benar renyah dan berwarna coklat keemasan.

Bisa dikatakan menu makanan satu ini hampir sama rasanya dengan pempek. Hanya saja bontosan terbuat dari ikan kerapu, bukan ikan tenggiri.

4. Sop Balungan

5 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Cicipi Makanan

Sop Balungan atau tulang sapi adalah makanan kaya nutrisi yang dibuat dengan cara merebus tulang sapi dengan sayuran, dan rempah-rempah. Sop balungan adalah kuliner yang luar biasa dengan rasa yang tak tertandingi.

Selain lezat, sop balungan juga merupakan makanan tradisional Demak. Sop ini menjadi sumber mineral yang sangat baik dan dikenal untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pencernaan.

Kandungan kalsium, magnesium, dan fosfornya yang tinggi membuat makanan satu ini bagus untuk kesehatan tulang dan gigi. Tulang sapi juga mendukung persendian, rambut, kulit, dan kuku karena kandungan kolagen yang tinggi.

5. Garang Asem

5 Makanan Khas Demak yang Wajib Anda Cicipi Makanan

Garang Asem atau asem-asem daging adalah salah satu makanan favorit masyarakat Demak. Rasanya bukan hanya asam tapi juga pedas.

Garang asem sendiri merupakan menu masakan yang menggunakan daging ayam sebagai bahan utamanya.

Lihat juga makanan khas indonesia

Selain menggunakan daging ayam, menu makanan satu ini juga diisi dengan sayur-sayuran lain seperti wortel, kentang dan sebagainya. Rasa asem dari makanan ini datang dari penggunaan belimbing wuluh yang memberikan rasa asem.

Apakah Anda sudah tidak sabar ingin segera mencicipi salah satu makanan  khas Demak yang sangat enak di atas?

Gravatar Image
Seorang pecinta makanan indonesia. Bagi yang mau berbagi cerita tentang makanan oleh-oleh bisa email saya di [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *