Written by 22:09 Makanan Khas

Makanan Khas Dieng

Selain tempat wisatanya yang menarik, Dieng juga memiliki banyak makanan khas yang patut untuk dicoba.

Lalu, apa saja makanan khas Dieng? Setidaknya ada rekomendasi 10 makanan khas Dieng yang wajib banget dicoba.

Siapa yang tidak tahu Dieng? Salah satu tempat wisata dataran tinggi di kabupaten Wonosobo ini memang terkenal karena memiliki dataran tinggi yang mempesona. Dan menyimpan ragam kuliner yang lezat.

Berikut beberapa makanan khas Dieng yang populer dan patut untuk dicoba:

Makanan Khas Dieng

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Mie Ongklok

Makanan Khas Dieng

Pertama ada makanan khas Wonosobo yang sangat terkenal yaitu mie ongklok. Kuliner mie satu ini berbeda dengan kuliner mie lainnya.

Mie ongklok Dieng ini dibuat dari mie dengan kuah campuran kacang berkanji, gula dan rempah rempah.

Tidak hanya itu, mie ini biasanya juga disajikan dengan kol, kubis serta lauk seperti sate kambing, tempe kemul dan keripik tahu.

Lihat juga makanan khas indonesia

Percampuran mie dengan kuah kacangnya yang pas membuat mie ongklok ini memiliki cita rasa yang lezat dan khas. Oleh karena itu mie ini harus dicoba oleh wisatawan yang berkunjung ke Dieng.

Di sana ada banyak sekali penjual mie ongklok ini, selain itu ada juga mie ongklok instan yang bisa dibeli di toko. Mie ini biasanya dijual dengan harga kisaran Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu.

Carica

Kuliner dan oleh oleh khas Dieng yang kedua ada carica. Carica merupakan minuman khas Dieng yang terbuat dari buah yang sejenis dengan pepaya.

Minuman ini biasanya disajikan dalam bentuk manisan dan sup buah yang dikemas dengan menggunakan cup plastik ataupun botol.

Carica ini merupakan minuman khas yang terkenal di Dieng karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan.

Minuman khas Dieng ini mudah sekali dicari di toko oleh oleh. Minuman ini sangat cocok dinikmati ketika sedang berwisata di Dieng.

Untuk harga dari carica ini juga cukup terjangkau loh yaitu berkisar antara Rp 5 ribu sampai Rp 20 ribu satu cupnya.

Tempe Kemul

Selanjutnya ada makanan khas Dieng yang cocok untuk dinikmati ketika sedang bersantai yaitu tempe kemul.

Tempe ini hampir sama dengan tempe bertepung lainnya namun cita rasanya  yang berbeda. Tempe ini memiliki nama yang cukup unik karena memiliki arti tempe berselimut.

Tempe ini dibalut dengan tepung yang cukup tebal dan ditambah dengan bumbu khusus yang menyebabkan tempe ini memiliki rasa yang gurih dan wajib sekali untuk dicoba.

Tempe khas Dieng ini bisa dinikmati dengan cabai mentah ataupun dengan secangkir teh ataupun kopi. Tidak hanya sebagai cemilan, tempe ini juga cocok dinikmati sebagai lauk mie ongklok.

Geblek

Selain tempe kumul ada makanan khas Dieng lain yang bisa dicoba dan dijadikan oleh oleh yaitu geblek. Namanya mungkin terdengar aneh namun tidak dengan rasanya.

Geblek adalah makanan khas Dieng yang terbuat dari tepung pati atau singkong dengan daun kucai yang diolah dengan cara digoreng. Makanan berwarna putih ini sangat mudah dijumpai di penjual gorengan disana.

Bentuknya yang unik dan rasanya yang gurih membuat jajanan khas Dieng ini banyak digemari oleh orang orang. Geblek ini juga bisa dinikmati bersama saus biasa maupun saus kacang. Untuk harganya juga sangat terjangkau yaitu sekitar Rp 5 ribu per porsinya.

Kacang Dieng

Kemudian ada oleh-oleh khas Dieng yang patut untuk dicicipi yaitu kacang Dieng. Sesuai namanya kuliner ini merupakan olahan kacang yang memiliki rasa asin nan gurih.

