Written by 00:26 Makanan Khas

Makanan Khas Flores

Sebagai salah satu pulau di provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Flores menyimpan cukup banyak wisata menarik. Selain keajaiban alam yang eksotis, 10 makanan khas Flores juga masuk wisata kuliner yang recomended.

Cita rasanya yang super enak, membuat kuliner-kuliner tradisional Flores wajib banget untuk dicoba.

Rekomendasi 10 Makanan Khas Flores yang Lezat dan Nikmat Di Lidah

Inilah beberapa daftar kuliner khas Flores yang selalu mampu membuat para wisatawan ketagihan:

Makanan Khas Flores

[powerkit_toc title=”Daftar isi” depth=”2″ min_count=”4″ min_characters=”1000″]

Se’I

Makanan Khas Flores

Rekomendasi wisata kuliner pertama yang bisa dicoba yakni, Se’i.

Bagi pecinta daging, makanan khas Flores Ende satu ini wajib dicoba saat berkunjung ke Flores. Hidangan Se’i menggunakan ikan, daging babi atau sapi yang diawetkan sebagai bahan utama.

Lihat juga makanan khas jawa tengah

Proses memasaknya membutuhkan waktu lama, di mana daging atau ikan diasapi dengan kayu bakar sampai matang. Metode tradisional ini membuat se’i menjadi makanan dengan citarasa yang sempurna.

Selanjutnya se’i dapat dimakan secara langsung atau dengan cara diolah lagi. Bisa juga dengan cara ditumis bersama sayur-sayuran atau bunga pepaya sebelum disajikan.

Ohu Ai Pungan

Selanjutnya ada kuliner tradisional khas Flores Ohu Ai Pungan yang terkenal lezat.

Hidangan ohu ai pungan juga tidak kalah enak jika dibandingkan dengan kuliner tradisional Flores lainnya. Panganan berbahan dasar ubi kayu kering ini merupakan kuliner tradisional suku Muhang Tana Ai dan Sikka Krowe.

Ubi akan ditumbuk halus lalu dicampur dengan ikan teri, kelapa parut serta garam agar terasa lebih gurih dan asin.  Bila bukan sebagai pengganti nasi, adonan dicampur dengan gula aren matang supaya manis dan warnanya kecoklatan.

Nikmati sensasi rasa gurih dan asinnya ohu ai pungan saat pagi atau sore hari bersama secangkir teh atau kopi. Untuk rasa yang lebih mantap, adonan yang sudah merata dapat dikukus atau dipanggang.

Rumpu Rampe

Masakan Rumpu Rampe khas Flores selalu siap menggoda lidah dengan aromanya.

Rumpu Rampe merupakan hidangan asli orang Maumere dengan citarasa sedikit agak pahit. Makanan khas Flores Maumere ini biasanya akan dipadukan dengan udang rebon untuk menciptakan rasa yang luar biasa.

Bahan dasar yang digunakan berupa campuran daun ubi, jantung pisang, bunga serta daun pepaya. Awalnya semua bahan akan direbus sebelum kemudian ditumis dengan bumbu rempah-rempah.

Rumpu rampe Biasa dihidangkan bersama jagung bose atau nasi putih hangat sebagai pelengkap. Bisa juga dimakan dengan ikan bakar agar lebih nikmat menggoda.

Muku Loto

Merupakan hasil olahan tradisional yang diwariskan oleh nenek moyang.

Muku Loto termasuk makanan unik khas Flores sejak zaman dulu yang berasal dari Nagekeo. Biasanya digunakan sebagai hidangan untuk pesta adat seperti komuni pertama atau pernikahan.

Bahannya berupa campuran kulit luar pisang yang dipotong kecil, batang pisang serta daging. Jenis daging yang bisa digunakan adalah daging babi, sapi atau kerbau.

Proses pembuatannya mudah, yakni dengan merebus semua bahan sampai berubah warna menjadi keabu-abuan. Ini yang membuat tekstur muku loto menjadi lebih lembut dan kental.

Tapa Kolo

Tapa kolo merupakan makanan khas Manggarai yang enak sederhana ala rumahan.

Bahan dasar tapa kolo yakni, beras yang dimasak dalam sebilah bambu sehingga tampak seperti lemang. Beras dimasak menjadi nasi merah atau “deal aka” yang dibumbui dan dimasukkan dalam bambu untuk dipanggang.

Panganan tapa kolo biasa disajikan khusus untuk ritual atau upacara adat dan disantap dengan berbagai macam lauk. Agar tekstur nasi kolo lebih empuk saat disantap, tambahkan kuah ayam untuk citarasa yang lebih nikmat.