Kuliner ini cukup unik karena kacangnya memiliki ukuran yang besar dan sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan maupun oleh oleh ketika berkunjung ke Dieng.

Lihat juga makanan khas daerah

Kuliner yang dikenal juga dengan nama kacang babi ini cukup mudah ditemui di pusat oleh oleh Wonosobo. Selain itu, harganya juga cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp 10 ribu sampai Rp 20 ribu per kemasan sangat cocok untuk dijadikan sebagai oleh oleh.

Sego Megono

Selanjutnya ada makanan khas Dieng yang terbuat dari nasi yaitu sego megono atau nasi megono. Kuliner khas yang satu ini bisa dicoba ketika berwisata ke Dieng maupun ketika berkunjung ke Wonosobo.

Sego megono merupakan kuliner nasi yang disajikan dengan sayuran dan ikan teri yang menghasilkan cita rasa yang sedap untuk dicoba.

Makanan ini termasuk kuliner yang terkenal di Dieng dan bisa ditemui dengan mudah ketika berkunjung kesana. Kuliner yang memiliki harga terjangkau  ini juga sangat cocok disantap bersama dengan tempe kemul. Rasanya yang gurih akan menambah cita rasa sego megono ini.

Sagon

Selanjutnya ada kuliner sagon. Kuliner yang satu ini mungkin sudah banyak ditemukan di kota lain namun akan berbeda rasanya jika langsung mencicipinya di Dieng. Sagon merupakan kuliner yang terbuat dari tepung sagu dengan kelapa, gula dan dibuat dengan cara dipanggang.

Rasanya yang manis dan baunya yang harum sangat cocok untuk dijadikan sebagai cemilan dan akan membuat siapapun yang mencobanya menjadi ketagihan. Harganya juga cukup terjangkau yaitu berkisar Rp 5 ribu per porsinya.

Dendeng Gepuk

Kuliner selanjutnya yaitu ada kuliner dari olahan daging yaitu dendeng gepuk. Dendeng gepuk merupakan kuliner khas Dieng yang terbuat dari daging sapi yang memiliki cita rasa yang lezat dan patut untuk dicoba.

Biasanya dendeng gepuk ini akan dinikmati bersama nasi hangat dan sambal bajak yang akan membuat siapapun ketagihan.

Dendeng ini bisa dinikmati sebagai menu makan maupun untuk oleh oleh. Tidak perlu bingung mencari karena dendeng ini cukup mudah ditemukan baik di tempat makan maupun toko oleh oleh di Dieng. Naman harganya cukup mahal yaitu berkisar antara Rp 100 ribu per bungkusnya.

Purwaceng

Selanjutnya ada minuman herbal khas yang terbuat dari tanaman khas Dieng yaitu purwaceng.

Tanaman yang satu ini terkenal akan khasiatnya yang baik untuk kesehatan tubuh seperti meredakan pegal linu, masuk angin dan masih banyak lagi. Tanaman ini biasanya disajikan dalam bentuk minuman maupun dikeringkan seperti teh.

Tanaman obat ini bisa dibeli toko oleh oleh dan memiliki harga berkisar Rp 70 ribu per kotak.

Kerupuk Jamur

Terakhir ada kuliner khas Dieng yang sangat cocok untuk para penikmat kuliner jamur yaitu keripik jamur.

Dieng memiliki banyak sekali petani jamur yang menjadikan kuliner ini banyak dijual di toko oleh oleh. Keripik jamur ini memiliki rasa gurih yang sangat cocok dijadikan cemilan dan oleh oleh ketika berkunjung ke Dieng.

Untuk harga dari keripik jamur ini juga cukup terjangkau yaitu berkisar antara Rp 10 ribu per bungkusnya.

Lihat juga makanan khas jawa

Itulah 10 makanan khas Dieng yang patut untuk dicicipi. Selain menikmati indahnya dataran tinggi Dieng, wisatawan juga dimanjakan dengan berbagai makanan khas yang memiliki cita rasa yang lezat.

Selain itu, makanan di atas juga bisa dijadikan sebagai oleh oleh dan cemilan untuk keluarga di rumah.

Last modified: 27 October 2020