Sebagai pelengkap, tapa kolo biasa dihidangkan bersama daging ayam, babi atau yang lainnya beserta segelas moke. Moke sendiri merupakan minuman khas Flores yang dibuat dari sulingan sari bunga aren.

Reebok

Reebok termasuk camilan tradisional khas Flores yang banyak diburu oleh para wisatawan.

Jajanan tradisional ini terbuat dari adonan tepung beras dan parutan kelapa yang dijadikan sebagai camilan ringan. Orang Manggarai biasa menyajikannya untuk para tamu di acara adat.

Lihat juga makanan khas daerah

Bentuknya menyerupai bubuk dan memiliki rasa yang hampir sama seperti sagon khas Jawa Tengah. Selain mudah dibuat, reebok juga terbuat dari bahan sederhana, namun mampu menghasilkan rasa yang gurih.

Kini reebok dapat dijadikan sebagai oleh-oleh karena sudah tersedia dalam bentuk kemasan. Saat berwisata ke Flores, makanan reebok dapat ditemukan di sekitar Labuan Bajo.

Jagung Catemak

Olahan jagung orang Flores bisa menjadi panganan lezat yang tidak tertandingi.

Jagung Catemak termasuk makanan khas Ruteng dengan citarasa yang asin dan segar. Namun bila dilihat secara sekilas, jagung catemak akan tampak seperti makanan manis.

Bahan dasar dari hidangan sehat ini berupa jagung yang ditambah labu lilin, kacang tanah dan kacang hijau. Untuk memberikan sensasi rasa yang lebih sedap, tambahkan rempah-rempah serta perasan jeruk nipis.

Masakan yang kaya akan rempah-rempah ini biasa dihidangkan bersama nasi putih oleh orang Manggarai. Makanan yang gurih nikmat ini biasa disajikan sebagai hidangan penutup.

Jawada

Kue khas Flores yang super enak ini sangat cocok masuk dalam daftar kuliner yang diburu.

Kue Jawada biasa disebut juga kue rambut, karena memiliki bentuk segitiga dan bergelombang menyerupai rambut. Bentuk ini didapat saat proses memasak, di mana adonan akan digoreng sambil digoyangkan.

Bahan utama Jawada berasal dari campuran tepung beras, santan, minyak, garam, gula aren serta air nira. Semua bahan dicampur menjadi adonan sampai menyerupai pasta tipis untuk kemudian digoreng.

Adonan akan dilewatkan pada alat khusus yang membuat adonan berbentuk seperti rambut tipis sehingga rasanya renyah. Camilan ringan yang cocok dijadikan sebagai buah tangan ini beraroma harum dan berwarna coklat keemasan.

Jagung Bose

Olahan jagung dari Flores selanjutnya adalah Jagung Bose.

Hidangan khas masyarakat Flores yang mirip catemak ini juga termasuk makanan khas Flores Manggarai. Jagung Bose disebut sebagai bubur jagung khas Flores yang berarti, jagung yang dilunakkan.

Sesuai dengan namanya, bahan utama yang digunakan dalam pembuatan jagung bose yakni, jagung. Dalam pengolahannya, jagung akan ditambah kacang merah, santan serta kacang tanah.

Jagung bose biasa disantap sebagai menu sarapan atau untuk makan malam yang ditemani ikan bakar atau se’i. Keberadaan jagung bose di sini tidak lain adalah sebagai pengganti nasi.

Jagung Titi

Di Flores, jagung juga diolah menjadi camilan ringan yang bisa dibuat untuk oleh-oleh keluarga di rumah.

Makanan satu ini bisa ditemukan di beberapa daerah di Flores seperti Lembata, Adonara dan yang lainnya. Biasa dihidangkan dengan secangkir kopi bajawa khas Flores dan sering dijadikan sebagai buah tangan.

Saat proses pembuatan, jagung sebagai bahan utama akan digoreng tanpa minyak untuk kemudian ditumbuk. Sebelum ditumbuk, jagung bisa ditambah rasa manis atau lainnya bila tidak menyukai rasa yang hambar.

Lihat juga makanan khas indonesia

Nama titi disebut berdasarkan proses pengolahan biji jagung yang dititi di atas batu. Gurihnya camilan favorit masyarakat Flores Timur ini dapat dijadikan teman kopi saat sore hari.

Itulah daftar 10 makanan khas Flores yang lezat nikmat dan sayang jika dilewatkan. Bagaimana, wisata kulinernya recomended banget bukan?

Last modified: 9 November 2020